Tuesday, April 11, 2017

√ 2 Cara Menghitung Berat Tubuh Ideal Wanita

Berat Badan Ideal Wanita – Berat tubuh merupakan salah satu hal yang paling diperhatikan oleh kaum hawa. Memiliki berat tubuh ideal merupakan dambaan setiap wanita. Banyak yang terobsesi memiliki tubuh yang langsing dan bebas dari kesan gemuk.


Maka dari itu tidak mengherankan bila banyak perempuan yang melaksanakan bermacam-macam cara semoga memiliki tubuh yang indah. Mulai dari cara sederhana menyerupai menjaga tumpuan makan, diet, berolahraga hingga yang tergolong ekstrem menyerupai melaksanakan operasi sedot lemak.


Untuk diketahui, berat tubuh ideal perempuan berbeda dengan berat tubuh ideal wanita. Meski cara menghitung berat tubuh ideal perempuan menyerupai dengan pria, tolong-menolong ada sedikit perbedaan di antara dua metode perhitungan tersebut. Maka dari itu kami tertarik untuk membahas lebih lanjut mengenai  menghitung berat tubuh ideal wanita.


Ada dua rumus berat tubuh ideal perempuan yang akan kami sampaikan. Yakni dengan menggunakan rumus BMI dan rumus Brosca. Masing-masing memiliki kegunaan dan cara perhitungan yang berbeda.


Menghitung Berat Badan Ideal Wanita Dengan Rumus BMI


 Berat tubuh merupakan salah satu hal yang paling diperhatikan oleh kaum hawa √ 2 Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita


Body Mass Index (BMI) atau dalam bahasa Indonesia Indeks Massa Tubuh (IMT) merupakan salah satu rumus untuk mengetahui berat tubuh ideal seseorang. Jika Anda ingin mengetahui berapa berat tubuh ideal, maka sanggup dengan menggunakan rumus ini.


Sebagai catatan, rumus ini digunakan untuk melihat seberapa ideal kah berat tubuh seseorang. Rumus BMI ialah sebagai berikut.


BMI = Berat Badan (Kg) : (Tinggi Badan (m) x Tinggi Badan (m))


Sebenarnya rumus BMI untuk mencari tahu ideal berat tubuh perempuan dengan laki-laki sama saja. Yang membedakan ialah standar BMI-nya. Berikut ialah kriteria perhitungan BMI menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO).



  • BMI < 18 : Kurus

  • BMI 18-25 : Normal

  • BMI 25-27 : Kelebihan berat tubuh atau gemuk

  • BMI > 27 : Obesitas


Contoh


Berat tubuh Rini ialah 50 kg, sedangkan tinggi badannya 1,6 m. Maka perhitungan BMI untuk kasus ini adalah:


BMI = 50 : (1,6 x 1,6) = 50 : 2,56 = 19,5


Berdasarkan rumus tersebut, diketahui bahwa berat tubuh Rini termasuk dalam kategori normal. Sebab masih berada di nilai BMI 18-25.


Menghitung Berat Badan Ideal Wanita Dengan Rumus Brosca


 Berat tubuh merupakan salah satu hal yang paling diperhatikan oleh kaum hawa √ 2 Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita


Selain menggunakan BMI, Anda juga sanggup memanfaatkan rumus Brosca untuk mencari berat tubuh ideal Anda. Cara menghitung berat badal ideal perempuan yang satu ini digunakan untuk mengetahui berapa berat tubuh ideal seseorang. Rumus Brosca perempuan dan laki-laki sedikit berbeda.


Baca Juga : Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria


Untuk wanita, rumus Brosca ialah sebagai berikut:


Berat Badan Ideal = (Tinggi Badan – 100) – (15% x (Tinggi Badan – 100))


Contoh


seorang perempuan memiliki tinggi tubuh 167 cm. Maka berapa berat tubuh ideal perempuan tersebut?


(167 – 100) – (15% x (167 – 100)) = 67 – (15% x 67) = 67 – 10,5 =  56,5 Kg


Perlu dicatat, tinggi tubuh pada rumus Brosca dinyatakan dalam satuan centimeter. Berbeda dengan rumus BMI yang menggunakan satuan meter.


Bila ingin mencari berat tubuh ideal perempuan menurut umur, Anda sanggup memanfaatkan rumus Brosca di atas. Rumus ini sanggup digunakan untuk perempuan berusia mulai 20 tahun.


Jika berat tubuh Anda kurang atau kurus, maka Anda sanggup memperbanyak asupan makanan. Terutama kuliner yang mengandung karbohidrat atau lemak. Akan tetapi tetap perhatikan asupan kuliner Anda. Pastikan porsi kuliner Anda per hari seimbang semoga tercapai tumpuan makan yang sehat.


Bila berat tubuh Anda terlalu gemuk Anda sanggup melaksanakan diet atau berolahraga rutin. Anda juga sanggup berkonsultasi dengan dokter terkait jikalau memang diperlukan. Seperti halnya bila Anda mengalami obesitas atau kegemukan.


Selain cara di atas ada pula cara menghitung berat tubuh perempuan ideal yang lebih mudah. Yakni dengan menggunakan kalkulator berat tubuh ideal wanita. Cara ini lebih mudah dan tidak perlu menghitung secara manual, namun akan kami sampaikan pada artikel selanjutnya. Bila Anda mencari bagaimana menghitung berat tubuh ideal anak dan ibut hamil sanggup menuju halaman berikut.


Baca : Cara Menghitung Berat Badan Ideal


Pada halaman tersebut sudah kami bahas secara detail mengenai menghitung berat tubuh ideal untuk wanita, pria, anak dan ibu hamil. Demikian  info yang sanggup kami sampaikan seputar berat tubuh ideal wanita. Semoga info yang kami sampaikan di atas bermanfaat untuk Anda.




Sumber https://carasiiumi.com/