Monday, September 18, 2017

Flora Dan Fauna Jawa Barat Yang Langka Dan Hampir Punah

Jawa barat merupakan salah satu provinsi yang berada di sebelah barat garis Wallace. Berdasarkan jenis binatang dan tumbuhan yang ada, tumbuhan dan fauna jawa barat tergolong jenis fauna asiatik. Flora dan fauna yang masuk kedalam golongan jenis ini biasanya akan mempunyai ciri khusus yang dipengaruhi oleh satwa-satwa yang berasal dari benua asia. Jika kita melihat persebaran fauna di Indonesia, maka Jawa Barat merupakan salah satu lokasi yang sanggup dikatakan mempunyai jenis tumbuhan dan fauna yang sanggup dikatakan cukup banyak. Berbagai jenis tumbuhan dan fauna sanggup kita temukan di Provinsi yang satu ini.


Flora dan fauna yang ada di Jawa barat memang tak sepenuhnya merupakan satwa endemik. Namun, ada beberapa tumbuhan dan hewan  yang dijadikan sebagai salah satu ciri khas suatu daerah. Hal tersebut alasannya ialah memang satwa atau tumbuhan tersebut banyak di temukan di Kota tersebut. Meskipun begitu bukan berarti jawa barat tidak mempunyai beberapa binatang khusus atau istilahnya endemik. Ada beberapa tumbuhan dan fauna Jawa barat yang sanggup dikatakan endemik dan hanya sanggup ditemukan di Jawa Barat. Meskipun beberapa jenis satwa tersebut ada yang terancam punah.


Banyak sekali perjuangan yang dipakai untuk sanggup menghambat dan melestarikan beberapa jenis fauna yang ada di Jawa barat. Pelestarian ekosistem tumbuhan dan fauna merupakan salah satu hal yang sanggup dikatakan sangat penting untuk dilakukan. Usaha pelestarian ekosistem dimana binatang tersebut tinggal akan sangat membantu saat perjuangan penangkaran binatang berhasil. Ada beberapa tumbuhan dan fauna di jawa barat yang sanggup kita ketahui, seperti:


FLORA



  1. Gandaria


Jawa barat merupakan salah satu provinsi yang berada di sebelah barat  Flora dan Fauna Jawa Barat yang Langka dan Hampir PunahGandaria atau yang disebut juga sebagai Bouea macrophylla Griffith, merupakan salah satu tumbuhan dan fauna jawa barat yang sangat penting. Hal tersebut berafiliasi fungsi dan tumbuhan yang satu ini bagi masyarakat Jawa Barat sendiri. Tumbuhan ini merupakan salah satu tumbuhan yang mempunyai bnayak sekali fungsi. Biasanya masyarakat Jawa Barat mengakibatkan daun muda dari tumbuhan ini sebagai lalap. Selain itu buah dan batang dari pohon ini juga mempunyai fungsi yang cukup banyak.



  1. Raffllesia Patma


Jawa barat merupakan salah satu provinsi yang berada di sebelah barat  Flora dan Fauna Jawa Barat yang Langka dan Hampir Punah


 


Raflesia Patma merupakan salah satu golongan bunga rafflesia yang masih juga berkerabat bersahabat dengan Rafflesia Arnoldi yang terdapat di Riau dan beberapa daerah di Sumatra. Tumbuhan yang satu ini merupakan salah satu tumbuhan parasit. Untuk sanggup menemukan bunga yang satu ini kita sanggup mengunjungi Kebun Raya Bogor.


 



  1. Kepuh


Jawa barat merupakan salah satu provinsi yang berada di sebelah barat  Flora dan Fauna Jawa Barat yang Langka dan Hampir Punah


 


Kepuh atau kelumpang ini sendiri mempunyai nama ilmiah Sterculia foetida, tumbuhan yang satu ini masih mempunyai ikatan korelasi yang cukup bersahabat dengan pohon randu. Pohon kepuh sendiri merupakan salah satu jenis pohon yang hidup di dataran rendah. Biasanya pohon yang satu ini banyak ditemukan pada area pemakan.


 


FAUNA



  1. Macan Tutul


Jawa barat merupakan salah satu provinsi yang berada di sebelah barat  Flora dan Fauna Jawa Barat yang Langka dan Hampir PunahMacan tutul atau yang mempunyai nama ilmiah Panthera pardus ini merupakan salah satu jenis satwa yang sanggup dikatakan sangat khas di Jawa Barat. Binatang yang satu ini merupakan salah satu jenis satwa yang sanggup dikatakan sangat dihormati dan ditakuti oleh masyarakat jawa barat. Hal tersebut sangat berkaitan dengan kepercayaan dan moral yang ada di Jawa Barat. Selain itu binatang yang satu ini merupakan salah satu binatang yang dinyatakan dalam kondisi genting. Hewan yang masuk kedalam kategori ini sendiri, berarti dalam kondisi yang terancam punah. Atau jumlahnya di alam sangat sedikit dan membahayakan. Karena itu maka binatang yang satu ini telah di lindungi oleh pemerintah.



  1. Owa Jawa


Jawa barat merupakan salah satu provinsi yang berada di sebelah barat  Flora dan Fauna Jawa Barat yang Langka dan Hampir PunahOwa Jawa atau yang juga disebut sebagai Hylobates moloch ini merupakan golongna primata yang sangat khas Jawa barat. Biasanya kita akan sanggup menemukan satwa yang satu ini di beberapa hutan yang ada di Jawa barat. Owa Jawa sendiri merupakan salah satu primata yang sangat langka di Dunia, alasannya ialah itu aneka macam orang yang memburu binatang ini.


Melihat kondisi dan kelangkaannya Owa Jawa sendiri telah di lindungi oleh pemerintah semenjak Tahun 1931. Sejak jaman kolonialisme Owa Jawa sudah dinyatakan sebagai binatang dilindungi. Penangkaran merupakan salah satu cara melestarikam tumbuhan dan fauna yang hampir punah ini.



  1. Badak Jawa


Jawa barat merupakan salah satu provinsi yang berada di sebelah barat  Flora dan Fauna Jawa Barat yang Langka dan Hampir PunahBadak Jawa atau disebut juga sebagai Rhinoceros sondaicus merupakan salah satu binatang yang cukup langka dan sangat susah untuk ditemukan di alam bebas. Hewan yang satu ini sanggup dikatakan merupakan salah satu binatang yang langka dan terancam punah.


Untuk sanggup melihatnya di alam bebas maka kita perlu untuk berkunjung ke Taman Nasional Ujung Kulon. Hal ini dikarenakan hanya ditempat itulah kita sanggup menemukan dan melihat persebaran dari Badak Jawa ini. Pelestarian keanekaragaman hayati secara inisitu dan eksitu memang sangat diterapkan terhadap Badak Jawa ini.



  1. Surili


Jawa barat merupakan salah satu provinsi yang berada di sebelah barat  Flora dan Fauna Jawa Barat yang Langka dan Hampir Punah


Surili atau yang disebut juga sebagai Presbytis mitrata merupakan salah satu satwa yang khas dan sanggup dikatakan endemik. Salah satu habitat satwa yang satu ini di Jawa Barat terdapat di sekitar gunung Ceremai. Selain di daerah Jawa Barat kita juga sanggup menemukan binatang yang satu ini di daerah Banten. Surili sendiri merupakan salah satu primata yang hidup di Hutan Tropis dan menyenangi pucuk daun muda sebagai sumber makanan.


Itu tadi beberapa tumbuhan dan fauna Jawa Barat yang sanggup kalian ketahui. Beberapa dari jenis tumbuhan dan fauna tersebut merupakan endemik dan hanya ditemukan di Jawa Barat. Namun, beberapa jenis yang lain lebih gampang ditemukan di beberapa daerah Indonesia. Semoga warta tadi bermanfaat.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com