Tuesday, October 31, 2017

7 Imbas Asean Bagi Indonesia (Dampak Aktual Dan Negatif)

Berorganisasi merupakan salah satu pilihan dalam hidup. Ada orang- orang yang sangat suka berorganisasi, namun sebagian orang juga tidak berminat untuk berorganisasi. Alasan setiap orang pun bisa berbeda- beda. Orang yang suka organisasi dan mengikuti organisasi, menyampaikan bahwa dengan berorganisasi maka kesempatan untuk memperoleh ilmu dan teman akan lebih besar, selain itu kemampuan leadership dan juga kerjasama sanggup dilatih dalam organisasi. Namun bagi orang yang tidak menyukai organisasi, mungkin mereka mempunyai alasan tersendiri menyerupai organisasi hanya akan menjadi pemborosan, membuang- buang waktu dengan hal- hal yang tidak penting atau hanya sebagai ajang untuk nongkrong. Semua itu tergantung pada subjek atau individunya masing- masing. Yang pasti, organisasi pada zaman kini bukan menjadi hal yang langka atau tabu lagi.


Organisasi tidak hanya terjadi di kalangan insan atau perorangan saja, bahkan di lingkup negara (sebagai subjek) telah banyak dilaksanakan organisasi. Sebagai teladan yakni organisasi internasional yang anggotanya negara- negara sedunia. Kerjasama regional anggotanya yakni negara- negara satu daerah menyerupai Asia Tenggara, Asia Timur dan lain sebagainya. Seperti halnya di Indonesia. Indonesia mengikuti aneka macam organisasi, baik organisasi internasional maupun organisasi regional. Organisasi regional yang dikuti oleh Indonesia merupakan organisasi yang menghimpun negara- negara di Asia Tenggara. Organisasi ini juga dikenal dengan nama ASEAN. Ada banyak hal yang dibahas dalam ASEAN, mulai dari kerjasama ekonomi, militer, pembangunan, perdagangan dan lain sebagainya. Adapun adanya ASEAN memperlihatkan aneka macam efek bagi negara- negara anggota ASEAN, termasuk Indonesia, baik efek konkret maupun efek negatif. Dampak Positif maupun efek negatif yang ditimbulkan dari adanya ASEAN bagi Indonesia akan kita bahas dalam artikel kali ini.


Dampak Positif dan Negatif ASEAN terhadap Indonesia


Dlam berorganisasi tentunya kita akan mencicipi aneka macam macam manfaat dan juga mungkin sedikit kerugian. Nah, manfaat- manfaat itulah yang kita sebut sebagai efek konkret dan kerugian- kerugian itulah yang disebut dengan efek negatif. Adapun mengenai efek konkret dan juga negatif dari adanya ASEAN terhadap Indonesia antara lain sebagai berikut:



  1. Dampak Positif


Keberadaan ASEAN sebagai organisasi antar negara di wilayah Asia Tenggara pastinya mempunyai banyak manfaat yang bisa dituai oleh negara anggota, tidak hanya Indonesia namun juga lainnya. Adapun manfaat atau efek konkret dari adanya ASEAN terhadap Indonesia antara lain adalah:



  • Indonesia sanggup dengan gampang memperoleh aneka macam macam sumber daya maupun kebutuhan lain yang tidak sanggup ditemukan di dalam negeri


Kebutuhan insan tidak terbatas. Beberapa insan saja apabila berkumpul niscaya mempunyai kebutuhan yang berbeda- beda, terlebih rakyat di suatu negara yang jumlahnya puluhan bahkan ratusan ribu. Untuk memenuhi kebutuhan- kebutuhan rakyat tersebut. Pemerintah mengolah sumber daya yang ada di wilayah negaranya, namun hal itupun tidaklah cukup. Terkadang ada aneka macam sumber daya alam yang tidak sanggup dipenuhi dan kita bisa mendapatkannya di negara lain. Nah, salah satu manfaat dari ASEAN bagi Indonesia yakni sanggup menyediakan aneka macam macam kebutuhan insan melalui  organisasi ini.



  • Memperoleh kemudahan dalam pinjaman


Dalam bergabung di ASEAN, negara- negara anggota ASEAN bisa lebih gampang apabila ingin memperoleh pinjaman. Hal ini alasannya yakni hubungan yang lebih semakin bersahabat antara satu dengan lainnya.



  • Memperoleh akomodasi untuk pembangunan


Sudah sepantasnya bahwa negara berkembang ulet dalam melaksanakan pembangunan negaranya. Dengan bergabung di ASEAN maka Indonesia bisa berguru dalam hal pembangunan negara.  Dalam pembangunan, maka Indonesia bisa mendpatkan dispensasi baik itu dari segi  materi, teknologi maupuan tenaga ahli.



  • Menjalin persahabatan dengan negara lain


Hubungan persahabatan antar negara menjadi lebih bersahabat apabila telah bergabung dengan ASEAN. Dari hubungan persahabatan, nantinya akan didapatkan kemudahan- kemudahan lainnya.



  • Saling bertukar sumber daya insan yang jago di bidangnya


Dimulai dari hubungan sesama anggota ASEAN, kemudian akan berlanjut sampai pertukaran tenaga ahli.


Nah itulah beberapa efek konkret yang sanggup dirasakan Indonesia atas keberadaan ASEAN sebagai organisasi regional di daerah Asia Tenggara.



  1. Dampak Negatif


Selain efek positif, biasanya sesuatu juga menibulkan efek negatif. Adapun aneka macam efek negatif yang dirasakan Indonesia alasannya yakni keberadaan ASEAN antara lain adalah:



  • Dalam mengeluarkan suatu kebijakan, Indonesia harus mempertimbangkan dampaknya bagi ASEAN


Sebenarnya tidak ada efek negatif yang khusus yang ditimbulkan dari adanya organisasi antara negara. Slah satu hal yang sedikit merepotkan yakni pembuatan kebijakan oleh Indonesia harus mempertimbangkan dampaknya terhadap ASEAN.  Hal inilah yang sanggup membatasi Indonesia.



  • Penyelenggaraan rapat atau pertemuan rutin yang memakan biaya dan juga waktu


Dalam organisasi, sering kita melaksanakan rapat koordinasi atau pertemuan rutin guna membahas hal- hal yang terlibat di dalamnya. Penyelenggaraan rapat inilah yang akan memakan biaya dan waktu.


Nah itulah beberapa efek yang ditimbulkan dari adanya ASEAN terhadap Indonesia, baik yang bersifat konkret maupun negatif. Bisa kita lihat bahwa ASEAN lebih banyak membawa efek konkret daripada efek negatif bagi Indonesia. Semoga bermanfaat.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com