Friday, June 23, 2017

√ Macam-Macam Pers Beserta Wilayah Sirkulasinya

Tolong jelaskan macam-macam pers beserta wilayah sirkulasinya ?


Ini pertanyaan yang sangat bagus. Berdasarkan jenis wilayah, sirkulasi, segmentasi, dan pangsa pasarnya. Pers sanggup diklasifikasikan ke dalam lima kelompok.


Kelompok dalam pers ini semakin besar cakupan wilayahnya, maka semakin besar pula pangsa pasarnya. Dalam buku berjudul Jurnalistik Indonesia karya A.S Haris Sumadiria macam-macam pers beserta wilayah sirkulasinya sanggup kita golongkan menjadi 5 kelompok.


Berikut kelima kelompok tersebut.


Pers Komunitas


Pers komunitas mempunyai jangkauan wilayah sirkulasi yang sangat terbatas. Biasanya hanya meliputi beberapa desa dalam satu kecamatan tertentu saja.


Kebijakan pemberitaan pers komunitas lebih banyak diarahkan untuk mengangkat aneka macam potensi dan problem nyata di desa, atau kecamatan setempat. Fungsi yang lebih banyak dikembangkan pada pers komunitas ialah penyebar luasan informasi, dan edukasi.


Fungsi koreksi disentuh juga, hanya saja dilakukan secara sangat hati-hati. Begitu pula dengan fungsi rekreasi, lebih banyak dipengaruhi pertimbangan keanekaragaman bahan isi media daripada jadwal pemuasan kebutuhan khalayak pembaca. Mereka tidak mau merusak harmoni.


Pers Lokal


Pers lokal hanya beredar di sebuah kota dan sekitarnya. Salah satu ciri pers lokal ialah 80 persen isinya didominasi oleh isu laporan, tulisan, dan menu gambar bernuansa lokal.


Motivasi dan ambisi pers lokal yaitu menjadi “raja” di kotanya sendiri. Pers lokal bisa disebut sebagai kamus dan cermin berjalan sebuah kota tersebut.


Kendati pers lokal ini jangkaunya cukup terbatas. Uniknya di Amerika Serikat lebih dari 85% orang-orang mendapat informasi isu di surat kabar yang berada di kota kecil. Ini menunjukkan jikalau pers lokal ternyata cukup menarik juga sebagai sumber bacaan utama.


Pers Regional


Pers regional berkedudukan di Ibukota provinsi. Wilayah sirkulasinya meliputi seluruh kota yang terdapat dalam suatu provinsi tersebut.


Sejak 1999 ketika kurun reformasi mulai digulirkan, pers regional menghadapi tantangan sangat berat dan persaingan sangat tajam dengan tumbuh menjamurnya pers komunitas di dan pers lokal di tiap-tiap kota.


Pers regional tidak lagi menjadi pemain tunggal ibarat dalam kurun Orde Baru. Pers regional ibarat terkepung.


Kebijakan redaksional pemberitaan pers-pers lokal, dan pera komunitas ternyata banyak diarahkan untuk melemahkan.


Pers Nasional


Pers nasional lebih banyak berkedudukan di ibu kota negara. Wilayah sirkulasinya meliputi seluruh provinsi Indonesia. (Baca juga: Penggunaan bahasa jurnalistik dalam media)


Kebijakan redaksional pers nasional lebih banyak menekankan masalah, isu, aspirasi, tuntutan, dan kepentingan nasional secara keseluruhan tanpa memandang sekat-sekat geografis atau ikatan primordial ibarat agama, budaya, dan suku bangsa.


macam pers beserta wilayah sirkulasinya  √ Macam-Macam Pers Beserta Wilayah Sirkulasinya

Gambar. Contoh tampilan salah satu macam pers nasional yaitu detik news (Foto: detik)


Sebagai referensi Konflik Aceh, Kerusuhan Ambon, isu-isu penegakan hukum, demokratisasi, dan kesenjangan sosial, senantiasa menjadi sorotan pes nasional. Isu-isu semacam itu bahkan selalu berhasil menempatkan beritanya masuk ke dalam headline.


Dengan sistem cetak model jarak jauh. Surat kabar nasional akan bisa beredar di banyak daerah pada ketika yang sama secara serentak.


Salah satu keunggulan sistem cetak jarak jauh yaitu kemampuannya dalam memangkas dan bahkan menghilangkan dimensi ruang waktu. Faktor inilah yang menjadikan sistem cetak jarak jauh selalu dipersulit oleh rezim Orde Baru ketika berkuasa.


Dalam situasi normal, kebijakan redaksional pers regional tidak jauh berbeda dengan pers lokal. Hanya wilayah dari pers nasional lebih luas dari regional. Tapi muatan kontennya bahwasanya tidak jauh berbeda.


Pers Internasional


Pers internasional hadir di sejumlah negara dengan memakai teknologi cetak jarak dengan pola pengembangan zona atau wilayah.


Wilayah sirkulasi internasional lebih banyak berpusat di ibu kota negara dan beberapa kota besar negara setempat yang masuk dalam satelit pengaruhnya, baik itu secara politis maupun secara maupun secara industri bisnis.


Buat Anda yang berencana menciptakan pers, maka mengetahui macam-macam pers beserta wilayah sirkulasinya sangatlah penting alasannya akan mempengaruhi permodalan, sasaran pembaca dan pemasukan.



Sumber https://www.siswapedia.com