Tuesday, July 11, 2017

9 Keunggulan Planet Bumi Dibandingkan Planet Lain

Di alam semesta yang luas ini, terdapat banyak sekali galaksi dan sistem tata surya yang sampai ketika ini keberadaannya masih menjadi misteri. Beberapa galaksi sudah teridentifikasi salah satunya yaitu galaksi dimana kita berada, yaitu galaksi Bima Sakti. Setidaknya ada beberapa galaksi yang posisinya erat dengan galaksi kita yaitu galaksi Andromeda dan galaksi Triangulum. Berbicara mengenai galaksi Bima Sakti, di dalamnya terdapat milyaran bintang dan di sana juga terdapat tata surya kita. Dahulu di dalam sistem tata surya kita terdapat 9 planet dengan matahari sebagai sentra tata surya. Namun, pada tanggal 24 Agustus 2006 planet pluto sudah tidak dianggap planet lagi. Sehingga ketika ini terdapat 8 planet dan matahari masih menjadi sentra tata surya.


Berbicara mengenai planet, planet di dalam tata surya dibagi menjadi 2 bab yaitu planet dalam dan planet luar. Planet yang masuk ke dalam kategori planet dalam yaitu Merkurius, Venus, Bumi dan Mars sedangkan sisanya ibarat Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus masuk kategori planet luar. Planet yang paling populer di tata surya ini yaitu planet Bumi. Planet Bumi merupakan planet yang spesial. Planet yang sangat ideal untuk dijadikan sebagai kawasan tinggal bagi jutaan bahkan milyaran makhluk hidup.


Meskipun ketika ini para peneliti sedang melaksanakan penelitian apakah terdapat planet di luar angkasa sana yang mempunyai struktur dan ciri yang sama dengan planet bumi kita. Nyatanya, sampai ketika ini masih belum ada planet yang mempunyai kesamaan dengan planet bumi. Meskipun beberapa planet tersebut mempunyai syarat yang sama ibarat planet bumi, tapi belum terpenuhi semua syarat tersebut. Lalu, mengapa apa keunggulan yang dimiliki oleh planet bumi jikalau dibandingkan dengan planet-planet sejenis. Inilah beberapa keunggulan planet bumi dibandingkan planet lain:



  1. Planet Air


Jika dilihat dari luar angkasa, planet bumi akan terlihat berwarna biru. Hal ini dikarenakan hampir sekitar 70% planet bumi terdiri atas air. Kita tahu jikalau air yaitu elemen yang sangat penting bagi kehidupan. Dan elemen penting ini hanya dimiliki oleh planet bumi. Hal itulah yang membedakan planet bumi dengan planet – planet lainnya yang ada di tata surya ini. Jumlah air yang dimiliki oleh planet bumi cukup ideal. Tidak terlalu banyak untuk menutupi pegunungan dan tidak terlalu sedikit ibarat gurun kering yang berada di planet Mars dan Venus.



  1. Jarak yang sempurna dengan matahari atau Goldilocks Planet


Planet bumi berada di jarak yang sempurna dengan matahari sebagai sentra tata surya yaitu 149,6 juta km. Pada jarak tersebut menciptakan planet bumi terlihat sesuai dengan di kawasan yang tepat. Jika planet bumi berada pada jarak yang terlalu erat dengan matahari, planet bumi akan terlalu banyak mendapatkan energi dari sinar matahari yang berakibat planet bumi akan mengalami penguapan dengan cepat. Sedangkan jikalau terlalu jauh, ada kemungkinan planet bumi akan cepat membeku.



  1. Bentuk yang sesuai


Untuk ukuran planet bumi sudah sesuai untuk dihuni oleh makhluk hidup. Jika terlalu kecil ukurannya, planet bumi tidak akan bisa menahan lapisan atmosfer kita yang sangat berharga ini. namun, jikalau terlalu besar, planet bumi akan menjadi gas yang berukuran raksasa yang sangat panas untuk dihuni. Planet terbesar di tata surya yaitu planet Jupiter, mempunyai kiprah yang sangat penting bagi planet bumi yaitu sebagai benteng pertahanan dari puing – puing luar angkasa. Bisa dibayangkan jikalau ukuran planet bumi lebih besar daripada planet Jupiter. Bisa jadi planet bumi akan gampang menerima serangan dari batuan – batuan dari luar angkasa.



  1. Memiliki bulan yang ramah


Tidak hanya sebagai satelit alam yang dimiliki planet bumi. Bulan juga mempunyai kiprah yang amat penting bagi bumi yaitu memberi kestabilan pada rotasi bumi dan mencegah pergerakan datang – datang dari kedua kutub. Tidak hanya itu saja, bulan juga membantu dalam mengatur pasang surut air bahari yang ada di planet bumi.



  1. Adanya lapisan ozon


Bisa dibayangkan jikalau planet bumi tidak mempunyai lapisan ozon. Bisa jadi semenjak awal terbentuknya planet bumi, tidak akan ada ditemukan kehidupan di dalamnya. Betapa pentingnya lapisan ini bagi planet bumi. Lapisan ozon ini berfungsi untuk melindungi bumi dari radiasi sinar ultra violet yang sangat berbahaya. Sinar ini sangat berbahaya bagi semua makhluk hidup terutama manusia. Seperti yang telah diketahui, dahulu terdapat tumbuhan dan organisme yang tidak diketahui menghasilkan oksigen dan melepaskannya ke atmosfer. Lapisan tersebut itulah yang melindungi binatang – binatang terdahuli dari radiasi yang berbahaya.



  1. Rotasi yang stabil


Planet bumi juga mengalami perputaran pada sumbunya dengan kecepatan yang konstan. Selain itu, planet bumi juga berputar mengelilingi matahari. Akibatnya yaitu, terjadi pergantian siang dan malam serta pergantian demam isu di banyak sekali kepingan bumi. Rotasi bumi tersebut menciptakan pergantian siang dan malam menjadi teratur dengan frekuensi yang stabil. Sehingga tidak terjadi perubahan suhu yang ekstrim di planet bumi.



  1. Terdapat medan magnet


Hanya planet bumi saja yang mempunyai medan magnet. Medan magnet ini berfungsi sebagai penangkap partikel – partikel sinar radiasi matahari dan luar angkasa. Partikel – partikel tersebut dikumpulkan dalam sebuah zona yang berjulukan sabuk Van Allen. Sabuk Van Allen terletak di 3.000 – 18.000 km dari permukaan tanah. Tetapi, beberapa partikel tersebut ada yang terlepas dari sabuk Van Allen. Partikel yang terlepas dan jatuh di erat dengan kutub akan menghasilkan cahaya yang indah di langit atau biasa disebut dengan Aurora.



  1. Sumber Energi


Sebenarnya sumber energi yang dimiliki oleh planet bumi masih berkaitan dengan benda angkasa lain yaitu matahari. Sinar matahari yang masuk ke dalam bumi, dimanfaatkan oleh tumbuhan untuk melaksanakan fotosintesis. Nutrisi – nutrisi yang dihasilkan dari proses fotosintesis ini menjadi sumber kehidupan baik secara eksklusif maupun tidak langsung.



  1. Selalu menjadi yang baru


Penelitian terbaru menyampaikan jikalau lempeng tektonik menjadi elemen yang penting bagi kelangsungan hidup. Secara sederhana, karbondioksida membantu menangkap panas yang berasal dari sinar matahari biar bumi tetap hangat. Gas ini biasanya terdapat di bebatuan dalam jangka waktu yang cukup lama. Pergeseran lempeng tektonik ini membantu menggerakan batuan tersebut untuk meleleh dan balasannya melepaskan karbondioksida kembali ke atmosfer dalam bentuk gunung berapi. Gunung berapi inilah yang menghasilkan sumber mineral yang penting bagi kehidupan.


Itulah tadi keunggulan planet bumi dibandingkan planet lain. Jaga selalu bumi kita ya dan semoga klarifikasi tadi bisa bermanfaat.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com