Download Kisi-kisi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Daerah (UAMBD) Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tahun Pelajaran 2017/2018
UAMBD merupakan kepanjangan dari Ujian Akhir Madrasah Berstandar Daerah. UAMBD merupakan ujian simpulan yang bermuatan pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI).
Mata pelajaran yang diujikan pada UAMBD Tahun Pelajaran 2017/2018 ini meliputi:
Al-Qur'an Hadis
Akidah-Akhlak
Bahasa Arab
Fikih
Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
Berikut ialah tautan Download Kisi-kisi UAMBD MI Tahun Pelajaran 2017/2018:
Berikut ialah isi kutipan dari Kisi-kisi UAMBD MI Tahun Pelajaran 2017/2018
Kisi-kisi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Daerah (UAMBD) Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tahun Pelajaran 2017/2018: Al-Qur'an-Hadis
NO | KOMPETENSI DASAR | MATERI | INDIKATOR |
---|---|---|---|
1. | Memahami arti dan isi kandungan Q.S. an- Nasr (110) dan al-Kautsar (108) | QS. an-Nashr (110) , QSal-Kausar (108) | Menjelaskan hikmah terkandung dalam Q.S an-Nashr dan al-Kautsar |
2 | Mengenal Q.S. al-‘adiyat (100) | QS. al-‘adiyat (100) | Mengidentifikasi Q.S. al-‘Adiyat |
3. | Memahami aturan bacaan Izhardan ikhfa’ | Hukum bacaan izhar &ikhfa | Menjelaskan aturan bacaan izhar |
3. | Memahami aturan bacaan Izhardan ikhfa’ | Hukum bacaan izhar &ikhfa | Menganalisis penerapan aturan bacaan ikhfa dalam al-Qur’an. |
4. | Memahami arti dan isi kandungan hadis ihwal niat riwayat al-Bukhari dari Umar bin khattab | Hadis ihwal niat | Menjelaskan makna yang terkandung dalam hadis tentangNiat. |
5. | Memahami arti dan isi kandungan hadis ihwal takwa riwayat at-Tirmizi dari Abu Zar | Hadis ihwal Takwa | Menjelaskan isi kandungan hadis ihwal Takwa |
6 | Memahami arti dan isi kandungan Q.S. al- Lahab (111) | QS. Al-Lahab (111) | Menterjemahkan Q.S. al-Lahab |
6 | Memahami arti dan isi kandungan Q.S. al- Lahab (111) | QS. Al-Lahab (111) | Menjelaskan isi kandungan Q.S. al-Lahab |
7 | Mengenal Q.S. al-Insyirah(94) | QS. Al-Insyirah (94) | Mengidentifikasi QS al-Insyirah |
9. | Memahami aturan bacaan idgam bigunnah, idgam bilagunnah, dan iqlab | Hukum bacaan idgam bigunnah, idgam bilagunnah, daniqlab | Menjelaskan aturan bacaan idgam bigunnah, idgam bilagunnah, dan iqlab dalam salah satu surah pendek pilihan |
10. | Memahami arti dan isi kandungan hadis ihwal silaturrahim riwayat Bukhari Muslim dari Anas | Hadis ihwal silaturrahim | Menganalisis isi kandungan hadis ihwal Silaturrahim |
11 | Memahami arti dan isi kandungan Q.S. al- | Arti dan isi | Menterjemah Q.S. al-Kafirun (109) |
NO | KOMPETENSI DASAR | MATERI | INDIKATOR |
Kafirun (109), al-Ma‘un (107), dan at- Takasur (102) | kandungan Q.S. al- Kafirun (109), al-Ma‘un (107), dan at-Takasur (102) | Menjelaskan makna yang terkandung dalam Q.S. al-Kafirun | |
Kafirun (109), al-Ma‘un (107), dan at- Takasur (102) | kandungan Q.S. al- Kafirun (109), al-Ma‘un (107), dan at-Takasur (102) | Menterjemahkan Q.S. al-Ma’un (107) | |
Kafirun (109), al-Ma‘un (107), dan at- Takasur (102) | kandungan Q.S. al- Kafirun (109), al-Ma‘un (107), dan at-Takasur (102) | Menganalisis sikap yang sesuai denga nisi kandunganQ.S. al-Ma’un | |
Kafirun (109), al-Ma‘un (107), dan at- Takasur (102) | kandungan Q.S. al- Kafirun (109), al-Ma‘un (107), dan at-Takasur (102) | Menterjemah Q.S. at-Takasur (102). | |
Kafirun (109), al-Ma‘un (107), dan at- Takasur (102) | kandungan Q.S. al- Kafirun (109), al-Ma‘un (107), dan at-Takasur (102) | Menjelaskan isi kandungan Q.S. at-Takasur (102). | |
12 | Memahami aturan bacaan Mim Mati (IdgamMimi, Ikhfa’ Syafawi, dan Izhar Syafawi) | Hukum Bacaan MimSukun | Menganalisis penerapan aturan bacaan Mim Sukun pada salah satu surah pendek pilihan. |
13 | Memahami arti dan isi kandungan hadis ihwal mencintai anak yatim riwayat Bukhari Muslim dari Sahl bin Sa’ad | Hadis ihwal mencintai anak yatim | Menterjemahkan hadis ihwal mencintai anak yatim |
13 | Memahami arti dan isi kandungan hadis ihwal mencintai anak yatim riwayat Bukhari Muslim dari Sahl bin Sa’ad | Hadis ihwal mencintai anak yatim | Menganalisis sikap yang sesuai dengan isi kandungan hadis ihwal mencintai anak yatim. |
14 | Memahami arti dan isi kandungan Q.S. al- Qadr (97) | QS. Al-Qadr (97) | Menterjemah Q.S. al-Qadr. |
14 | Memahami arti dan isi kandungan Q.S. al- Qadr (97) | QS. Al-Qadr (97) | Menjelaskan isi kandungan QS. Al-Qadr |
15 | Mengenal Q.S. al- ‘Alaq (96) | Q.S. al- ‘Alaq (96) | Mengidentifikasi Q.S. Al-‘Alaq, |
15 | Mengenal Q.S. al- ‘Alaq (96) | Q.S. al- ‘Alaq (96) | Menentukan urutan Q.S. al-‘Alaq |
16. | Memahami aturan bacaan Waqafdan Washal | Hukum bacaan Waqaf dan Washal | Menganalisis penerapan tanda waqaf dalam al-Quran. |
17 | Memahami arti dan isi kandungan hadis ihwal ciriciri orang munafik riwayat al- Bukhari Muslim dari AbuHurairah | Hadis ihwal ciriciri orang munafik | Menterjemah hadis ihwal ciri-ciri orang munafik |
17 | Memahami arti dan isi kandungan hadis ihwal ciriciri orang munafik riwayat al- Bukhari Muslim dari AbuHurairah | Hadis ihwal ciriciri orang munafik | Menjelaskan isi kandungan Hadis ihwal ciri-ciri orang munafik |
18 | Memahami arti dan isi kandungan Q.S. ad- Duha (93) | Q.S. ad-Duha (93) | Menentukan urutan Q.S. ad-Dhuha |
18 | Memahami arti dan isi kandungan Q.S. ad- Duha (93) | Q.S. ad-Duha (93) | Menterjemah Q.S ad-Dhuha |
18 | Memahami arti dan isi kandungan Q.S. ad- Duha (93) | Q.S. ad-Duha (93) | Menganalisis isi kandungan Q.S. ad-Dhuha |
19 | Memahami aturan bacaan Madgabi‘r dan Mad Far’i (Wajib Muttasil danJaiz Munfasil) | Hukum bacaan Mad tabi‘i dan Mad Far’i (WajibMuttasil dan Jaiz | Menjelaskan ketentuan aturan bacaan mad |
19 | Memahami aturan bacaan Madgabi‘r dan Mad Far’i (Wajib Muttasil danJaiz Munfasil) | Hukum bacaan Mad tabi‘i dan Mad Far’i (WajibMuttasil dan Jaiz | Menerapkan aturan bacaan Mad tabi’i dan Mad Far’i (WajibMuttasil dan Jaiz Munfasil) pada surat-surat pendek pilihan |
NO | KOMPETENSI DASAR | MATERI | INDIKATOR |
Munfasil) | |||
20 | Memahami arti dan isi kandungan hadis ihwal keutamaan memberi berdasarkan riwayat al-Bukhari Muslim dari Abdullah Ibnu Umar | Hadis ihwal keutamaan memberi | Menterjemah hadis ihwal keutamaan memberi |
20 | Memahami arti dan isi kandungan hadis ihwal keutamaan memberi berdasarkan riwayat al-Bukhari Muslim dari Abdullah Ibnu Umar | Hadis ihwal keutamaan memberi | Menentukan makna yang terkandung dalam hadis ihwal keutamaan memberi |
21 | Mengenal Q.S. al-Bayyinah (98) | Q.S. al-Bayyinah (98) | Mengidentifikasi ayat QS al-Bayyinah |
21 | Mengenal Q.S. al-Bayyinah (98) | Q.S. al-Bayyinah (98) | Menentukan urutan QS. al-Bayyinah |
22 | Memahami arti dan isi kandungan hadis ihwal amal salih riwayat Muslim dari Abu Hurairah | Hadis ihwal amal salih | Menentukan terjemah hadis ihwal amal salih |
22 | Memahami arti dan isi kandungan hadis ihwal amal salih riwayat Muslim dari Abu Hurairah | Hadis ihwal amal salih | Menganalisis sikap nyata yang sesuai dengan isi kandungan hadis ihwal amal salih |
Kisi-kisi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Daerah (UAMBD) Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tahun Pelajaran 2017/2018: Akidah Akhlak
NO | KOMPETENSI DASAR | MATERI | INDIKATOR |
---|---|---|---|
1 | Meyakini kekuasaan Allah SWT. melalui kalimattayyibah La Haula Wala Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azim (Hauqalah) | Kalimat thayyibahhauqalah | Menentukan kalimat Thoyibah Hauqolah |
2 | Meyakini sifat-sifat Allah melalui asmaul husna (al-Mukmin, al-Azhim, al- Haadii, al-Adlu, dan al- Hakam) | Asmaul husna | Memberikan pola sikap meneladaniasmaul husna (al-Mukmin, al-Azhim, al- Haadii, al-Adlu, dan al-Hakam) |
3 | Memiliki sikap sabar dan sabar dalam menghadapi cobaan sebagai implementasi dalam meneladanikisah Masyitah | Akhlak terpuji sabar dan sabar | Menunjukan sikap patuh dan sabar meneladani Siti Mashitoh |
4 | Menceritakan kitab-kitab AllahSWT beserta nabi yang menerimanya | Beriman kepada kitab- kitab Allah | Menentukan nama nabi sesuai dengan kitab yang diterimanya |
4 | Menceritakan kitab-kitab AllahSWT beserta nabi yang menerimanya | Beriman kepada kitab- kitab Allah | Menentukan manfaat diturunkaannya kitabAllah |
5 | Membiasakan sikap hormat dan patuh dalamkehidupan sehari-hari | Akhlak terpuji hormatdan patuh | Meunjukkan sikap sikap hormat dan patuh |
6 | Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah(assalaamu’alaikum) | Kalimat thoyibah salam | Menentukan arti bacaan salam |
7 | Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yangterkandung dalam asmaul husn(as- Salaam, al-Mukmin, dan al- Latiif) | Asmaul Husna | Menentukan cara meneladani asmaul husna(as- Salaam, al-Mukmin, dan al- Latiif) |
8 | Mencintai dan meneladani watak mulia lima Rasul | Akhlak terpuji | Menyebutkan nama-nama nabi yang |
Ulul Azmi | termasuk ulul azmi | ||
9 | Meyakini kebesaran Allah melalui kalimat thayyibah(Alhamdulillaah dan Allahu Akbar) | Kalimat ThoyibahAlhamdulillah danAllahuakbar | Menentukan waktu mengucap kalimat thayyibah takbir atau tahmid |
9 | Meyakini kebesaran Allah melalui kalimat thayyibah(Alhamdulillaah dan Allahu Akbar) | Kalimat ThoyibahAlhamdulillah danAllahuakbar | Menentukan waktu mengucap kalimat thayyibah takbir atau tahmid |
10 | Meyakini sifat-sifat Allah yang terkandung dalamasmaul husna (ar-Rozzaaq, al-Fattaah, asy-Syakuur,dan al-Mughni) | Asmaul Husna | Memberikan pola bukti Allah bersifatArrozak |
10 | Meyakini sifat-sifat Allah yang terkandung dalamasmaul husna (ar-Rozzaaq, al-Fattaah, asy-Syakuur,dan al-Mughni) | Asmaul Husna | Meneladani Asmaul husna Alfattah |
11 | Meyakini adanya hari simpulan ( simpulan zaman ) | Beriman kepada hari akhir | Mengidentifikasi Beriman kepada hari akhir |
11 | Meyakini adanya hari simpulan ( simpulan zaman ) | Beriman kepada hari akhir | Menyebutkan salah satu tanda hari kiamat |
12 | Membiasakan sikap teguh pendirian, gemar memberi , optimis, qanaah, dan tawakkal dalam kehidupansehari-hari | Akhlak terpuji | menyimpulkan ahlak terpuji (teguh pendirian) |
12 | Membiasakan sikap teguh pendirian, gemar memberi , optimis, qanaah, dan tawakkal dalam kehidupansehari-hari | Akhlak terpuji | menyimpulkan ahlak terpuji (optimis) |
12 | Membiasakan sikap teguh pendirian, gemar memberi , optimis, qanaah, dan tawakkal dalam kehidupansehari-hari | Akhlak terpuji | menyebutkan manfaat bersikap dermawan |
13 | Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (inna lillaahi wa innaa ilaihi rajiuun) | Kalimat Thoyibah Tarji’ | Memberikan pola sikap seorang muslim dikala tertimpa suatu musibah |
14 | Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam asmaul husna(al-Muhyii, al-Mumiit dan al-Baaqii) | Asmaul husna | Menentukan nama asmaul husna yang tepat(al-Muhyii, al-Mumiit dan al-Baaqii)berdasarkan ayat |
14 | Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam asmaul husna(al-Muhyii, al-Mumiit dan al-Baaqii) | Asmaul husna | Menentukan nama asmaul husna yang tepat |
15 | Membiasakan watak yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat | Akhlak terpuji | menentukan pola watak baik terhadap tetangga |
16 | Menghindari sifat pesimis, bergantung, serakah, dan frustasi dalam kehidupan sehari-hari | Akhlak tercela | menentukan istilah yang sempurna (pesimis) |
16 | Menghindari sifat pesimis, bergantung, serakah, dan frustasi dalam kehidupan sehari-hari | Akhlak tercela | menyimpulkan istilah yang sempurna (putus asa) |
17 | Meyakini keagungan sifat Allah melalui kalimat | Kalimat Thoyibah | Menyebutkan bentuk perintah yang terdapat |
NO | KOMPETENSI DASAR | MATERI | INDIKATOR |
thayyibah istigfar (astaghfirullaahal‘aziim) | Istigfar | pada QS. Nuh ayat 10 | |
thayyibah istigfar (astaghfirullaahal‘aziim) | Istigfar | Menentukan keutamaan membiasakan mengucapkan istighfar | |
thayyibah istigfar (astaghfirullaahal‘aziim) | Istigfar | Menentukan waktu yang sempurna dalam mengucapkan bacaan istighfar | |
18 | Meyakini sifat-sifat Allah melalui asmaul husna (al-Qawwiy, al-Hakim, al-Mushawwir dan al-Qadir) | Asmaul husna | Menentukan nama asmaul husna yang tepatal-Mushawwir |
18 | Meyakini sifat-sifat Allah melalui asmaul husna (al-Qawwiy, al-Hakim, al-Mushawwir dan al-Qadir) | Asmaul husna | Menentukan salah satu perwujudan asmaul husna Allah dalam kehidupan sehari-hari al- Mushawwir |
18 | Meyakini sifat-sifat Allah melalui asmaul husna (al-Qawwiy, al-Hakim, al-Mushawwir dan al-Qadir) | Asmaul husna | Menentukan nama asmaul husna yang tepatal-qodir |
18 | Meyakini sifat-sifat Allah melalui asmaul husna (al-Qawwiy, al-Hakim, al-Mushawwir dan al-Qadir) | Asmaul husna | Menentukan nama asmaul husna yang tepatal-hakim |
19 | Meyakini adanya Qada dan Qadar Allah swt (takdir) | Beriman kepada qadadan qodar | Menentukan sikap yang sempurna dikala menghadapi takdir Allah |
19 | Meyakini adanya Qada dan Qadar Allah swt (takdir) | Beriman kepada qadadan qodar | Menentukan pengertian qada dan qodar |
20 | Meyakini sifat tanggung jawab, adil, dan bijaksana dalam kehidupan sehari-hari | Akhlak terpuji | Menentukan pola watak terpuji tanggung jawab |
20 | Meyakini sifat tanggung jawab, adil, dan bijaksana dalam kehidupan sehari-hari | Akhlak terpuji | Menentukan alasan bersikap tanggung jawab, adil dan bijaksana. |
20 | Meyakini sifat tanggung jawab, adil, dan bijaksana dalam kehidupan sehari-hari | Akhlak terpuji | Menentukan pola watak terpuji adil |
NO | KOMPETENSI DASAR | MATERI | INDIKATOR |
21 | Membiasakan diri untuk menghindari sifat marah, fasik, murtad | Akhlak tercela | Menentukan arti watak tercela murtad |
21 | Membiasakan diri untuk menghindari sifat marah, fasik, murtad | Akhlak tercela | Menentukan cara menghindari watak tercela marah |
21 | Membiasakan diri untuk menghindari sifat marah, fasik, murtad | Akhlak tercela | Menentukan cara menghindari watak tercelafasik |
22 | Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yangterkandung asmaul husna (al-Ghafuur, al-Afuwwu, ash- Shabuur dan al-Haliim) | Asmaul Husna | Menentukan nama asmaul husna yang sempurna (al-Qawwiy, al-Hakim, al-Mushawwir dan al- Qadir) |
22 | Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yangterkandung asmaul husna (al-Ghafuur, al-Afuwwu, ash- Shabuur dan al-Haliim) | Asmaul Husna | Menentukan nama asmaul husna yangsesuai (al-Ghafuur, al-Afuwwu, ash- Shabuurdan al-Haliim) |
22 | Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yangterkandung asmaul husna (al-Ghafuur, al-Afuwwu, ash- Shabuur dan al-Haliim) | Asmaul Husna | Menentukan cara meneladani asmaul husna dan nama yang sempurna (al-Ghafuur, al-Afuwwu, ash- Shabuur dan al-Haliim) |
23 | Memahami sifat sabar dan taubat dalam kehidupansehari-hari melalui kisah Nabi Ayub AS dan kisahNabi Adam AS | Sabar dan Taubat | Menentukan arti taubat |
23 | Memahami sifat sabar dan taubat dalam kehidupansehari-hari melalui kisah Nabi Ayub AS dan kisahNabi Adam AS | Sabar dan Taubat | Menentukan dalil ihwal taubat |
23 | Memahami sifat sabar dan taubat dalam kehidupansehari-hari melalui kisah Nabi Ayub AS dan kisahNabi Adam AS | Sabar dan Taubat | Menentukan keteladanan yang sanggup diambil dari kisah Ayyub AS |
23 | Memahami sifat sabar dan taubat dalam kehidupansehari-hari melalui kisah Nabi Ayub AS dan kisahNabi Adam AS | Sabar dan Taubat | Menentukan keteladanan yang sanggup diambildari kisah Adam AS |
24 | Menghayati watak yang baik terhadap hewan dantumbuhan dalam hidup sehari-hari. | Berakhlak terhadapBinatang dan Tumbuhan | Menentukan watak yang baik terhadapterhadap hewan dan tumbuhan |
24 | Menghayati watak yang baik terhadap hewan dantumbuhan dalam hidup sehari-hari. | Berakhlak terhadapBinatang dan Tumbuhan | Menentukan pola sikap yang terhadapbinantang dan tumbuhan |
Kisi-kisi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Daerah (UAMBD) Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tahun Pelajaran 2017/2018: Bahasa Arab
NO | KOMPETENSI DASAR | MATERI | INDIKATOR |
---|---|---|---|
1 | Memahami suara dan makna ungkapan sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan terkait topik: سفنلاب فيرعتلا baik secara ekspresi maupun tulisan | سفنلاب فيرعتلا | Menerapkan penggunaan abjad jar dalam kalimat. |
2 | Memahami suara dan makna ungkapan sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan terkait topik: تاودلأا ةيسردملا؛baik secara ekspresi maupun tulisan | تاودلأا ةيسردملا | Identifikasi isim mufrad dalam kalimat |
2 | Memahami suara dan makna ungkapan sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan terkait topik: تاودلأا ةيسردملا؛baik secara ekspresi maupun tulisan | تاودلأا ةيسردملا | Merinci isim mudz4ka4r/ muannats dalamkalimat. |
3 | Memahami suara dan makna ungkapan sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan terkait topik: باحصأ ةنهملاbaik secara ekspresi maupun tulis | ةنهملا باحصأ | Menerapkan mufradat yang sempurna dalamsebuah dialog |
4 | Memahami suara dan makna ungkapan sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan terkait topik: ناونعلاbaik secara ekspresi maupun tulisan | ناونعلا | Menemukan dhorof makan pada dialog |
4 | Memahami suara dan makna ungkapan sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan terkait topik: ناونعلاbaik secara ekspresi maupun tulisan | ناونعلا | Menyusun rangkaian dialog |
5 | Memahami suara dan makna ungkapan sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan terkait topik: دارفأ ةرسلأاbaik secara ekspresi maupun tulisan | ةرسلأا دارفأ | Menyusun kalimat berdasarkan gambar |
5 | Memahami suara dan makna ungkapan sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan terkait topik: دارفأ ةرسلأاbaik secara ekspresi maupun tulisan | ةرسلأا دارفأ | Menemukan nama–nama anggota keluarga melalui denah struktur keluarga |
NO | KOMPETENSI DASAR | MATERI | INDIKATOR |
6 | Memahami suara dan makna ungkapan sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan terkait topik: ةرسلأا يف تيبلا baik secara ekspresi maupun tulisan | تيبلا يف ةرسلأا | Menerapkan penggunaan dhomir muttashil pada kalimat |
6 | Memahami suara dan makna ungkapan sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan terkait topik: ةرسلأا يف تيبلا baik secara ekspresi maupun tulisan | تيبلا يف ةرسلأا | Menyusun kalimat ihwal anggota keluarga melalui gambar |
7 | Memahami bentuk dan makna kata, frase, kalimat sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan dan terkait topik:ةركاذملاو سولجلا ةفرغbaik secara ekspresi maupun tertulis | سولجلا ةفرغ | Menyusun kalimat sesuai dengan strukturةفص مسا + مسا + لا |
7 | Memahami bentuk dan makna kata, frase, kalimat sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan dan terkait topik:ةركاذملاو سولجلا ةفرغbaik secara ekspresi maupun tertulis | ةركاذملا ةفرغ | Menyusun pola struktur kalimat memakai kata sifat |
7 | Memahami bentuk dan makna kata, frase, kalimat sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan dan terkait topik:ةركاذملاو سولجلا ةفرغbaik secara ekspresi maupun tertulis | سولجلا ةفرغةركاذملاو | Menentukan ungkapan pertanyaan yang tepat |
8 | Memahami bentuk dan makna kata, frase, kalimat sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan dan terkait topik: يف؛ةقيدحلاbaik secara ekspresi maupun tertulis | ةقيدحلا يف | Menemukan terjemahan yang tepat |
8 | Memahami bentuk dan makna kata, frase, kalimat sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan dan terkait topik: يف؛ةقيدحلاbaik secara ekspresi maupun tertulis | ةقيدحلا يف | Menentukan dhorof makan pada kalimat dengan pola:مسا + ناكملا فرظ + مسا |
9 | Memahami bentuk dan makna kata, frase, kalimat sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan dan terkait topik: ناوللأاbaik secara ekspresi maupun tertulis | ناوللأا | Membandingkan dua ungkapan |
9 | Memahami bentuk dan makna kata, frase, kalimat sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan dan terkait topik: ناوللأاbaik secara ekspresi maupun tertulis | ناوللأا | Membedakan antara penggunaan warna untuk muannats dan muzakkar pada kalimat |
10 | Mengidentifikasi suara dan makna dari ujaran kata, frase, dan kalimat sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan terkait topik: لصفلا يفbaik secara ekspresi maupun tertulis | لصفلا يف | Menentukan isim yang sesuai dengan kata sifat, terkait gambar |
10 | Mengidentifikasi suara dan makna dari ujaran kata, frase, dan kalimat sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan terkait topik: لصفلا يفbaik secara ekspresi maupun tertulis | لصفلا يف | Menentukan terjemahan yang sempurna pada kata yang bergaris bawah لصفلا يف |
11 | Mengidentifikasi suara dan makna dari ujaran kata, frase, dan kalimat sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan terkait | ةبتكم يف | Menentukan penggunaan mufradat yang sempurna dari sebuah kalimat berbahasa Indonesia |
NO | KOMPETENSI DASAR | MATERI | INDIKATOR |
topik: ؛ةسردملا ةبتكم يفbaik secara ekspresi maupun tertulis | ةسردملا | Menerapkan ناكملا فرظ yang sempurna terkaitgambar | |
12 | Mengidentifikasi suara dan makna dari ujaran kata, frase, dan kalimat sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan terkait topik: ؛ةيباتكلا تاودلأا ةبتكم يف baik secara ekspresi maupun tertulis | تاودلأا ةبتكم يف ةيباتكلا | Menunjukkan perbedaan penggunaan “kata tunjuk” yang benar dan sempurna terkait gambar |
12 | Mengidentifikasi suara dan makna dari ujaran kata, frase, dan kalimat sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan terkait topik: ؛ةيباتكلا تاودلأا ةبتكم يف baik secara ekspresi maupun tertulis | تاودلأا ةبتكم يف ةيباتكلا | Menerapkan kata tanya (istifham) yang sempurna terkait obrolan yang disajikan |
13 | Mengidentifikasi suara dan makna dari ujaran kata, frase, dan kalimat sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan terkaittopik: فصقملا يف baik secara ekspresi maupun tertulis | فصقملا يف | Mengidentifikasi jenis minuman terkait gambar |
13 | Mengidentifikasi suara dan makna dari ujaran kata, frase, dan kalimat sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan terkaittopik: فصقملا يف baik secara ekspresi maupun tertulis | فصقملا يف | Merangkai kata menjadi kalimat yang tepat |
14 | Mengidentifikasi suara huruf,kata, frase, dan makna kalimatsederhana sesuai dengan unsur kebahasaan terkait topik:تيبلا يفو ةسردملا يف انلامعأbaik secara ekspresi maupun tertulis | يف انلامعأ يفو ةسردملا تيبلا | Menterjemahkan ke dalam bahasa Arabdengan pola :هب لوعفم+ ريمض/لعاف + عراضم لعف |
14 | Mengidentifikasi suara huruf,kata, frase, dan makna kalimatsederhana sesuai dengan unsur kebahasaan terkait topik:تيبلا يفو ةسردملا يف انلامعأbaik secara ekspresi maupun tertulis | يف انلامعأ يفو ةسردملا تيبلا | Memilih beberapa dhomir yang sesuai pada kalimat fiil mudhori’ |
15 | Mengidentifikasi suara huruf,kata, frase, dan makna kalimatsederhana sesuai dengan unsur kebahasaan terkait topik:تيبلا يفو ةسردملا يف انلامعأbaik secara ekspresi maupun tertulis | يف انلامعأ يفو ةسردملا تيبلا | Menerapkan kata kerja عراضم لعف pada dialog, |
15 | Mengidentifikasi suara huruf,kata, frase, dan makna kalimatsederhana sesuai dengan unsur kebahasaan terkait topik:تيبلا يفو ةسردملا يف انلامعأbaik secara ekspresi maupun tertulis | يف انلامعأ يفو ةسردملا تيبلا | Menerapkan subjek/dhomir yang sesuai terhadap fiil mudhori’ dari sebuah kalimat , |
15 | Mengidentifikasi suara huruf,kata, frase, dan makna kalimatsederhana sesuai dengan unsur kebahasaan terkait topik:تيبلا يفو ةسردملا يف انلامعأbaik secara ekspresi maupun tertulis | يف انلامعأ يفو ةسردملا تيبلا | Menerapkan penggunaan zorf zaman padakalimat |
16 | Mengidentifikasi suara huruf,kata, frase, dan makna kalimatsederhana sesuai dengan unsur kebahasaan terkait topik:ةعاس يأ يفو ةعاسلا مكbaik secara ekspresi maupun tertulis | يفو ةعاسلا مكةعاس يأ | Memprediksi waktu yang sempurna dengankegiatan |
16 | Mengidentifikasi suara huruf,kata, frase, dan makna kalimatsederhana sesuai dengan unsur kebahasaan terkait topik:ةعاس يأ يفو ةعاسلا مكbaik secara ekspresi maupun tertulis | يفو ةعاسلا مكةعاس يأ | Menunjukkan jam dan menitnya dengan benar melalui gambar yang sesuai |
16 | Mengidentifikasi suara huruf,kata, frase, dan makna kalimatsederhana sesuai dengan unsur kebahasaan terkait topik:ةعاس يأ يفو ةعاسلا مكbaik secara ekspresi maupun tertulis | يفو ةعاسلا مكةعاس يأ | Menunjukkan gambar ihwal jam dengan |
NO | KOMPETENSI DASAR | MATERI | INDIKATOR |
menit kurang, | |||
Menunjukkan arah jarum jam kurang 15 menit pada sebuah ungkapan | |||
Menunjukkan kalimat yang sempurna pada dialog | |||
17 | Mengidentifikasi suara huruf,kata, frase, dan makna kalimatsederhana sesuai dengan unsur kebahasaan terkait topik:ةيبرعلا ةغللا ملعتbaik secara ekspresi maupun tertulis | ةيبرعلا ةغللا ملعت | Menerapkanan fi’il amr yang sempurna padakalimat |
17 | Mengidentifikasi suara huruf,kata, frase, dan makna kalimatsederhana sesuai dengan unsur kebahasaan terkait topik:ةيبرعلا ةغللا ملعتbaik secara ekspresi maupun tertulis | ةيبرعلا ةغللا ملعت | Menerapkan fill amr yg tepat |
17 | Mengidentifikasi suara huruf,kata, frase, dan makna kalimatsederhana sesuai dengan unsur kebahasaan terkait topik:ةيبرعلا ةغللا ملعتbaik secara ekspresi maupun tertulis | ةيبرعلا ةغللا ملعت | Menyusun pola kalimat yang benar dari kalimat acak |
17 | Mengidentifikasi suara huruf,kata, frase, dan makna kalimatsederhana sesuai dengan unsur kebahasaan terkait topik:ةيبرعلا ةغللا ملعتbaik secara ekspresi maupun tertulis | ةيبرعلا ةغللا ملعت | Menentukan terjemahan yang sempurna di dalam bahasa Arab dari kalimat berbahasa indonesia |
17 | Mengidentifikasi suara huruf,kata, frase, dan makna kalimatsederhana sesuai dengan unsur kebahasaan terkait topik:ةيبرعلا ةغللا ملعتbaik secara ekspresi maupun tertulis | ةيبرعلا ةغللا ملعت | Memodifikasi perubahan dalam bentuk fiil amar muannats dari kalimat yang memuat fiil amr muzakkar, |
18 | Mengidentifikasi suara huruf, kata, frase, dan makna kalimat sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan terkait topik:يلزنملا بجاولاbaik secara ekspresi maupun tertulis | يلزنملا بجاولا | Memodifikasi perubahan subjek mutakallim mufrad menjadi muzakkar mufrad pada dialog |
18 | Mengidentifikasi suara huruf, kata, frase, dan makna kalimat sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan terkait topik:يلزنملا بجاولاbaik secara ekspresi maupun tertulis | يلزنملا بجاولا | Menunjukkan perubahan dari fi’il madhi ke fi’il mudhari’ dengan kesesuaian subjek/dhomirnyapada kalimat |
18 | Mengidentifikasi suara huruf, kata, frase, dan makna kalimat sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan terkait topik:يلزنملا بجاولاbaik secara ekspresi maupun tertulis | يلزنملا بجاولا | Menentukan terjemahan fi’il madhi denganbenar dari kalimat sederhana |
18 | Mengidentifikasi suara huruf, kata, frase, dan makna kalimat sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan terkait topik:يلزنملا بجاولاbaik secara ekspresi maupun tertulis | يلزنملا بجاولا | Menerapkan keterangan waktu yang tepatsesuai dengan kata kerja fi’il madhi pada kalimat |
18 | Mengidentifikasi suara huruf, kata, frase, dan makna kalimat sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan terkait topik:يلزنملا بجاولاbaik secara ekspresi maupun tertulis | يلزنملا بجاولا | Menentukan terjemahan ke bahasa Arab dari kalimat berbahasa Indonesia |
NO | KOMPETENSI DASAR | MATERI | INDIKATOR |
19 | Mengidentifikasi suara huruf, kata, frase, dan makna kalimat sederhana sesuai dengan unsur kebahasaanterkait topik: ةهزنلاbaik secara ekspresi maupun tertulis | ةهزنلا | Menerapkan kata kerja ( fiil madhi ) yang sesuai dengan pola kalimat + ضام لعف) وه ، تنأ،انأ( ريمض dari dialog |
19 | Mengidentifikasi suara huruf, kata, frase, dan makna kalimat sederhana sesuai dengan unsur kebahasaanterkait topik: ةهزنلاbaik secara ekspresi maupun tertulis | ةهزنلا | Memilih alat transportasi yang sesuai dengan gambar, dengan pola kalimat) وه ، تنأ،انأ( ريمض + ضام لعف |
19 | Mengidentifikasi suara huruf, kata, frase, dan makna kalimat sederhana sesuai dengan unsur kebahasaanterkait topik: ةهزنلاbaik secara ekspresi maupun tertulis | ةهزنلا | Menyusun pola kalimat yang sesuai dengangambar |
19 | Mengidentifikasi suara huruf, kata, frase, dan makna kalimat sederhana sesuai dengan unsur kebahasaanterkait topik: ةهزنلاbaik secara ekspresi maupun tertulis | ةهزنلا | Memilih kata kerja yang sesuai dengansubjeknya dengan pola kalimat :وه ، تنأ،انأ( ريمض + ضام لعف |
19 | Mengidentifikasi suara huruf, kata, frase, dan makna kalimat sederhana sesuai dengan unsur kebahasaanterkait topik: ةهزنلاbaik secara ekspresi maupun tertulis | ةهزنلا | Memodifikasi kalimat acak menjadi susunan kalimat yang sempurna dan benar |
Kisi-kisi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Daerah (UAMBD) Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tahun Pelajaran 2017/2018: Fikih
NO | KOMPETENSI DASAR | MATERI | INDIKATOR |
---|---|---|---|
1 | Memahami ketentuan zakat fitrah | Zakat Fitrah | Menunjukkan ketentuan zakat fitrah |
1 | Memahami ketentuan zakat fitrah | Zakat Fitrah | Menentukan ukuran / dosis zakat fitrah |
2 | Memahami ketentuan infaq | Infaq | Menjelaskan ketentuan infaq |
3 | Memahami ketentuan sedekah | Sedekah | Menjelaskan ketentuan sedekah |
4 | Memahami ketentuan shalat ‘idain | Shalat Idul Fitri dan IdulAdha | Menjelaskan ketentuan shalat Idul Fitri |
4 | Memahami ketentuan shalat ‘idain | Shalat Idul Fitri dan IdulAdha | Menjelaskan ketentuan shalat Idul Adha |
5 | Memahami ketentuan salat Jumat | Shalat Jumat | Menjelaskan ketentuan sholat Jumat |
6 | Memahami ketentuan puasa sunah | Puasa Sunah | Menjelaskan ketentuan puasa sunah |
7 | Memahami mandi wajib sehabis haid | Bersuci dari haid | Menjelaskan ketentuan mandi wajib sehabis haid |
7 | Memahami mandi wajib sehabis haid | Bersuci dari haid | Menjelaskan ketentuan larangan bagi muslimah yang haid |
8 | Memahami ketentuan khitan | Khitan | Menjelaskan ketentuan khitan |
9 | Memahami ketentuan kurban | Kurban | Menjelaskan ketentuan kurban |
10 | Memahami tata cara haji | Haji | Menjelaskan ketentuan haji |
11 | Memahami tata cara umrah | Umrah | Menjelaskan ketentuan umroh |
12 | Memahami ketentuan makanan halal dan | Makanan halal dan | Menjelaskan ketentuan makanan yang halal dikonsumsi |
NO | KOMPETENSI DASAR | MATERI | INDIKATOR |
haram dikonsumsi | haram | Menjelaskan ketentuan makanan yang haram dikonsumsi | |
13 | Memahami ketentuan minuman halal danharam dikonsumsi | Minuman halal danharam | Menjelaskan ketentuan minuman yang halal dikonsumsi |
13 | Memahami ketentuan minuman halal danharam dikonsumsi | Minuman halal danharam | Menjelaskan ketentuan minuman yang haram dikonsumsi |
14 | Mengidentifikasi hewan yang halal danharam dikonsumsi | Binatang-binatang halaldan haram | Mengidentifikasi jenis-jenis hewan yang halal dikonsumsi |
14 | Mengidentifikasi hewan yang halal danharam dikonsumsi | Binatang-binatang halaldan haram | Mengidentifikasi jenis-jenis hewan yang haram dikonsumsi |
15 | Memahami ketentuan jual beli | Jual beli | Menjelaskan ketentuan jual beli |
15 | Memahami ketentuan jual beli | Jual beli | Menjelaskan macam-macam khiyar |
16 | Memahami ketentua npinjam meminjam | Pinjam meminjam | Menjelaskan ketentuan pinjam meminjam |
17 | Memahami ketentuan barang temuan | Barang temuan | Menjelaskan ketentuan barang temuan |
17 | Memahami ketentuan barang temuan | Barang temuan | Menjelaskan ketentuan yang harus dilakukan terhadap barangtemuan |
Kisi-kisi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Daerah (UAMBD) Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tahun Pelajaran 2017/2018: Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
NO | KOMPETENSI DASAR | MATERI | INDIKATOR |
---|---|---|---|
1 | Mengetahui contoh-contoh ketabahan nabi Muhammad SAW dan para sobat dalam berdakwah | Ketabahan nabi Muhammad SAW dan para sobat dalam berdakwah | Menyebutkan contoh-contoh ketabahan nabiMuhammad SAW dan para sobat dalam berdakwah |
1 | Mengetahui contoh-contoh ketabahan nabi Muhammad SAW dan para sobat dalam berdakwah | Ketabahan nabi Muhammad SAW dan para sobat dalam berdakwah | Menunjukkan sikap sabar menghadapi cobaan dalam memberikan kebenaran sebagai bentuk meneladani ketabahan nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya dalam berdakwah |
2 | Memahami ciri-ciri kepribadian nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi seluruh alam | Kepribadian nabiMuhammad SAW | Menjelaskan ciri-ciri kepribadian nabi Muhammad SAWsebagai rahmat bagi seluruh alam |
3 | Mengetahui sebab-sebab nabi Muhammad SAW menganjurkan sobat hijrah ke Habasyah | Hijrah ke Habasyah | Menunjukkan sebab-sebab nabi Muhammad SAWmenganjurkan sobat hijrah ke Habasyah |
3 | Mengetahui sebab-sebab nabi Muhammad SAW menganjurkan sobat hijrah ke Habasyah | Hijrah ke Habasyah | Menunjukkan kesabaran para sobat nabi MuhammadSAW dalam insiden hijrah ke Habasyah |
4 | Mengetahui sebab-sebab nabiMuhammad SAW hijrah ke Thaif | Hijrah ke Thaif | Menunjukkan kesabaran nabi Muhammad SAW dalam insiden hijrah ke Thaif |
4 | Mengetahui sebab-sebab nabiMuhammad SAW hijrah ke Thaif | Hijrah ke Thaif | Menunjukkan sebab-sebab nabi Muhammad SAW hijrah |
ke Thaif | |||
5 | Mengenal latar belakang nabi Muhammad SAW di Isramikrajkan Allah SWT | Isra Mi’raj | Menunjukkan latar belakang nabi Muhammad SAW diIsra Mi’rajkan Allah SWT |
5 | Mengenal latar belakang nabi Muhammad SAW di Isramikrajkan Allah SWT | Isra Mi’raj | Menunjukkan hikmah dari insiden Isra Mi’raj nabiMuhammad SAW |
6 | Mengetahui sebab-sebab hirah nabiMuhammad SAW ke Yatsrib | Hijrah ke Yatsrib | Menunjukkan sebab-sebab nabi Muhammad SAW hijrah ke Yatsrib |
7 | Mengetahui keperwiraan nabi Muhammad SAW dalam mempertahankan kota Madinah dari serangan kafir Quraisy | Keperwiraan nabi Muhammad SAW (Perang Badar) | Menjelaskan keperwiraan nabi Muhammad SAW dalam perang Badar |
7 | Mengetahui keperwiraan nabi Muhammad SAW dalam mempertahankan kota Madinah dari serangan kafir Quraisy | Keperwiraan nabi Muhammad SAW (Perang Uhud) | Menjelaskan keperwiraan nabi Muhammad SAW dalam perang Uhud |
7 | Mengetahui keperwiraan nabi Muhammad SAW dalam mempertahankan kota Madinah dari serangan kafir Quraisy | Keperwiraan nabi Muhammad SAW (Perang Khandaq) | Menjelaskan keperwiraan nabi Muhammad SAW dalam perang Khandaq |
8 | Mengetahui sebab-sebab terjadinyaFathu Makkah | Fathu Makkah | Menjelaskan sebab-sebab terjadinya Fathu Makkah |
9 | Memahami cara-cara Rasulullah SAW dalam menghindari pertumpahan darah dengan kaum kafir Quraisy dalam insiden Fathu Makkah | Fathu Makkah | Menunjukkan sikap meneladani cara-cara Rasulullah SAW dalam menghindari pertumpahan darah dengan kaum kafir Quraisy dalam insiden Fathu Makkah |
9 | Memahami cara-cara Rasulullah SAW dalam menghindari pertumpahan darah dengan kaum kafir Quraisy dalam insiden Fathu Makkah | Fathu Makkah | Menjelaskan cara-cara Rasulullah SAW dalam menghindari pertumpahan darah dengan kaum kafir Quraisy dalam insiden fathu Makkah |
10 | Memahami upaya yang dilakukan nabi Muhammad SAW dalam membina masyarakat Madinah (sosial, ekonomi, agama, dan pertahanan) | Upaya nabi Muhammad SAW dalam membina masyarakat Madinah | menjelaskan upaya yang dilakukan nabi Muhammad SAW dalam membina masyarakat Madinah di bidang agama, ekonomi, sosial, dan pertahanan |
11 | Mengetahui peristiwa-peristiwa di maut Rasulullah SAW | Aku Rindu Padamu yaRasul | Menjelaskan insiden sakit menjelang simpulan hayatRasulullah SAW |
11 | Mengetahui peristiwa-peristiwa di maut Rasulullah SAW | Aku Rindu Padamu yaRasul | Menjelaskan insiden wafatnya Rasulullah SAW |
12 | Mengetahui pola nilai-nilai nyata dari khalifah Abu Bakar As-Shiddiq RA | Abu Bakar As-Shiddiq RA | Mengidentifikasi pola nilai-nilai nyata dari kekhalifahan Abu Bakar as-Shiddiq RA |
12 | Mengetahui pola nilai-nilai nyata dari khalifah Abu Bakar As-Shiddiq RA | Abu Bakar As-Shiddiq RA | Menunjukkan sikap mengamalkan pola nilai-nilai kesalehan dari Abu Bakar as-Shiddiq RA |
13 | Mengetahui pola nilai-nilai nyata dari khalifah Umar bin Khattab RA | Umar bin Khattab RA | Mengidentifikasi pola nilai-nilai nyata dari kekhalifahan Umar bin Khattab RA |
13 | Mengetahui pola nilai-nilai nyata dari khalifah Umar bin Khattab RA | Umar bin Khattab RA | Menunjukkan sikap mengamalkan pola nilai-nilai kesalehan dari khalifah Umar bin Khattab RA |
14 | Memahami sejarah kekhalifahan KhalifahUtsman bin Affan RA | Khalifah Utsman bin AffanRA | Menjelaskan sejarah kekhalifahan khalifah Utsman binAffan RA |
15 | Mengetahui pola nilai-nilai nyata dariKhalifah Utsman bin Affan RA | Khalifah Utsman bin AffanRA | Mengidentifikasi pola nilai-nilai nyata dari khalifahUtsman bin Affan RA |
15 | Mengetahui pola nilai-nilai nyata dariKhalifah Utsman bin Affan RA | Khalifah Utsman bin AffanRA | Menunjukkan sikap mengamalkan nilai-nilai kesalehan dari khalifah Utsman bin Affan RA |
16 | Memahami sejarah kekhalifahan KhalifahAli bin Abi Thalib RA | Khalifah Ali bin Abi ThalibRA | Menjelaskan sejarah kekhalifahan khalifah Ali bin AbiThalib |
Mengidentifikasi pola nilai-nilai nyata dari khalifah Ali bin Abi Thalib | |||
17 | Mengetahui pola nilai-nilai nyata dariKhalifah Ali bin Abi Thalib RA | Khalifah Ali bin Abi ThalibRA | Menunjukkan sikap mengamalkan nilai-nilai kesalehan dari khalifah Ali bin Abi Thalib |
18 | Mengetahui sejarah usaha sunan Maulana Malik Ibrahim, sunan Ampel, dan sunan Giri | Wali Songo | Menjelaskan sejarah usaha sunan Maulana MalikIbrahim |
18 | Mengetahui sejarah usaha sunan Maulana Malik Ibrahim, sunan Ampel, dan sunan Giri | Wali Songo | Menjelaskan sejarah usaha sunan Ampel |
18 | Mengetahui sejarah usaha sunan Maulana Malik Ibrahim, sunan Ampel, dan sunan Giri | Wali Songo | Menjelaskan sejarah usaha sunan Giri |
18 | Mengetahui sejarah usaha sunan Maulana Malik Ibrahim, sunan Ampel, dan sunan Giri | Wali Songo | Menunjukkan sikap meneladani kepribadian sunanMaulana Malik Ibrahim, sunan Ampel, dan sunan Giri |
19 | Mengetahui sejarah usaha sunan Bonang, Sunan Kalijaga, dan sunan Drajat | Wali Songo | Menjelaskan sejarah usaha sunan Kalijaga |
19 | Mengetahui sejarah usaha sunan Bonang, Sunan Kalijaga, dan sunan Drajat | Wali Songo | Menjelaskan sejarah usaha sunan Bonang |
19 | Mengetahui sejarah usaha sunan Bonang, Sunan Kalijaga, dan sunan Drajat | Wali Songo | Menjelaskan sejarah usaha sunan Drajat |
20 | Mengetahui sejarah usaha sunan Muria, sunan Kudus, dan sunan Gunung Jati | Wali Songo | Menjelaskan sejarah usaha sunan Kudus |
20 | Mengetahui sejarah usaha sunan Muria, sunan Kudus, dan sunan Gunung Jati | Wali Songo | Menjelaskan sejarah usaha sunan Gunung Jati |
20 | Mengetahui sejarah usaha sunan Muria, sunan Kudus, dan sunan Gunung Jati | Wali Songo | Menjelaskan sejarah usaha sunan Muria |