Saturday, May 20, 2017

√ 6 Pilihan Pertolongan Online Cicilan Fintech Terpercaya (Update 2019)


Bagi mereka yang butuh tunjangan dana pribadi, tunjangan cicilan, termasuk tunjangan uang sekarang, tunjangan online fintech menunjukkan banyak kemudahan. Namun, hampir sulit menemukan tunjangan online cicilan dengan pembayaran bulanan. Kami analisa 6 tunjangan uang online terpercaya dan tunjangan uang yang sanggup dicicil di 2019, yang mana tunjangan uang dibayar bulanan.









Saat ini, penawaran tunjangan online Fintech tanpa jaminan dan kartu kredit lebih banyak ditawarkan dengan masa kredit pendek, yaitu maksimum 30 hari. Di ketika hari ke-30, nasabah harus sudah melunasi tunjangan mereka, membayar pokok dan bunga sekaligus.





Tenor tunjangan jangka pendek – 10 hari hingga 30 hari – memang menjadi fitur tunjangan online. Tujuannya memberikan kredit cepat, pribadi cair tanpa ribet serta tanpa jaminan, khususnya untuk kebutuhan emergensi.





Tapi, selain membutuhkan tunjangan tanpa agunan online, kebutuhan nasabah ialah masa kredit yang tidak hanya jangka pendek. Nasabah butuh tunjangan cicilan selama beberapa bulan.





Apakah fintech pinjaman online menyediakan cicilan ? Apakah perusahaan yang memberikan pinjam uang online yang sanggup dibayar bulanan ?





Tidak banyak fintech yang menunjukkan cicilan kredit. Berdasarkan survei ke beberapa aplikasi tunjangan online, hanya ada beberapa fintech yang menunjukkan cicilan.





Buat Anda yang butuh tunjangan uang kini dan ingin dicicil maka berikut ini ke 6 pilihan tunjangan uang bayar bulanan.





Pinjaman Uang Online Cicilan





Jenis tunjangan online dengan cicilan memberikan batas waktu tenggang selama beberapa bulan kepada nasabah untuk melunasi pinjaman.





Pinjaman uang bayar bulanan yang kami temukan ialah penawaran dari 6 perusahaan Fintech yang menunjukkan tunjangan cicilan .





#1 TunaiKita





Bagi mereka yang butuh tunjangan dana pribadi √ 6 Pilihan Pinjaman Online Cicilan Fintech Terpercaya (Update 2019)




TunaiKita ialah salah fintech yang menunjukkan tunjangan uang tanpa jaminan proses cepat dengan cicilan. Cicilan di TunaiKita mulai dari plafond Rp 4 hingga Rp 20 juta dengan tenor 3 hingga 6 bulan.





Dengan adanya tenor, TunaiKita menjadi tunjangan uang bayar bulanan yang cukup menarik lantaran bila di bank bayar bulanan harus dilakukan minimal 6 bulan, yang bagi sebagian orang terlalu lama, sementara TunaiKita menunjukkan tunjangan uang bayar bulanan dalam waktu 3 bulan saja.





Sejauh ini, TunaiKita sanggup memberikan pinjam uang 20 juta tanpa jaminan, namun belum sanggup pinjam uang 30 juta tanpa jaminan.





Jika semua syarat dipenuhi, TunaiKita menjanjikan tunjangan pribadi cair dalam hitungan menit.





Panduan melaksanakan tunjangan online di TunaiKita adalah:





  1. Install aplikasi TunaiKita di ponsel dari Google Play Store / App Store.
  2. Setelah ter-install, daftarkan akun TunaiKita dan lengkapi profil pengguna untuk mendapatkan skor kredit.
  3. Peminjam akan sanggup menentukan nominal serta tenor tunjangan pada layar Home di aplikasi serta memulai pengajuan. Pilih produk tunjangan yang paling cocok dan lanjutkan pengajuan dengan mengikuti isyarat yang ada.




Keseluruhan proses dari pendaftaran hingga ke pengajuan tunjangan akan memakan waktu tidak lebih dari 15 menit. Lebih baik bila sanggup menyiapkan semua dokumen yang diharapkan (KTP dan NPWP) berikut juga terusan ke identitas digital Anda (Facebook atau LinkedIn) sebelum memulai proses biar sanggup mempercepat dan mempermudah keseluruhan proses.





Yang penting diperhatikan adalah:





Pertama, pada ketika ini, pengajuan tunjangan tunai pribadi di TunaiKita hanya sanggup dilakukan di aplikasi berbasis Android. Pengajuan tidak sanggup dilakukan di website atau aplikasi yang berbasis ios.





Kedua, sebagai tunjangan uang tunai pribadi, TunaiKita meminta sejumlah syarat yaitu: Warga Negara Indonesia berusia 21 hingga dengan 55 tahun dan harus mempunyai KTP dan NPWP yang masih berlaku serta mempunyai rekening bank yang terdaftar atas nama peminjam sendiri.





Khusus persyaratan rekening bank, TunaiKita ketika ini hanya sanggup melaksanakan pencairan ke 7 (tujuh) bank yaitu: BCA, Mandiri, BNI, BRI, Danamon, Permata Bank dan Bank Mega. Peminjam tidak sanggup melengkapi aplikasi bila tidak mempunyai salah satu rekening bank tersebut.





Ketiga, yang penting dicatat bahwa nama di rekening harus sama dengan nama di KTP dan NPWP. Jika tidak sama maka peminjaman dibatalkan oleh TunaiKita, sebagaimana tercantum dalam klarifikasi di website mereka.





#2 Tunaiku





Bagi mereka yang butuh tunjangan dana pribadi √ 6 Pilihan Pinjaman Online Cicilan Fintech Terpercaya (Update 2019)
Pinjam uang 5, 10 atau 20 juta tanpa jaminan




Anda butuh pinjam uang 10 juta cepat, pribadi cair ? Ingin pinjam uang 20 juta tanpa jaminan ?





Tunaiku ialah salah satu pilihan tunjangan cicilan tanpa jaminan dengan limit 5 juta, 10 juta atau bahkan 20 juta. Yang niscaya tanpa jaminan.





Tunaiku ialah produk bank yang memberikan tunjangan online tanpa jaminan Rp 2 – 20 Juta dengan Syarat KTP Saja!. Tenor masa tunjangan mulai dari 6 bulan hingga 12 bulan.





Kelebihan Tunaiku sebagai tunjangan uang bayar bulanan ialah tenor yang sanggup hingga 12 bulan. Di banyak Fintech, masa bayar bulanan paling maksimum 6 bulan.





Bagi yang butuh dana cepat online, syarat pendaftaran adalah: umur 21-55 tahun; Warga Negara Indonesia; Mempunyai Rekening Bank; Bekerja atau berpenghasilan (Pekerja swasta & PNS); dan Tinggal atau bekerja di area layanan Tunaiku.





Terkait bunga dan biaya administrasi, Tunaiku memutuskan bunga cukup murah, yaitu 3% flat. Tetapi, Tunaiku meminta biaya manajemen Rp540.000 di depan ketika pencairan pinjaman.





Yang penting diperhatikan:





Pertama, Tunaiku hanya mendapatkan pekerja dan tidak mendapatkan pengusaha;





Kedua, area layanan terbatas hanya di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Gresik, Sidoarjo, Surabaya, Medan, Palembang, Pekanbaru, Denpasar, dan Makassar.





Ketiga, dalam pengajuan di Tunaiku, proses tunjangan tidak sepenuhnya online lantaran calon peminjam harus bertemu kurir untuk konfirmasi KTP dan tanda tangan kontrak (akan dilakukan dalam 1-3 hari kerja). Ini pula yang menyebabkan proses di Tunaiku ialah 1 sd 3 hari kerja hingga pencairan dana, tidak sanggup sepenuhnya menjadi tunjangan online pribadi cepat cair.





Update 2019:





Berapa bunga tunjangan Tunaiku ?





Untuk menjawabnya, saya melaksanakan review di aplikasi tunjangan Tunaiku dan menghitung tingkat suku bunga per bulan menurut simulasi di aplikasi Tunaiku.





Saya mengambil beberapa pola tunjangan dengan plafon pengajuan dan tenor kredit yang berbeda dan melihat berapa total pengembalian yang saya harus lunasi.





Bagi mereka yang butuh tunjangan dana pribadi √ 6 Pilihan Pinjaman Online Cicilan Fintech Terpercaya (Update 2019)
Pinjaman Tunaiku




Berikut ini perhitungannya:





  • Pinjaman Rp 20,000,000 selama tenor 20 bulan dengan cicilan Rp 1,620,532 maka total pengembalian ialah Rp 32,410,640 dengan bunga flat 7.5% per bulan selama masa pembayaran.
  • Pinjaman Rp   2,000,000 selama tenor   6 bulan dengan cicilan Rp 482,985 maka total pengembalian ialah Rp 2.897.910 dengan bunga flat 3.1 % per bulan selama masa pembayaran.




Meskipun bunga relatif tinggi dibandingkan KTA Bank yang berkisar di 1% sd 3% flat per bulan, namun  Tunaiku terang lebih murah dari tunjangan online Fintech yang memberikan max 0.80% per hari.





#3 Julo





Bagi mereka yang butuh tunjangan dana pribadi √ 6 Pilihan Pinjaman Online Cicilan Fintech Terpercaya (Update 2019)
Pinjaman dana tanpa jaminan apapun – Julo




Julo ialah tunjangan online tanpa jaminan sebesar Rp 2.000.000 hingga Rp 8.000.000 . Pengembalian tunjangan dilakukan dengan mencicil selama 3 – 6 Bulan dengan biaya jasa peminjaman sebesar 4% per bulannya.





Julo ialah salah satu tunjangan dana tanpa jaminan apapun. Julo mengklaim sebagai tunjangan bulanan online pribadi cair. Kecepatan dan kemudahan menjadi andalan mereka sebagai salah satu tunjangan bulanan online pribadi cair





Sebagai aplikasi tunjangan uang yang sanggup dicicil, persyaratan tunjangan di Julo antara lain adalah: (1) Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Manado, Bali, Kalimantan Timur, dan Kep. Riau; (2) Pegawai Negeri / Swasta; (3) umur 21 – 60 Tahun; (4) berpenghasilan min Rp 2.000.000 / bulan dan (5) memakai smartphone pribadi.





Dokumen yang perlu diunggah di aplikasi tunjangan Julo berupa: KTP, Slip Gaji / Surat Keterangan Penghasilan dan Foto diri dengan KTP. Pencairan dana hanya sanggup ditransfer ke rekening bank atas nama Anda sendiri.





Jika berhasil lolos proses uji kelayakan kredit dan verifikasi dokumentasi / referensi, Anda akan mendapatkan keputusan dan pencairan dana dalam waktu 1 – 2 hari kerja.





Meskipun bunga tunjangan Julo relatif rendah, yaitu: 1.5 % hingga 4 % per bulan, tetapi yang penting diperhatikan ialah adanya komplemen biaya provisi sebesar 5% dari tunjangan dikenakan di awal sebelum dana dicairkan ke rekening Anda.





Dengan adanya komplemen biaya didepan ini, secara efektif boleh dikatakan bunga dan biaya tunjangan di Julo tidak murah sebenarnya.





Update 2019:





Julo melaksanakan perluasan tempat layanan, coverage area. Berdasarkan email yang saya terima di Juli 19, 2019 Julo memberikan bahwa ketika ini sudah melayani seluruh Indonesia.





Bagi mereka yang butuh tunjangan dana pribadi √ 6 Pilihan Pinjaman Online Cicilan Fintech Terpercaya (Update 2019)




Pinjaman JULO yang sanggup diajukan:





  • JULO Mini Pinjaman Online 2-8 juta, bunga 3-6% per bulan
  • JULO Cicil Pinjaman Online 500 ribu – 1 juta, bunga 0.33% per hari




Call Center Julo adalah: Email: cs@julo.co.id Website: https://www.julo.co.id/; Alamat: 88@Kasablanka Tower A Lt.10E, Jl. Casablanca Raya Kav. 88, RT.14/RW.5, Menteng Dalam, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12820





Update 2019, KTA Bank





Di 2019, sehabis menghadapi gempuran Fintech di 2018, bank – bank mulai bergeliat dan melaksanakan perlawanan dengan meluncurkan sejumlah produk pinjaman uang bayar bulanan yang memakai kemudahan KTA online untuk bersaing dengan Fintech tunjangan online.





KTA Bank berupaya menjadi tunjangan dana tanpa jaminan apapun yang cepat, terpercaya dan terbaik. Muncul bersaing menghadapi gempuran Fintech tunjangan online.





Pinjaman uang bayar bulanan tanpa jaminan yang ditawarkan sejumlah bank mempunyai fitur yang menarik di 2019 ini, antara lain:





  • Bunga lebih rendah dibandingkan Fintech pinjol. Bunga masih merupakan senjata utama bank untuk melawan bunga P2P Lending yang biasanya jauh lebih tinggi.
  • Pengajuan KTA secara online lewat aplikasi mobile banking. Bank sudah masuk ke digitalisasi termasuk soal kredit dan tunjangan tanpa jaminan, dengan memanfaatkan aplikasi pinjaman.
  • Persyaratan cukup mudah, salah satunya, hanya butuh e-KTP. Ini cara bank bersaing dengan fintech tunjangan online.
  • Persetujuan dilakukan cepat dalam 24 jam. Ingin bersaing dengan Fintech, bank menjanjikan tunjangan online 24 jam.




Fenomena masuknya perbankan ke tunjangan tanpa jaminan online elok buat masyarakat lantaran menambah alternatif pilihan tunjangan uang.





Namun, masyarakat perlu waspada lantaran di 2019 dan semenjak final 2018 berbagai Fintech ilegal, yaitu tunjangan online yang tidak terdaftar di OJK. Jangan hingga calon peminjam terjebak dan mengambil tunjangan di tunjangan online yang tidak terdaftar di OJK lantaran tergiur komitmen manis kecepatan proses pengajuan dan kemudahan persyaratan kredit.





Sebaiknya, kredit diajukan ke aplikasi tunjangan online yang terdaftar di OJK. Karena pengajuan ke Fintech Ilegal berbahaya buat masyarakat.





OJK sudah melaksanakan sejumlah langkah tegas, yaitu menutup dan membasmi tunjangan online yang tidak terdaftar resmi di OJK. Secara rutin, Satgas Investasi OJK menutup situs – situs, aplikasi – aplikasi tunjangan online yang tidak resmi.





Ini daftar terbaru 2019 tunjangan online terdaftar di OJK.





Pinjaman Uang yang Bisa Dicicil (Update 2019)





Di 2019, fintech banyak yang meluncurkan tunjangan uang yang sanggup dicicil. Selain yang sudah diuraikan sebelumnya, masuk ke 2019, banyak bermunculan Fintech gres dengan penawaran pinjaman uang yang sanggup dicicil bulanan.





Ada beberapa yang saya review dan layak untuk dipertimbangkan bila membutuhkan aplikasi tunjangan uang online yang sanggup dicicil.





#4 Danakini





Bagi mereka yang butuh tunjangan dana pribadi √ 6 Pilihan Pinjaman Online Cicilan Fintech Terpercaya (Update 2019)
Danakini tunjangan uang yang sanggup dicicil




Danakini P2P lending dengan 3 jenis pinjaman, yaitu:





  • Cicilan tanpa kartu kredit untuk beli barang. Layanan Pembiayaan untuk pembelian barang di toko partner yang sudah bekerjasama, dimana Anda sanggup membeli barang dengan cara mencicil (tanpa Kartu Kredit ) dengan jangka waktu 6, 12, 18 atau 24 bulan
  • Produktif. Layanan Pembiayaan untuk pembelian produk-produk di toko partner yang sudah bekerjasama (partner yang sudah bekerjasama ialah Kawan Lama) dimana produk ini dipakai untuk mendukung perjuangan produktif anda dengan cara mencicil dengan bunga ringan dan jangka waktu cicilan hingga 24 bulan.




Tenor Danakini yang hingga 24 bulan cukup menarik untuk tunjangan uang bayar bulanan lantaran relatif cukup panjang. Tetapi, perlu diingat tunjangan cicilan di Danakini hanya untuk pembelian barang dan bukan untuk dana tunai.





Persyaratan pengajuan tunjangan di Danakini adalah: (1) Warga Negara Indonesia dan mempunyai KTP; (2) Berumur minimum 21 tahun dan maksimal 63 tahun pada ketika pengajuan pembiayaan dan (3) berpenghasilan minimal Rp 3 juta per bulan.





#5 Maucash





Bagi mereka yang butuh tunjangan dana pribadi √ 6 Pilihan Pinjaman Online Cicilan Fintech Terpercaya (Update 2019)
Maucash tunjangan uang yang sanggup dicicil




Anda butuh pinjam uang 5 juta yang sanggup dicicil dan tanpa jaminan ? MauCash salah satu pilihannya.





Apa itu Maucash ?  Maucash ialah aplikasi pinjam uang dana cepat tanpa jaminan dan syarat dari FIF (Astra) dan WeLab (China). Aplikasi pinjam uang tanpa jaminan besutan Astra ini sanggup diunduh di Google Playstore.





Fitur produk tunjangan dana tunai online Maucash:





  • Nilai pagu pinjaman: Rp 500.000 – Rp 8.000.000
  • Tenor tunjangan Cicilan: 3 – 6 bulan
  • Maksimum suku bunga tahunan 125%




Dengan fitur tersebut, perusahaan P2P tunjangan online ini menunjukkan fleksibilitas plafon pinjaman. Anda yang mau pinjam uang Rp 5 juta atau Rp 10 juta tanpa jaminan bisa, sementara Anda yang  hanya perlu Rp 500 ribu juga disediakan fasilitasnya.





#6 Danafix





Bagi mereka yang butuh tunjangan dana pribadi √ 6 Pilihan Pinjaman Online Cicilan Fintech Terpercaya (Update 2019)
Danafix Pinjaman uang yang sanggup dicicil




DanaFix menghadirkan layanan keuangan untuk membantu masyarakat Indonesia mendapatkan tunjangan tanpa membutuhkan banyak dokumen, tanpa agunan, dan tanpa proses yang panjang dan rumit. DanaFix beroperasi di bawah naungan PT DanaFix Online Indonesia dan melayani seluruh wilayah Indonesia.





Salah satu produk Danafix ialah Pinjaman Uang yang Bisa Dicicil dengan tenor 61-180 hari dan jumlah plafon tunjangan mencapai Rp. 500.000 hingga Rp.6.000.000.





Persyaratan dasar untuk sanggup mengajukan dana tunai cicilan adalah:





  • Nasabah dengan umur 22 tahun – 60 tahun
  • Minimal penghasilan perbulan Rp 2.000.000,-
  • Bertempat tinggal dan bekerja di Indonesia




Biaya tunjangan atau bunga cicilan di Danafix ditetapkan sebesar 15% per bulan. Biaya keterlambatan pembayaran ialah Rp 100.000.





Untuk pengajuan aplikasi tunjangan uang yang sanggup dicicil, dokumen yang dipersyaratkan cukup simpel, yaitu: nomor KTP, kontak saudara tidak serumah, dan kontak kantor tempat bekerja.





Danafix apk atau diunduh lewat Google Playstore ialah cara mendapatkan aplikasi Danafix untuk sanggup mengajukan tunjangan online.





#7 Akulaku





Akulaku ialah tunjangan uang bayar bulanan tanpa jaminan yang diajukan secara online lewat aplikasi tunjangan cicilan. Akulaku terdaftar di OJK secara resmi dalam naungan perusahaan Multifinance.





Sebagai tunjangan cicilan, Akulaku mempunyai sejumlah fitur menarik, cocok buat Anda yang membutuhkan pinjam uang bayar bulanan atau tunjangan online dengan tenor 6 bulan.





Jika diperhatikan ketika ini lebih banyak didominasi pinjol menunjukkan tenor maksimum 30 hari dan jarang yang sanggup dibayar bulanan, apalagi hingga 6 bulan.





Cara kerja Akulaku ialah calon peminjam mengajukan limit kredit dengan memberikan data dan dokumen yang diminta. Akulaku menyetujui permohonan dengan memberikan plafin kredit limit ke nasabah.





Boleh dikatakan produk Akulaku ialah Kartu Kredit tanpa slip honor dan tanpa NPWP. Bisa memberikan kredit online tanpa slip gaji.





Setelah mendapatkan limit kredit di aplikasi pinjaman, nasabah sanggup memakai limit kredit untuk tiga produk di Akulaku, yaitu:





  • KTA Kilat: tunjangan online dana tunai pribadi cair dalam 5 menit
  • Akulaku Pay: cicilan tanpa kartu kredit untuk belanja di Shopee, JD.id, Bukalapak, Blibli 
  • Akulaku Kredit: alat pembayaran secara kredit dengan cukup scan barcode di merchant yang kerjasama.




Nasabah Akulaku sanggup memakai untuk kredit HP secara online, alat pembayaran di merchant ibarat kartu kredit dan mengambil dana tunai pribadi cair ke rekening.





Berapa bunga tunjangan di Akulaku ? Kami mengajukan tunjangan dan mendapatkan klarifikasi soal bunga kredit online di Akulaku.





  • Pinjaman Rp 1,000,000 juta, terima di rekening Rp 1,000,000 dengan kewajiban pengembalian Rp 1,117,000 untuk tenor 30 hari. Bunga 11.7% atau 0.39% per hari
  • Pinjaman Rp 500,000 juta, terima di rekening Rp 500,000 dengan kewajiban pengembalian Rp 577,000 untuk tenor 30 hari. Bunga 15.4% atau 0.51% per hari 




Berikut ini ialah citra bunga dan biaya tunjangan di Akulaku yang kami ambil dari aplikasi pinjaman:





Bagi mereka yang butuh tunjangan dana pribadi √ 6 Pilihan Pinjaman Online Cicilan Fintech Terpercaya (Update 2019)
Bunga Pinjaman Akulaku




Resiko Pinjaman Uang Bisa Dicicil





Kecepatan dan kemudahan yang ditawarkan oleh kemudahan tunjangan uang yang sanggup dicicil sangat menarik. Apalagi pengajuan kredit sanggup dilakukan secara online, tanpa perlu tatap muka.





Itu sebabnya pertumbuhan tunjangan online, termasuk tunjangan uang yang sanggup dicicil, sangat luar biasa dalam 2 tahun terakhir. Data Maret 2019 sudah terdapat 106 tunjangan online yang terdaftar di OJK.





Tetapi, selain manfaat dan kelebihan, tunjangan online mempunyai resiko bagi calon peminjam. Resiko ini yang perlu diantisipasi bila Anda berencana mengajukan tunjangan online.





Salah satu resiko terbesar ialah bila mengajukan tunjangan online ke Fintech Lending ilegal yang tidak terdaftar atau belum mempunyai legalitas di OJK. Meskipun sudah 803 penyelenggara fintech lending ilegal yang ditutup oleh Satgas Waspada Investasi (SWI). Secara rutin OJK dan SWI menelusuri penyelanggara fintech lending ilegal.





Apa saja resiko berafiliasi dengan Fintech ilegal, tunjangan online yang tidak terdaftar di OJK, yaitu antara lain:





  • Cara Penagihan. Penyelenggara Fintech Lending ilegal melaksanakan penagihan dengan cara-cara yang kasar, cenderung mengancam, tidak manusiawi, dan bertentangan dengan hukum. Sedangkan tenaga penagih pada Fintech Lendiing yang terdaftar/berizin dari OJK wajib mengikuti sertifikasi tenaga penagih yang dilakukan oleh AFPI.
  • Bunga & Denda. Penyelenggara Fintech Lending ilegal mengenakan biaya dan denda yang sangat besar dan tidak transparan. Sedangkan Fintech Lending yang terdaftar/berizin OJK diwajibkan memberikan keterbukaan informasi mengenai bunga, dan denda maksimal yang sanggup dikenakan kepada Pengguna. AFPI mengatur bunga maksimal 0,8% per hari dan total seluruh biaya termasuk denda ialah 100% dari nilai pokok Pinjaman.
  • Lokasi Kantor/Domisili. Lokasi kantor Fintech Lending ilegal tidak jelas/ditutupi dan sanggup jadi berada di luar negeri untuk menghindari abdnegara hukum. Sedangkan lokasi kantor Penyelenggara Fintech Lending yang terdaftar/berizin OJK jelas, disurvei oleh OJK, dan sanggup dengan gampang ditemui di Google.




Kesimpulan





Fintech menunjukkan tunjangan online cicilan 6 bulan hingga 12 Bulan. Ini merupakan tunjangan uang yang sanggup dicicil sehingga tidak memberatkan peminjam dan merupakan tunjangan pribadi non bank.





Bagi mereka yang butuh tunjangan uang sekarang, penawaran Fintech tunjangan online tanpa jaminan ini sanggup menjadi salah satu solusi. Namun, penting diperhatikan ialah persyaratan, terms and conditions, khususnya biaya bunga, dan resiko tunjangan online.





Pinjaman uang cepat tanpa syarat dari Fintech tidak murah. Bunganya jauh diatas bank. Itu yang perlu jadi perhatian kepada semua calon peminjam.



Sumber https://duwitmu.com