Sunday, July 30, 2017

√ 14 Tips Kondusif Berbelanja Online Dari Para Ahli

 Tips Aman Berbelanja Online dari Para Ahli √ 14 Tips Aman Berbelanja Online dari Para Ahli


Semakin tahun perkembangan teknologi juga semakin meningkat untuk memenuhi kebutuhan insan dan juga untuk mempermudah insan melaksanakan aktivitas.

Salah satunya yaitu Berbelanja Online, hal ini memang menawarkan banyak efek positif kepada kita manusia, tetapi siapa sangka berbelanja online juga mempunyai efek negatif.

Banyak sekali orang yang tertipu ketika berbelanja online, kalau tadi nominal transaksinya 5 ribu rupiah mungkin masih sanggup diikhlaskan, tetapi kalau berjuta - juta bagaimana.

Sekarang saya akan menawarkan kepada kau 14 Tips Aman Berbelanja Online semoga tidak tertipu, dan tips ini eksklusif dari para mahir dibidangnya.

1. Lakukan Sedikit Riset Tentang Situs/Penjual


Ini yaitu hal yang harus kau lakukan terlebih dahulu, sebab banyak orang yang tertipu ketika berbelanja online sebab tidak melaksanakan riset terhadap situs yang akan dijadikannya kawasan berbelanja.

Ada beberapa faktor yang sanggup kau coba untuk mengetahui apakah situs tersebut terpercaya atau tidak yaitu dengan mengetahui :
  • Sejak kapan situs tersebut berdiri, sebab semakin usang situs tersebut bangun maka situs tersebut semakin terpercaya.
  • Apakah Situs itu Terkenal, sebab kalau situs tersebut sudah banyak dikenal berarti situs tersebut memang terpercaya.

Dengan memakai faktor - faktor tersebut kau sanggup menentukan apakah situs tersebut memang terpercaya atau tidak, tetapi jangan jadikan hal tersebut patokan.

2. Usahakan Untuk Tidak Membeli Barang Melalui Sosial Media


Kenapa saya katakan demikian, sebab rata - rata orang yang terkena penipuan ketika berbelanja online yaitu mereka yang membeli melalui Sosial Media.

Saya tidak menyampaikan untuk "tidak" membeli melalui sosial media, sebab memang ada beberapa penjual di sosial media yang menjual dengan jujur dan tidak bermaksud untuk menipu.

Tetapi saya hanya menganjurkan kepada kau untuk berhati - hati membeli melalui sosial media, lebih baik membeli melalui situs jual beli saja, tetapi kau juga harus baca tips ini hingga bawah.

3. Ketahui Kebijakan dan Peraturan Situs/Penjual


Dengan mengetahui kebijakan dan peraturan sebuah situs berbelanja online, maka kau sanggup berbelanja dengan tenang.

Misalnya kau membeli sebuah barang dan ternyata barang tersebut rusak dan ketika kau ingin menukarkan barang tersebut tetapi kau tidak bisa, sebab situs tersebut tidak mendapatkan penukaran barang dengan alasan apapun


Maka mau tidak mau kau tidak sanggup mengembalikan barang tersebut, andaikan kau sudah lebih dahulu membaca kebijakan situs tersebut maka kau tidak akan membeli dari situs tersebut sebab situs tersebut tidak menukarkan barang dengan alasan apapun.

4. Cek Data Penjual


 Tips Aman Berbelanja Online dari Para Ahli √ 14 Tips Aman Berbelanja Online dari Para Ahli
Nama Para Penipu sumber: penipu.co.id

Hal ini harus kau lakukan semoga kau mengetahui apakah penjual tersebut terindikasi pernah menipu sebelumnya atau tidak.

Caranya kau tinggal masukkan nama, nomor rekening, nomor hp, atau email. Kamu tinggal masukkan salah satunya kesitus yang ada dibawah ini.

Jika nama, nomor rekening, nomor hp, atau email, penjual tersebut muncul disitus dibawah ini, maka kau harus membatalkan transaksi kamu.

5. Lakukan Riset Tentang Barang yang Akan Dibeli


Saat berbelanja online terlebih ketika berbelanja baju, sepatu, dan semacamnya, kau tidak sanggup melihat eksklusif barang tersebut dan hanya sanggup mengimajinasikan bagaimana bentuknya.

Untuk itu kau harus melaksanakan beberapa riset seperti, ukuran, harga asli, bahan, dan video review. Karena dengan 4 hal tersebut kau sanggup semakin tahu bentuk barang tersebut bekerjsama menyerupai apa.

Jangan hingga kau asal beli sebab fotonya bagus, tetapi ketika barang sudah hingga kau malah kecewa sebab barang tidak sesuai dengan fotonya.

6. Jangan Langsung Percaya Barang Palsu


 Tips Aman Berbelanja Online dari Para Ahli √ 14 Tips Aman Berbelanja Online dari Para Ahli
Toko resmi samsung dan oppo

Ada beberapa hal yang harus kau ketahui sebelum membeli barang yang kau inginkan yaitu, harga pasaran, bentuk asli, garansi, brand asli, dan perusahaan yang memproduksi barang tersebut.

Karena terkadang penipu akan menjual barang palsu dengan harga yang lebih murah, dan tidak mempunyai garansi, untuk itulah saya meminta kau untuk melaksanakan beberapa riset perihal barang yang akan dibeli.

Saran saya, ketika berbelanja online lebih baik membeli dari perusahaan aslinya sebab terkadang mereka mempunya situs semoga kau sanggup membeli barang mereka secara online dan barang tersebut pun sanggup dijamin, menyerupai foto diatas.

7. Tanyakan Pada Pembeli Sebelumnya


Hal ini sanggup kau lakukan kalau barang yang kau inginkan banyak pembelinya, kau sanggup menanyakan kepada pembeli sebelumnya bagaimana barang tersebut.

Nah, dari pendapat pembeli sebelumnya maka kau sanggup semakin tahu bagaimana barang tersebut, terlebih kalau kau membeli obat penumbuh kumis atau semacamnya, maka pendapat pembeli sebelumnya akan sangat berguna.

8. Jangan Hanya Cek Pada 1 Penjual


Jika memang barang yang ingin kau beli tidak mempunyai toko resminya, maka kau harus mengecek dibeberapa penjual yang menjual barang yang sama.

Karena kalau kau mengecek barang tersebut dibeberapa penjual, kau sanggup menyimpulkan toko mana yang paling terpercaya dan menjual harga yang lebih murah.

9. Ketahui Opsi Pembayaran yang Dimiliki Situs/Penjual


Tidak semua orang mempunyai kartu kredit, jadi tidak semua orang sanggup melaksanakan pembayaran melaksanakan transfer antar bank, maka dari itu kau harus tahu apakah situs tersebut punya opsi pembayaran lain.

Misalnya kau sanggup membayar lewat Indomaret, Alfamaret, ataupun Membayar ditempat. Jangan hingga kau gagal membeli barang yang kau inginkan hanya sebab persoalan pada cara pembayaran.

10. Tetap Jaga Data - Data Kamu


Ada beberapa informasi yang kau sanggup berikan kepada penjual tetapi ada juga beberapa informasi yang kau dihentikan beritahu kepada penjual ataupun pemilik situs jual beli yang kau gunakan.

Informasi yang boleh kau berikan misalnya foto bukti transaksi, alamat rumah kamu, nomor telepon kamu, dan email kamu, sebab memang penjual membutuhkan informasi ini.

Tetapi informasi yang dihentikan kau berikan misalnya password akun kamu, password kartu kredit kamu, dan beberapa hal lainnya, sebab ini yaitu informasi yang fatal karenanya kalau hingga jatuh ketangan orang yang salah.

11. Pastikan Total Harga Keseluruhan Belanja


Saat kau membeli barang online, kau juga mempunyai beberapa biaya suplemen misalnya saja yaitu Ongkos Kirim atau Ongkir.

Ongkos Kirim akan berbeda - beda harganya pada tiap - tiap perusahaan jasa pengiriman barang, maka dari itu kau harus tahu harga keseluruhan Belanja kamu, jangan hingga uang kau kurang.

12. Jangan Asal Pilih Jasa Pengiriman Barang


Banyak perusahaan yang mempunyai Jasa Pengiriman Barang, tetapi tidak semua yang sanggup saya katakan 'Professional'.

Ada banyak faktor yang menjadikan mereka tidak professional salah satunya, waktu pengiriman telat, barang tidak terjamin keamanannya, dan lainnya.

Makara bijaklah dalam menentukan jasa pengiriman barang, salah satu perusahaan jasa pengiriman barang yang saya rekomendasikan yaitu JNE.

13. Simpan Bukti Pembayaran


Jika kau menentukan opsi pembayaran lewat Transfer Bank, Indomaret, Alfamart, maka kau akan diberi bukti pembayaran, bukti tersebut harus kau simpan.

Karena terkadang situs jual beli akan meminta kau untuk menawarkan foto dari bukti pembayaran tersebut semoga mereka yakin bahwa kau sudah membayar barang yang akan kau beli.

Bukti pembayaran juga mempunyai kegunaan kalau suatu ketika kau terkena persoalan seputar pembayaran, maka kau hanya perlu memperlihatkan bukti pembayaran untuk memberitahu bahwa kau sudah membayar.

14. Setelah Barang Sampai Cek Barang Tersebut Dengan Teliti


Jika barang yang kau pesan sudah sampai, cek terlebih dahulu barang tersebut dengan teliti untuk memastikan tidak ada komplain pada barang yang kau beli tersebut.

Jika ada kerusakan pada barang tersebut kau sanggup menukar barang, tetapi ini harus sesuai dengan kebijakan situs jual beli tersebut, dan kalau mereka mempunyai kebijakan menukar barang maka kau tinggal ikuti prosedurnya.

Itulah 14 Tips Aman Berbelanja Online yang saya dapatkan dari para ahli, kalau kau sudah melaksanakan 14 hal tersebut maka besar kemungkinan kau tidak akan tertipu lagi.

Jika kau ingin menawarkan beberapa suplemen lagi, atau kalau kau ada masukan untuk artikel atau blog ini kau sanggup tulis dikolom komentar.
Sumber http://www.domarsma.com