Monday, July 31, 2017

√ Kalimat Utama, Kalimat Penjelas, Gagasan Utama Dan Gagasan Pendukung

Kalimat Utama, Kalimat Penjelas, Gagasan Utama dan Gagasan Pendukung – Di dalam sebuah artikel pada umumnya terdapat satu topik atau pokok pembicaraan yang dibahas secara luas dan mendalam. Pembahasan topik ini akan dimulai dari subtopik yang satu ke subtopik yang lainnya secara sedikit demi sedikit hingga balasannya akan menjadi sebuah topik yang utuh.


Di dalam sebuah artikel pada umumnya terdapat satu topik atau pokok pembicaraan yang dibah √ Kalimat Utama, Kalimat Penjelas, Gagasan Utama dan Gagasan Pendukung


Sebuah topik terdiri dari subtopik-subtopik yang dibahas dalam serangkaian paragraf-paragraf. Apa itu paragraf? paragraf merupakan satuan gagasan/ide yang apabila dirangkai dengan gagasan/ide yang lain akan membentuk sebuah karya tulis yang lengkap. Nah, di dalam sebuah paragraf terdapat gagasan utama, gagasan pendukung (penjelas), kalimat utama dan kalimat penjelas.


A. Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas


Kalimat utama merupakan kalimat yang diperjelas oleh kalimat yang lainnya dalam sebuah paragraf. Nah, kalimat utama ini berisi gagasan utama. Sedangkan kalimat penjelas merupakan kalimat yang menjelaskan, memperinci, memperdalam atau menguraikan kalimat utama. Di dalam kalimat penjelas terdapat gagasan pendukung yang fungsinya mendukung gagasan utama. Kalimat utama sanggup terletak di awal paragraf, final paragraf, awal dan final paragraf atau diawal hingga final paragraf.


Paragraf yang kalimat utama berada di awal paragraf dinamakan paragraf deduktif sedangkan paragraf yang kalimat utamanya berada diakhir paragraf dinamakan paragraf induktif. Silahkan baca lebih lanjut: Paragraf Deduktif dan Induktif.


Paragraf yang kalimat utamanya berada di awal dan final paragraf dinamakan sebagai paragraf campuran. Paragraf yang kalimat utamanya berada di awal hingga final paragraf hanya ada di paragraf deskripsi dan narasi.


B. Gagasan Utama Paragraf dan Gagasan Pendukung


Gagasan utama paragraf dinamakan juga sebagai pokok pikiran paragraf, inspirasi pokok paragraf, pikiran utama paragraf, makna pokok paragraf dan sebagainya. Kaprikornus jikalau kita menemukan beberapa guru atau buku referensi memakai istilah yang berbeda, janganlah bingung.


Coba perhatikan rujukan di bawah ini.


Andi merupakan anak yang sangat rajin belajar. Di sekolah ia banyak menghabiskan waktunya di perpustakaan. Usai sekolah pun, waktu ia habiskan untuk mengikuti banyak sekali macam les daripada nongkrong bersama teman-temannya. Bahkan di hari liburpun ia lebih terlihat sering terihat membaca buku di pinggir sungai.


Paragraf di atas merupakan paragraf deduktif yang terdiri dari empat kalimat.


a. Kalimat utamanya berbunyi “Andi merupakan anak yang sangat rajin belajar”, sedangkan kalimat kedua, ketiga dan keempat merupakan kalimat penjelas.


b. Gagasan utamanya berada di kalimat utamanya ialah “Andi anak yang rajin belajar” sedangkan gagasan pendukung berada di kalimat penjelas ialah “Andi sering ke perpustakaan”, “Andi mengikuti les seusai sekolah” dan “Andi suka membaca buku di hari libur”.


Bagaimana cara memilih gagasan utama sebuah artikel?


Ada dua cara untuk memilih gagasan utama sebuah artikel yakni:


a. Cara pertama ialah kita temukan terlebih dahulu pokok utama atau inspirasi utama atau gagasan utama di tiap-tiap paragraf. Kemudian dirangkum menjadi satu kemudian ambilan sebuah kesimpulan.


b. Cara kedua ialah kita membaca dan memahami semua paragraf dengan cermat kemudian mengambil kesimpulan.


Cara kedua biasanya lebih kita sukai alasannya tidak butuh waktu yang usang untuk melakukannya terutama bagi kita yang sudah terbiasa membaca artikel. Akan tetapi untuk sanggup lebih akurat, hendaknya kita memakai cara yang pertama namun akan memakan waktu yang lebih lama.


Bagi teman-teman yang ingin memperlihatkan saran dan kritik atau masukan perihal artikel Kalimat Utama, Kalimat Penjelas, Gagasan Utama dan Gagasan Pendukung ini, sanggup di tulis di kotak komentar.


Daftar Pustaka

Budi Santoso, Gunawan. 2009. Terampil Berbahasa Indonesia 2. Klaten: PT Intan Pariwara.

Marsudi, Demas. 2009. Bahasa dan Sastra Indonesia 3. Solo: CV. HaKa MJ.



Sumber https://www.siswapedia.com