Wednesday, August 9, 2017

√ Reksadana Online Terbaik: Gratis Biaya Transaksi, 100 Rb Dapat Investasi

Reksadana Online Terbaik dibahas dalam artikel sebelumnya . Sekarang, kita lihat portal Reksadana online yang sanggup memenuhi kriteria tersebut. 


Salah satunya yaitu portal Reksadana online yang mengatakan gratis biaya transaksi dan sanggup investasi dari Rp 100 ribu. Apa itu?


Tulisan ini bab dari Panduan Investasi Reksadana.


Salah satu yang saya suka dan cukup terpercaya yaitu IPOTFUND. Situs IPOTFUND mengklaim sebagai Supermarket Reksadana Online alasannya yaitu menyediakan 19 Manajer Investasi dengan 86 Reksadana.


IPOTFUND dimiliki oleh Indo Premier, salah satu perusahaan broker terkemuka di Indonesia. Mereka tunduk dalam regulasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


Meskipun Reksadana online BCA, Mandiri, BRI dan Tokpedia sudah hadir, tetapi Reksadana online IPOTFUND memperlihatkan keunggulan tersendiri dibandingkan bank – bank ini.


Portal Reksadana Online Supermarket


Secara umum, proses pendaftaran dan transaksi di IPOTFUND berikut:


Pertama, mengisi formulir pembukaan rekening di situs IPOTFUND. Setelah lengkap, formulir harus ditanda tangani nasabah dan dikembalikan dengan melampirkan dokumen foto copy KTP dan NPWP. Bisa dikirim atau pihak IPOTFUND menyediakan pick-up dokumen yang akan mengambil ketempat yang telah Anda tentukan pada hari dan jam kerja.


Setelah mendapatkan dokumen, IPOTFUND melaksanakan verifikasi  dan, kalau verifikasi disetujui, mengirimkan User ID, Password dan Pin Trading kepada nasabah, serta membuka Rekening Dana Investor (RDI) atas nama nasabah. RDI yaitu Rekening Dana di Bank atas nama investor, khusus untuk transaksi jual beli Reksadana.


Kedua, dalam transaksi beli atau jual, nasabah memasukkan order di situs online. Untuk order beli, nasabah harus menyetor dana terlebih dahulu ke RDI yang dimilikinya. IPOTFUND akan mengeksekusi order tersebut dengan memindahkan dana dari RDI ke rekening Reksadana yang dipilih nasabah.


Untuk order jual, sehabis nasabah memasukkan order di situs online dan IPOTFUND mengeksekusinya, dana hasil penjualan akan ditempatkan di RDI. Dana di RDI sanggup dipakai untuk membeli reksadana lain atau sanggup diambil. Jika ingin diambil dananya, nasabah mengatakan perintah di situs online untuk memindahkan dana dari RDI ke rekening investor. Karena dana di RDI tidak sanggup ditarik melalui ATM atau teller. Paling usang satu hari berikutnya, dana sudah hingga di rekening investor.


Keunggulan IPOTFUND


 kita lihat portal Reksadana online yang sanggup memenuhi kriteria tersebut √ Reksadana Online Terbaik: Gratis Biaya Transaksi, 100 rb Bisa Investasi

Setelah mencoba, saya melihat platform ini mempunyai sejumlah keunggulan, sebagai berikut:


Mudahnya Pendaftaran dan Buka Rekening


Di situsnya di klaim bahwa, “Tidak Perlu Tanda Tangan Basah” dalam proses pendaftaran.


Dibandingkan platform online lain yang wajib datang ke kantor cabang saat buka rekening dan setiap ingin beli Reksadana baru, proses di IPOTFUND relatif lebih mudah. Pendaftaran dilakukan dengan mengisi data – data di situs IPOTFUND. Dokumen hardcopy sanggup dikirimkan atau diambil oleh kurir.


Tidak perlu tiba ke kantor cabang. Alhasil, kendala waktu atau lokasi jadi hilang. Untuk pembelian Reksadana yang gres atau penambahan investasi (top up), prosesnya juga sama, cukup melaksanakan transaksi secara online di situs. Tidak ada kewajiban harus tiba ke kantor cabang.


Gratis Biaya Transaksi


Biayanya Nol untuk fee pembelian dan fee penjualan. Ini berbeda dengan umumnya transaksi Reksadana. Sebagai perbandingan, umumya di daerah lain, biaya transaksi untuk membeli atau menjual reksadana yaitu antara 1-3% dari nominal transaksi untuk sekali transaksi. Total biaya jual dan beli menjadi 2-6%.


Hanya Rp 100 ribu Bisa Investasi


Cukup dengan investasi sebesar Rp 100 ribu sudah sanggup beli Reksadana. Setahu saya, ini persyaratan minimum investasi terkecil. Saya yakin jumlah ini bahkan lebih kecil dari uang pulsa bulanan Anda. Kegiatan investasi menjadi sanggup dinikmati semua orang. Tidak ada alasan lagi buat yang ingin investasi tapi khawatir jumlahnya besar.


Sebagai perbandingan, kalau ingin bermain saham, Anda harus menyiapkan uang setoran minimum Rp 25 juta, sementara lewat Reksadana Saham disini, Anda cukup mulai dengan Rp 100 ribu rupiah.


28 Manajer Investasi & 119 Reksadana


Jumlah pilihannya relatif banyak. Mulai dari Reksadana konvensional hingga syariah, mulai dari jenis saham, campuran, pendapatan tetap hingga pasar uang. Seperti dijelaskan dalam artikel sebelumnya, Reksadana dan Manajer Investasi yang banyak dan variatif membantu investor melaksanakan pemilihan secara lebih optimal.


Fasilitas Auto Investment


Fasilitas ini memungkinkan transaksi dilakukan secara rutin dan otomatis. Tidak perlu lagi membuat perintah setiap kali akan melakukan investasi. Hanya sekali di awal menciptakan perintah auto investment, sisanya akan dijalankan secara otomatis oleh pihak IPOTFUND.


Tidak Ada Minimum Setoran


Ketika mendaftar, pembukaan rekening nasabah di IPOTFUND (yang disebut RDI), tidak ada minimum setorannya dan tidak dikenakan biaya apapun kecuali materai. Nanti saat mulai investasi, Anda hanya perlu mentransfer dana dari rekening Anda di bank ke RDI ini. Begitu pula dikala menjual, Anda perlu memerintahkan pemindahan dana hasil pencairan dari RDI ke rekening bank yang diinginkan.


Aman Bertransaksi 


Situs IPOTFUND mempunyai sertifikasi Secure Sockets Layer (SSL) 256 bit, dimana setiap koneksi pengiriman data dienkripsi (diacak sedemikian rupa sehingga tidak sanggup dibaca), yang merupakan best-practice di bank-bank besar di dunia dalam menjaga keamanan transaksi internet banking.


Untuk setiap transaksi, IPOTFUND meminta pengguna memasukkan nomor security PIN. Ada rekening terpisah untuk nasabah, yaitu Rekening Dana Investor (RDI) yang merupakan rekening bank khusus yang beratas-namakan investor sebagai penyimpanan dana tunai untuk penyelesaian transaksi. Dan setiap unit penyertaan reksadana akan disimpan dan dicatat pada Bank Kustodian, bukan disimpan di IPOTFUND/ Indo Premier Securities.


Tools Data dan Analisa yang Komprehensif dan Gratis


Ini salah satu fitur favorit saya. Disediakan daftar data dan analisa yang cukup komprehensif dan gratis, yaitu:



  • Daftar Manajer Investasi, nama Reksadana, jenis Reksadana berdasarkan indikator kinerja 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, YTD (Year To Date) , 1 tahun, 3 tahun dan 5 tahun, Sharpe Ratio, Management Fee, Fund Rating dan AUM. Anda sanggup men-filter memakai aneka macam indikator ini sesuai kriteria.

  • Mengkategorikan Reksadana sesuai profil resiko investasi (yaitu konservatif, moderat konservatif, moderat, moderat bernafsu dan agresif).

  • Data harga Nilai Aktiva Bersih (NAB) terkini untuk setiap Reksadana tersedia pada simpulan hari bursa. NAB yaitu indikator ‘harga’ Reksadana, yang dipakai untuk menilai berapa posisi nilai investasi Anda setiap hari. NAB disebut juga sebagai Net Asset Value (NAV).


Baca Juga: 10 Keuntungan dan Kerugian Reksadana bagi Investor


Fitur Data dan Analisa


Seperti disebutkan diatas, fitur data dan analisa yaitu salah satu yang menarik. Variannya cukup lengkap, dibandingkan platform lain, serta disediakan tanpa biaya tambahan.


Saya coba tampilkan beberapa data yang berdasarkan saya penting, sebagai berikut:


Mutual Fund Screener


Fitur ini menampilkan Reksadana berdasarkan sejumlah indikator yang umum dipakai dalam dunia keuangan. Anda sanggup menentukan Reksadana terbaik memakai filter sesuai kriteria yang diinginkan.


 kita lihat portal Reksadana online yang sanggup memenuhi kriteria tersebut √ Reksadana Online Terbaik: Gratis Biaya Transaksi, 100 rb Bisa Investasi

Fund Manager Screener


Berbeda dengan sebelumnya yang membandingkan reksadana, fitur ini memperlihatkan kinerja Manajer Investasi. Dalam satu Manajer Investasi, mungkin terdiri dari banyak Reksadana, yang kemudian dilihat performance-nya dalam satu kesatuan .


 kita lihat portal Reksadana online yang sanggup memenuhi kriteria tersebut √ Reksadana Online Terbaik: Gratis Biaya Transaksi, 100 rb Bisa Investasi

Comparison Screener


Ada pula fitur perbandingan, yang sanggup membandingkan antara Reksadana dan antar Manajer Investasi.



  • Ini yaitu pola yang membandingkan antar Reksadana.


 kita lihat portal Reksadana online yang sanggup memenuhi kriteria tersebut √ Reksadana Online Terbaik: Gratis Biaya Transaksi, 100 rb Bisa Investasi

 kita lihat portal Reksadana online yang sanggup memenuhi kriteria tersebut √ Reksadana Online Terbaik: Gratis Biaya Transaksi, 100 rb Bisa Investasi


  • Ini yaitu pola yang membandingkan antar Manajer Investasi.


 kita lihat portal Reksadana online yang sanggup memenuhi kriteria tersebut √ Reksadana Online Terbaik: Gratis Biaya Transaksi, 100 rb Bisa Investasi



Update Reksadana Online 2019





Di 2019 ini, perkembangan cara beli reksadana online mengalami perubahan yang luar biasa seiring dengan pertumbuhan distributor penjual reksadana. Sejak artikel reksadana online ini ditulis sudah banyak perubahan penemuan cara investasi reksadana, baik dalam cara, mekanisme, biaya, pemain dan penawaran ke investor.





Untuk itu, saya pikir sudah saatnya artikel reksadana online ini di update sesuai kondisi terkini di 2019. Berikut ini yaitu daftar investasi reksadana online terbaru:





#1 Mandiri Most





 kita lihat portal Reksadana online yang sanggup memenuhi kriteria tersebut √ Reksadana Online Terbaik: Gratis Biaya Transaksi, 100 rb Bisa Investasi
Most Mandiri Reksadana Online




Apa itu MOST ?





MOST yaitu akomodasi Reksadana online Mandiri, singkatkan dari “Mandiri Sekuritas Online Trading”.





Karena dimiliki Mandiri Sekuritas, dengan daftar reksadana online di MOST, Anda sekaligus sanggup berinvestasi di saham, obligasi, dan reksadana; mendapatkan bebas biaya layanan data feed serta gosip pasar modal, serta hak untuk mendapatkan penjatahan dikala berlangsungnya IPO.





Jumlah Reksadana yang sanggup dibeli di Mandiri Sekuritas lewat MOST yaitu 34 jenis Reksadana. Manajer Investasi tiba dari aneka macam institusi, tidak hanya Mandiri Investasi saja.





Reksadana yang sanggup dipilih bertipe konvensional dan syariah dengan jenis instrumen saham, pasar uang, pendapatan tetap dan campuran.





Selain sanggup diakses via komputer desktop, MOST menyediakan aplikasi mobile. MOST Mobile merupakan aplikasi smartphone maupun tablet dengan sistem operasi Android, IOS & BlackBerry, sehingga sanggup mencicipi transaksi dampak secara gampang dalam genggaman tangan.





Salah satu fitur yang menarik dan tersedia gratis di MOST yaitu hasil riset pasar. Riset pasar yang dilakukan oleh analis Mandiri Sekuritas sanggup diakses dan dibaca oleh nasabah MOST.





Catatan: analis dan info pasar ini yang jarang tersedia di platform Reksadana online lain.





Jika investor saham, Anda sanggup memanfaatkan Reksadana untuk dikombinasikan dengan trading saham Anda. Saat punya dana yang menganggur, alasannya yaitu tidak ada saham yang bagus, Anda sanggup tempatkan dulu di Reksadana Pasar Uang, yang cukup likuid sehingga dikala diperlukan sanggup dengan cepat ditarik.





Karena dalam satu platform, reksadana dan saham, proses perpindahan sanggup dilakukan dengan cepat dan efisien.





Mandiri Sekuritas Call Center: Care Center 1500 178; Menara Mandiri I, 24-25th floor. Telp. (021) 526 3445. Fax. (021) 526 3445.





#2 Bareksa





Apa itu Bareksa ?





Bareksa yaitu marketplace reksadana online yang mempunyai ijin resmi OJK.

Di Bareksa, Anda menemukan supermarket (marketplace) reksadana yang menjual ratusan produk reksadana yang berasal dari aneka macam perusahaan Manajer Investasi.





Di platform ini, Anda sanggup melaksanakan transaksi pembelian maupun penjualan reksadana secara online melalui smartphone ataupun tablet. Anda tidak perlu lagi harus pergi ke kantor Manajer Investasi atau bank.





Bareksa menyediakan aplikasi yang sanggup diunduh di Playstore. Salah satunya di aplikasi Anda sanggup mencari Reksadana terbaik dengan mengamati dan menganalisa gosip produk Reksadana yang disediakan dalam aplikasi, menyerupai pergerakan harga, return imbal hasil maupun profil ihwal Manajer Investasi yang mengelola produk reksadana tersebut.  





Sebelum membeli, Anda sanggup melaksanakan simulasi produk reksadana untuk menambah kepercayaan Anda terhadap produk yang akan dibeli.





Dalam fitur pembelian, aplikasi Bareksa akan membuktikan mana reksadana terbaik yang mempunyai imbal hasil terbaik dalam setahun, sehingga sanggup lebih memudahkan Anda menentukan produk reksadana  yang dijual Bareksa. Selain itu kalau ingin melihat keseluruhan produk, Anda juga difasilitasi dengan sajian filter dan sorting yang menambah kenyamanan Anda dalam menentukan reksadana.

Anda juga sanggup selalu memantau pergerakan nilai investasi dan laba reksadana Anda pada sajian “portofolio”. Dan dengan gampang Anda sanggup melaksanakan penjualan kalau sedang membutuhkan dana atau ingin berpindah ke produk reksadana lainnya.

Bareksa Call Center: Hubungi 021-7179070 atau whatsapp 0812 2345 4552





#3 Ajaib





 kita lihat portal Reksadana online yang sanggup memenuhi kriteria tersebut √ Reksadana Online Terbaik: Gratis Biaya Transaksi, 100 rb Bisa Investasi
Ajaib Reksadana Online




Apa itu Ajaib ?





Ajaib yaitu distributor reksadana yang memakai aplikasi sebagai medium melaksanakan investasi reksadana online. Aplikasi Ajaib diunduh di Google Playstore.





PT Takjub Teknologi Indonesia (“Ajaib”) berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.





Ajaib ini memperlihatkan cara investasi Reksadana online yang berbeda dengan yang selama ini sudah ada di pasaran.





Jika selama ini, calon investor menentukan sendiri Reksadana apa yang akan dibeli, maka di Ajaib calon investor mendapatkan rekomendasi Reksadana yang sesuai dengan profil calon investor.





Bagaimana Ajaib sanggup tahu dan menyusun rekomendasi ?





Nah, dikala melaksanakan pendaftaran registrasi, Ajaib menanyakan sejumlah hal kepada Anda. Ada 6 pertanyaan yang diajukan Ajaib, yang akan menentukan keranjang investasi yang cocok untuk Anda.





Berdasarkan tanggapan atas 6 pertanyaan tersebut, Ajaib menyusun rekomendasi jenis Reksadana yang sebaiknya dipilih.





Ajaib akan come up dengan rekomendasi Portofolio yang selayaknya Anda miliki, yaitu berapa % Reksadana Pasar Uang, % Saham dan % Pendapatan Tetap.





Menurut Ajaib, “Tidak Perlu Pengalaman: Didesain untuk investor tanpa pengalaman, Ajaib hanya memperlihatkan opsi investasi dengan kinerja terbaik sehingga Anda tidak perlu menganalisis ribuan produk sendiri.”.





Setelah tahu komposisi yang direkomendasikan, Anda sanggup melaksanakan pembelian melalui Ajaib. Ajaib mempunyai izin sebagai distributor Reksadana.





Berapa jumlah minimum untuk berinvestasi di Ajaib? Sesuai info di situs, Ajaib menetapkan jumlah minimal Rp 400.000. Tidak ada waktu minimum yang ditentukan untuk menyimpan uang Anda dan penarikan sanggup dilakukan kapanpun sehabis diinvestasikan.

Ajaib Call Center





Email: support@ajaib.co.id;Facebook: @ajaib.indonesia;Instagram: @ajaib_id; Website: https://www.ajaib.co.id; Call Center: 0819-3814-7743 (WhatsApp)





#4 Bibit





Apa itu Bibit ?





Bibit yaitu aplikasi Reksadana online yang membantu Anda menentukan reksadana terbaik.





Tujuannya, semoga Anda sanggup pribadi mulai melaksanakan investasi Reksadana.





PT Bibit Tumbuh Bersama (“Bibit”) berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.





Saat melaksanakan pendaftaran di aplikasi, Bibit menanyakan sejumlah hal, antara lain umur, penghasilan, level resiko dan sasaran tujuan hidup kamu. Jawaban pertanyaan tersebut diolah Bibit untuk menciptakan rekomendasi portofolio investasi Reksadana terbaik.





Setelah mendapatkan rekomendasi, Anda sanggup melaksanakan investasi Reksadana secara online di platform Bibit, yang menawarkan:





  • Gratis Biaya Komisi. Semua pembelian di Bibit tidak dipotong biaya transaksi semoga keuntunganbisa lebih tinggi. Bibit dibayar oleh manajer investasi.
  • Mulai dari Rp 10.000. Investasi sudah seharusnya untuk semua kalangan. Mulai tanam duit kau dari kecil atau sebanyak yang kau inginkan. Lebih cepat kau mulai, lebih besar pertumbuhan uang.
  • Cairkan Kapan Saja Tanpa Penalti. Reksadana sanggup dicairkan kapan saja dengan cepat tanpa kena penalti.




Bibit Call Center:Email: support@bibit.id;Instagram: @bibit.id; Telegram: @bibitapp; Facebook: @bibitapp; Whatsapp: 0878-77666-000





#5 Tokopedia Reksadana





Tidak berhenti di forum keuangan, penjualan Reksadana dilakukan lewat Tokopedia. Sebagai super-app, Tokopedia memperlihatkan jual beli Reksadana.





Peran Tokopedia yaitu sebagai kanal penjualan online yang berafiliasi dengan Bareksa. Izin distributor Reksadana dipegang Bareksa, sementara pembelian Reksadana online sanggup dilakukan lewat aplikasi Tokopedia.





Saat ini, Tokopedia hanya menjual satu jenis Reksadana, yaitu Reksadana Pasar Uang dari satu Manajer Investasi. Minimum investasi Reksadana online di Tokopedia mulai dari Rp 10,000.





Kesimpulan





Setelah dalam artikel sebelum ini dibahas kriteria menentukan Reksadana Online terbaik, kini berdasarkan kriteria tersebut, saya mencari dan menelisik platform apa yang sanggup memenuhi. Salah satunya yaitu IPOTFUND.





Mungkin Anda juga punya pilihan platform online yang lain. Yang paling penting yaitu bagaimana platform ini sanggup membantu dan memicu kita untuk sanggup mulai berinvestasi di Reksadana sedini mungkin, semoga tujuan keuangan sanggup terwujud.





Simak pula Kriteria Memilih Investasi Reksadana.





GRATIS Daftar 5 Reksadana Saham Terbaik



Sumber https://duwitmu.com