Monday, July 31, 2017

√ Langkah-Langkah Metode Ilmiah

Siang Sob, kembali lagi bersama kami dalam artikel langkah-langkah metode ilmiah ini. pada kesempatan ini kami akan menawarkan ulasan ihwal metode ilmiah yang akan dimulai dari definisi hingga langkah-langkahnya (akan kami jabarkan) secara detail. bagi kawan-kawan yang sedang membutuhkan informasi ini, kiranya sudah sempurna untuk tiba ke blog kami ini. blog ini kami khususkan mengulas banyak sekali bahan mengenai penelitian ilmiah hingga pada cara penggunaan software (khusunya SPSS) dalam rangka menunjang penelitian ilmiah yang akan dilakukan.


 kembali lagi bersama kami dalam artikel langkah √ Langkah-langkah metode ilmiah


PENELITIAN! tentunya kata ini tidak absurd lagi di pendengaran kita sebagai seorang penerima didik ataupun pengajar, bahkan kami sebagai praktisi. penelitian sebagai suatu kesatuan proses ilmiah menjadi penting biar bisa menjawab banyak sekali kebutuhan  atau permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, sehingga pada kesudahannya hasil-hasil temuan penelitian bisa menawarkan kontribusinya terhadap perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan. penelitian ilmiah tersebut tentu tidak bisa dilakukan secara asal-asalan saja namun harus sesuai dengan kaidah yang berlaku yang disebut dengan metode ilmiah.


metode ilmiah merupakan suatu metode atau proses keilmuan yang terikat dengan langkah-langkah ilmiah yang rasional dan bersifat kritis, logis, obyektif, konseptual dan empiris sehingga diperoleh pengetahuan yang sistematis. apa saja langkah-langkah ilmiah tersebut? mari simak ulasan berikut ini.


Langkah-langkahnya terdiri dari merumuskan masalah, menyusun kerangka teori, menciptakan hipotesis, menetapkan variabel, mengumpulkan data, mengolah dan menganalisis data dan menciptakan kesimpulan. adapun dibawah ini akan kami jelaskan lebih rinci.


MERUMUSKAN MASALAH


rumusan problem merupakan belahan yang penting dalam sebuah penelitian ilmiah yang sanggup disusun dalam bentuk kalimat pertanyaan. pembahasan yang lengkap mengenai hal ini sudah kami rangkum pada artikel kami sebelumnya yang berjudul rumusan masalah.


KERANGKA TEORI


kerangka teori merupakan susunan teori yang dibentuk secara sistematis yang berkaitan dengan penelitian dari seorang peneliti yang dipakai untuk mendukung permasalahan penelitian.


HIPOTESIS


setelah kerangka teori dibentuk maka tahap selanjutnya yaitu menciptakan hipotesis yaitu tanggapan sementara yang didapatkan dari permasalahan penelitian yang membutuhkan pembuktian secara empiris. selengkapnya mengenai hipotesis sanggup dibaca pada artikel kami mengenai cara menciptakan hipotesis penelitian.


VARIABEL


variabel merupakan objek dari suatu penelitian atau disebut juga fokus penelitian. variabel yang sering kita kenal dalam penelitian yaitu variabel bebas (independen), variabel terikat (dependen), variabel moderasi, variabel intervening. silahkan baca artikel kami mengenai variabel dependen dan independen, variabel intervening, variabel penelitian.


MENGUMPULKAN DATA


data diharapkan oleh seorang peneliti untuk menjawab permasalahan penelitian. pengumpulan data bisa dilakukan melalui banyak sekali alat, ibarat kuesioner, wawancara, dan data sekunder ibarat laporan keuangan, buku, dan lainnya.


ANALISIS DATA


Analisis data ini merupakan tahap yang penting yang harus dilalui oleh seorang peneliti alasannya yaitu pada tahap ini semua permasalahan penelitian harus di analisis secara mendalam. analisis data sangat berkaitan dengan penelitian yang dilakukan apakah penelitian kuantitatif atau penelitian kualitatif. guna memilih alat analisis data apa yang akan dilakukan sangat berkaitan dekat dengan beberapa hal berikut:


1  Rumusan masalah


2  Hipotesis


3 jenis data yang digunakan


KESIMPULAN


Kesimpulan yaitu hasil final dari sebuah penelitian, apakah permasalahan penelitian yang telah dikemukakan sanggup dijawab atau tidak.


penjelasan beberapa langkah metode ilmiah di atas diharapkan sanggup membantu kawan-kawan sekalian. dari beberapa poin di atas, masih banyak kami temukan kawan-kawan yang masih resah pada dikala analisis data (baik dalam memilih alat analisis ataupun dalam melaksanakan analisisnya) maka dari itu kami sampaikan, jikalau kawan-kawan mengalami kesulitan pada analisis datanya memakai software SPSS maka kami membuka layanan jasa olah data, silahkan hubungi kami di WA 0812 empat tiga kosong enam 077. terimakasih



Sumber https://www.spssstatistik.com