Saturday, August 12, 2017

14 Pekerjaan Yang Berkaitan Dengan Geografi Di Sekitar Kita

Memiliki pekerjaan mapan, tetap dengan honor yang besar merupakan harapan semua orang. Hal ini alasannya ialah hampir semua problem kehidupan sanggup teratasi terutama yang berafiliasi dengan kebutuhan dan perekonomian. Ada pekerjaan yang sanggup memperlihatkan honor besar namun tidak memperlihatkan kehormatan yang tinggi. Namun ada pula pekerjaan yang tidak memperlihatkan honor tinggi namun memperlihatkan status sosial yang tinggi bagi seseorang sehingga orang tersebut akan gampang untuk dihormati oleh orang lain. Selain itu ada pula pekerjaan yang lebih banyak memperlihatkan layanan sosial kepada masyarakat daripada mencari keuntungan, dan masih banyak jenis pekerjaan lainnya.


Berbagai jenis pekerjaan niscaya membutuhkan latar belakang baik berupa pendidikan maupun berupa keahlian atau keterampilan. Misalnya ialah seorang hakim yang pastinya membutuhkan pendidikan dalam dunia hukum, pilot yang membutuhkan pendidikan dalam penerbangan, dokter yang yang harus menempuh pendidikan dokter dan lain sebagainya. Banyak sekali ilmu pengetahuan yang dipelajari dalam dunia pendidikan melahirkan orang- orang yang mahir di bidangnya masing- masing. Terkadang lulusan suatu cabang ilmu pengetahuan sanggup bekerja di pada beberapa profesi, termasuk cabang ilmu geografi namun tetap berkaitan. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membedah banyak sekali pekerjaan yang sanggup dilakukan oleh seseorang lulusan geografi atau beberapa profesi yang berafiliasi dengan geografi. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, yuk kita simak uraian di bawah ini.


Bagi kau yang merasa lulusan bidang geografi, ada banyak sekali pekerjaan yang sanggup kau pilih untuk masa depanmu. Ada banyak profesi yang berafiliasi dengan geografi dan sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari- hari, mengingat bidang geografi sangat dibutuhkan untuk kepentingan manusia. Kaprikornus bagi kau yang sedang menentukan jurusan untuk meneruskan ke sekolah tinggi, geografi sanggup menjadi salah satu bidang yang patut kau coba. Adapun beberapa profesi yang berafiliasi dengan geografi tersebut antara lain sabagai berikut:



  1. Perencana Tata Kota


Salah satu pekerjaan yang sangat berafiliasi dengan geografi ialah menjadi perencana tata kota. Beberapa hal yang dipelajari dalam geografi antara lain perihal studi kewilayahan. Ahli tata kota mempunyai keahlian untuk membuat zonasi, penggunaan lahan, pengembangan dari objek- objek atau daerah yang sudah ada hingga merencanakan objek gres yang akan dibuat. Dalam hal ini mahir tata kota akan bekerja sama dengan pemilik properti atau pejabat yang berwenang di wilayah tersebut.



  1. Ahli Cuaca


Pekerjaan selanjutnya yang berkaitan dengan ilmu geografi ialah sebagai mahir cuaca. Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa salah satu cabang ilmu geografi yakni klimatologi dan meteorologi yang mempelajari perihal iklim dan juga cuaca. Nah para lulusan yang mengambil jurusan ini nanti diharapkan akan sanggup menjadi mahir cuaca. Ahli cuaca dibutuhkan untuk memperlihatkan prediksi cuaca kepada masyarakat. Biasanya prediksi cuaca ini disampaiakan harian ataupun mingguan.



  1. Spesialis SIG


Selanjutnya pekerjaan yang sanggup dikerjakan oleh lulusan geografi ialah menjadi spesialis Sistem Informasi Geografis atau SIG. Sistem Informasi Geografis merupakan pengembangan ilmu geografi dengan memanfaatkan teknologi yang modern dengan memakai perangkan komputer, satelit, citra, maupun internet dan sanggup memperlihatkan output yang lebih akurat. Seiring dengan perkembangan zaman, SIG semakin banyak dibutuhkan sehingga kini ini banyak bidang yang membutuhkan teknologi SIG ibarat untuk pembengunan bermacam-macam akomodasi umum maupun yang berkaitan dengan perusahaan swasta.



  1. Ahli Transportasi


Menjadi mahir transportasi juga berkaitan dengan bidang geografi. Seperti halnya perencanaan tata kota, manajeman jaringan dalam bidang transportasi juga sangat dibutuhkan seiring dengan perkembangan zaman. Hal ini semakin dibutuhkan mengingat mobiltas penduduk yang semakin tinggi serta jumlah kencaraan yang semakin bertambah. Seorang mahir transportasi harus sanggup mengatasi problematikan macet yang sering melanda kota- kota besar, termasuk pula dalam membangun jalur alternatif.



  1. Kartografer


Kartograf merupakan salah satu cabang ilmu geografi yang menangani bidang pembuatan peta. Nah, orang yang mempunyai keahlian dalam membuat peta disebut dengan kartograf. Kartograf sangat dibutuhkan oleh instansi- instansi baik negeri maupun swasta, hal ini alasannya ialah pentingnya suatu peta. Selain itu para kartograf juga sangat berperan dalam pembuatan atlas, buku dan media lainnya.



  1. Manajemen Lingkungan


Manajemen lingkungan juga merupakan salah satu profesi yang berkaitan dengan geografi. Mengapa harus ada administrasi lingkungan? Hal ini alasannya ialah adanya banyak sekali problem lingkungan yang terjadi alasannya ialah peradaban manusia. Maka dari itulah dibutuhkan seorang analis lingkungan. Seorang analis lingkungan akan berperan menata lingkungan semoga terlihat lebih baik dengan tidak menghambat acara manusia. oleh alasannya ialah itulah banyak instansi swasta maupun negeri yang akhir- final ini menggalakkan program- agenda yang ramah lingkungan supaya lingkungan kita tetap terjaga dengan baik.



  1. Peneliti/ Penulis


Sebenarnya seorang peneliti ataupun penulis merupakan profesi yang global atau umum yang sanggup dilakukan oleh lulusan bidang manapun. Salah satu lulusan yang sanggup menyumbangkan peneliti atau penulis ialah lulusan geografi. Seorang lulusan geografi akan melaksanakan penelitian di bidang geografi. Penelitian geografi akan menyumbangkan hasil penelitian yang berperan dalam bidang kelingkungan.



  1. Surveyor


Surveyor merupakan orang- orang yang bertugas untuk mencari lokiasi suatu mineral yang berada di bawah kerak bumi. Hal ini sanggup dilakukan oleh spesialis geografi alasannya ialah mereka juga mempelajari perihal kebumian. Seorang surveyor banyak dibutuhkan oleh perusahaan –perusahaan swasta untuk memperoleh tambang- tambang gres yang diharapkan sanggup menghasilkan banyak keuntungan.



  1. Guru


Pekerjaan lain yang berkaitan dengan geogrfai ialah menjadi seorang pendidik baik itu guru maupun dosen. Pendidik yang dilahirkan dari kalangan lulusan geografi tentu akan memberikan ilmu geografi pula, yakni menjadi guru geografi atau dosen geografi yang akan mengajarkan ilmi geografi ke generasi selanjutnya sehingga akan membuat mahir geografi yang baru.



  1. Vulkanolog


Vulkanolog merupakan orang yang meneliti atau mengamati mengenai kondisi kegunung apian. Gunung api perlu untuk selalu diamati alasannya ialah keadaannya sanggup kuat terhadap kehidupan masyarakat di sekitarnya. Manusia harus selalu memantau keadaan gunung api supaya sanggup memastikan bahwa keadaan tetap kondusif dan apabila gunung api sedang bergejolak maka petugas harus segera memperlihatkan peringatan kepada masyarakat. mbang gres yang diharapkan sanggup menghasilkan banyak keuntungan.eorang  ha;i yang baru.au dose



  1. Manajemen Bencana


Banyak sekali jenis musibah di bumi ini, terlebih di wilayah yang kompleks yang mana sanggup terjadi beberapa jenis musibah sekaligus. Oleh alasannya ialah itulah perlu adanya administrasi peristiwa alam. Manajemen musibah ini berkaitan dengan ilmu geografi. Dalam manajeman musibah selain menetapkan langkah- langkah evakuasi juga melaksanakan langkah- langkah pencegahan.



  1. Tour Guide


Selanjutnya ialah tour guide atau seorang pemandu wisata. Seorang pemandu wisata harus menguasai medan daerah iya bekerja. Selain harus mahir dalam sejarahnya, juga harus sanggup menjawab pertanyaan- pertanyaan wisatawan termasuk apabila ada yang bertanya mengenai gejala- tanda-tanda alam yang terjadi di masa lampau sehingga terbentuk kenampakan alam ibarat dikala ini. dan hal inilah yang berkaitan dengan ilmu geografi.



  1. Demographer


Demographer merupakan orang yang mahir dalam ilmu kependudukan. Kita tahu bahwa geografi tidak hanya mengkaji mengenai fenomena litisfer saja namun juga mengenai kependudukan. Nah, salah satu pekerjaan yang sanggup dilakukan ialah menjadi spesialis kependudukan.



  1. Petugas Taman Kota


Kemudian petugas taman kota. Keberadaan taman kota memang sangat penting sebagai paru- paru kita, oleh alasannya ialah itulah harus dirawat keberadaannya. Salah satu yang merawat taman kota ialah orang yang mahir geografi.


Nah itulah beberapa pekerjaan yang berafiliasi dengan ilmu geografi. Cabang Ilmu geografi cakupannya memang sangat luas sehingga bermacam- macam pekerjaan yang sanggup dilakukan oleh lulusan ilmu geografi. Semoga info yang kami sampaikan bermanfaat untuk kita semua.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com