Saturday, July 29, 2017

√ Data Primer Dan Sekunder

Dipagi yang cerah ini kami ingin membagikan sebuah artikel mengenai data primer dan data sekunder. penjelasannya akan dimulai dari definisi, perbedaan data primer dan sekunder, serta contohnya. pertama-tama kami doakan supaya sahabat sekalian dalam keadaan sehat dan diberikan kelancaran dalam setiap ikhtiarnya, khususnya dalam menyusun kiprah final menjelang kelulusan, aamiin. berangkat dari beberapa pertanyaan yang hingga kepada kami menjadi alasan artikel ini dibuat. kami harapkan supaya ini bermanfaat kepada kita semua. Oh iya, untuk sekedar menambah referensi, sahabat sekalian bisa juga membaca artikel kami sebelumnya mengenai cara menciptakan google form untuk penelitian.


Dipagi yang cerah ini kami ingin membagikan sebuah artikel mengenai data primer dan data s √ Data primer dan sekunder


Mari kita awali pembahasan ini mengenai difinisi data penelitian, data penelitian berdasarkan Arikunto (2002) segala sesuatu fakta dan angka atau dalam makna yang lebih luas, sekumpulan warta yang sanggup dipakai atau sanggup di olah atau di analisis. data penelitian mempunyai beberapa jenis, nah data primer dan data sekunder ini ialah jenis data penelitian berdasarkan sumber, jenis lain ialah berdasarkan sifatnya yaitu data kuantitatif dan kualitatif, dan lain sebagainya. nah kali ini kita fokus saja pada jenis data berdasarkan sumbernya yaitu primer dan sekunder.


Data primer yang dijelaskan dalam bukunya Hermawan (2005) dijelaskan bahwa data ini dikumpulkan secara pribadi oleh yang bersangkutan (peneliti) yang dipakai untuk mengumpulkan warta dalam menjawab problem penelitian atau tujuan penelitian. pola data primer ialah hasil survey atau observasi, data primer yang sering kita temui di lapangan ialah data yang dikumpulkan dari kuesioner.


Data sekunder merupakan data yang didapatkan dari sumber yang sudah ada yaitu data dari dalam perusahaan dan dari luar perusahaan. data dari dalam perusahaan bisa diambil dari file perusahaan, data biaya, intranet dan lain sebagainya, sedangkan data dari luar perusahaan diambil dari internet, perpustakaan, organisasi dan lain sebagainya. salah satu pola data sekunder yang sering kita temui dalam sebuah penelitian ialah laporan keuangan.


Dari beberapa klarifikasi diatas maka sanggup dilihat perbedaan data primer dan sekunder, yang mana data primer merupakan data yang didapatkan secara pribadi di lapangan sementara data sekunder merupakan data yang didapatkan dari pihak lain menyerupai website dan perpustakaan. Nah, kami kira klarifikasi ini sudah cukup terang ya, kalau kawan-kawan masih ragu silahkan berkomentar di web ini, Insya allah akan kami jawab semampu yang kami bisa, atau kalau kawan-kawan membutuhkan jasa olah data (baik primer atau sekunder) dengan SPSS, maka bisa menghubungi kami melalui kontak yang sudah disediakan pada website ini. terimakasih sob, Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. salam semangat.



Sumber https://www.spssstatistik.com