Monday, May 1, 2017

√ Teladan Teks Editorial : Tujuan, Ciri, Kaidah, Sifat, Isi Dan Strukturnya

Contoh Teks Editorial : Tujuan, Ciri, Kaidah, Sifat, Isi dan Strukturnya – Pernahkah kau menemui sebuah teks yang berisi pendapat langsung dari seseorang terhadap suatu masalah? Jika pernah, berarti kau telah membaca teks editorial atau teks opini.


Teks editorial merupakan teks yang berisikan sebuah pendapat atau opini ihwal suatu kejadian atau insiden yang sedang hangat dibicarakan atau masih mempunyai persoalan-persoalan yang belum menemukan titik terang.


Teks editorial, biasanya muncul diberbagai surat kabar atau majalah yang mendapatkan masukan-masukan dari orang-orang yang mempunyai pendapat.


Artikel terkait: Contoh essay


Contoh Teks Editorial : Tujuan, Ciri, Kaidah, Sifat, Isi dan Strukturnya


Tujuan, Sifat isi teks editorial


Teks editorial bertujuan untuk mengajak para pembaca semoga ikut memikirkan informasi yang sedang hangat diperbincangkan di tengah masyarakat serta memperlihatkan pandangan terhadap pembaca mengenai kasus yang sedang berkembang tersebut. Keberadaan teks editorial, bisa membentuk masyarakat yang kritis.


 Pernahkah kau menemui sebuah teks yang berisi pendapat langsung dari seseorang terhadap s √ Contoh Teks Editorial : Tujuan, Ciri, Kaidah, Sifat, Isi dan Strukturnya


Teks editorial mempunyai ciri-ciri dan struktur, kaidah kebahasaan teks editorial, yaitu sebagai berikut:


Ciri-ciri Teks Editorial


Adapun ciri-ciri dari teks editorial yaitu sebagai berkut:



  1. Tema tulisannya selalu hangat (sedang berkembang, diperbincangkan secara luas oleh masyarakat), serta kasatmata dan faktual.

  2. Bersifat sistematis dan logis

  3. Tajuk rencana merupakan pendapat/opini yang bersifat argumentatif

  4. Menarik untuk dibaca, dengan penggunaan kalimat yang singkat, padat dan jelas.


Struktur Teks Editorial


Adapun struktur teks editorial terdapat 3 bagian, yaitu sebagai berikut:


1. Pernyataan pendapat (tesis)


Pada bab tesis, berisi sudut pandang penulis terhadap permasalahan yang diangkat, yaitu berupa pernyataan atau teori yang akan diperkuat oleh argumen.


Artikel terkait: Contoh kumpulan puisi pendek


2. Argumentasi


Pada bab argumentasi, berisi alasan atau bukti yang dipakai untuk memperkuat pernyataan tesis, bisa berupa pernyataan umum, data hasil penelitian, pernyataan para hebat atau fakta-fakta yang sanggup dipercaya.


3. Penegasan ulang pendapat (Reiteration)


Pada bab Reiteration, berisi penguatan/penegasan kembali atas pendapat yang telah ditunjang oleh fakta-fakta dalam bab argumentasi. Dengan adanya penegasan, para pembaca akan lebih yakin terhadap pandangan yang telah dikemukakan pada teks editorial tersebut.


Pada bab ini, biasanya berisikan sebuah argumen yang disertai saran dari penulis.


Artikel lainnya: Cara menciptakan sinopsis lebih mudah


Kaidah Kebahasaan Teks Editorial


Adapun kaidah kebahasaan pada teks editorial yaitu sebagai berikut:


1. Adverbia


Ditujukkan semoga pembaca meyakini teks yang dibahas, dengan menegaskan memakai kata keterangan, kata yang biasa dipakai yaitu: biasanya, selalu, sering. Kadang-kadang, sebagian besar waktu, jarang, dan lain sebagainya.


2. Konjungsi


Konjungsi yaitu penghubung pada teks, contohnya: bahkan


3. Verba material


merupakan verba yang memperlihatkan insiden atau perbuatan fisik.


4. Verba relasional


merupakan verba yang memperlihatkan korelasi intensitas (pengertian A yaitu B) dan milik (mengandung pengertian A mempunyai B).


5. Verba mental


Merupakan verba yang membuktikan persepsi, afeksi dan kognisi


Contoh Teks Editorial Tentang Kesehatan


Judul:


Pelayanan Rumah Sakit dan Mutu Kesehatan Harus ditingkatkan


Pada tahun lalu, terdapat sekitar 269 pengaduan ihwal minimnya pelayanan kesehatan diberbagai rumah sakit di Indonesia, jumlah tersebut yang dilaporkan dan diterima Kemenkes.


Jumlah pengaduan minimnya pelayanan kesehatan yang belum dilaporkan tentunya lebih banyak lagi. salah satu hal yang menyebabkan pelayanan dokter kurang memuaskan yaitu penanganannya terhadap pasien. Dokter banyak yang belum bisa mengetahui penyakit sebetulnya yang sedang diderita pasien, sehingga terkadang obat yang diberikan tidak tepat.


Artikel terkait: Pengertian puisi, periodesasi puisi, jenis-jenis puisi dan tips menciptakan puisi


Seharusnya, pemerintah terutama bidang kesehatan selalu meningkatkan mutu para dokter di seluruh Indonesia secara berkala, semoga pelayanan kesehatan masyarakat sanggup berjalan dengan baik.


Demikian pembahasan mengenai Contoh Teks Editorial : Tujuan, Ciri, Kaidah, Sifat, Isi dan Strukturnya semoga bermanfaat!



Sumber https://www.siswapedia.com