Tuesday, July 11, 2017

√ Tips Semoga Gambar Tidak Berbintik (Noise) Ketika Mengambil Foto

Tips Agar Gambar Tidak Berbintik (Noise) Saat Mengambil Foto – Seperti yang sudah mimin bahas pada posting sebelumnya, ada cukup banyak pembaca di blog ini yang mengeluhkan soal kenapa foto yang diambil dengan kamera hapenya mempunyai banyak bintik-bintik alias noise, khususnya ketika dipakai dalam keadaan minim cahaya.


Disana, mimin juga sudah menjelaskan bahwa penyebab utama dari timbulnya noise pada foto yaitu jawaban dinaikkannya nilai ISO untuk menambah sensitifitas dari sensor kamera, sehingga hal itu sebetulnya sangatlah masuk akal terjadi, khususnya ketika kita memakai mode otomatis.


BACA JUGA : Apa Itu ISO Pada Kamera?


Artinya, melaksanakan acara memotret pada area pencahayaan minim memang sangat TIDAK disarankan, alasannya yaitu intinya hasil foto yang baik gres sanggup di dapatkan kalau objek yang kita bidik mendapat pencahayaan yang baik.


Tapi, apakah urusan pencahayaan itu yaitu syarat mutlak supaya foto sanggup bebas noise? Nggak juga sih sebenernya. Itu faktor yang paling penting memang, tapi nggak mutlak harus sanggup pencahayaan yang terang benderang.


Nah di posting kali ini, mimin akan coba untuk menyebarkan pada kalian para pembaca Techijau.com soal hal-hal apa aja sih yang perlu diperhatikan supaya foto yang kita ambil itu higienis atau bebas dari noise? Dan berikut yaitu tips nya :


1. Perhatikan Pencahayaan


Seperti yang sudah mimin sebutkan tadi, bahwa pencahayaan menjadi unsur yang paling penting kalau kau ingin hasil foto bebas dari noise alasannya yaitu kalau kita mengambil foto di area kurang cahaya, maka kamera akan secara otomatis menaikkan ISO dan itulah yang menjadi penyebab utama timbulnya noise. Tapi pertanyaannya yaitu : kenapa kamera harus menaikkan ISO? Kaprikornus gini…….


Dalam dunia fotografi, ada 3 faktor atau elemen utama yang memilih kecerahan foto atau biasa disebut sebagai segitiga exposure yakni ISO, shutter speed, dan aperture. Nah biar foto sanggup nampak cukup terang, settingan dari ketiganya ini haruslah saling menyesuaikan. Biasanya, kamera akan sangat memprioritaskan settingan shutter speed biar tetap cukup cepat untuk menghindari efek blur.


BACA JUGA : Apa Itu Shutter Speed Pada Kamera


Maka, kalau kita mengambil foto di area kurang cahaya, maka kamera akan “mengorbankan” ISO untuk dinaikkan, khususnya untuk kamera hape alasannya yaitu ketika ini belum ada kamera hape yang aperture (bukaan lensa) nya sanggup diubah-ubah. Itu citra singkatnya aja yaa. Kalau kau belum paham maksud dari goresan pena diatas, mimin sarankan untuk kau membaca postingan dibawah ini :


BACA JUGA : 3 Faktor Utama Yang Menentukan Kecerahan Foto (Segitiga Exposure)


Oke, kini mimin anggap kau sudah membacanya dan sudah paham yaa, dan kita lanjut lagi. Pencahayaan yang manis yaitu pencahayaan dari sinar matahari, baik secara pribadi maupun tidak langsung. Tapi kalau kau berada di dalam ruangan, maka cahaya matahari takkan cukup baik untuk menerangi objek foto, sehingga kau akan membutuhkan pencahayaan suplemen yaitu dengan cahaya lampu, misalnya, biar kamera tidak menaikkan ISO terlalu tinggi.


2. Gunakan Mode Manual


Tapi bagaimana kalau keadaan tidak memungkinkan? Misalnya ingin berfoto di dalam ruangan dengan cahaya lampu yang tidak cukup cerah? Nah, disinilah kau sanggup manfaatkan mode manual di kamera atau hape milikmu (jika tersedia). Sekali lagi, mimin anggap kalian sudah membaca soal segitiga exposure yang link nya mimin sertakan diatas yaa. Kalau belum, silakan dibaca dulu sekarang.


 Seperti yang sudah mimin bahas pada posting sebelumnya √ Tips Agar Gambar Tidak Berbintik (Noise) Saat Mengambil FotoKamu sanggup coba “paksakan” ISO di angka terkecil, atau setidaknya 200 kebawah untuk kamera hape, tapi untuk kamera DSLR atau mirrorles sih tampaknya nggak terlalu problem juga kalau set ISO di angka yang lebih tinggi lagi. Kalau keadaan tak memungkinkan (terlalu gelap) yaa boleh aja sih menaikkan ISO lebih tinggi, asalkan nilainya diusahakan sekecil mungkin. Nah kalau kau menurunkan ISO, maka kamera akan secara otomatis memperlambat shutter speed, dan disini kau akan menemukan problem lain.


Jika kamera mensetting shutter speed terlalu lambat dan kau tak cukup stabil untuk memegangi hapemu ketika sedang memotret, maka hasil fotomu akan terlihat kabur atau blur. Maka ibarat yang mimin bilang tadi, kalau tidak memungkinkan, kau sanggup coba menaikkan ISO sampai 1 atau 2 stop (tergantung kebutuhan). Dalam perkara ini, fitur OIS pada kamera akan cukup membantu untuk meminimalisir efek blur alasannya yaitu shutter speed yang terlalu lambat.


BACA JUGA : Apa Itu OIS Pada Kamera?


Dan kalau ternyata kau ingin memaksakan ISO di angka terendah dan coba untuk lebih memperlambat shutter speed, maka kau akan membutuhkan sebuah tripod untuk menghindari efek blur. Yap, mimin sering kali memakai trik ini kalau ingin mengambil foto produk di area indoor, dan teladan alhasil yaitu ibarat ini :


 Seperti yang sudah mimin bahas pada posting sebelumnya √ Tips Agar Gambar Tidak Berbintik (Noise) Saat Mengambil FotoNah, mungkin itu saja yang sanggup mimin bagikan pada posting kali ini. Mimin harap, sehabis membaca postingan ini, kau sanggup menghasilkan foto yang lebih baik lagi. Oiya, kalau kau mau tau bagaimana trik mimin untuk mengambil foto, kau sanggup baca goresan pena dibawah ini :


BACA JUGA : Tips Foto Menggunakan Kamera Hape Ala Mimin Techijau


Atau, kau juga sanggup menjelajahi blog Techijau.com ini untuk mendapat gosip menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀



Sumber aciknadzirah.blogspot.com