Monday, July 31, 2017

√ Pengertian Fungsi Kelebihan Dan Kekurangan Wan

Pengertian Fungsi Kelebihan dan Kekurangan WAN √ Pengertian Fungsi Kelebihan dan Kekurangan WAN


Wide Area Network atau yang biasa disingkat WAN yaitu jaringan komputer yang mempunyai cakupan yang sangat luas dibandingkan LAN dan MAN.

Pengertian WAN berdasarkan wikipedia yaitu menyerupai ini.

Jaringan area luas (bahasa Inggris: Wide Area Network; WAN ) merupakan jaringan komputer yang meliputi area yang besar sebagai pola yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau sanggup didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan susukan komunikasi publik.


WAN berdasarkan saya yaitu sebuah jaringan komputer yang mempunyai Cakupan Area yang lebih luas dari LAN dan MAN, dan terkadang dipakai untuk penghubung antar Negara ataupun Benua.

Seperti yang saya tuliskan diatas bahwa terkadang WAN dipakai untuk penghubung antar Negara dan Benua.

Contohnya menyerupai sebuah Perusahaan yang mempunyai cabang di negara yang berbeda dari Perusahaan Pusatnya, biar Perusahaan Utama sanggup berafiliasi secara eksklusif dengan Perusahaan Cabang yang berbeda Negara mereka sanggup memakai WAN.

WAN yaitu sebuah kumpulan dari LAN, hampir sama menyerupai pola diatas, jadi jaringan LAN yang dipakai Perusahaan Pusat akan dihubungkan dengan Jaringan LAN yang dipakai oleh perusahaan Cabang.


WAN juga mempunyai fungsi yang hampir - hampir menyerupai dengan LAN, menyerupai memakai 1 printer, jadi maksudnya dengan WAN kita sanggup memprint data disebuah printer yang jaraknya jauh asalkan printer tersebut terhubung dengan WAN.

Fungsi dan Kelebihan WAN


Sebenarnya fungsi dari WAN, LAN, MAN, sanggup saya katakan hampir - hampir mirip, tetapi juga mempunyai perbedaan termasuk Cakupan Area yang sanggup dicakup.

Komunikasi dan Hubungan Lebih Rahasia


WAN sanggup menciptakan sebuah komunikasi jadi lebih rahasia, alasannya menyerupai yang saya katakan bahwa WAN menghubungkan antara satu LAN dengan LAN lainnya, jadi komunikasi hanya sanggup dilakukan dengan LAN yang terhubung pada WAN yang sama.

Contoh sederhananya menyerupai sebuah jembatan yang dijaga dan jembatan tersebut hanya boleh dipakai oleh penduduk dari desa A, dan tidak diperbolehkan dipakai oleh desa B,C,D, atau desa lainnya.

Maka yang bukan penduduk Desa A otomatis tidak akan sanggup memakai Jembatan tersebut. Seperti itulah contohnya, Jembatan itu yaitu WAN, Desa A yaitu LAN yang terhubung dengan WAN tersebut.

Keamanan Lebih Terjamin


WAN juga mempunyai keamanan bahkan lebih baik daripada LAN dan MAN jadi tidak sembarang orang yang sanggup terhubung dengan WAN ini, dan biasanya perusahaan yang memakai WAN akan mempunyai orang yang bertugas sebagai keamanan.


Maka jikalau ada orang lain yang mencoba masuk kejaringan WAN ini petugas keamanan perusahaan tersebut akan eksklusif mendapat peringatan bahwa ada yang mencoba menerobos jaringan mereka.

Pengeluaran Lebih Sedikit


Sebenarnya ini yaitu kelebihan yang dimiliki oleh semua jaringan komputer termasuk juga LAN, dan MAN, jadi jangan heran jikalau kau kerap menemukan point ini sebagai kelebihan dalam sebuah jaringan komputer.

Seperti yang saya tuliskan sebelumnya bahwa dengan WAN kau sanggup memakai sebuah printer yang letaknya sangat jauh dari posisi dimana kau berada, dan kau juga sanggup menyebarkan data dengan rekan yang berbeda negara dengan kamu.

Hemat Waktu


WAN sanggup menciptakan kau menghemat waktumu, contohnya kau mengirim sebuah data ke Perusahaan Pusat yang letaknya berbeda Negara dengan posisi kamu, dan hanya dalam hitungan menit atau jam data tersebut akan eksklusif diterima ditujuan.

Jika kau memakai cara manual dengan mengantarkan sendiri data tersebut, niscaya akan membutuhkan waktu berhari - hari dan juga hal tersebut pastinya akan mengeluarkan uang yang cukup besar.

Mencegah Miskomunikasi


Maksud saya dengan memakai WAN, maka komunikasi kau akan lebih terarah, dan kau tidak akan pernah mengalami pengiriman dilokasi yang salah.

Misalnya kau ingin mengirim berkas kepada Pihak Penjualan tetapi berkas yang kau kirim malah hingga ke Pihak Keamanan, hal itu tidak akan kau temukan jikalau memakai jaringan komputer temasuk WAN.

Karena sebuah jaringan komputer mempunyai yang namanya Komputer Server yang tugasnya yaitu menerjemahakan Perintah biar perintah tersebut tidak salah tujuan, contohnya menyerupai pola diatas.

Kekurangan WAN


Instalasi Pembuatannya Lebih Mahal


Sebuah WAN membutuhkan komponen yang harganya sangat mahal, contohnya saja kau ingin menghubungkan perusahaan kau yang berbeda Negara, maka kau akan membutuhkan kabel yang sangat panjang.

Biasanya untuk mengatasi hal ini, Perusahaan yang ingin memakai WAN akan bekerja sama dengan Perusahaan Penyedia Jaringan, biar biaya operasional sanggup lebih ditekan.

Membutuhkan Pihak yang Bertanggung Jawab Sebagai Keamanan


Maksud saya bukan seorang Polisi tetapi seorang yang hebat dalam dunia TI (Teknologi Infomasi), sehingga mereka sanggup menciptakan jaringan WAN lebih kondusif dari serangan pihak yang tidak bertanggung jawab.

Karena itulah mengapa setiap perusahaan yang memakai jaringan komputer termasuk LAN, MAN, dan WAN, harus mempunyai orang yang betugas sebagai keamanan biar jaringan mereka tidak simpel dibobol ataupun dimasuki.

Biaya Perawatan Mahal


Jaringan Komputer menyerupai WAN juga membutuhkan perawatan biar kinerjanya sanggup maksimal. Misalnya Komputer Server yang berfungsi sebagai peserta perintah dan pengirim perintah, jikalau tidak dirawat sanggup - sanggup Komputer Server salah menerjemahkan perintah.

Misalnya seseorang ingin memprint sebuah file tetapi alasannya Komputer Server salah menerjemahkan, file yang seharunya diprint tadi malah difotokopi.

Itulah opini pribadi saya mengenai WAN, jikalau kau mempunyai beberapa masukan atau embel-embel kau sanggup katakan pada saya lewat kolom komentar dibawah atau menghubungi saya melalui Contact Us.
Sumber http://www.domarsma.com