Apa saja jenis-jenis lead pada isu ?
Lead merupakan teras berita, yang mempunyai fungsi untuk menggambarkan inti pada sebuah isu yang disampaikan. Lead juga dapat disebut juga sebagai wangsit pokok pada sebuah berita.
Jika teks pada sebuah isu tidak memaparkan garis besar, atau inti sebuah berita. Maka bab tersebut tidak dapat disebut dengan lead langkah-langkah menulis berita(baca juga: ).
Bagaimana rujukan penggunaan Lead yang Baik ?
Lead yang baik sangat diharapkan sekali biar isu tersebut layak untuk dibaca. Menurut tradisi Associated Press ( Kantor Berita Prancis) lead dapat diawali dengan beberapa kata tanya berikut.
Pertama, what (apa) : Ganjar Pranowo diduga korupsi.
Kedua, who (siapa) : Gubernur BI Syahril Sabirin ditangkap.
Ketiga, when ( kapan ) : Siang hari ini Jokowi tiba ke Asmat.
Keempat, where (dimana) : di Kota Pemalang, sedang terjadi kerusuhan.
Kelima, why (mengapa) : Diduga selingkuh, Lutfi Aminuddin diberhentikan dari jabatan PNS.
Keenam, how ( Bagaimana) : Diawali agresi orasi dan gelar spanduk, mahasiswa Universitas Gajah Mada hari ini melaksanakan demo.
Dari keenam gaya lead tersebut, yang sering digunakan yaitu gaya pertama. Banyak kita jumpai gaya lead memakai awalan kata tanya “apa” pada media-media besar.
Klasifikasi Lead Menurut Gibson
Sedangkan berdasarkan Gibson dalam bukunya berjudul Radio and Television Reporting. Ia mengklasifikasi lead ke dalam 5 bentuk. Beberapa penjabaran lead berdasarkan Gibson sebagai berikut.
1. Teras Lead
Lead ini menuturkan faktanya terlebih dahulu dengan tujuan untuk menarik hati pendengar mengikuti topik isu hingga tuntas. Contohnya : Informasi penting yang segera kami sajikan kepada Anda di edisi kali ini diantaranya isu wacana kondisi kesehatan Habibie yang makin buruk, dan nilai tukar rupiah yang semakin anjlok.
2. Umbrella Lead
Umbrela lead yaitu lead dengan elemen ganda yang menuturkan beberapa hal menarik sekaligus. Contoh : Di Kota Sambas Kalimantan Barat, Hari Ini Terjadi Lagi Kerusuhan. Para pencetus HAM Aceh mendatangi kantor Komnas HAM.
3. Narattive Lead
Narrative Lead yaitu penuturan isu secara kronologis kejadian-kejadiannya. Contoh : Dimulai dari bundaran kampus UGM Bulaksumur Yogyakarta, sekitar seratus pencetus mahasiswa berorasi dan melaksanakan agresi long march, menuju gedung DPRD di Jalan Malioboro.
4. Sound Lead
Sound lead merupakan lead yang berupa kata, kalimat, bunyi kericuhan, dan bunyi lain yang dimasukkan pada awal isu biar menghasilkan pengaruh dramatisir.
Contoh dari lead ini yaitu memasukkan sisipan bunyi narasumber, atau rekaman suasana penting dalam peristiwa. Misalnya teriakan para demonstran, bunyi ledakan bom, bunyi teriakan polisi, dam suara-suara mengagetkan lain.
5. Question Lead
Question lead merupakan lead yang kalimat utamanya dimulai dengan pertanyaan. Contoh : Tahukah Anda bahwa mengonsumsi micin itu tidak mengakibatkan kebodohan ?
Dari kelima bentuk lead berdasarkan klasifikasinya menurut Roy Gibson. Adapun jenis lead yang paling banyak digunakan yaitu jenis narrative lead, dan umbrella lead.
Kedua lead ini selai lebih komunikatif. Lead keduanya juga sangat cocok ditulis pada jenis media apa pun.
Bahkan berita-berita di internet yang sangat viral juga biasanya ditulis dengan kedua lead ini. Contoh media yang paling banyak memakai umbrella lead, dan narrative lead yaitu media Tribunnews. Terutama pada desk kriminal.
Demikian juga dapat kita temukan lead ini di media Kompas. Hanya saja Kompas tidak sesering Tribunnews dalam memakai jenis lead umbrella.
Jadi penggunaan lead di dunia jurnalistik ini sangat bebas. Media dapat memakai gaya lead apa pun yang sesuai dengan kebutuhannya.
Sumber https://www.siswapedia.com