Monday, July 31, 2017

√ Rumusan Masalah

Pagi sahabat semua, di hari yang cerah ini marilah kita sejenak mengulas ihwal rumusan masalah. rumusan duduk masalah dalam penelitian atau dalam makalah gotong royong tidaklah berbeda pada prinsipnya. sehingga ketika kita terbiasanya menciptakan rumusan duduk masalah makalah, maka akan gampang juga ketika membuatnya untuk sebuah penelitian. oiya, untuk kawan-kawan yang sudah memasuki kiprah selesai kami ucapkan selamat, point penting yang ingin kami sampaikan ialah tetap semangat mengerjakannya walaupun dalam perjalanan menulisnya mendapat banyak sekali kendalah (terutama rasa malas,,hehehe). menulis sebuah karya ilmiah baik makalah atau penelitian (tugas selesai kuliah) menuntut kita untuk paham dengan apa yang akan kita tulis, maka dari itu kami berharap ulasan artikel mengenai rumusan duduk masalah ini akan membantu (gak bermaksud menggurui loh, hanya banyak sekali pengalaman saja).


 di hari yang cerah ini marilah kita sejenak mengulas ihwal rumusan duduk masalah √ rumusan masalah


menulis rumusan duduk masalah hendaknya didasarkan pada kaidah-kaidah ilmiah sehingga ketika orang lain membaca karya ilmiah kita eksklusif paham atau mengerti dengan apa yang kita tulis. pada artikel ini kami akan mengulas bagaimana cara menulis rumusan duduk masalah menurut pengalaman dalam membimbing banyak sekali mahasiswa dari banyak sekali universitas di tanah air Indonesia yang tercinta ini.


Baca juga: Penelitian Kuantitatif


definisi rumusan masalah


rumusan duduk masalah merupakan sebuah kalimat yang berupa pertanyaan seorang peneliti pada karya ilmiah yang akan ditulisnya. hal ini menjadi sangat penting alasannya ialah pada hasil akhirnya, semua rumusan tersebut harus terjawab secara ilmiah.


poin-poin dalam rumusan duduk masalah yang baik



  1. masalah yang dikemukakan harus jelas

  2. hendaknya kita punya citra bahwa tersedia banyak sumber, sehingga pada prosesnya, rumusan duduk masalah itu didukung oleh banyak sumber yang akan memudahkan kita dalam mengerjakan karya ilmiahnya.


menemukan permasalahan dalam penelitan


beberapa calon klien kami (pengalaman pribadi) sering mengeluhkan sulitnya menemukan permasalahan penelitian sehingga mereka cenderung lambat memulai karya ilmiahnya. maka dari itu, kami akan mencoba memaparkan beberapa sumber duduk masalah penelitian yang sanggup dicermati,


pertama, perhatikan adanya penyimpangan antara pengalaman seseorang dengan kondisi terupdatenya, misal, mari kita lihat profesi seorang guru, seorang guru yang terbiasa mengajar dengan metode ceramah, dihadapkan dengan banyak sekali metode pembelajaran yang dikala ini dianggap lebih efisien, sehingga muncul duduk masalah bagi guru tersebut. pola lain, seorang yang terbiasa mengelola organisasi non komersial dihadapkan dengan jabatan gres mengelola organisasi perusahaan besar tentunya menemukan banyak sekali masalah.


kedua, perhatikan kesenjangan antara rencana dengan hasil. ketika seseorang mengeluarkan biaya promosi yang signifikan dengan mengharapkan penjualan yang signifikan pula ternyata hasilnya diluar dugaan, sehingga hal ini menjadi duduk masalah yang harus diselesaikan.


ketiga, perhatikan karakteristik personal, misalkan membandingkan tanda-tanda sosial menurut jenis klamin, tingkat pendidikan, usia, dan lain sebagainya


keempat, perhatikan kasus-kasus terbaru yang terjadi disekitar kita, misal banyaknya informasi penjual bakso yang menjual baksonya memakai bahan-bahan yang tidak layak, lalu cermati respon sosial dari masyarakat (penilain masyarakat)


dan lain sebagainya.


Contoh rumusan masalah


beberapa pola untuk rumusan duduk masalah dalam peneltian yang baik akan kami paparkan di bawah ini:



  1. bagaimana sikap masyarakat terhadap adanya isu-isu penggunaan bahan-bahan berbahaya pada makanan?

  2. seberapa tinggi kinerja karyawan pada jasa olah dara Panel Consult?

  3. apakah ada perbedaan motivasi berguru siswa menengah umum dan mengengah kejuruan?

  4. adakah hubungan antara pendidikan dengan sikap membuang sampah?

  5. seberapa besar dampak kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien?

  6. dan lain sebagainya.


dalam pola di atas, sanggup dilihat bahwa kalimat rumusan duduk masalah sering di awali dengan kata bagaimana, seberapa besar/tinggi, apakah, dan adakah. pertanyaan-pertanyaan tersebut akan mewakili apa yang akan di analisis/bahas pada karya ilmiah yang akan dibuat.


Oke sob, kami harap klarifikasi mengenai rumusan duduk masalah ini sanggup membantu kita semua, aamiin. jikalau sobat-sobat bahagia membaca, maka tak ada salahnya juga ikut membaca artikel kami sebelumnya mengenai cara uji homogenitas dengan spss. terimakasih. oiya, kami juga melayani olah data spss, barangkali nanti sobat2 membutuhkan kami, silahkan lihat kontak kami di web ini ya….tks


salam semangat dan sukses untuk kita semua.



Sumber https://www.spssstatistik.com