Saturday, April 8, 2017

√ Pcare (Primary Care) Bpjs Kesehatan Untuk Faskes Tingkat Pertama

Update pcare terbaru 2019 - Primary care atau yang lebih dikenal dengan nama pcare yaitu aplikasi dari BPJS kesehatan yang khusus disediakan untuk kemudahan kesehatan tingkat pertama.

Dengan aplikasi ini petugas sanggup dengan gampang mengakses data ke server bpjs menyerupai memasukkan data pasien berobat, rujuk, konseling, cek laboratorium dan aktivitas - aktivitas yang dilaksanakan difaskes ingkat pertama.

Aplikasi pcare telah di perkenalkan pada tahun 2014 yang kemudian dan terus menerus perbaiki oleh pihak BPJS Kesehatan, agar sanggup bekerja dengan maksimal.

Untuk tahun 2019 ini BPJS kesehatan meluncurkan aplikasi new pcare terbaru 2019 yang resmi dipakai pada tanggal 18 februari kemaren. Dan dibutuhkan seluruh faskes tingkat 1 untuk menggunkan aplikasi terbaru ini.

Untuk menggunkananya sanggup pribadi diakses dengan masuk melalu browser ke alamat https://new-pcare.bpjs-kesehatan.go.id. atau mend0wnl0ad aplikasi new p-care untuk PC ataupun android, Untuk android sendiri aplikasi yang terbaru ketika ini ialah apk pcare 3.0.0, yang sanggup did0wnl0ad melalui Google play store.

Perubahan yang dilakukan pada aplikasi new pcare ini sanggup dilihat dari tampilan dan juga tool yang ada didalamnya. dan juga dari segi kecepatan aplikasi ini lebih meningkat dari aplikasi pcare BPJS kesehatan sebelumnya.

Namun perlu diketahui, tidak semua orang sanggup masuk ke aplikasi ini. Hanya petugas yang bekerja di faskes tingkat pertama dan telah melewati proses kerjasama melalui hfis bpjs. Sehingga menerima kan saluran user id dan pasword login untuk masuk ke aplikasi ini dan memakai nya.

Cara Menggunakan Aplikasi New Pcare BPJS Kesehatan Terbaru 2019

Adapun tutorial cara memakai aplikasi new p-care BPJS kesehatan sebagai berikut
  • login ke https://new-pcare.bpjs-kesehatan.go.id
  • setelah itu akan muncul gambar menyerupai berikut :


masukkan username dan fasword faskes tempat anda bekerja dan juga jangan lupa masukkan aba-aba capthca yang telah di tampilkan kedalam kolom yang telah disediakan.
  • setelah itu anda akan masuk ke halaman utama new pcare BPJS kesehatan menyerupai berikut.

pada layar akan tampak hidangan pilihan pada sebelah kiri atas lihat gambar diatas.
  1. Primary care, yaitu halaman beranda p-care pengganti home pada aplikasi pcare sebelumnya
  2. Entry data, pada hidangan ini ada dua pilihan yaitu registrasi dan pelayanan, kalau ada pasien berobat pertama lakukan pendaftaran terlebih dahulu isikan no BPJS akseptor kemudian klik "cari" apabila pasien tersebut pasien faskes tempat anda bekerja maka identitas pasien akan muncul secara otomatis kemudian lengkapilah bidang yang kosong mulai dari jenis kunjungan, keluhan investigasi fisik sampai tekanan darah. lihat gambar diatas. kemudian klik simpan. stelah melaksanakan registrasi dan disimpan klik kembali entry data kemudian pilih pelayanan maka akan muncul gambar berikut :
    kemudian isilah kolom yang kosong menyerupai kolom terapy dan diagnosa stelah itu klik simpan. proses entry data untuk pasien BPJS kesehatan di faskes tingkat 1 pun selesai
  3. Lihat Data, pada hidangan ini anda sanggup melihat data pasien berobat ke faskes 1 tempat anda bekerja, mulai dari jumlah kunjungan, kegiatan, jenis kunjungan sampai sepuluh penyakit terbanyak.
  4. Tools, hidangan ini sanggup anda gunakan untuk merubah pasword p-care dan hidangan masuk ke LUPIS BPJS untuk melihat dan edit jumlah pekerja faskes 1 / tingkat pertama tempat anda bekerja 
  5. Logo akun disebelah kiri, hidangan ini berisikan data manajemen dan juga sanggup dipakai untuk merubah password juga tombol log out untuk keluar dari aplikasi new pcare apabila telah selesai menggunakannya.
Untuk mendukung jadwal bpjs kesehatan dalam kenyamanan berobat, yaitu dengan menghadirkan sistem rujuk online yang dengan sistem ini proses merujuk pasien pribadi dilakukan memakai app pcare bpjs kesehatan. Dengan memakai sistem ini petugas faskes tingkat pertama sanggup pribadi melihat faskes tingkat lanjutan mana yang mempunyai poli atau dokter seorang hebat yang dituju sesuai dengan identifikasi penyakit penderita.

Cara menciptakan rujuk online memakai pcare bpjs kesehatan

  • setelah dilakukan registrasi dan entri data pasien menyerupai yang telah kami jelaskan diatas, pilih hidangan pelayanan kemudian pada hidangan ini silahkan cari status pulang kemudian pilih rujuk lanjut. nanti anda akan pribadi dibawa kehalaman rujuk lanjut.
  • Setelah berada dihalaman rujuk lanjut silahkan pilih dokter seorang hebat sesuai dengan penyakit pasien, sesudah itu klik cari faskes rujukan, maka akan otomatis muncul poli atau rumah sakit yang mempunyai dokter seorang hebat atau poli sesuai kebutuhan. silahkan klik pilih. untuk lebih terperinci silahkan lihat gambar dibawah.
  • Setelah itu silahkan klik simpan, nanti akan muncul penyataan bahwa memang benar pasien itu akan dirujuk ke... silahkan ok kan saja.
  • tahap terakhir silahkan pilih rujuk lanjut + rujuk balik kemudian klik setuju, maka akan otomatis muncul surat referensi online ke faskes tingkat lanjutan yang dituju, silahkan cetak dan proses pembuatan surat rujuk online memakai aplikasi pcare bpjs kesehatan selesai.

Keuntungan Menggunakan Primary Care BPJS Kesehatan

  1. Proses registrasi pasien menjadi tepat, cepat dan akurat karena melalui aplikasi Pcare BPJS ini, petugas hanya memasukkan nomor kartu bpjs kesehatan pasien, sehingga seluruh data menyerupai nama, tanggal lahir dan alamat akan muncul dilayar monitor atau android 
  2. Proses memasukkan icd / diagnosa penyakit lebih gampang karena pasien yang pernah berobat, kita sanggup dengan gampang melihat riwayat pasien dengan membuka history pada aplikasi ini.
  3. Jaringan sistem aplikasi yang Luas, aplikasi ini sanggup dibuka diberbagai tempat yang tentu saja mempunyai jaringan internet, yang mana data yang ditampilkan akan selalu sama walaupun dibuka di browser yang berbeda.
  4. Sistem registrasi referensi yang cepat, Dengan aplikasi ini kita selaku petugas sanggup dengan gampang menentukan ke faskes referensi mana yang sesuai untuk pasien yang memerlukan perawatan lebih lanjut.
  5. Sistem pengaplikasian mudah, alasannya aplikasi ini memakai metode yang sangat gampang dipahami sehingga tidak menyulitkan para penggunanya terutama petugas kesehatan.
dan untuk kesalahan menyerupai lupa pasword, error, tidak sanggup dibuka dan persoalan lainnya mengenai aplikasi pcare bpjs kesehatan, anda sanggup pribadi menghubungi BPJS kesehatan didaerah anda.

Aplikasi new pcare bpjs kesehatan ini resmi diluncurkan dan telah digunakan, aplikasi terbaru ini tampaknya lebih mempermudah pekerja faskes tk 1. Salah satu kelebihannya, kita sanggup menentukan untuk mencari memakai NIK atau no kartu BPJS kesehatan, hal ini tentu saja diperuntukkan bagi pasien yang ingin berobat namun lupa membawa kartu BPJS.

Demikian Informasi terkait new pcare terbaru 2019, terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Sumber http://bangsalsehat.blogspot.com