Saturday, July 1, 2017

√ Smartfren Andromax M3y, Mobile Wifi Bertenaga Besar [Review]

Smartfren Andromax M3Y, Mobile WiFi Bertenaga Besar [Review] – Setelah sekitar dua ahad lamanya, jadinya mimin sempat juga untuk menuliskan review perihal salah satu seri MiFi terbaru (di tahun 2016) dari Smartfren ini. Agak lama, ya? Yaa maklum, mimin kan ingin mencicipinya lebih lama, supaya bisa menemukan apa aja sih kelebihan dan kekurangannya?


Oke, mungkin mimin nggak akan berpanjang-lebar alasannya ialah goresan pena ini sendiri mungkin bakal agak panjang. Jadi, eksklusif aja yaa, inilah review mimin Techijau.com mengenai MiFi Andromax M3Y yang mimin buat berdasarkan pengalaman menggunakannya selama beberapa minggu.


Unboxing


Awalnya mimin pensaran, kenapa banderol harga dari Andromax M3Y ini sama dengan Andromax M2s (yang juga pernah mimin review sebelumnya) atau MiFi lain dari Smartfren dari generasi sebelumnya? Padahal kalau dilihat sepintas, terang fitur dari Andromax M3Y lebih unggul dibandingkan Andromax M2s. Dan ternyata, mimin gres tau alasannya sesudah melihat isi dari paket penjualannya.


 jadinya mimin sempat juga untuk menuliskan review perihal salah satu seri MiFi terbaru  √ Smartfren Andromax M3Y, Mobile WiFi Bertenaga Besar [Review]Sebentar, ini kok ada yang kurang ya? Adaptor charger nya nggak ada! Awalnya mimin pikir kalau ada kesalahan dari paket penjualan dari unit yang mimin beli ini. Tapi ternyata sesudah di teliti, terdapat keterangan bahwa di dalam dus tersebut memang tidak disediakan adaptor charger, sehingga kita harus membelinya secara terpisah, atau bisa memakai adaptor charger dari hape kita, atau perangkat lainnya.



“Oh, pantes harganya sama menyerupai Andromax M2s..”



Iya, dalam dus nya tersebut kita akan menemukan satu unit MiFi beserta baterai, buku panduan singkat, kartu garansi, serta kabel USB yang tak ditemani oleh adaptor charger. Oiya, kebetulan mimin belinya ini pada masa promo, dimana mimin juga mendapat paket internet sebesar 30 GB, dengan rincian 18 GB kuota utama, plus 12 GB kuota bonus yang keduanya bisa dipakai 24 jam penuh yang mempunyai masa aktif (kurang dari) sebulan. Jadi, kalau kau beli ini juga, kau mesti cek dulu yaa masa aktifnya. Caranya? Bisa kau intip di postingan dibawah ini.


BACA JUGA : Cara Cek Kuota MiFi Andromax M3Y


Fitur


Fitur utama dari perangkat ini tampaknya sudah pada tau yaa, yakni untuk membagikan koneksi internet 4G LTE pada perangkat lain melalui koneksi WiFi. Penjelasan lebih lanjut, bisa kau intip di halaman apa fungsi MiFi. Kesan pertama ketika pertama kali memegangnya tuh, perangkat ini terasa sedikit lebih berat dan padat kalau dibandingkan dengan Andromax M2s. Tapi, desainnya nampak lebih menarik dengan penempatan interface yang difokuskan di potongan tengah.


 jadinya mimin sempat juga untuk menuliskan review perihal salah satu seri MiFi terbaru  √ Smartfren Andromax M3Y, Mobile WiFi Bertenaga Besar [Review]Di potongan sekeliling bulat itu terdapat empat buah lampu indikator yang nampak menarik ketika gres dinyalakan. Masing-masing ialah indikator kekuatan sinyal, indikator WPS aktif/tidak aktif, indikator WiFi dan juga indikator baterai.


Keempat lampu ini hanya akan menyala bersamaan sekali saja, kemudian nanti hanya indikator lampu baterainya saja yang berkedip-kedip. Untuk melihat status dari MiFi ini sendiri, kita hanya perlu menekan tombol power sekali saja, dengan rincian keterangan sebagai berikut :



  • Biru : Baterai penuh / WiFi aktif / Kekuatan sinyal manis / WPS aktif

  • Hijau : Baterai sedang / WiFi – / Kekuatan sinyal sedang / WPS –

  • Merah : Baterai lemah / WiFi – / Kekuatan sinyal lemah / WPS –

  • Merah Berkedip Cepat : Baterai hampir habis / WiFi – / SIM card tidak terdeteksi / WPS –


Selain tombol power yang berada di potongan depan, perangkat ini juga mempunyai tombol WPS yang diletakkan di sebelah kanan. Lalu dibagian bawah ada slot microUSB untuk melaksanakan charging. Bagian belakangnya hanya terdapat cover untuk membuka dan melepas baterai, serta memasukkan SIM card dan juga microSD card. Oiya, kalau kau belum paham mengenai fitur WPS pada perangkat ini, mimin akan buatkan bahasan khususnya yaa.



BACA JUGA : Apa Fungsi Tombol WPS Pada MiFi Andromax?



Jangkauan WiFi yang diberikannya bisa dibilang cukup luas. Mimin coba meletakkannya sekitar 9 meter dari hape yang mimin gunakan, dan indikator sinyal WiFi yang ditangkap oleh hape mimin masih memperlihatkan 2 bar, dengan catatan terdapat setidaknya dua tembok dengan pintu terbuka yang menghalangi antara MiFi dan hape yang mimin gunakan.


Jadi, kalau dipakai di daerah terbuka, seharusnya bisa lebih luas lagi jangkauannya. Tangkapan sinyal dari perangkat ini juga cukup manis dan terasa sedikit lebih adem daripada Andromax M2s (diletakkan di area terbuka).


Kelebihan Andromax M3Y



Hadirnya Fitur WPS



Hadirnya tombol WPS pada MiFi ini terang memperlihatkan sedikit nilai tambah, alasannya ialah akan lebih mempermudah kita sebagai pengguna ketika ingin menghubungkan perangkat yang kita punya dengan MiFi Andromax M3Y melalui koneksi WiFi yang bisa dilakukan dengan mengklik tombol WPS nya.


Sehingga, kita tak perlu lagi mengetikkan password WiFi, dan sang pemilik MiFi pun tak perlu mengumumkan password yang dipakai kepada sobat yang mungkin ingin bergabung untuk memakai MiFi tersebut. Penjelasan lebih lengkap mengenai WPS sudah mimin sertakan pada link diatas yaa.



Dukungan Aplikasi



Seperti biasa, Smartfren juga telah menyiapkan aplikasi khusus berjulukan MyLink M3Y untuk sanggup melaksanakan banyak sekali pengaturan termasuk mengubah password, melihat sisa kuota dan masa aktif, sampai melaksanakan settingan lain termasuk untuk membatasi jumlah user yang sanggup terkoneksi ke Andromax M3Y melalui WiFi.


 jadinya mimin sempat juga untuk menuliskan review perihal salah satu seri MiFi terbaru  √ Smartfren Andromax M3Y, Mobile WiFi Bertenaga Besar [Review]Tampilannya pun nampak lebih modern dan higienis bila dibandingkan dengan apps MyLink untuk perangkat MiFi generasi sebelumnya. Cara untuk memakai apps ini sudah mimin bahas pada posting dibawah ini yaa.


BACA JUGA : Cara Menggunakan MyLink M3Y Untuk Mengecek Kuota



Dilengkapi microSD



Perangkat yang diproduksi oleh Haier ini juga telah dilengkapi dengan slot microSD. Fungsinya? Yaa sebagai daerah penyimpanan data 😀


 jadinya mimin sempat juga untuk menuliskan review perihal salah satu seri MiFi terbaru  √ Smartfren Andromax M3Y, Mobile WiFi Bertenaga Besar [Review]Jadi, dengan adanya slot microSD ini, kita bisa memanfaatkan Andromax M3Y sebagai “cloud storage”, sehingga urusan sharing file antara satu perangkat ke perangkat lain pun bisa dilakukan dengan lebih cepat. Namun untuk bisa membuka slot microSD nya itu ternyata sedikit agak sulit. Kita mesti menggeser lempengan logam pembatasnya itu dengan sedikit lebih keras namun hati-hati ke arah luar (bukan ke arah tengah).



BACA JUGA : Cara Memanfaatkan Slot MicroSD Pada MiFi Andromax




Beli Paket Tanpa Ribet



Secara default, perangkat ini telah di bundling dengan kartu smartfren yang sudah di daftarkan memakai paket Connex Evo. Pilihan paket tersebut akan mempermudah kita, dimana kita hanya perlu untuk mengisi ulang pulsa, kemudian pulsanya akan secara otomatis bermetamorfosis kuota paket data. Daftar harga dari paket tersebut sudah mimin bahas pada posting dibawah ini :


BACA JUGA : Cara Mengisi Ulaing Kuota MiFi Smartfren Andromax


Oia, kalau kau bertanya apakah Andromax M3Y bisa memakai kartu SIM lain (selain Smartfren) atau tidak, jawabannya ialah tidak, yaa. Karena perangkat ini tuh memang perangkat bundling, jadi yaa dikunci supaya hanya bisa pakai kartu Smartfren.



Daya Tahan Baterai



Nah, ini nih yang jadi nilai plus utama dari Andromax M3Y. Dalam percobaan mimin untuk terkoneksi dengan 3 perangkat sekaligus, kondisi sinyal cukup (warna hijau), dan tidak dipakai untuk mobiling (diam di tempat), mini Router ini bisa beroperasi selama 15 setengah jam! Kaprikornus yaa cukup banget deh untuk kau yang perlu membawanya untuk menunjang aktivitasmu seharian!


Tapi, lamanya daya tahan baterai itu bisa berbeda-beda yaa, tergantung keadaannya. Yaa terang lama, kapasitas baterainya aja 3000 mAh! Tapi konsekuensinya, ukuran fisik dari perangkat ini jadi lebih besar dan tebal dibandingkan MiFi Smartfren generasi sebelumnya, dengan dimensi 87 x 72 x 15mm.


Untuk mengisi ulang daya baterai yang besar dari perangkat ini, kita membutuhkan waktu kira-kira 4 setengah jam bila memakai charger bawaan MiFi Andromax M2s (output 1A), atau 3 jam kurang bila memakai charger dengan output 2A. Oiya, Andromax M3Y bisa dipakai atau diaktifkan ketika sedang di charge. Tapiii….


Mimin menemukan sedikit error, dimana ketika diaktifkan sambil di charge, dan indikator baterai sudah berwarna biru (penuh), ketika mimin cabut dan matikan, kemudian dinyalakan lagi, ternyata baterainya hanya terisi sekitar setengahnya saja (berwarna hijau). Entah ini punya mimin doang, atau yang lain juga menyerupai itu, mimin tak tau.



Maximal User



Mini WiFi hotspot portable ini bisa terhubung sampai ke 32 perangkat yang berbeda, dengan rincian 31 perangkat terhubung via WiFi, dan 1 perangkat terhubung via USB (seperti sedang memakai modem “tradisional” pada PC).


Dukungan koneksi yang banyak begitu buat apa? Yaa siapa tau kau ialah tipe orang yang tiap bulan beli hape baru, jadi yaa semua hapemu bisa terkoneksi bersamaan dengan Andromax M3Y. Atau mungkin, kau mau bermurah hati untuk memperlihatkan kanal internet untuk teman-teman sekantor yang sedang ngumpul di rumah melalui koneksi WiFi yang dimilikinya.


Tapi, mimin nggak yakin kalo kau bakal rela buat bagi-bagi se-gila itu. Wkwkwkwkwkwk 😀 Oiya, by the way, kau bisa kok melaksanakan setting untuk membatasi berapa jumlah perangkat yang bisa terhubung ke MiFi ini. Tinggal utak atik aja WiFi setting nya. Tapi awas, jangan salah pencet yaa 😀


Kekurangan Andromax M3Y



Tidak Bisa Digunakan Tanpa Baterai



Meskipun kita bisa mengaktifkannya sambil charging, ternyata ia tidak bisa menyala ketika baterainya dilepas dan dihubungkan ke charger. Dan berdasarkan mimin, ini ialah sebuah kekurangan alasannya ialah mimin lebih sering menggunakannya di rumah saja.


Kenapa hal ini menjadi penting? Karena kalau mimin menggunakannya terus-menerus sambil dalam keadaan di charge, dikhawatirkan baterai dari perangkat ini akan cepat kembung alias rusak. Tapi untungnya, baterai dari MiFi ini bisa standby dalam waktu yang sangat lama, sehingga kita bisa mengandalkan baterai selama menggunakannya di pagi hingga malam hari tanpa di charge.


BACA JUGA : Apa Penyebab Baterai Cepat Kembung?



Paket Penjualan Tidak Menyertakan Adaptor Charger



Bagi mereka yang punya adaptor charger “cadangan”, mungkin hal ini takkan menjadi masalah. Tapi, kalau tidak punya, ketiadaan adaptor charger ini pastinya akan sedikit merepotkan ketika harus mengisi ulang daya baterai dari MiFi dan hape secara bersamaan.


Tapi yaa maklum sih yaa, mungkin hal ini sengaja dilakukan untuk menekan harga jual supaya bisa tetap murah.



Interface (Masih) Sederhana



Ketika dinyalakan, perangkat hanya akan menampilkan indikator baterai saja. Yaa, mimin rasa hal ini sudah cukup informatif sehingga pengguna bisa tau apakah daya baterai masih bisa dipakai lebih usang lagi atau tidak, tanpa harus menekan tombol menyerupai pada Andromax M2s.


Tampilan pada aplikasinya pun nampak lebih rapi, namun mimin masih merasa ada sedikit kekurangan yakni pada potongan persentase baterai yang ternyata masih belum sanggup ditampilkan pada aplikasinya. Oke, mungkin indikator baterai yang selalu berkedip pada perangkat sudah cukup untuk menginformasikan kekuatan baterai, namun akan lebih baik rasanya bila persentase baterainya turut ditampilkan pada aplikasi MyLink M3Y supaya pengguna sanggup memperkirakan usang waktu penggunaannya dengan lebih akurat.


Lalu kekurangan juga mimin temukan pada tampilan dari sajian WiFi storage. Gambar yang disimpan disana ternyata hanya menampilkan nama file dan tidak menampilkan thumbnail (gambar preview), sehingga pengguna mungkin akan sedikit kesulitan untuk mengetahui gambar apa yang telah ia simpan disana alasannya ialah seringkali, pengguna belum sempat untuk melaksanakan rename pada file gambar.


Sehingga, kita harus repot-repot untuk membuka gambarnya satu-persatu untuk mengetahui gambar apa saja yang telah disimpan disana.


Akhir Kata…


 jadinya mimin sempat juga untuk menuliskan review perihal salah satu seri MiFi terbaru  √ Smartfren Andromax M3Y, Mobile WiFi Bertenaga Besar [Review]Diluar dari hambatan soal ketiadaan adaptor charger dan tampilan WiFi storage yang masih kurang informatif, mimin sangat puas sekali ketika memakai MiFi Smartfren Andromax M3Y.


Daya tahan baterai yang amat sangat tangguh, terang sanggup sangat diandalkan khususnya bagi mereka yang sering mobiling. Mimin pun juga tak perlu khawatir soal daya tahan baterainya ketika harus ngebolang. Toh kalaupun kehabisan baterai, ia masih bisa diaktifkan sambil di charge dengan PowerBank.



BACA JUGA : Review ASUS ZenPower Pro, PowerBank Dengan Quick Charging



Apalagi dengan hadirnya fitur WiFi storage (penyimpanan microSD pada Andromax M3Y) berdasarkan mimin akan sangat bermanfaat untuk urusan backup foto ketika sedang ngebolang alias berwisata, sehingga kita tak perlu mengkhawatirkan soal sisa ruang penyimpanan pada hape, menyerupai yang pernah mimin alami beberapa bulan yang lalu.


Plus, pertolongan jaringan 4G LTE Smartfren yang ternyata sangat luas juga sangat membantu kita ketika harus terkoneksi dengan internet di tempat-tempat wisata. Berdasarkan pengalaman mimin, dari semua daerah wisata yang pernah mimin kunjungi di area Bali (tempat mimin tinggal sekarang), hanya sebagian kecil saja yang belum terjamah oleh jaringan Smartfren.


Oke deh, mungkin segitu aja yaa review dari mimin perihal pengalaman memakai MiFi Smartfren Andromax M3Y. Silakan jelajahi blog Techijau.com ini untuk mendapat isu menarik lainnya. Mau tanya-tanya? Langsung tinggalin komentar aja. Semoga bermanfaat! 😀



Sumber aciknadzirah.blogspot.com