Sunday, June 25, 2017

√ Definisi Atau Pengertian Organisasi Sosial

Apa sih organisasi sosial itu?


Untuk mengenal organisasi sosial, maka kita harus mengerti wacana pengertian organisasi sosial, syarat untuk ikut organisasi sosial, tipe-tipe organisasi sosial dan ciri-ciri organisasi sosial.


Akan tetapi pada halaman ini, kita hanya akan memfokuskan pada pengertian organisosial saja. Untuk syarat ikut organisasi dst akan kita bahas pada halaman yang berbeda.


Definisi atau Pengertian organisasi sosial


Asosiasi merupakan persatuan atau perkumpulan orang yang mempunyai kepentingan yang sama. Dalam kehidupan masyarakat, asosiasi inilah yang merupakan suatu kelompok sosial yang nyata-nyata terang keberadaannya.


Sebuah asosiasi, didalamnya terdapat para anggota yang mempunyai kesadaran yang berpengaruh serta struktur yang jelas. Akan tetapi ikatan kelompoknya relatif longgar sehingga perlu dilakukan pengorganisiran kembali.


Nah, seiring berkembangnya kemajuan masyarakat, maka semakin banyaknya pula kebutuhan dan problem yang terjadi. Untuk itu, dibutuhkan sebuah wadah atau kawasan yang bisa menampung serta mengkoorganisir anggotanya sehingga diharapkan kebutuhan atau masalah-masalah anggotanya bisa diatasi.


Oleh alasannya ialah itu, kelompok sosial yang berupa asosiasi ini lalu dikoorganisir kembali sehingga menjadi organisasi. Nah, organisasi inilah struktur, pembagian hak dan kewajiban, hukum dsb dibuat sangat terang dan mengikat berpengaruh bagi anggotanya.


 maka kita harus mengerti wacana pengertian organisasi sosial √ Definisi Atau Pengertian Organisasi Sosial

Bagan. Contoh struktur organisasi (Gambar: Siswapedia.com)


Jadi apa definisi organisasi sosial itu?


1. Definisi organisasi sosial berdasarkan kau Bahasa Indonesia,


Organisasi didefinisikan sebagai susunan atau kesatuan dari aneka macam bab (orang dll) sehingga menjadi kesatuan yang teratur. Sedangkan sosial didefinisikan sebagai sesuatu yang berkenaan dengan masyarakat. Kaprikornus organisasi sosial merupakan kesatuan sosial dari aneka macam orang sehingga menjadi kesatuan yang teratur.


2. Dalam bukunya Sosiologi 2, Budiono menjelaskan bahwa:


Organisasi sosial yaitu kesatuan orang yang tersusun secara teratur berdasarkan pembagian tugas-tugas tertentu kepada anggotanya.


3. Dalam bukunya Sosiologi, Budi Raharjo menjelaskan bahwa:


Organisasi sosial yaitu suatu kesatuan orang-orang yang mempunyai struktur serta pembagian kerja yang terang sebagai akhir adanya hubungan sosial di dalam kehidupan masyarakat.


Di dalam organisasi sosial, anggotanya mempunyai peran, tanggung jawab, hak dan kiprah yang jelas. Dengan begitu, diharapkan kiprah para anggota organisasi bisa mewujudkan visi dan misi yang telah dibuat sebelumnya.


Adapun menyangkut hubungannya dengan sesama anggotanya, maka akan terjadi kekerabatan yang dinamis dimana kerja setiap anggotanya akan saling terkait dan terulang-ulang kembali, dengan kata lain terstruktur. Selain itu keberadaan anggotanya juga diakui secara formal.



Sumber https://www.siswapedia.com