Friday, July 28, 2017

√ Teladan Dan Pengertian Teks Editorial / Opini Lengkap Dengan Strukturnya

Teks editiorial / teks opini yaitu sebuah karangan karya tulis yang berupa opini yang memuat pendapat, sikap, dan pandangan resmi dari suatu media sebagai institusi penerbitan terhadap dilema yang sedang panas, terkini, dan banyak di bacarakan yang bersifat faktual, kontrovesial, atau fenomenal dimasyarakat. 

 teks opini yaitu sebuah karangan karya tulis yang berupa opini yang memuat pendapat √ Contoh dan Pengertian TEKS EDITORIAL / OPINI Lengkap dengan Strukturnya

Silahkan baca juga:


Opini yang yang terbitkan oleh salah satu pihak redaksimelalui teks editorial sudah dianggap dapat mewakili seluruh team redaksi sekaligus sanggup mencerminkan pendapat dan perilaku resmi institusi media penerbitan. Dibawah ini yaitu pengertian dari teks editorial berdasarkan salah satu ahli.
Teks editorial merupakan gagasan atau ide-ide dari sebuah surat kabar mengenai sebuah informasi atau sebuah fenomena yang terjadi. Selanjutnya, inspirasi - Ide tersebut diwujudkan keddalam bentuk opini yang biasanya masuk dalam halaman opini atau editorial sebuah surat kabar. -  Dianne Smith,MJE
Penggunaan teks editorial didasarkan pada teks eksposisi yang pernah di bahas pada kesempatan sebelumnya. Maksudnya teks eksposisi tersebut sanggup dipakai sebagai pondasi dasar dalam pembuatan teks editorial. Hal tersebut dikarenakan setiap penulis mempunyai hak yang sama dalam menawarkan pendapat perihal kejadian atau fenomena yang beliau tangkap melalui panca indranya. Pendapatnya perihal fenomena atau kejadian tersebut sanggup dituangkan kedalam sebuah karya tulis yang berbentuk teks editorial.

Gagasan atau inspirasi - inspirasi yang akan dituangkan kedalam teks edirial sanggup banyak sekali macam sumber dan juga dalam kehidupan sehari - hari. menyerupai misalanya inspirasi atau gagasan di sanggup dari adanya interaksi dengan orang lain, pengelaman yang pernah di alami, dan banyak sekali macam hal lain yang sanggup kita temukan dalam kehidupan kita. Selain kehidupan sehari - hari inspirasi untuk teks editorial sanggup juga bersumber dari informasi sosia, informasi nasional, informasi internasional, dan hal lain yang menarik untuk kita bahas.

Struktur Teks Editorial

Layaknya menyerupai karya - karya tulis lainnya. karya tulis yang dituangkan kedalam bentuk teks editorial ini juga mempunyai struktur atau susunan yang jelas. struktur teks editorial ini meliputi Expressions of opinion ( Pernyataan Pendapat ), Supporting statement (Pernyataan pendukung / argumentasi, dan  Restatement (Pernyataan Ulang). Berikut yaitu klarifikasi singkatnya :

#1. Expressions of opinion ( Pernyataan Pendapat )
Expressions of opinion atau pernyataan pendapat  adalah pernyataan pendapat penulis perihal suatu informasi atau topik yang dipilihnya untuk dibahas. Topik atau informasi yang dipilih oleh penulis sanggup berasal dari banyak sekali macam sumber tergantung dari ketertarikan penulis untuk membahasnya. 


#2. Supporting statement (Pernyataan pendukung) / Argumentasi
Supporting statement atau pernyataan pendukung yaitu susunan kalimat - kalimat yang dipakai untuk mendukung pernyataan - pernyataan yang telah dibentuk oleh penulis terkait dengan topik yang dibahas. Pernyataan pendukung sering disebut juga dengan argumentasi. pernyataan pendukung atau argumentasi yang akan dipakai untuk mendukung pernyataan pendapat hendaknya harus sesuai dengan apa yang dibahas dan dihentikan keluar dari topik atau informasi yang dibahas. 

#3. Restatement (Pernyataan Ulang)
Restatement atau pernyataan ulang yaitu pernyataan yang ada pada selesai dari teks editorial yang berfungsi sebagai penegasan dari pernyataan pendapatn yang telah penulis buat pada bab awal. Dengan adanya pernyataan ini sanggup memberi kejelasan dan ketegasan terkait dengan pendapat penulis perihal suatu topik atau informasi yang telah dibuat.

Ketiga bab tersebut harus ada dalam teks editorial atau teks opini. Karna ketiga bab tersebut merupakan salah satu cirikhas dari adanya teks editorial yang dipakai untuk menawarkan pendapat terhadap suatu informasi atau topik.

Demikian ulasan artikel kami terkait tentang Pengertian Teks Editorial / Opini Lengkap dengan Sturktur dan Lainnya yang akan masih kami revisi lagi. Terima kasih telah berlangganan dan biar bermanfaat.
Sumber http://www.galinesia.com