Thursday, April 13, 2017

√ Cara Menghitung Era Subur Perempuan Dan Pria

Mempunyai anak pastinya merupakan dambaan bagi setiap pasangan suami istri. Maka dari itu banyak sekali upaya dilakukan oleh pasangan supaya segera hamil dan mendapat momongan. Sebenarnya ada beberapa metode sederhana yang bisa membantu Anda untuk segera mendapat keturunan. Salah satunya yaitu dengan menghitung masa subur.


Dengan mengetahui masa subur dibutuhkan pasangan cepat hamil dan mendapat anak. Maka dari itu, kami akan menjelaskan semuanya secara terperinci supaya Anda lebih paham segala hal yang berkaitan dengan masa subur laki-laki maupun wanita.


Menghitung Masa Subur Wanita


Mempunyai anak pastinya merupakan dambaan bagi setiap pasangan suami istri √ Cara Menghitung Masa Subur Wanita dan Pria


Membahas masa subur perempuan maka tidak bisa lepas dari siklus menstruasi. Siklus haid merupakan rentang hari semenjak pertama haid hingga hari pertama haid berikutnya. Siklus haid yang normal yaitu setiap 21-35 hari. Hari pertama pada siklus haid disebut sebagai hari pertama haid terjadi.


Siklus haid perempuan intinya dibagi menjadi 3 fase:



  • Masa menstruasi


Pada hari pertama siklus menstruasi, endometrium atau rahim mulai luruh. Hal ini disebut sebagai menstruasi. Haid normalnya berlangsung selama 4-6 hari. Sebagian perempuan kehilangan darah ketika menstruasi berlangsung pada 3 hari pertama.


Di masa ini biasanya muncul keluhan menyerupai kram di panggul, kaki dan punggung. Kram merupakan tanda bahwa rahim perempuan berkontraksi, membantu endometrium meluruhkan darah.



  • Fase folikular


Ketika masuk fase folikular, foliker telur pada ovarium siap melepaskan telur. Umumnya satu telur dilepaskan setiap siklusnya. Mengenai usang atau tidaknya proses ini tergantung dari berapa usang siklus Anda. Di ketika bersamaan rahim juga menumbuhkan endometrium gres untuk mempersiapkan kehamilan.



  • Fase luteal


Fase ini terjadi ketika ovulasi, yakni ketika telur dilepaskan dari folikel telur di ovarium. Fase ini bisa terjadi kapan saja dari hari ke-7 hingga hari ke-22 dari siklus menstruasi yang normal. Apabila sel telur dibuahi oleh sperma dan melekat pada endometrium, maka kehamilan dimulai. Sedangkan kalau sel telur tidak dibuahi endometrium akan luruh.


Baca Juga : Cara Menghitung Siklus Menstruasi Yang Benar


Menghitung Masa Subur Wanita Setelah HaidMempunyai anak pastinya merupakan dambaan bagi setiap pasangan suami istri √ Cara Menghitung Masa Subur Wanita dan Pria


Ada beberapa cara menghitung masa subur perempuan semoga cepat hamil. Anda bisa memanfaatkan salah satu atau beberapa cara menghitung masa subur sehabis haid sehingga bisa mengetahui kapan kira-kira masa subur Anda.


Sebenarnya Anda juga bisa memanfaatkan kalkulator masa subur atau kalkulator kehamilan untuk memudahkan Anda dalam menghitung masa subur. Akan tetapi untuk kali ini kami akan sampaikan cara menghitung masa subur perempuan secara manual. Simak detail selengkapnya di bawah ini :



  • Siklus haid normal dan teratur


Untuk siklus menstruasi yang normal, caranya mengakibatkan hari pertama siklus menstruasi sebagai hari ke-1. Lalu untuk masa suburnya sempurna di hari ke-12 hingga dengan hari ke-16 dalam satu siklus menstruasi, menyerupai yang sudah dijelaskan di atas.


Contohnya, bila awal menstruasi Anda terjadi pada tanggal 9 Mei, maka pada tanggal tersebut dijadikan sebagai hari pertama. Lalu masa subur Anda jatuh pada hari ke-12 atau tepatnya pada tanggal 20 Mei hingga hari ke-16 atau tanggal 24 Mei.



  • Siklus haid tidak teratur


Siklus haid tidak teratur artinya siklus dengan awal menstruasi yang maju atau mundur sehingga tidak sanggup dipastikan dengan jelas. Cara menghitung masa kesuburan perempuan yang siklusnya tidak teratur yaitu dengan mencatat perhitungan jumlah hari haid tersebut selama 6 bulan. Alasannya memilih hari pertama masa subur perempuan dilakukan dengan menghitung jumlah siklus menstruasi yang dimulai dari yang terpendek dari 6 kali haid kemudian dikurangi 18.


Baca Juga:   Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita, Pria dan Anak

Mengutip dari beberapa sumber, ada beberapa cara lain untuk mengetahui masa subur wanita. Penasaran dengan metode alternatif ini? Silakan simak uraiannya di bawah ini.


Menghitung Masa Subur Wanita Dengan Sistem Kalender


Metode ini dianjurkan oleh banyak dokter ahli. Dengan cara ini Anda akan mengetahui masa subur dan prasubur. Rumus mengetahui masa subur perempuan dengan metode ini dibagi menjadi dua macam, yakni:


Masa Subur = Hari Terakhir Haid/Menstruasi + 13


Masa Prasubur = Masa Subur – 3 & Masa Subur + 3


Mengetahui Masa Subur Wanita Dengan Perubahan Lendir Serviks


Cara berikutnya yang bisa Anda coba yaitu dengan mengusut getah lendir lisan rahim. Anda bisa melakukannya sendiri tanpa pinjaman orang lain. Akan tetapi jangan lupa untuk membersihkan tangan Anda sebelum melakukannya. Berikut yaitu cara mengamatinya :


Periksa lendir dari lisan rahim setiap hari. Sebab hormon estrogen mencapai puncaknya pada ketika ovulasi. Biasanya lendir rahim akan terasa encer.


Raba dengan telunjuk Anda, kemudian rekatkan telunjuk dengan ibu jari dan renggangkan sehingga lendir membentuk menyerupai benang. Bila hingga jarak 2-3 cm tidak terputus, maka artinya Anda dalam masa subur, begitu juga sebaliknya. Hanya saja tingkat keberhasilan cara ini 60%-70% saja.


Mengetahui Masa Subur Wanita Dengan Suhu Tubuh


Mempunyai anak pastinya merupakan dambaan bagi setiap pasangan suami istri √ Cara Menghitung Masa Subur Wanita dan Pria


Cara mengetahui masa subur perempuan berikutnya yaitu dengan mengamati perubahan suhu tubuh atau suhu basal tubuh. Suhu basal tubuh yaitu suhu tubuh ketika berdiri di pagi hari. Normalnya suhu basal tubuh berkisar 35,5 – 36,6 derajat Celcius. Apabila suhu tubuh sedikit lebih tinggi dari angka tersebut, maka Anda telah mengalami ovulasi dalam 1-2 hari terakhir.


Indikator lain yang membuktikan Anda sedang dalam masa subur yaitu adanya tanda-tanda nyeri ringan hingga berat pada perut atau salah satu serpihan punggung. Beberapa perempuan dilaporkan mengalami tanda-tanda tersebut ketika masa ovulasi. Selain itu juga sanggup diamati dari perasaan lebih bergairah, bersemangat dan lebih gampang bersosialisasi.


Mengetahui Masa Subur Subur Wanita Dengan Test Pack


Jika ingin mendapat hasil yang lebih akurat, Anda bisa mencoba menggunakan alat test pack kesuburan. Cara mengetahui kesuburan sehabis haid yang satu ini juga bermanfaat untuk perempuan yang siklus haidnya tidak normal. Tidak perlu ragu, lantaran alat ini mempunyai tingkat keakuratan hingga 95%.


Anda bisa membelinya di apotek terdekat. Sedangkan harga test pack kesuburan ini bervariasi. Anda bisa mencari tahu mana yang anggun dan terjangkau.


Cara menggunakan alat test pack kesuburan ini tidaklah rumit. Anda hanya perlu mencelupkan alat tersebut ke dalam wadah yang berisi air seni Anda dan tunggu sekitar 5 menit. Bila kesudahannya nyata (+) maka Anda sedang dalam masa subur. Sedangkan bila kesudahannya negatif (-) maka Anda sedang tidak dalam masa subur.


Cara Menghitung Masa Subur Pria


Mempunyai anak pastinya merupakan dambaan bagi setiap pasangan suami istri √ Cara Menghitung Masa Subur Wanita dan Pria


Ada yang bertanya-tanya bagaimana cara menghitung masa subur pria. Perlu diketahui, laki-laki juga mempunyai masa subur, sama menyerupai wanita. Hanya saja perlu diluruskan mengenai masa subur laki-laki supaya tidak terjadi salah tafsir.


Masa subur laki-laki berbeda dengan masa subur wanita. Khusus pria, selama masih bisa menghasilkan sperma dengan kualitas baik dan dalam jumlah yang cukup, maka hal itu bisa dianggap masih dalam masa subur.


Lalu bagaimana cara mengetahui masa subur pria? Masa subur laki-laki memang bisa diukur lewat sperma. Ada beberapa tanda bahwa kualitas sperma seseorang baik. Berikut detail yang bisa Anda baca :



  • Kuantitas


Jumlah sperma dalam satu kali 3j4kulasi sangat mempengaruhi kemungkinan keberhasilan dalam membuahi sel telur pasangan. Dalam kondisi ideal, sekali 3j4kulasi laki-laki mengeluarkan hingga 15 juta sel sperma per mililiter. Bila lebih sedikit dari angka tersebut, persentase kemungkinan bisa terjadi pembuahan sel telur juga akan menurun.



  • Pergerakan


Indikasi berikutnya yaitu bagaimana pergerakan sperma atau motilitas. Sperma yang baik mempunyai pergerakan yang gesit untuk mencapai dan membuahi sel telur.


Untuk diketahui, sebelum bisa membuahi sel telur, sperma harus tetap hidup ketika berenang menyeberangi leher rahim, rahim dan susukan tuba. Supaya kemungkinan pembuahan terjadi, maka sekitar 40 persen sperma harus mempunyai kemampuan bergerak yang baik.



  • Struktur


Perlu diketahui, intinya bentuk sperma terdiri dari kepala berbentuk oval dengan ekor yang panjang. Bentuk tersebut bertujuan untuk menyukseskan gerakan sperma menuju sel telur.


Oleh karenanya struktur sperma juga mempengaruhi peluang terjadinya pembuahan atau kehamilan. Bila bentuknya normal, peluang tersebut akan semakin tinggi.


Faktor yang Mempengaruhi Kesuburan Pria


Mempunyai anak pastinya merupakan dambaan bagi setiap pasangan suami istri √ Cara Menghitung Masa Subur Wanita dan Pria


Seperti yang dijelaskan di atas, selama laki-laki sanggup menghasilkan sperma dengan kualitas dan kuantitas yang baik maka selama itu pula laki-laki masuk dalam masa subur. Akan tetapi ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi masa subur pria. Setidaknya ada 5 hal yang besar lengan berkuasa dalam kesuburan, antara lain:



  • Usia


Salah satu faktor yang mempengaruhi kesuburan laki-laki yaitu usia. Tingkat kesuburan dan kualitas sperma kaum adam akan menurun seiring berjalannya waktu. Biasanya masa subur laki-laki akan menurun ketika mencapai usia 40 tahun.



  • Gaya Hidup


Tidak hanya usia saja, gaya hidup juga mempunyai andil dalam masa subur pria. Contohnya, kalau seorang laki-laki merupakan perokok, maka spermanya akan mengalami kerusakan lantaran zat yang terkandung di dalam rokok. Begitu juga dengan orang yang gemar minum-minuman beralkohol.



  • Suhu dan Radiasi


Suhu t3st1s harus 1 atau 2 derajat Celcius lebih rendah dibandingkan suhu tubuh. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesuburan pria. Tipsnya hindari menggunakan celana dalam yang terlalu ketat, berendam air hangat maupun mandi air hangat. Sebab hal tersebut bisa meningkatkan suhu sekitar t3st1s yang berdampak memperlambat produksi sperma.


Selain suhu radiasi dan materi kimia juga sanggup mengganggu kesuburan. Salah satunya yaitu glikol ester atau zat yang biasa ditemukan pada cat.



  • Penyakit Menular


Penyakit yang disebabkan infeksi menular secual menyerupai klamidia dan gonore berpotensi menghambat proses pembuahan. Klamidia sanggup mengakibatkan pembengkakan dan rasa sakit pada skrotum.


Tips Cepat Hamil


Mempunyai anak pastinya merupakan dambaan bagi setiap pasangan suami istri √ Cara Menghitung Masa Subur Wanita dan Pria


Siapa yang tak ingin menjadi ibu hamil? Kaum hawa pastinya ingin menjadi ibu hamil dan nantinya bisa segera menimang buah hati. Untuk memperbesar peluang kehamilan ada beberapa tips yang bisa Anda simak.



  • Konsultasi dengan Dokter Kandungan


Tips semoga cepat hamil pertama yang bisa Anda lakukan yaitu berkonsultasi ke dokter kandungan bersama pasangan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah Anda sedang dalam kondisi terbaik untuk hamil. Di samping itu dokter juga bisa memberi masukan apa saja yang dilakukan supaya cepat hamil.



  • Mengubah Pola Hidup


Mewujudkan teladan hidup yang sehat perlu Anda benamkan dalam hati. Tidak hanya sebatas ketika hamil saja, teladan hidup sehat juga bisa menciptakan Anda terhindar dari banyak sekali dilema kesehatan.


Ada bermacam-macam hal yang bisa Anda lakukan. Seperti melaksanakan olahraga teratur, memperhatikan kebutuhan nutrisi penting sebelum hamil menyerupai asam folat, menjauhi asap rokok dan minuman alkohol serta menjaga berat tubuh normal. Hal ini tidak hanya dilakukan oleh calon ibu saja, namun juga calon ayah.



  • Mencari Tahu Masa Ovulasi


Masa ovulasi merupakan masa subur wanita, menyerupai yang sudah dijelaskan di atas. Artinya di masa-masa tersebut peluang Anda hamil akan lebih besar. Maka dari itu Anda perlu mencari tahu kapan ovulasi terjadi.



  • Melakukan Hubungan Intim Secara Teratur


Jika Anda sudah mengetahui kapan kira-kira ovulasi terjadi, maka langkah selanjutnya yaitu memilih kapan harus bekerjasama dengan pasangan supaya sel telur sempurna bertemu dengan sperma dan terjadi pembuahan. Disarankan untuk melaksanakan kekerabatan secara teratur (setiap dua hingga tiga hari sekali) ketika masa subur, terutama pada masa paling subur.


Apabila Anda kurang begitu yakin, Anda bisa melaksanakan kekerabatan intim lebih sering. Contohnya setiap hari selama ahad kedua dan ketiga sehabis menstruasi terakhir.



  • Hindari Stres


Tak kunjung hamil bagi sebagian orang merupakan beban. Belum lagi kalau adanya tekanan dari keluarga untuk segera hamil. Akan tetapi jangan hingga hal tersebut menciptakan Anda stres.


Stres hanya akan memperburuk keadaan dan menyulitkan Anda untuk hamil. Alangkah baiknya kalau Anda selalu berpikir positif. Jalani semua dengan hening dan yakin bila suatu ketika Anda akan hamil. Jangan lupa untuk banyak berdoa juga.


Baca Juga : Cara Menghitung Usia Kehamilan


Itulah tips seputar menghitung masa subur yang bisa kami sampaikan. Mengetahui masa subur perempuan dan masa subur laki-laki merupakan hal penting supaya pasangan segera mendapat momongan. Selagi menunggu kehamilan pasangan juga harus saling mendukung dan memberi semangat dan memperbanyak bacaan seputar kehamilan.




Sumber https://carasiiumi.com/