Sunday, February 17, 2019

√ 8 Rujukan Kalimat Beragam Adonan Dua Induk Satu Anak Kalimat

Sebelumnya, kita, telah mengetahui beberapa contoh kalimat beragam gabungan satu induk dua anak kalimat yang merupakan salah satu diantara jenis-jenis kalimat beragam campuran. Kali ini, kita juga akan mengetahui beberapa teladan dari jenis kalimat beragam gabungan lainnya, ialah kalimat beragam gabungan dua induk satu anak kalimat. Seperti namanya, jenis kalimat beragam gabungan ini merupakan kalimat yang terdiri atas dua buah induk kalimat dan sebuah anak kalimat. Untuk mengetahui menyerupai apa bentuk kalimat ini, berikut ditampilkan beberapa contoh kalimat beragam campuran dua induk satu anak kalimat yang ditampilkan di bawah ini!



  1. Aku berangkat ke sekolah. (induk kalimat)

    Ayah ke kantor. (induk kalimat)

    Ibu mengantar adik ke sekolah. (anak kalimat)

    Aku berangkat ke sekolah dan ayah ke kantor, sedangkan ibu mengantar adik ke sekolah. (kalimat beragam gabungan dua induk satu anak kalimat)

  2. Aku mengerjakan kiprah sekolah di rumah. (induk kalimat)

    Cholil mengerjakan tugasnya di rumah Adrian. (induk kalimat)

    Fajrul justru tidak mengerjakan kiprah sekolahnya. (anak kalimat)

    Aku mengerjakan kiprah sekolah di rumah dan Cholil mengerjakan tugasnya di rumah, sedangkan Fajrul tidak mengerjakan kiprah sekolahnya. (kalimat beragam gabungan campuran dua induk satu anak kalimat)

  3. Kami duduk di kursi taman itu. (anak kalimat)

    Aku mencoba mengajaknya berbincang. (induk kalimat)

    Dia hanya menjawab seperlunya. (induk kalimat)

    Saat kami duduk di kursi taman itu, saya mencoba mengajaknya berbincang dan beliau hanya menjawab seperlunya. (kalimat beragam gabungan dua induk satu anak kalimat)

  4. Aku menunggu di halte itu. (anak kalimat)

    Bus yang kutuju kesudahannya datang. (induk kalimat)

    Aku pun menaiki bus tujuanku. (induk kalimat)

    Saat saya menuggu di halte itu, tiba-tiba bus yang kutuju kesudahannya tiba dan saya pun menaiki bus tujuanku itu. (kalimat beragam gabungan dua induk satu anak kalimat)

  5. Aku menatap wajahnya. (anak kalimat)

    Dia melemparkan senyumnya kepadaku. (induk kalimat)

    Aku pun tersipu malu. (induk kalimat)

    Saat saya menatap wajahnya, beliau melemparkan senyumnya kepadaku dan saya pun tersipu malu. (kalimat beragam gabungan dua anak satu induk kalimat)

  6. Kami pulang sekolah. (anak kalimat)

    Kami bertemu pak guru. (induk kalimat)

    Kami pun menyalaminya. (induk kalimat)

    Saat kami pulang sekolah, kami bertemu pak guru dan kami pun meyalaminya. (kalimat beragam gabungan dua induk satu anak kalimat)

  7. Para penonton konser pun bubar. (induk kalimat)

    Mereka pun segera mencari kawasan berteduh. (induk kalimat)

    Hujan deras turun. (anak kalimat)

    Para penonton pun bubar dan mereka pun mencari kawasan berteduh ketika hujan deras turun. (kalimat beragam gabungan dua induk satu anak kalimat)

  8. Upacara bendera berlangsung. (anak kalimat)

    Rani tiba-tiba pingsan. (induk kalimat)

    Rani pun pribadi dibawa ke UKS. (induk kalimat)

    Saat upacara bendera berlangsung, Rani tiba-tiba pingsan dan Rani pun pribadi dibawa ke UKS. (kalimat beragam gabungan dua induk satu anak kalimat)


Demikianlah beberapa teladan kalimat beragam gabungan dua induk satu anak kalimat. Untuk mengetahui beberapa teladan kalimat beragam lainya, pembaca bisa membuka artikel contoh kalimat beragam setara memilih, contoh kalimat beragam bertingkat ekspansi subjek, contoh kalimat beragam rapatan subjek, dan contoh kalimat beragam rapatan objek. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi para pembaca sekalian, baik itu mengenai kalimat beragam maupun bahasa Indonesia. Terima kasih.



Sumber https://dosenbahasa.com