Saturday, August 12, 2017

√ Apa Bedanya Asus Zenfone 3 Dengan Zenfone 3 Deluxe?

Apa Bedanya ASUS Zenfone 3 Dengan Zenfone 3 Deluxe? – Setelah ASUS memperkenalkan 3 seri Zenfone gres pada event Zenvolution yang berlangsung di Taiwan pada simpulan Mei 2016 lalu, beberapa calon konsumen awam mungkin akan sedikit galau soal perbedaan dari seri-seri yang ada, khususnya untuk seri Zenfone 3 (ZE552KL) dan Zenfone 3 Deluxe (ZS570KL) yang merupakan 2 produk unggulan yang mereka miliki.


Namun berbeda dengan tahun sebelumnya dimana seri Zenfone 2 “Deluxe” hanya mempunyai sedikit perbedaan dengan Zenfone 2 (lebih unggul pada penggunaan chipset dan storage yang lebih besar serta back case yang berbeda), kali ini ASUS nampak memisahkan keduanya untuk menarget pasar yang benar-benar berbeda dimana Zenfone 3 lebih ditujukan untuk pasar kelas menengah, sedangkan Zenfone 3 Deluxe merupakan perangkat flagship yang ditempatkan untuk pasar premium.


Nah disini, mimin bermaksud untuk menyebarkan perbandingan antara keduanya supaya kau dapat menentukan sesuai dengan kebutuhanmu atau mungkin sekedar menghapus rasa penasaranmu terhadapnya.


 seri Zenfone gres pada event Zenvolution √ Apa Bedanya ASUS Zenfone 3 Dengan Zenfone 3 Deluxe?Sebelumnya perlu dicatat yaa, goresan pena ini hanya akan membandingkan perbedaan menurut data spesifikasi yang ada dan bukan menurut pengalaman menggunakannya secara eksklusif menyerupai halnya ketika mimin membandingkan Zenfone 2 dengan Zenfone Selfie. Tapi doain aja yaa, semoga mimin dapat icip-icip kedua hape ini secara eksklusif supaya dapat mengatakan data yang lebih detail buat kau semua. Hehehe 😀 Oke deh, kita mulai aja yuk!


Fisik


Dari segi fisik saja, sudah dapat dilihat perbedaannya dengan cukup jelas, dimana Zenfone 3 Deluxe mempunyai dimensi yang lebih besar alasannya memang beliau mengusung layar 5.7 inch, lebih besar dibandingkan Zenfone 3 yang “hanya” mempunyai layar 5.5 inch. Tak hanya ukuran, dari sisi desain pun keduanya nampak sedikit berbeda, dan perbedaan akan makin terang kalau kita melihatnya pada bab belakang.


 seri Zenfone gres pada event Zenvolution √ Apa Bedanya ASUS Zenfone 3 Dengan Zenfone 3 Deluxe?Zenfone 3 mempunyai body dengan frame metal berlapis beling 2.5D di bab depan dan belakangnnya. Bagian belakang dari perangkat ini juga nampak khas dengan teladan melingkar yang semakin mengatakan kesan premium. Sedangkan Zenfone 3 Deluxe nampak mempunyai bab belakang yang polos dengan mengusung body full metal sehingga tak mengurangi kesan premiumnya. Uniknya, ASUS berhasil “menyembunyikan” garis antenna yang pada umumnya nampak sangat terang pada perangkat ber-body metal lainnya.


Layar


Selain beda ukuran, jenis layar yang dipakai oleh kedua smartphone ini juga berbeda. Zenfone 3 memakai panel IPS, sedangkan Zenfone 3 Deluxe memakai panel Super AMOLED.


Kamera


Zenfone 3 Deluxe dibekali dengan kamera belakang beresolusi 23 megapixel, sedangkan Zenfone 3 “hanya” mempunyai kamera belakang beresolusi 16 megapixel. Tapi, tentu sebagian dari kau sudah paham bahwa besaran megapixel bukanlah tolok ukur utama untuk menghasilkan foto yang baik, bukan?


BACA JUGA : Apa Itu Megapixel Pada Kamera?


Yap, ada hal yang lebih penting dari itu, adalah sensor yang digunakannya. Zenfone 3 memakai sensor dari Sony dengan seri IMX 298, yang juga dipakai pada sebagian smartphone flagship (kelas premium) termasuk Vivo XPlay 5 dan Oppo R9 Plus. Sedangkan Zenfone 3 Deluxe memakai sensor Sony dengan seri IMX 318 yang merupakan versi update dari sensor yang dipakai pada kamera Sony Xperia Z5.


Terlepas dari sisi sensor, keduanya mempunyai beberapa fitur pendukung kamera yang sama, termasuk OIS (Optical Image Stabilization) 4-axis, EIS (Electronic Image Stabilization) 3-axis, serta adonan antara teknologi Phase Detection Auto Focus (PDAF) plus Laser autofocus untuk mengatakan performa fokus kamera yang lebih cepat.


Dapur Pacu


Segmen pasar yang berbeda tentu juga akan membawa perbedaan dari sisi performa yang dipengaruhi oleh “dapur pacu” dari masing-masing perangkat. Zenfone 3 mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53, RAM 3 GB atau 4 GB, kapasitas penyimpanan 32 hingga 64 GB, baterai 3000 mAh, serta berjalan dengan OS Android Marshmallow.


BACA JUGA : Bagusan Mana Prosesor Octa-core, Quad-core atau Hexa-core?


Sementara itu, Zenfone 3 Deluxe yang ditujukan untuk segmen premium didukung dengan chipset Qualcomm Snapdragon 820 Quad-core 2.15 GHz Kryo, RAM 6 GB, kapasitas penyimpanan 64, 128 hingga 256 GB, baterai 3000 mAh, serta berjalan dengan OS Android Marshmallow. Penggunaan chipsetnya ini sama dengan chipset perangkat premium lain termasuk Samsung Galaxy S7, LG G5, dan juga Sony Xperia X Performance. Tak lupa, kedua smartphone ini juga dilengkapi dengan sensor sidik jari untuk menambah keamanan perangkat.


Kesimpulan


Jadi, sudah cukup terang bukan perbedaan antara Zenfone 3 dengan Zenfone 3 Deluxe? Zenfone 3 memperlihatkan sebuah smartphone dengan fitur super lengkap dalam paket yang lebih hemat, sedangkan Zenfone 3 Deluxe memperlihatkan segala keunggulan smartphone yang siap bersaing dengan perangkat flagship yang sudah beredar dikala ini.


Nah, itulah beberapa poin perbedaan utama antara dua smartphone gres andalah ASUS tersebut. Semoga dapat menghapus rasa penasaranmu yaa. Kamu dapat jelajahi blog Techijau.com untuk mendapat isu menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀



Sumber aciknadzirah.blogspot.com