Friday, April 7, 2017

√ Cara Menghitung Skala Peta Beserta Rumus Dan Pola Soal

Cara Menghitung Skala Peta – Peta merupakan salah satu benda yang memudahkan kita untuk mengetahui suatu tempat atau mencari letak suatu kota. Tidak hanya itu, kita juga sanggup mengetahui jarak sebetulnya antara satu tempat dengan tempat lainnya hanya dengan berbekal peta. Untuk itu pada kali ini kami akan membahas mengenai cara menghitung skala peta.


Cara menghitung skala pada peta terbagi menjadi beberapa macam. Kami akan jelaskan seluruhnya, beserta pola soal. Di samping itu juga akan kami bahas mengenai cara menghitung skala dengan selisih garis lintang-bujur dan cara memperbesar atau memperkecil peta. Sebelum masuk ke pembahasan, mari kita simak apa itu skala peta.


Pengertian Skala Peta


Skala peta yakni angka dengan perbandingan jarak peta dengan jarak sebenarnya. Semakin besar suatu skala peta maka semakin detail pula info yang tersaji pada peta tersebut, begitu juga sebaliknya.


Jenis Skala Peta


Skala pada peta berfungsi sebagai penunjuk perbandingan antara jarak pada peta dengan jarak sesungguhnya. Akan etapi skala peta tidak hanya berwujud angka saja, juga ada yang berbentuk grafis. Ada 3 jenis skala peta yang kita kenal, yakni:


Skala Angka


Skala angka yakni skala yang berbentuk angka untuk memperlihatkan perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya.


Skala Garis atau Grafis


Merupakan skala yang ditunjuk dengan garis lurus yang dibagi menjadi beberapa ruas. Setiap ruas memperlihatkan bab yang sama.


Skala Verbal


Merupakan skala yang dinyatakan dalam bentuk kalimat atau secara verbal.


Jenis Peta Berdasarkan Skala


 Peta merupakan salah satu benda yang memudahkan kita untuk mengetahui suatu tempat atau m √ Cara Menghitung Skala Peta Beserta Rumus dan Contoh Soal


Dilihat dari skalanya, peta terbagi menjadi beberapa jenis. Ada 5 jenis peta dalam kategori ini, antara lain:



  • Peta Kadaster, peta yang berskala besar dengan skala 1:100-1:5000

  • Peta Skala Besar, peta yang berskala 1:5000 – 1:250.000

  • Peta Skala Menengah, peta yang berskala 1:250.000 – 1:500.000

  • Peta Skala Kecil, peta yang berskala 1:500.000 – 1:1.000.000

  • Peta Geografi, peta yang berskala >1:1.000.000


Cara Menghitung Skala pada Peta


Berikutnya mari masuk ke pembahasan mengenai rumus mencari skala dan rumus mencari jarak. Silakan simak pembahasan di bawah ini.


Perhitungan Skala Angka


Pertama mari kita bahas ihwal cara menghitung dengan skala angka. Skala ini digunakan untuk menghitung jarak wilayah sesungguhnya dengan memanfaatkan peta. Rumus skala untuk menghitung jarak sebetulnya adalah:


Jarak Sesungguhnya = Jarak pada Peta / Skala


Selain itu pada suatu masalah atau pada sebuah soal kita diminta untuk mencari skala suatu peta. Rumus yang kita gunakan adalah:


Skala = Jarak pada Peta / Skala


Apabila ingin mencari jarak pada peta, maka rumus yang kita gunakan yakni sebagai berikut:


Jarak pada Peta = Skala x Jarak Sebenarnya


Perhitungan Skala Batang


 Peta merupakan salah satu benda yang memudahkan kita untuk mengetahui suatu tempat atau m √ Cara Menghitung Skala Peta Beserta Rumus dan Contoh Soal


Untuk cara menghitung skala peta jenis batang, kita menggunakan ukuran pada batang grafis atau garis lurus yang ada di bawah gambar peta. Pada batang grafis atau garis, jarak suatu ruas atau kolom yakni sama dan masing-masing ruas mewakili jarak tertentu.


Ada perbedaan fundamental antara skala batang dengan skala angka, kalau suatu peta diperkecil, kita tetap sanggup menggunakan skala batang tersebut sebagai perhitungan tanpa perlu melaksanakan konversi.


Umumnya skala batang masing-masing memiliki ruas sepanjang 1 cm yang mewakili jarak sebenarnya. Contohnya pada suatu peta memiliki jarak 1 : 100.000, maka skala batang memiliki panjang masing-masing ruas 1 cm.


Contoh Soal Menghitung Skala Peta


Cara Mencari Jarak Sebenarnya


Pada sebuah peta dengan skala 1:10.000.000, jarak antara kota A dan kota B yakni 5 cm. Berapakah jarak sebetulnya kota A dengan kota B?


Jawab:


Jarak sesungguhnya = 5 cm / 1 : 10.000.000


= 5 cm × 10.000.000 / 1


= 50.000.000 cm


Jadi, jarak sebetulnya antara kota A dan B yakni 50.000.000 cm atau juga sanggup diubah menjadi 500 km.


 Peta merupakan salah satu benda yang memudahkan kita untuk mengetahui suatu tempat atau m √ Cara Menghitung Skala Peta Beserta Rumus dan Contoh Soal


Menghitung Skala Angka


Jarak antara kota A dan kota D pada sebuah peta yakni 8 cm. Sementara jarak sebetulnya antara kota A dan kota D yakni 160 km. Berapakah skala peta tersebut menurut satuan cm?


Jawab:


160 km = 160.000.000 cm


Skala = Jarak pada Peta  : Jarak Sesungguhnya


= 8 cm : 160.000.000 cm


= 1 : 2.000.000


Jadi, skala peta tersebut yakni 1 : 2.000.000.


Menghitung Skala Batang


Jarak antara Desa Jeruk dengan Desa Mangga pada peta dengan skala batang yakni 4 ruas. Satu ruas pada peta tersebut mewakili 1 km. Berapa jarak sesungguhnya dari kedua desa tersebut?


Karena setiap ruas pada peta tersebut dianggap mewakili 1 km, maka jarak kedua desa tersebut adalah: 4 × 1 km = 4 km.


Menghitung Jarak dengan Selisih Derajat Lintang-Bujur


Cara mencari skala dengan rumus jarak di atas sudah lazim ditemui. Akan tetapi juga ada yang menggunakan selisih derajat lintang dan bujur untuk menghitung skala.


Seperti yang diketahui, bumi berbentuk lingkaran dengan sedikit pepat di kutub dan menggelembung di bab ekuator. Dalam kartografi orang-orang sering menghitung jarak di lapangan dengan menggunakan selisih perbedaan garis bujur atau lintang.


 Peta merupakan salah satu benda yang memudahkan kita untuk mengetahui suatu tempat atau m √ Cara Menghitung Skala Peta Beserta Rumus dan Contoh Soal


Garis lintang atau latitude yakni garis yang melintang dari atas ke bawah atau vertikal yang menghubungkan kutub utara dengan kutub selatan. Sedangkan garis bujur atau longitude yakni garis mendatar atau horizontal yang sejajar dengan garis khatulistiwa. Lalu bagaimana menghitung jarak dengan lintang dan bujur?


Karea bumi berbentuk ibarat bola, maka ketentuan yang mengatur koordinat bujur-lintang ibarat dengan ketentuan operasi matematika yang berkaitan dengan lingkaran. Dengan begitu, cara memilih koordinat lintang-bujur sama dengan perhitungan lingkaran, yakni derajat, menit dan detik.


Contohnya ada bilangan 5° 42’, 30” LS. Cara membacanya yakni 5 derajat 42 menit 30 detik Lintang Selatan.


Sedangkan untuk membaca jarak setiap garis tersebut, ketentuannya yakni sebagai berikut:



  • 1 derajat bujur/lintang = 111,322 km (diambil garis terpanjang yaitu equator)

  • 1 derajat bujur/lintang = 60′ (menit) = 3600″ (detik)

  • 1 menit bujur/lintang = 60″ (detik)

  • 1 menit bujur/lintang = 1.8885,37 meter

  • 1 detik bujut/lintang = 30, 9227 meter


Contoh Soal


Berapakah jarak antara 6⁰ 10′, 45″ LU hingga 7⁰ 11′, 48″ LU?


Jawab:


Selisih kedua jarak lintang tersebut yakni 1 derajat 1 menit dan 3 detik. Langkah selanjutnya yakni dengan menggunakan rumus mencari jarak di atas, yakni:


1 derajat x 111,322 km = 111,322 km


1 menit x 1.885,37 m  = 1.885,37 m = 1,885 km


3 detik x 30, 9227 m = 927, 681 m = 0,926 km


Jadi 111,322 km  + 1.885,37 m + 927, 681 m = 114,134 km


Memperbesar dan Memperkecil Peta


 Peta merupakan salah satu benda yang memudahkan kita untuk mengetahui suatu tempat atau m √ Cara Menghitung Skala Peta Beserta Rumus dan Contoh Soal


Selain mencari cara menghitung skala peta, biasanya kita juga diminta untuk memperbesar maupun memperkecil suatu peta. Gambaran pada peta sanggup diperbesar maupun diperkecil sesuai dengan kebutuhan. Setidaknya ada 3 cara untuk memperbesar maupun memperkecil peta. Berikut klarifikasi selengkapnya yang sanggup Anda simak.


Menggunakan Grid


Cara memperkecil atau memperbesar peta pertama yakni dengan sumbangan grid atau garis-garis koordinat. Garis koordinat yakni garis khayal pada peta yang terdiri atas garis lintang dan garis bujur.


Bila gambar suatu tempat diperbesar, maka bentuk wilayahnya tetap, namun ukuran panjang dan lebar diperbesar. Di samping itu bilangan pembagi skala menjadi lebih kecil dan detail gambar menjadi lebih banyak.


Begitu juga bila peta diperkecil. Maka bentuk tempat tetap, namun ukuran panjang dan lebar diperkecil, bilangan pembagi skala menjadi lebih besar dan detail gambar menjadi lebih sedikit.


Menggunakan Fotokopi


Cara kedua yang sanggup dimanfaatkan yakni dengan menggunakan fotokopi. Jika ingin memperbesar peta, maka harus menggunakan fotocopy yang sanggup memperbesar peta. Akan tetapi sebelumnya usahakan skala peta yang akan diperbesar sudah diubah dalam bentuk skala garis atau batang.


Dengan begitu perubahan hasil peta yang diperbesar sesuai dengan perubahan skalanya. Akan tetapi bila masih dalam bentuk skala angka maka cara menyesuaikannya sedikit rumit.


Memakai Pantograf


Cara terakhir yakni dengan memanfaatkan alat berjulukan pantograf. Alat pantograf merupakan alat yang digunakan untuk memperbesar maupun memperkecil skala peta.\Alat ini sanggup mengubah ukuran peta sesuai dengan yang diinginkan.


Alat ini memiliki beberapa sisi jajaran genjang. Tiga dari empat sisi jajaran genjang memiliki skala faktor yang sama. Skala pada ketiga sisi ini sanggup diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan.


Demikian yakni info seputar cara menghitung skala peta. Semoga info rumus mencari jarak sebetulnya dan cara menghitung jarak pada peta di atas sanggup memperlihatkan manfaat untuk Anda.




Sumber https://carasiiumi.com/