Saturday, July 1, 2017

√ Olah Vokal, Olah Badan Dan Olah Rasa Ketika Liputan

Cara Latihan Olah Vokal, Olah Tubuh, dan Olah Rasa Saat Liputan Agar Minim Kesalahan


Tidak sembarang wartawan sanggup melaksanakan liputan secara langsung. Kecuali bagi mereka yang memang sudah mempunyai jam kerja yang tinggi.


Liputan secara pribadi memang sulitnya bukan main. Selip lidah, hingga salah ngucap pun sanggup jadi taruhannya.


Siaran secara pribadi tidak ada proses cutting. Alhasil seorang wartawan harus memberikan liputannya tanpa ada kesalahan sama sekali.


 dan Olah Rasa Saat Liputan Agar Minim Kesalahan √ Olah Vokal, Olah Tubuh dan Olah Rasa Saat Liputan

Gambar. Dua mahasiswa sedang berguru melaksanakan peliputan secara pribadi (Foto: siswapedia.com)


Nah supaya wartawan sanggup melaksanakan mirip itu, liputan tidak terdapat kesalahan. Maka wartawan tersebut perlu melatih olah vokal, olah tubuh, dan sekaligus olah rasa.


Ketiganya sangat berguna. Bisa mengakibatkan sarana untuk memberikan info wartawan tersebut jadi lebih lancar.


Lalu mirip apa kiat-kiatnya dalam mengasah olah vokal, olah tubuh dan olah rasa ?


Tenang, lewat artikel ini, saya akan memaparkan kiat-kiatnya.


1. Muka Singa, atau Lion Face


Untuk melepaskan otot-otot di wajah yang terasa kaku. Cobalah muka kalian diciutkan bahu-membahu ibarat muka singa.


Setelah muka diciutkan. Cobalah kalian sampaikan sepatah, dua patah Kalimat. Perhatikanlah intonasi, lakukanlah cara-cara tersebut hingga 5 kali.


2. Mengurut Rahang


Untuk melemaskan otot-otot yang terasa tegang. Cobalah urut pipi dari muka ke belakang, pada ketika yang sama, rahang bawah di gerak-gerakan ke arah samping. Lakukanlah hingga sepuluh kali.


3. Melipat Lidah ke Arah Atas


Untuk melenturkan lidah. Cobalah pengecap kalian lipat ke arah atas. Lidah harus menyentuh langit-langit mulut. Lakukanlah selama 15 detik.


4. Lipatlah Lidah ke Arah Bawah


Setelah melipat pengecap ke arah langit-langit atas mulut. Berikutnya lipatlah pengecap kalian ke barisan gigi belahan bawah. Lakukanlah selama 10 detik.


5. Getarkanlah Bibir Kalian atau Motorboat


Agar pengecap sanggup lentur, sekaligus melatih pernapasan supaya tak gampang tersengal-sengal ketika memberikan informasi. Cobalah tarik nafas dalam-dalam.


Setelah itu lakukanlah pembungkukan tubuh sambil mengeluarkan nafas melalui bibir. Ketika bibir bergetar, bibir akan terdengar mirip bunyi mesin motorboat.


Dan ketika tubuh membungkuk, biarkanlah tangan tergantung lemas sambil menggoyangkan telapak tangan. Lakukanlah selama 10 detik.


6. Mengatupkan Gigi


Untuk melemaskan belahan otot-otot rahang. Gigi dikatupkan dengan kuat, sementara disaat yang sama kedua tangan mengepal dengan kuat.


Saat melakukannya, bibir kalian harus berada dalam posisi terbuka lebar. Lakukanlah kira-kira hingga 10 detik.


7. Latihan Leher


Untuk memperkuat otot-otot leher, dan bahu. Kaki harus direntangkan, tangan berada di pinggang, kemudian leher digerakkan ke arah kanan dan kiri tanpa berhenti di tengah. Lakukanlah kira-kira hingga 10 detik lamanya.


8. Pijatlah Tenggorokan


Untuk melenturkan tenggorokan dan pita suara. Cobalah tarik nafas kalian. Setelahnya, keluarkan secara perlahan-lahan sambil mengucapkan bunyi huru “A”.


Sementara itu, jari tangan memijat tenggorokan atau belahan leher bergerak ke atas, serta ke arah bawah. Lakukanlah hingga 15 detik lamanya.


9. Lakukanlah Sayap Malaikat, atau Anggel Wings


Untuk memperkuat otot pundak sekaligus memperlenturkanya. Kedua lengan kalian coba diluruskan ke arah depan dengan jari-jari saling terbuka.


Kemudian lengan di sorongkan ke arah depan bergantian dari arah kanan, dan arah kiri. Pada waktu lengan di sorongkan ke arah depan, jari-jari harus bergerak ke arah kanan-dan kiri juga.


Mirip mirip pada tarian kecak, asal pulau Bali. Perhatikanlah belahan pinggang, jangan hingga belahan pinggang ikut bergerak. Lakukanlah cara ini hingga 15 detik.


Begitulah langkah-langkah latihan olah tubuh, olah vokal, dan olah rasa. Jika pembaca ingin lancar ketika melaksanakan siaran langsung. Cobalah lakukan secara rutin cara-cara mirip ini. Pasti balasannya tokcer.



Sumber https://www.siswapedia.com