Tuesday, June 27, 2017

√ Pengertian Kebijaksanaan Fuzzy Lengkap Dengan Rumusnya

Pengertian Logika Fuzzy Adalah metode yang dipakai dalam analisis penentuan jumlah produksi. Penentuan jumlah produksi dengan memakai logika fuzzy dianggap bisa untuk memetakan suatu input kedalam suatu output tanpa mengabaikan faktor–faktor yang ada. Logika fuzzy diyakini sanggup sangat fleksibel dan mempunyai toleransi terhadap data-data yang ada. Dengan menurut logika fuzzy, akan dihasilkan suatu model dari suatu sistem yang bisa memperkirakan jumlah produksi. 



Faktor–faktor yang menghipnotis dalam memilih jumlah produksi dengan budi fuzzy antara lain jumlah undangan dan jumlah persediaan (Djunaidi dkk, 2005). Metode Logika Fuzzy mempunyai tahapan kerja sebagai berikut yaitu :


#1. Identifikasi Data
Identifikasi data dilakukan dengan penentuan variabel yang dibutuhkan dalam melaksanakan perhitungan dan analisis masalah. Perusahaan dalam melaksanakan proses produksi dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya :
  a. Jumlah Permintaan
  b. Jumlah Persediaan
  c. Jumlah Produksi

#2. Pembentukan himpunan fuzzy
Pada metode mamdani baik variabel input maupun variabel output dibagi menjadi satu atau lebih himpunan fuzzy.

#3. Aplikasi fungsi implikas
Pada metode mamdani, fungsi implikasi yang dipakai untuk tiap – tiap hukum ialah fungsi min.

#4. Penegasan (defuzzy)
Proses penegasan (defuzzyfikasi) memakai sumbangan software matlab dengan memakai akomodasi yang disediakan pada toolbox fuzzy. Selain itu,  Defuzzyfikasi pada komposisi hukum mamdani dengan memakai metode centroid. Dimana pada metode ini, solusi crisp diperoleh dengan cara mengambil titik sentra tempat fuzzy. Secara umum dirumuskan :         
                       
Ada dua laba memakai metode centroid, yaitu (Shiam, 2007):
1. Nilai defuzzyfikasi akan bergerak secara halus sehingga perubahan dari suatu himpunan  fuzzy juga akan berjalan dengan halus.
2.  Lebih gampang dalam perhitungan.

Demikian ulasan artikel kami tentang Pengertian Logika Fuzzy Lengkap dengan Rumusnya. Semoga bermafaat dan terima kasih telah berkunjung. 

Daftar Pustaka 
junaidi, dkk. 2005. Penentuan Jumlah Produksi dengan Aplikasi Metode Fuzzy-Mamdani. Jurnal Ilmiah Teknik Industri Vol.4 No.2 Desember 2005. 
Shiam. 2007. Pengaruh Biaya Produksi Langsung Terhadap Hasil Produksi Pengrajin Tenun di Sentra Industri Tenun ATBM Medono Kecamatan Pekalongan Baratb Kota Pekalongan. Skripsi. Semarang. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Sumber http://www.galinesia.com