Download Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 3/III dan 6/VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kurikulum 2013
Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 3/III dan 6/VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kurikulum 2013 merupakan buku pegangan bagi guru dan penerima didik madrasah ibtidaiyah (MI) Kelas 3/III dan Kelas 6/III. Buku-buku tersebut tentu saja memakai pendekatan kurikulum terbaru, yaitu Kurikulum 2013 dengan revisi terakhir 2016.
Buku Kurikulum 2013 mengalami perbaikan terus menerus (baik dalam hal tataletak (layout) maupun content (isi) substansi). Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 3/III dan 6/VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kurikulum 2013 adalah edisi terakhir dari serangkaian proses penyediaan buku kurikulum 2013 untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab di madrasah ibtidaiyah (MI).
Berikut yaitu tautan Download Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 3/III dan 6/VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kurikulum 2013:
Berikut yaitu kutipan dari Buku Siswa dan Guru SKI Kelas 3 dan 6 MI K13 tersebut:
1. Bacalah cuilan pendahuluan untuk memahami konsep utuh Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) , serta memahami Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dalam kerangka Kurikulum 2013.
2. Setiap cuilan berisi: Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator, Tujuan Pembelajaran, Materi Pokok, Proses Pembelajaran, Penilaian, Pengayaan, Remedial, Interaksi guru dengan orang tua.
3. Pada sub cuilan tertentu penomoran Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar tidak berurutan. Hal itu menyesuaikan dengan tahap pencapaian Kompetensi Dasar.
4. Guru perlu mendorong penerima didik untuk memperhatikan rubrik-rubrik yang terdapat dalam Buku Teks Siswa SKI Kelas 3, sehingga perhatian penerima didik menjadi fokus. Rubrik-rubrik tersebut adalah:
Kegiatan: berisi kegiatan yang harus penerima didik lakukan untuk memahami materi.
Insya Allah Aku Bisa: berisi sikap atau sikap yang diperlukan dilakukan penerima didik terkait dengan pesan / amanat dalam pembelajaran bermakna.
Berhati-hatilah: berisi sikap atau sikap yang diperlukan tidak dilakukan penerima didik terkait dengan pesan / amanat dalam pembelajaran bermakna.
Hikmah: berisi pernyataan untuk memperkuat pemahaman konsep, pementingan sikap, atau penguatan keyakinan penerima didik yang berupa mutiara hikmah, maqalah, hadits, atau ayat.
Rangkuman: berisi point-point penting dalam pembelajaran.
Ayo berlatih: berisi soal-soal untuk mengukur penguasaan penerima didik terhadap bahan yang dibahas.
Tugasku: berisi kiprah yang harus dikerjakan penerima didik di rumah.
Rubrik Ayo bernyanyi dan Ayo bersalawat: untuk penguatan pembelajaran yang menyenangkan sesuai perkembangan penerima didik.
Dalam pelaksanaannya di madrasah ibtidaiyah (MI) sangat mungkin dilakukan pengembangan yang diubahsuaikan dengan potensi penerima didik, guru, sumber belajar, dan lingkungan.
Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti Mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Kompetensi Inti | Kompetensi Dasar |
---|---|
1 Menerima danmenjalankan aliran agama yang dianutnya | 1.1. Menyadari pesan tersirat menghindari sikap tercela ibarat yang terdapat pada masyarakat Arab pra- Islam.1.2. Berkomitmen menghindari sikap tercela ibarat yang terjadi pada aspek perekonomian masyarakat Arab pra-Islam.1.3. Meyakini keberanan aliran Islam dan menghindari nilai-nilai negatif adat-istiadat dan kepercayaan masyarakat Arab pra-Islam.1.4. Menghayati nilai-nilai positif dari diri NabiMuhammad Saw. pada masa kanak-kanak1.5. Menghayati nilai-nilai positif dari diri Nabi Muhammad Saw. pada masa remaja atau masa muda Nabi Muhammad Saw. |
2 Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya | 2.1 Membiasakan sikap tanggungjawab sebagai implementasi dari pemahaman wacana keadaan sosial budaya masyarakat Arab pra-Islam.2.2 Membiasakan sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman wacana kehidupan perekonomian masyarakat Arab pra-Islam.2.3 Membiasakan sikap disiplin sebagai implementasi dari pemahaman wacana agama dan kepercayaan masyarakat Arab pra-Islam dalam kehidupan sehari- hari.2.4 Membiasakan sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman wacana masa kanakkanak Nabi Muhammad Saw. dalam kehidupan sehari-hari.2.5 Membiasakan sikap tanggungjawab dan percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman wacana masa remaja atau masa muda Nabi Muhammad Saw. dalam kehidupan sehari-hari. |
3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah | 3.1 Mengetahui keadaan sosial budaya masyarakatArab pra-Islam.3.2 Mengetahui keadaan perekonomian masyarakatArab pra-Islam.3.3 Memahami agama dan kepercayaan masyarakatArab pra-Islam.3.4 Mengetahui masa kanak-kanak Nabi MuhammadSaw.3.5 Mengetahui masa remaja atau masa muda NabiMuhammad Saw. |
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia | 4.1 Menceritakan keadaan social budaya masyarakatArab Pra-Islam.4.2 Menceritakan keadaan perekonomian masyarakatArab pra-Islam.4.3 Menceritakan agama dan kepercayaan masyarakatArab pra-Islam.4.4 Menceritakan masa kanak-kanak Nabi MuhammadSaw.4.5 Menceritakan masa remaja atau masa muda NabiMuhammad Saw. |
1 Menerima danmenjalankan aliran agama yang dianutnya | 1.1 Menghayati nilai-nilai positif dari diri NabiMuhammad Saw. Pada masa dewasa.1.2 Meyakini Muhammad Saw.adalah utusan Allah SWT.1.3 Menghayati insiden kerasulan Nabi MuhammadSaw. |
2 Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya | 2.1. Merefleksikan nilai-nilai positif masa cukup umur NabiMuhammad Saw. dalam kehidupan sehari-hari.2.2. Merefleksikan nilai-nilai positif dari bukti-bukti kerasulan Nabi Muhammad Saw.dalam kehidupan sehari-hari.2.3. Merefleksikan nilai-nilai positif dari insiden kerasulan Nabi Muhammad Saw.dalam kehidupan sehari-hari. |
3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah | 3.1 Mengetahui masa cukup umur Nabi Muhammad Saw.3.2 Mengetahui bukti-bukti kerasulan Nabi MuhammadSaw.3.3 Memahami insiden kerasulan Nabi MuhammadSaw. |
4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkananak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia | 4.1. Menceritakan masa cukup umur Nabi MuhammadSaw.4.2. Menceritakan bukti-bukti kerasulan NabiMuhammad Saw.4.3. Menceritakan insiden kerasulan NabiMuhammad Saw. |
Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti Mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 6/VI Madrasah Ibtidaiyah Kurikulum 2013
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR |
---|---|
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai aliran agama yang dianutnya. | 1.1 Meyakini kebenaran sejarah kekhalifahan khalifah Usman bin Affan.1.2 Mengamalkan nilai-nilai kesalehan dari khalifahUsman bin Affan.1.3 Meyakini kebenaran sejarah kekhalifahan khalifah Ali bin Abi Talib.1.4 Mengamalkan nilai-nilai kesalehan dari khalifahAli bin Abi Talib. |
2. Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air. | 2.1 Membiasakan bersikap positif sebagai implementasi dari pemahaman wacana sejarah kekhalifahan khalifah Usman bin Affan.2.2 Meneladani kepribadian Khalifah Usman binAffan dalam kehidupan sehari-hari.2.3 Membiasakan bersikap positif sebagai implementasi dari pemahaman wacana sejarah kekhalifahan khalifah Ali bin Abi Talib dalam kehidupan sehari-hari.2.4 Meneladani kepribadian Khalifah Ali bin Abi Talib dalam kehidupan sehari-hari. |
3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan menanya menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempatbermain. | 3.1 Memahami sejarah kekhalifahan khalifah Usman bin Affan.3.2 Mengetahui pola nilai-nilai positif dari khalifahUsman bin Affan.3.3 Memahami sejarah kekhalifahan khalifah Ali binAbi Talib.3.4 Mengetahui pola nilai-nilai positif dari khalifahAli bin Abi Talib. |
4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis,dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang pencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman danberakhlak mulia. | 4.1 Mempresentasikan sejarah kekhalifahan KhalifahUsman bin Affan.4.2 Menceritakan kepribadian Usman bin Affan dan perjuangannya dalam dakwah Islam.4.3 Mempresentasikan sejarah kekhalifahan Ali binAbi Talib.4.4 Menceritakan kepribadian dan usaha khalifah Ali bin Abi Talib. |
Demikian goresan pena wacana