Sunday, July 30, 2017

√ Bagaimana Data Akun Facebook Kita Bocor Dan Pencegahannya

Bagaimana Data Akun Facebook Kita Bocor dan Pencegahannya √ Bagaimana Data Akun Facebook Kita Bocor dan Pencegahannya


Belakangan ini berbagai isu yang membincangkan wacana Facebook yang telah menjual data penggunanya, bahkan total data pengguna yang telah dijual sebanyak 50 Juta.

Di Indonesia sendiri ada sekitar 1 Juta akun yang terkena dampaknya, dan hal ini menciptakan warga Indonesia merasa khawatir apakah akunnya juga terkena atau tidak.

Sedikit informasi yang saya dapatkan dari beberapa portal isu di Internet bahwa yang menjual data para pengguna facebook tersebut bukanlah Mark Zuckerberg melainkan seseorang yang bernama Aleksandr Kogan.

Kogan ini menjual data akun pengguna facebook kepada Cambridge Analityca untuk kepentingan eksklusif dan Kogan dibayar US$800.000.

Di artikel ini saya tidak ingin membahas wacana isu ini lebih dalam, tetapi yang saya ingin bahas ialah Bagaimana Akun Data Kita Bisa Bocor ?

Inilah pokok yang bersama-sama dan akan saya bahas didalam artikel ini, dan juga saya akan memberitahukan kepada anda cara semoga akun Facebook anda aman.

Seperti yang saya katakan bahwa yang mengambil data akun Facebook kita ialah orang bernama Aleksandr Kogan, beliau sanggup mendapat jalan masuk menuju akun kau memakai aplikasi yang beliau gunakan.

Makara aplikasi tersebut sejenis aplikasi untuk mensurvei psikologi kau (tidak diketahui apa nama aplikasinya).

Tetapi semoga kau sanggup memakai aplikasi tersebut kau harus membuka (menonaktifkan) pengaturan privasi diakun kamu. Nah dari sinilah beliau sanggup mendapat data akun milikmu, dan sehabis beliau mendapat data tersebut diapun menjual data kau kepada Cambridge Analityca.

Makara sanggup saya katakan bahwa tanpa sengaja kau sendirilah yang menawarkan data akun kamu, alasannya ialah kalau kau tidak membuka pengaturan privasi diakun kamu, niscaya mereka tidak akan sanggup mengambil data akun kamu.

Bisa saya katakan cara kerjanya menyerupai ini, kau mempunyai sebuah rumah dengan keamanan tinggi tetapi pintu rumahmu dibiarkan terbuka pada malam hari sementara kau pergi, sehingga maling yang tadinya tidak sanggup masuk kerumahmu sanggup dengan leluasa masuk dan mengambil barang - barang kamu.

Itulah yang mengakibatkan data akun kau sanggup diambil, dan dipakai untuk kepentingan pribadi.

Karena semua yang terjadi didunia maya/IT ialah berdasar pada "Sebab-Akibat", misalnya Sebab kau membiarkan rumah terbuka, Akibatnya barang - barangmu diambil, jadi tidak akan ada Akibat tanpa Sebab

Makara sanggup saya katakan 50 juta data akun yang bocor tersebut ialah alasannya ialah para pemilik akun tidak hati - hati dalam memakai facebook, dan hal ini sanggup kita katakan sebagai tindakan Hacking/ Cyber Crime.

Cara Mencegah Data Akun Bocor


Hanya ada 2 cara untuk mencegah Data Akun kau bocor. Tetapi cara yang paling manjur ialah dengan "Berhati - hati", dan cara kedua ialah menambahkan keamanan ekstra untuk akun kamu.

Kamu tidak salah, alasannya ialah memang hanya itu cara yang paling ampuh, percuma kau menawarkan keamanan ekstra untuk akun kau alasannya ialah kalau kau tidak Berhati - hati semua fitur keamanan tersebut tidak ada gunanya.

Tetapi kau juga harus tetap memasang keamanan ekstra untuk akun kamu, dan facebook juga sudah mempunyai banyak fitur untuk menjaga keamanan akun pengguna, jadi kau hanya tinggal memakai fitur keamanan tersebut.

Makara mulai dari kini saya meminta kepada kau untuk selalu berhati - hati berselancar di Internet, jangan hingga melaksanakan sesuatu yang bahkan kau tidak tahu apa yang kau lakukan.

Karena dunia maya juga mempunyai sisi negatif dan jangan hingga masuk kedalam sisi negatif tersebut, alasannya ialah sekali kau masuk maka akan susah untuk keluar dari situ.

Itu saja opini saya untuk artikel kali ini, kalau kau mempunyai masukan untuk artikel ini atau kalau ada kesalahan dalam artikel ini kau sanggup mengatakannya melalui kolom komentar yang ada dibawah.
Sumber http://www.domarsma.com