Tuesday, October 31, 2017

5 Ciri- Ciri Tanaman Bab Timur Dan Penjelasannya

Flora dan fauna merupakan salah satu kekayaan yang dimiliki oleh suatu negara, tak terkecuali Indonesia. Flora dan fauna merupakan sumber daya alam yang tidak ternilai harganya. Flora dan fauna menjadi sebuah kekayaan alasannya yaitu merupakan ciri khas yang dimiliki oleh suatu negara dan sekaligus yang membedakannya dengan negara lain. Flora dan fauna di suatu negara mempunyai ciri khas masing- masing sehingga berbeda dengan negara lainnya. Bahkan terkadang di suatu negara pun mempunyai beberapa tumbuhan dan fauna khas di setiap sudut wilayahnya. Maksudnya yaitu suatu negara dibagi atas beberapa penjuru dan di setiap penjuru mempunyai tumbuhan dan fauna khasnya masing- masing. Sebagai pola yaitu Indonesia, negara kita. Berdasarkan jenis tumbuhan dan faunanya, Indonesia dibagi atas tiga wilayah, yaitu wilayah timur atau Australis, wilayah tengah atau Peralihan dan wilayah barat atau Asiatis.


Setiap wilayah Indonesia ini mempunyai ciri khasnya masing- masing mengenai tumbuhan dan faunanya. Misalnya menyerupai Indonesia bab timur yang mana tipe tumbuhan dan faunanya menyerupai dengan yang di wilayah Benua Australia (karena daerahnya erat dengan benua tersebut), sementara  di wilayah bab barat tipe faunanya menyerupai dengan yang ada di wilayah Asia (dinamakan flora Asiatis) yang mempunyai ukuran besar- besar. Kali ini kita akan membahas mengenai ciri- ciri fauna tipe Australis atau fauna yang berada di wilayah Indonesia bab timur. Kita akan membahas mengenai ciri- ciri dan juga pola dari fauna yang hidup di wilayah timur Indonesia.


Ciri- ciri Flora Tipe Australis


Flora atau tumbuhan tipe Australis ini mempunyai kesamaan dengan tumbuhan atau tumbuhan yang ada di Benua Australia, maka dari itulah diberi nama tipe Australis. Flora atau tumbuhan tipe Australis kebanyakan berupa tumbuhan tipe palm- palman yang sanggup hidup di kawasan kering dan tandus, alasannya yaitu wilayah ini cenderung lebih kering daripada kawasan barat maupun tengah. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai tumbuhan tipe Australis, berikut ini merupakan ciri- cirinya:



  1. Bentuk daun memanjang


Salah satu ciri yang paling khas dimiliki oleh tumbuhan Australis yaitu bentuk daunnya yang memanjang. Daun memanjang ini berbentuk runcing dan terkadang melengkung. Contoh dari tumbuhan yang mempunyai daun memanjang ini contohnya yaitu palm- palman. Tanaman yang mempunyai daun memanjang ini mempunyai tulang daun besar di bab tengahnya.



  1. Memiliki daun paralel


Ciri- ciri lain dari tumbuhan atau tumbuhan Australis yaitu mempunyai struktur daun paralel. Daun paralel maksudnya yaitu daun yang mempunyai tulang daun yang besar dan sejajar antara tulang daun satu dengan lainnya. Bentuk tulang daunnya tidak menyirip. Sebagai pola tumbuhan yang mempunyai daun paralel ini contohnya yaitu bambu, jagung, padi dan tumbuhan lainnya termasuk jenis tumbuhan palm menyerupai kelapa. Flora di kawasan Australis atau Indonesia bab timur memang mempunyai tulang daun demikian sehingga gampang untuk dipisahkan. Meskipun demikian, ada pula tumbuhan Australis yang daunnya tidak memanjang.



  1. Tumbuh di Paparan Sahul dan berada di sekitar wilayah Papua dan Maluku


Flora- tumbuhan khas Indonesia bab timur atau tipe Australis tidak tersebar di semua wilayah Indonesia bab timur tersebut. Flora- tumbuhan khas ini banyak ditemukan di sekitar wilayah Papua dan Maluku. Flora- tumbuhan Australis banyak terdapat di wilayah Maluku sampai Papua yang merupakan kawasan yang mempunyai sifat menyerupai benua Australia.



  1. Merupakan hutan tropis dengan ditumbuhi tumbuhan yang berbeda- beda


Flora atau tumbuhan di wilayah Australis atau Indonesia bab timur sebagain merupakan wilayah hutan tropis yang ditumbuhi oleh lebih dari satu tumbuhan atau tanamannya berbeda- beda. Beberapa tumbuhan khas timur yang tumbuh di hutan tropis antara lain nipah, sagu dan tumbuhan merbau. Tanaman- tumbuhan ini tumbuh berselang- seling dengan tumbuhan lainnya. Jdi di hutan tropis kita tidak hanya menemukan tumbuhan khas timur saja, namun juga tumbuhan hutan lainnya yang mungkin saja terdapat di wilayah lain.



  1. Banyak terdapat keluarga palm- palman


Sebagian dari tumbuhan khas Indonesia bab timur atau Australis yaitu berupa keluarga palm- palman. Tanaman ini banyak kita temukan di wilayah timur yang cenderung kering, alasannya yaitu tumbuhan ini tidak memerlukan banyak air untuk sanggup bertahan hidup.


Nah itulah beberapa ciri khas yang dimiliki oleh flota atau tumbuhan Indonesia tipe Australis. Ciri- ciri tersebut mungkin sangat berbeda dengan tumbuhan tipe Asiatis yang mempunyai keistimewaan menyerupai ukurannya yang besar dan berada di wilayah Indonesia bab barat. Adapun beberapa pola tumbuhan khas Australis ini antara lain yaitu Matoa, Kayu Cendana, Kayu Eboni, Siwalan dan juga tumbuhan paku yang mempunyai daun memanjang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dan sanggup menambah pengetahuan kita mengenai tumbuhan Indonesia.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com