Wednesday, June 21, 2017

√ Struktur Penulisan Makalah

makalah saya di perkuliahan tanpa menawarkan struktur baku dari makalah kuliah yang sebena √ Struktur Penulisan Makalah
Makalah Kuliah-Sebelumnya mungkin saya banyak meng-up load banyak sekali jenis makalah, atau contoh makalah-makalah saya di perkuliahan tanpa menawarkan struktur baku dari makalah kuliah yang sebenarnya. Okey, semangat dengan hadirnya postingan saya ini sanggup menawarkan atau menukar kesalahan saya. Hehehe (WTTJUGFHPG98).
Makalah kuliah yang Anda buat di dingklik kuliah, bukan sekedar kumpulan literatur-literatur tanpa struktur dan hukum tetapi dalam pembuatan makalah itu sendiri terdapat struktur yang Anda harus penuhi semoga makalah yang Anda buat itu nantinya betul memahami pokok permasalahan yang Anda jabarkan dalam makalah Anda. Okey.
Secara umum, struktur makalah terdiri dari :
1. Cover / Bagian Sampul Makalah. 
Dalam cuilan ini, terdiri dari judul, logo kampus/universitas, data lengkap penulis, jurusan, fakultas, kota, dan tahun kapan makalah di buat.

2. Kata Pengantar

Biasanya diawali dengan kalimat puji-pujian kepada Allah SWT atau kepada Tuhan, citra sedikit mengenai makalah, ucapan terima kasih, dan terakhir biasanya terdapat cita-cita penulis ataupun undangan sumbangsih saran dan kritik.

3. Daftar Isi

Saya rasa tidak perlu saya jelaskasn. Anda sudah banyak melihat bagaimana struktur daftar isi.

4. BAB I Pendahuluan

Dalam makalah yang Anda buat, cuilan BAB I, cuilan perihal pendahuluan secara umum berisi perihal citra umum perihal makalah, nasalah yang akan di bahas, latar belakang kenapa Anda mengankat permasalahan tersebut. Adapun struktur pada BAB I ini mencakup :
  1. Latar Belakang. Memakai kaidah segitiga artinya dari pembahasan umum ke pembahasan khusus. 
  2. Rumusan Masalah, berisi rumusan apa yang Anda bahas dalam makalah Anda. 
  3. Maksud dan Tujuan, berisi maksud dan tujuan pembuatan makalah.

5. BAB II Pembahasan

Pada cuilan ini, Anda membahas secara tuntas permasalahan yang Anda angkat pada BAB I. Pada cuilan ini ialah cuilan dari isi sesungguhnya makalah Anda. Dalam cuilan pembahasan, Anda harus memaparkan fakta-fakta yang memperkuat goresan pena Anda. Harus berisi kajian tumpuan beberapa/banyak penulis yang mendukung gagasan yang Anda sampaikan. 

Pada cuilan ini pula, perkiraan langsung Anda diminimalkan. Artinya perkiraan yang Anda buat harus ada kajian literatur maupun tumpuan sebelumnya. Mengungkap fakta.

6. BAB III Penutup

Pada cuilan kedua dari terakhir ini, Anda menyebarkan semacam kesimpulan dari pembahasan yang Anda bahas pada BAB II. Ada pula yang menambahkan saran.

7. Daftar Pustaka

Berisi daftar tumpuan rujukan yang Anda ambil untuk  makalah Anda. Referensi rujukan sanggup berupa buku-buku, jurnal, skripsi, data dari internet dan lain sebagainya. Terdapat kaidah atau hukum penulisan daftar pustaka yang Anda harus penuhi.

8. Lampiran

Ini tidak mutlak harus ada. Pada cuilan ini Anda melampirkan data-data pendukung makalah Anda. Bisa berupa foto-foto  kegiatan, dll.

Okey, itulah tadi struktur penulisan makalah yang sanggup saya share kepada Anda semoga sanggup bermanfaat buat Anda.

Sumber http://kutukuliah.blogspot.com