Friday, May 5, 2017

√ Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis Dan Struktur Teks Prosedur

Pengertian, ciri-ciri, jenis-jenis dan struktur teks mekanisme – Pada artikel sebelumnya, saya sudah membahas mengenai teladan teks mekanisme singkat dalam Bahasa Indonesia dan juga teladan jenis teks yang lain yaitu teladan teks anekdot.


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai teks mekanisme yang lebih terperinci yaitu mencakup pengertian, ciri-ciri, jenis-jenis dan struktur teks mekanisme .


A. Pengertian Teks Prosedur


Dalam kamus besar Bahasa Indonesia, mekanisme sanggup diartikan sebagai tahap kegiatan untuk menuntaskan suatu aktivitas. Sedangkan teks sanggup diartikan sebagai naskah yang berupa kata-kata dari pengarang yang biasanya dipakai sebagai dasar dalam memperlihatkan pelajaran.


Artikel lainnya: Contoh esai atau essay


Sehingga teks mekanisme sanggup diartikan sebagai sebuah teks atau naskah yang berisi tahapan kegiatan untuk menuntaskan suatu kegiatan tertentu.


Penulisan teks mekanisme bertujuan untuk membantu para pembaca dalam memahami bagaimana cara melaksanakan suatu kegiatan dengan tepat.


 saya sudah membahas mengenai teladan teks mekanisme singkat dalam Bahasa Indonesia dan juga √ Pengertian, ciri-ciri, jenis-jenis dan struktur teks prosedur


B. Ciri-ciri teks prosedur


Untuk sanggup membedakan apakah suatu teks merupakan teks mekanisme atau bukan, perhatikanlah ciri-ciri teks mekanisme berikut:



  • Biasanya memakai kalimat perintah atau imperatif

  • Menggunakan kata kerja aktif

  • Menggunakan konjungsi untuk mengurutkan suatu kegiatan, menyerupai kemudian, selanjutnya, lalu, dan sesudah itu.

  • Terdapat kata keterangan mengenai waktu, tempat, dan cara secara akurat.

  • Teks mekanisme terdiri dari tiga bagian, yakni bab tujuan teks prosedur, material, dan langkah-langkah.


Baca juga: Pengertian, ciri-ciri teks ulasan


C. Jenis-jenis Teks Prosedur


Jenis-jenis teks mekanisme yaitu, teks mekanisme sederhana, teks mekanisme kompleks, dan teks mekanisme protokol antara lain sebagai berikut:



  • Teks mekanisme sederhana


Teks mekanisme sederhana yaitu langkah-langkah yang hanya berisi tiga hingga empat langkah menyerupai cara menciptakan teh hangat, cara menyalakan televisi, dan lain sebagainya.



  • Teks mekanisme kompleks


Teks mekanisme kompleks yaitu langkah-langkah yang berisi banyak langkah seperti, cara menciptakan rumah susun, cara menciptakan sayur sop, dan lain sebagainya.



  • Teks mekanisme protokol


Teks mekanisme protokol yaitu langkah-langkah yang gampang dimengerti dan sederhana seperti, cara membersihkan karpet, cara menyalakan motor, dan sebagainya.


D. Struktur Teks Prosedur


Ketika menciptakan prosedur, harus memakai struktur mekanisme kompleks yang terdiri dari tiga bab yaitu bab tujuan, bab material dan bab langkah-langkah. Perhatikan klarifikasi mengenai struktur teks mekanisme berikut:



  • Bagian tujuan


Pada bab ini, kalian harus menuliskan tujuan dari langkah-langkah yang akan dibentuk atau hasil simpulan yang akan diwujudkan pada teks mekanisme tersebut.



  • Bagian material


Pada bab ini, menjelaskan apa saja alat dan materi dalam pembuatan sesuatu yang akan dibentuk atau apasaja keperluan yang harus dipersiapkan sebelum memulai langkah-langkah yang telah dibuat.



  • Bagian langkah-langkah


Pada bab ini merupakan langkah-langkah atau urutan-urutan dalam melaksanakan sesuatu yang hendak dicapai. Pada bab ini, langkah-langkah harus berurutan dihentikan diacak.


Dalam teks prosedur, struktur teks mekanisme dipakai untuk memudahkan para pembaca dalam mengikuti langkah-langkah yang telah dibuat.


Jadi yang pertama diuraikan yaitu apa tujuan menciptakan langkah-langkah, kemudian mempersiapkan alat dan materi supaya pada ketika praktek tidak kebingungan dalam mencari alat dan bahan, jadi dengan kesiapan material akan gampang dalam melaksanakan langkah-langkah dengan baik.


Artikel terkait: Contoh pengumuman tidak resmi


Dari artikel yang telah dibentuk diatas, sanggup disimpukan bahwa teks mekanisme yaitu teks atau naskah yang berisi tahapan-tahapan atau langkah-langkah suatu kegiatan untuk menuntaskan suatu kegiatan tertentu.


Demikian uraian perihal pengertian, ciri-ciri, jenis-jenis dan struktur teks prosedur , supaya sanggup bermanfaat dan memambah wawasan bagi para pembaca.



Sumber https://www.siswapedia.com