Wednesday, June 21, 2017

√ Pengertian Power Supply

Pengertian Power Supply - Power Supply yakni salah satu perangkat keras yang tugasnya untuk menyuplai tenaga yang bersumber dari tegangan listrik ke perangkat hardware yang lainnya. Power supply biasanya dipakai untuk komputer sebagai perantara/penghantar tegangan listrik secara eksklusif kepada komponen-komponen atau perangkat keras lainnya menyerupai kipas prosessor, motherboard, harddisk, CD/DVD Room, dan lainnya. Power supply mempunyai input dari tegangan yang berarus alternating current (AC) dan mengubahnya menjadi arus direct current (DC) kemudian menyalurkannya ke banyak sekali perangkat keras yang ada dikomputer kita. Karena memang arus direct current (DC)-lah yang diharapkan untuk perangkat keras supaya sanggup beroperasi, direct current biasa disebut juga sebagai arus yang searah sedangkan alternating current merupakan arus yang berlawanan. 

Pengertian Power Supply 
Power supply yakni salah satu alat bantu converter tegangan listrik pada komputer yang sanggup mengubah tegangan listrik yang mempunyai arus AC ke arus DC, sehingga semua hardware yang membutuhkan tegangan listrik yang berarus DC akan mendapat tegangan listrik yang secara eksklusif akan diberiak oleh power supply ini. Karena itulah power supply sangat penting keberadaannya didalam sebuah perangkat personal komputer. Peranan penting juga dijalankan oleh power supply ini. Dapat dibayangkan apabila sebuah komputer tidak mempunyai power supply, apa yang akan terjadi ?? pastinya komputer tersebut tidak akan mau menyala. Power supply juga sangat rawan terhadap tegangan listrik yang tidak stabil. Untuk itu sebaiknya komputer anda memakai stavol supaya tegangan listrik yang mengalir ke power supply akan lebih stabil. Banyak sekali permasalahan yang terjadi pada power supply ini, salah satunya yaitu mati total yang disebabkan oleh tidak stabilnya tegangan listrik yang diterima oleh power supply.

Menurut jenisnya, power supply dibagi menjadi 2 jenis, yaitu power supply AT dan power supply ATX. Power supply AT dipakai semenjak pertama kali adanya komputer dan untuk penggunaanya hanya hingga pada komputer yang mempunyai prosessor Pentium 2. Untuk komputer zaman kini mungkin tidak akan lagi memakai power supply yang satu ini, lantaran power supply jenis ini tidak mempu menawarkan daya listrik yang cukup. Dan untuk sistem pengoperasiannya masih manual lantaran masih harus menekan tombol power ON dan OFF untuk menghidupkan dan mematikannya. Kemudian selanjutnya power supply berjenis ATX merupakan power supply-nya komputer masa kini. Power ATX ini mempunyai daya listrik yang tinggi untuk memenuhi standart komputer masa kini. Dan untuk pengoperasiannyapun sudah otomatis, dan ada juga aksesori konektor power SATA-nya.


Itulah sedikit klarifikasi mengenai pengertian power supply. Semoga dengan adanya artikel ini sanggup menawarkan gosip yang bermanfaat buat teman-teman semuanya. Jangan lupa dishare ya artikelnya, supaya bermanfaat juga nantinya buat orang banyak.

Sumber http://www.gudangilmukomputer.com