Saturday, August 12, 2017

Planet Yang Tidak Mempunyai Satelit Di Tata Surya

Satelit merupakan benda yang mengelilingi benda lain. Satelit alam merupakan benda langit yang mengelilingi benda langit lainnya yang mempunyai ukuran lebih besar daripada satelit itu sendiri. Hampir semua planet di tata surya kita atau galaksi Bimasakti mempunyai satelit alam masing- masing. Jumlah satelit alam yang dimiliki oleh suatu planet dengan planet yang lain pun berbeda-beda. Ada yang mempunyai aneka macam satelit hingga puluhan jumlahnya, ada yang mempunyai kurang dari sepuluh buah, ada yang hanya mempunyai satu bahkan ada pula yang tidak mempunyai satelit alam sama sekali. Adapun planet Bumi sebagai satu- satunya planet yang sanggup ditempati insan hanya mempunyai satu satelit alam, yaitu kita kenal dengan nama bulan. Namun lantaran kebutuhan insan akan komunikasi dan isu yang penting maka ketika ini banyak dibentuk satelit buatan yang juga berada di angkasa namun hanya di ketinggian tertentu saja.


Hampir semua planet di tata surya mempunyai pengiring yang disebut dengan satelit. Satelit tersebut juga mengitari planet induknya lantaran terperangkap ke dalam medan gravitasinya. Namun tahukah Anda bahwa di tata surya kita ada planet- planet yang tidak mempunyai satelit. Planet- planet tersebut antara lain yaitu:



  1. Merkurius


Merkurius merupakan planet yang paling akrab dengan matahari. Planet ini juga merupakan planet yang paling kecil di tata surya. Seperti yang kita tahu bahwa satelit merupakan sebuah benda yang terjebak di area gravitasi sebuah planet sehingga benda tersebut mengitari planet itu. Semakin besar ukuran planet biasanya mempunyai gravitasi yang semakin besar. Namun dalam hal ini bukanlah ukuran yang mengakibatkan Merkurius tidak mempunyai satelit, alasannya planet kerdil ibarat Pluto pun mempunyai satelit pengiring sebanyak lima buah. Alasan mengapa Merkurius tidak mempunyai satelit hingga ketika ini yang disepakati ialah lantaran jaraknya yang terlalu akrab dengan matahari. Sehingga hal ini mengakibatkan setiap benda yang bertumbukan atau melintasi Merkurius akan tertarik pada gravitasi matahari daripada gravitasi yang dimiliki oleh Merkurius sendiri.



  1. Venus


Planet selanjutnya yang tidak mempunyai satelit ialah planet Venus. Planet Venus berada di belakang planet Merkurius atau terdekat kedua dengan matahari. Planet Venus juga merupakan planet yang mempunyai arah revolusi yang berlawanan dengan planet lainnya. Para ilmuwan menyatakan bahwa satelit sanggup terbentuk lantaran sebuah planet mengalami tumbukan dengan objek lainnya yang berukuran besar. Nah material yang pecah ada yang terperangkap dalam gravitasi planet tersebut sehingga menjadi sebuah satelit. Dalam hal ini yang mengakibatkan planet Venus mempunyai arah yang berlawanan pun disebabkan lantaran tumbukan dengan benda lain. Namun lantaran jaraknya yang terhitung akrab dengan matahari maka tidak ada material yang sanggup terperangkap ke dalam gravitasi venus hingga membentuk sebuah satelit. Material tersebut akan tertarik oleh gravitasi matahari yang mendominasi. Maka dari itulah planet Venus tidak mempunyai satelit ibarat halnya Merkurius


Nah itulah planet- planet yang tidak mempunyai satelit, yang mana planet tersebut merupakan planet yang paling akrab dengan matahari. Satelit sanggup terbentuk pada awal masa pembentukan planet yang berupa material yang tidak berhasil diskresi oleh planet tersebut sehingga menjadi objek yang terperangkap gravitasi planet tersebut dan mengiringinya. Namun disisi lain ada pula satelit yang terbentuk lantaran planet berhasil memperangkap benda langit lainnya ibarat asteroid atau komet ke dalam gravitasinya sehingga mengiringi planet tersebut. Nah, dalam kasus ini mengapa Merkurius dan Venus tidak mempunyai satelit? Hal ini lantaran jarak kedua planet tersebut yang akrab dengan matahari sehingga tidak sanggup menangkap objek langit lain ke dalam gravitasinya lantaran tertarik oleh gravitasi matahari. Demikianlah isu yang sanggup kami sampaikan, agar bermanfaat.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com