Setelah kita mempelajari aktiva tetap pada blog yang lalu, kini ada hal penting yang perlu dipelajari oleh setiap individu atau tubuh perusahaan, yaitu EFIN. Apa sih itu? EFIN yaitu 10 digit nomor identitas yang diterbitkan oleh DJP (Direktorat Jenderal Pajak) kepada wajib pajak. Terus bagaimana mendapatkannya nih? Simak yuk artikel dibawah ini!
Apa itu EFIN?
EFIN atau Electronic Filing Identification Number adalah 10 digit nomor identitas yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kepada wajib pajak.
Kode EFIN dipakai sebagai identifikasi bagi setiap wajib pajak biar sanggup melaksanakan transaksi elektronik menyerupai pelaporan SPT.
EFIN merupakan syarat yang wajib untuk melaksanakan efiling, baik di website DJP Online ataupun ASP dengan fitur efiling pajak gratis menyerupai halnya OnlinePajak.
Dengan EFIN wajib pajak kau sanggup melaporkan SPT (Surat Pemberitahuan) tahunan via online dengan kondusif sebab sudah terenkripsi, sehingga kerahasiaan data sudah terjamin.
Jenis-Jenis EFIN
Sementara itu, menurut penggunanya EFIN dibagi menjadi dua jenis yaitu, EFIN untuk pajak tubuh dan pajak pribadi, berikut perbedaannya:
EFIN Pajak Badan
EFIN pajak tubuh yakni EFIN yang dibentuk dan diperuntukkan bagi wajib pajak tubuh perjuangan atau perusahaan. EFIN pajak tubuh berbeda dengan EFIN pajak pribadi. Bila kau seorang pengusaha yang mempunyai perusahaan atau tubuh usaha, maka selain EFIN pajak pribadi yang perlu kau miliki untuk efiling pajak pribadi kau setiap tahun, kau juga perlu menciptakan EFIN pajak tubuh untuk perusahaan kamu.
EFIN Pajak Pribadi
EFIN pajak pribadi dibutuhkan oleh wajib pajak orang pribadi untuk memberikan Surat Pemberitahuan (SPT) elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet. Agar sanggup memberikan SPT Tahunan pribadi secara online tanpa perlu pergi ke kantor pajak, wajib pajak pribadi harus mengajukan permohonan aktivasi EFIN terlebih dahulu ke KPP terdekat.
Fungsi EFIN Pajak
Apa yang dimaksud dengan EFIN dan keuntungannya bagi wajib pajak mungkin menjadi pertanyaan bagi lebih banyak didominasi masyarakat awam dikala gres pertama kali berurusan dengan langkah lapor pajak online.
Diberlakukannya EFIN tentu menunjukkan efek kasatmata bagi sistem manajemen perpajakan Indonesia. Berikut beberapa manfaat diterbitkannya untuk wajib pajak:
- Kamu sanggup mencicipi manfaat lapor SPT online yang sangat besar, menyerupai lebih ekonomis waktu dan penyimpanan data bukti lapor dalam basis data web dan dalam jangka panjang.
- Berfungsi untuk autentikasi biar transaksi pajak online sanggup dienkripsi sehingga menjamin kerahasiaan data perpajakan.
- Setelah mempunyai EFIN, wajib pajak sanggup mengakses, melaksanakan transaksi perpajakan online dan melaporkan SPT tahunan tanpa perlu tiba untuk antre lagi di KPP.
- Dapat menjamin kerahasiaan data kau yang terdapat didalam sistem pajak online.
- Selain itu, jikalau kau melaporkan pajak secara online maka data akan terekam di database sistem pajak. Kemudian pada laporan pajak tahun berikutnya, kau tidak perlu mengulangi pengisian data dari awal lagi.
Cara Mendapatkan EFIN
Setelah kau memahami apa yang dimaksud dengan EFIN, langkah selanjutnya yakni mengajukan pembuatannya. Karena dengan mempunyai EFIN kau mendapatkan akomodasi melaporkan SPT Tahunan pribadi secara online dan tidak perlu tiba ke KPP lagi.
Apakah Bisa Membuat EFIN Online?
Berdasarkan ketentuan yang tertuang pada Pasal 2 dari peraturan DJP Nomor PER-04/PJ/2015 wacana Pengamanan Transaksi Elektronik Layanan Pajak Online, wajib pajak diharuskan mengajukan permohonan pembuatan EFIN memakai formulir yang formatnya sudah diatur dan melengkapi lampiran yang sudah dipersyaratkan kemudian disampaikan pribadi ke KPP terdekat untuk mendapatkan EFIN.
Baik untuk pembuatan untuk pajak pribadi maupun badan, kau tetap harus mengajukan permohonan aktivasi dengan mendatangi KPP.
Download Formulir EFIN
Kamu sanggup mengisi formulir EFIN pajak di website e-filing online pajak secara otomatis atau dengan mengunduh pada tautan di bawah ini:
Proses pembuatannya untuk wajib pajak pribadi dan tubuh mempunyai sedikit perbedaan dari segi dokumen yang perlu dipersiapkan, berikut masing-masing langkahnya:
Cara mendapatkan EFIN Pribadi
Untuk membuatnya kau harus tiba pribadi ke KPP terdekat dan tidak sanggup diwakilkan, ketentuan ini tertuang dalam peraturan DJP Nomor PER-32/PJ/2017 wacana Pengamanan Transaksi Elektronik Layanan Pajak Online.
Download Formulir Aktivasi EFIN
Sebelum tiba ke KPP Anda bisa d0wnl0ad formulir permohonan aktivasi kemudian melengkapi datanya (tapi kosongkan kepingan kolom nomor EFIN, kepingan ini akan diisi oleh petugas KPP).
Ajukan Formulir & Dokumen yang dibutuhkan ke KPP
Lalu tiba ke KPP terdekat dengan membawa berkas-berkas berikut ini:
- Formulir aktivasi yang sudah diisi
- Alamat email yang aktif untuk mengirimkan verifikasi
- Identitas diri orisinil dan fotokopi (KTP untuk WNI atau KITAS/KITAP untuk WNA)
- NPWP orisinil dan fotokopi
Jangan lupa untuk menjaga kerahasiaan EFIN kau biar terhindar dari penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
Aktivasi EFIN Kamu
Setelah kau mendapatkan EFIN (berupa nomor 10 digit) dari petugas KPP, kau sanggup melaksanakan aktivasi di website resmi DJP Online pada tautan kirimkan link aktivasi.
Kemudian, kau akan mendapatkan email konfirmasi yang didalamnya terdapat password sementara. Klik tautan pada email kemudian ganti dengan password baru yang kau inginkan.
Perlu diperhatikan bahwa EFIN harus pribadi diaktivasi atau didaftarkan pada aplikasi pajak yang kau gunakan, segera sesudah kau mendapatkannya. Jika sudah lebih dari 30 hari kau lupa melaksanakan aktivasi, maka harus melaksanakan pembuatan gres lagi.
Daftarkan EFIN Kamu di OnlinePajak
Setelah mempunyai EFIN kau sanggup pribadi menggunakannya untuk lapor pajak online. Jika ingin pribadi memakai fitur lapor SPT pribadi gratis di OnlinePajak, buat akun kemudian daftarkan EFIN kamu.
Cara Mendapatkan EFIN Pajak Badan
Langkah pembuatannya untuk wajib pajak tubuh caranya cukup mudah, tahapan yang diharapkan tidak berbeda jauh menyerupai pembuatan untuk wajib pajak pribadi.
Waktu yang diharapkan juga tidak lama, dalam satu hari kerja biasanya sudah sanggup didapatkan. Berikut langkah-langkah yang diharapkan jikalau kau ingin menciptakan untuk wajib pajak badan:
Lengkapi Formulir EFIN
Isi formulir, tetapi kosongkan kepingan kolom EFIN, petugas KPP akan mengisikannya untuk kamu.
Cetak dan bawa formulir EFIN tersebut, berikut dokumen pendukung ke KPP terdekat
Kini permohonan EFIN ke KPP sudah tidak sanggup diwakilkan oleh orang lain. Setiap wajib pajak harus tiba sendiri ke KPP terdekat untuk sanggup mendapatkan EFIN.
Persyaratan EFIN Pajak Badan
Berikut dokumen-dokumen yang perlu kau persiapkan sebagai persyaratan EFIN badan:
Syarat-Syarat Wajib Pajak Badan Kantor Cabang
- Fotokopi kartu NPWP atau Surat Keterangan Terdaftar Wajib Pajak Badan.
- Fotokopi kartu NPWP atau Surat Keterangan Terdaftar pengurus yang bersangkutan.
- Fotokopi identitas diri pengurus (KTP untuk WNI atau KITAS/KITAP untuk WNA).
- Surat kuasa penunjukan pengurus yang mewakili dari wajib pajak badan.
- Fotokopi kartu NPWP atau Surat Keterangan Terdaftar kantor cabang.
- Fotokopi kartu NPWP atau Surat Keterangan Terdaftar pimpinan kantor cabang.
- Fotokopi identitas diri pimpinan kantor cabang (KTP untuk WNI atau KITAS/KITAP untuk WNA).
- Surat pengangkatan pimpinan kantor cabang.
- Surat kuasa/penunjukan pimpinan kantor cabang sebagai pengurus yang mewakili badan.
Aktivasi EFIN Kamu
Sesudah kau mendapatkan EFIN, segeralah lakukan aktivasi di website resmi DJP Online pada tautan kirimkan link aktivasi.
Daftarkan EFIN Pajak Badan Kamu di OnlinePajak
Kemudian, daftarkan EFIN yang sudah kau miliki untuk mulai melaksanakan lapor pajak tubuh online secara gratis di OnlinePajak.
7 Solusi Mudah Ketika Lupa EFIN Pajak
Jika kau sedang ingin lapor pajak, tetapi lupa EFIN pajak maka berikut langkah-langkah simpel yang sanggup kau lakukan:
- Datang ke KPP. Solusi pertama kau sanggup mendatangi KPP terdekat, tidak harus KPP kawasan Anda melaksanakan pendaftaran.
- Bertanya melalui Chat Pajak. Kedua kau sanggup juga memakai fitur Chat Pajak pada website DJP yang terdapat di pojok bawah sebelah kanan.
- Bertanya lewat akun Twitter @kring_pajak. Bila kau mempunyai akun twitter, manfaatkan jalur customer service DJP yang ada di media umum Twitter satu ini.
- Telp Call Center Kring Pajak. Hubungi Call Center Kring Pajak di nomor 1500200.
- Cari lagi berkas-berkas perpajakan kamu, mungkin lembar EFIN kau terselip.
- Periksa lagi inbox email kamu, dengan mencari kata kunci “EFIN”.
- Opsi terakhir kau sanggup tiba ke KPP terdekat untuk meminta cetak ulang EFIN, jangan lupa untuk membawa orisinil dan fotokopi KTP dan NPWP.
Nah, sesudah mengetahui seluk-beluk mengenai cara mendapatkan EFIN, sudah semakin gampang lapor dan bayar pajak dong? Selain jangan lupa bayar pajak, sebagai warga negara yang baik ada satu aplikasi yang pandai banget nih yaitu JojoPayroll. Apa sih JojoPayroll itu? JojoPayroll yakni aplikasi yang sanggup membantu HRD dalam menggaji karyawan secara online. Dengan JojoPayroll, sistem perusahaan sudah terkonfigurasi pribadi dengan UU Ketenagakerjaan, sekaligus pembayaran pajak. Jadi, nggak ada lagi tuh pembayaran pajak yang telat. Canggih kan?
Sumber aciknadzirah.blogspot.com