Wednesday, April 12, 2017

√ Begini Cara Menghitung Persen Di Kalkulator

Sebelumnya kami telah membahas ihwal cara menghitung persen dan juga teladan soalnya. Untuk melengkapi pembahasan sebelumnya, kali ini kami akan memberikan ihwal cara menghitung persen di kalkulator. Mungkin Anda sudah familiar dengan cara menghitung persentase di kalkulator.


Mungkin juga ada orang yang belum memahami bagaimana cara menghitung persen di kalkulator. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk kita bahas. Sebelum masuk ke pembahasan, perlu diketahui bahwa kalkulator majemuk jenisnya. Mulai dari kalkulator HP, kalkulator biasa, kalkulator komputer dan lain sebagainya.


Sebelumnya kami telah membahas ihwal cara menghitung persen dan juga teladan soalnya √ Begini Cara Menghitung Persen di Kalkulator


Pada dasarnya cara menghitung persen di kalkulator HP dan kalkulator lainnya tidak jauh berbeda. Misal, cara menghitung persen di kalkulator Casio sama saja dengan cara menghitung persen di kalkulator Android. Hanya saja yang membedakan biasanya yakni lambang pengoperasiannya dan tata letak tombol-tombolnya. Sebelumnya kita lihat dulu apa saja jenis kalkulator yang lazim dijumpai.


Jenis Kalkulator


Secara umum kalkulator dibagi menjadi dua, yakni:



  • Kalkulator Biasa


Kalkulator ini menjadi jenis yang paling banyak dipakai, baik di kantoran, toko dan lain sebagainya. Kalkulator standar umumnya terdiri dari tombol-tombol yang terbatas untuk memudahkan pengguna mengoperasikan pertambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, persentase dan akar. Biasanya kalkulator ini digunakan pada pekerjaan yang tidak membutuhkan perhitungan yang rumit.



  • Kalkulator Ilmiah


Berbeda dengan kalkulator biasa, kalkulator ilmiah atau juga dikenal kalkulator Scientific memiliki fungsi yang lebih banyak. Selain pertambahan dan pengurangan kalkulator ini juga dilengkapi dengan tombol pangkat, sin, cos, tan, logaritma dan lain sebagainya.


Rumus Persentase


Sedikit mengingat kembali, cara mencari persentase sanggup dengan memakai rumus sebagai berikut:


Persentase = (Bagian/Seluruh) x 100%


Lalu untuk mencari nilai bahu-membahu dari suatu persentase sanggup dicari dengan memakai rumus:


Bagian = (Persentase/100%) x Seluruh


Cara Perhitungan Persen di Kalkulator


Sebelumnya kami telah membahas ihwal cara menghitung persen dan juga teladan soalnya √ Begini Cara Menghitung Persen di Kalkulator


Menghitung persen di kalkulator tidak berbeda dengan cara menghitung manual. Rumus yang digunakan sama. Hanya saja Anda tidak perlu menghitungnya sendiri alasannya angka yang Anda masukkan diproses eksklusif oleh kalkulator.


Contoh


Ada seorang anak yang memiliki 50 kelereng. Lalu 10 kelereng beliau berikan kepada adiknya. Berapa persen kelereng yang diberikan anak itu kepada adiknya?


Jika ingin menghitung di kalkulator, Anda hanya perlu memasukkan angka di atas menurut rumus persentase. Rumus yang kita pakai adalah Persentase = (Bagian/Seluruh) x 100%.



  • masukkan angka 10 kemudian tekan tombol bagi (“÷” atau “/”)

  • ketikkan angka 50

  • tekan tombol kali (“X” atau “*”)

  • masukkan angka 100 kemudian tekan tombol “=”

  • Maka diketahui bahwa akibatnya yakni 20%


Cara Menghitung Diskon Persen di Kalkulator


Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, rumus menghitung diskon adalah:


Nilai Diskon = Nilai Persen x Nilai Pecahan (Harga Sebelum Diskon)


Contoh


Ada kaos yang dijual dengan harga Rp 100.000. Baju itu memperoleh diskon 20%. Berapa harga baju sesudah menerima diskon?


Pada kalkulator, cara menghitungnya sama saja. Pertama masukkan angka 20/100 yang merupakan bentuk pecahan dari 20%. Setelah itu tekan tombol kali dan masukkan 100000 tanpa tanda titik. Tekan tanda sama dengan maka muncul hasil 20000 yang merupakan besaran diskon dinyatakan dalam bentuk Rupiah. Berikutnya yakni mengurangi Rp 100.000 dengan Rp 20.000 dan didapat harga Rp 80.000.


Masih ada cara lainnya, yakni dengan memasukkan angka 20 kemudian tekan tombol persen (%). Maka akan muncul angka 0,2 yang merupakan bentuk desimal dari 20%. Setelah itu tekan tombol kali dan diikuti 100000. Maka akibatnya sama saja dengan hasil di atas.


Baca Juga:   Cara Menghitung Persen di Excel Beserta Rumus dan Contoh

Untuk dicatat, masing-masing kalkulator memiliki tombol pengoperasian yang berbeda-beda. Maka dari itu sesuaikan dengan kebutuhan Anda kalau ingin membeli kalkulator. Anda juga sanggup memanfaatkan kalkulator PC. Cara menghitung persen di kalkulator Windows sama saja dengan kalkulator lainnya.


Kelebihannya Anda sanggup mengubah jenis kalkulator Windows menjadi standar, scientific, statistic dan lain sebagainya. Cocok bila Anda bekerja di depan komputer.


Itulah isu seputar cara menghitung persen di kalkulator. Semoga isu yang kami sampaikan di atas bermanfaat untuk Anda.




Sumber https://carasiiumi.com/