Sunday, July 30, 2017

√ Cara Menyimpulkan Info Yang Disampaikan Secara Langsung

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendapat banyak sekali macam informasi dari orang-orang di sekitar kita ataupun dari orang yang jauh dari kita. Informasi tersebut bisa berupa nasehat, dongeng pengalaman pribadi, penyuluhan dan sebagainya. Secara umum, informasi ini bisa disampaikan baik secara pribadi maupun tidak langsung. Pada kesempatan ini kita tidak akan membahas cara penyampaiannya melainkan bagaimana cara menyimpulkan informasi yang disampaikan secara langsung.


Apa yang dimaksud dengan informasi yang disampaikan secara langsung?


Secara pribadi disini maksudnya antara si penyampai gosip dengan kita yang sebagai pendengar tidak ada mediator atau tidak ada orang lain diantara keduanya. Misalnya ketika kita berbincang/mengobrol dengan sahabat atau ketika kita berada di dalam seminar atau dalam sebuah lembaga diskusi.


 kita sering mendapat banyak sekali macam informasi dari orang √ Cara Menyimpulkan Informasi Yang Disampaikan Secara Langsung

Penyampaian informasi secara pribadi contohnya dikala kita mengobrol bersama teman


Menyimpulkan informasi mempunyai arti bahwa kita harus bisa menemukan inti pokok informasi yang disampaikan secara langsung. Itu artinya ada tugas -mendengarkan- disini.


Lalu bagaimana informasi yang disampaikan secara mulut ini sanggup disimpulkan dengan benar?


Nah, dalam hal ini ada beberapa hal yang harus kita perhatikan yaitu:


1. Fokuslah dan pusatkan perhatianmu pada informasi yang akan kau dengar.


2. Dengarkan dan cermati setiap perkataan disampaikan oleh si penutur.


3. Temukanlah pokok-pokok informasinya.


4. Pada umumnya pokok informasi akan dituturkan dengan disertai pementingan khusus atau perulangan.


5. Kemudian catatlah pokok-pokok informasi kemudian rangkailah menjadi sebuah kesimpulan.


6. Dalam menciptakan kesimpulan gunakanlah bahasa yang ringkas, padat dan jelas.


Untuk bisa lebih memahami, mari kita praktekan. Sekarang mintalah seorang temenmu untuk membacakan informasi di bawah ini kepadamu. Ingat!! kau dihentikan membaca informasi ini sebelumnya. Hanya temenmulah yang boleh membacanya, kau tinggal mendengarkan bacaanya, menyimak dan menulis kesimpulannya.


Di Piala AFF 2016 kemarin Timnas Indonesia hampir saja juara sesudah di pertandingan pertama, timnas berhasil unggul 2-1 atas lawannya si Gadjah Perang, Thailand. Tapi sayangnya kita kebobolan dengan skor 2-0 di sangkar lawan dikala pertandingan leg kedua yang dilaksanakan pada hari sabtu kemarin.


Banyak fans timnas sangat kecewa dengan hasil ini alasannya yaitu timnas hanya butuh hasil imbang semoga bisa menjuarai piala AFF untuk pertama kalinya. Namun meski kecewa, banyak pula fans yang tetap optimis bahwa 2 tahun yang akan datang, timnas akan tampil lebih baik dan berpeluang jadi juara. Pasalnya, timnas kan gres saja kena sanki larangan bermain oleh FIFA alasannya yaitu adanya kisruh pengurus PSSI sehingga untuk mempersiapkan skuad garuda belum maksimal.


Sekarang coba kau simpulkan informasi di atas??


Ada dua pokok informasi yang ingin disampaikan.



  1. Timnas Indonesia juara dua Piala AFF 2016 sesudah kalah dengan agregat 2-3 dari Thailand.

  2. Fans Timnas Indonesia kecewa dengan hasil pertandingan namun tetap optimis untuk menatap pertandingan AFF 2018.


Setelah diambil poin pentingnya kemudian kita gabung menjadi sebuah kesimpulan.


Timnas Indonesia juara dua Piala AFF 2016 sesudah kalah dengan agregat 2-3 dari Thailand. Fans Timnas Indonesia kecewa dengan hasil ini namun tetap optimis untuk menanap Piala AFF 2018.


Mudah bukan? jikalau ada pertanyaan perihal cara menyimpulkan informasi yang disampaikan secara langsung ini. Tulis saja di kolom komentar di bawah ini.


Daftar Pustaka

Somad, Abdi Abdul. 2008. Aktif dan kreatif berbahasa Indonesia 1 : untuk kelas X SMA/MA. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Suratno. 2010. Bahasa Indonesia. Jakarta : Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional.



Sumber https://www.siswapedia.com