Tuesday, October 10, 2017

√ Either, Neither, Both Uraian Plus Pola Soal

Either, Neither, & Both Uraian Plus Contoh Soal – Terkadang kalau kita memakai kata “dan” atau “juga” dalam suatu kalimat bahasa Indonesia yang bermakna penjumlahan. Namun, dalam bahasa Inggris terdapat beberapa kata yang juga bermakna penjumlahan atau untuk menyatakan dua hal dalam satu kalimat, menyerupai either, neither, atau both. Apakah yang dimaksud dengan kata – kata tersebut? Berikut ialah uraian mengenai Either, Neither, dan Both beserta pola soalnya.


1. EITHER


Kata ‘either’ dipakai untuk menyatakan dua pilihan, sehingga kata ‘either’ ini biasanya diikuti dengan kata ‘or’ dan mempunyai pola sebagai berikut:


Either … or …


Contoh:

• Either Lina or Dewi will buy me a new dress.

(Salah satu dari Lina atau Dewi akan membelikan saya sebuah gaun baru)


• I do not like either horror or romance movies.

(Saya tidak suka baik film horor atau romantis)


Kata ‘either’ juga sanggup diikuti oleh kata negatif (‘am not’, ‘do not’ dan sebagainya).


Contoh:


• Judy : I hate watermelon. (Saya benci semangka)

Saya : I do too. (Saya juga)


• Ari : I do not play guitar. (Saya tidak bermain gitar)

Saya : I don’t either. (Saya juga)


Jika kita ingin memakai kata ‘either’ atau ‘too’ untuk menyatakan persetujuan, hal yang perlu diingat ialah adaptasi tenses yang dipakai dengan kalimat sebelumnya. Perhatikan pola berikut ini:


Present Simple : He plays a bicycle. I do too.

(Dia bermain sepeda. Saya juga)


Present Continous : They are not watching a movie. I am not either.

(Mereka tidak menonton film. Saya juga tidak)


Present Perfect : I have been to London. She has too.

(Saya sudah pernah ke London. Dia juga)


Modal Verb : I cannot speak Japanese. They can’t either.

(Saya tidak sanggup berbahasa Jepang. Mereka juga tidak)


2. NEITHER


Kata ‘neither’ dipakai untuk menyatakan dua pilihan dalam konteks negatif, sehingga kata ‘neither’ ini biasanya diikuti dengan kata ‘nor’ dan mempunyai pola sebagai berikut:


Neither … nor …


Contoh:


• Neither Lina nor Dewi will buy me a new dress.

(Tidak ada salah seorang dari Lina atau Dewi akan membelikan saya sebuah gaun baru)

• I like neither horror nor romance movies.

(Saya tidak suka baik film horor atau romantis)


Kata ‘neither’ juga berfungsi untuk menyatakan persetujuan kepada sebuah pernyataan negatif. Kebalikan dari kata ‘neither’ ini ialah ata ‘so’ yang berarti sebuah kalimat positif juga benar bagi seseorang.


Contoh:


• Wanda : I hate rainy season. (Saya benci trend hujan)

Saya : So do I. (Saya juga)

• Lenny : My parents don’t live in Jakarta. (Orang bau tanah saya tidak tinggal di Jakarta)

Saya : Neither does my brother. (Kakak saya juga tidak)




style="display:inline-block;width:336px;height:280px"
data-ad-client="ca-pub-1973764693216878"
data-ad-slot="5881289326">


Kalimat tersebut ditulis dalam bentuk Simple Present Tense. Sama halnya menyerupai klarifikasi pada kata ‘either’, kalau ingin memakai kata ‘neither’ atau ‘so’ untuk menyatakan persetujuan, maka perhatikan bentuk tenses dari pernyataan sebelumnya. Perhatikan pola berikut.


Present Simple : Jerry does not want to watch a movie. Neither do I.

(Jerry tidak mau menonton film. Saya juga tidak)


Present Continous : My sisters are going to the beach. So am I.

(Kakak – abang saya sedang pergi ke pantai. Saya juga)


Present Perfect : They have come to Padang three times. So have I.

(Mereka sudah pernah tiba ke Padang tiga kali. Saya juga)


Modal Verb : I will always want to learn how to cook. So will she.

(Saya selalu ingin berguru bagaimana cara memasak. Dia juga)


3. BOTH


Kata ‘Both’ dipakai untuk menyatakan dua hal (benda, orang, atau hal lainnya) yang melaksanakan acara (sebagai subjek), yang menerima perlakuan (objek), atau sebagai penjelas kata lainnya. Kata ‘Both’ ini akan selalu berpasangan dengan kata ‘and’, sehingga polanya ialah sebagai berikut:


Both … and …


Contoh:


• Both Bimo and Alif are playing football in the field now.

(Kedua Bimo dan Alif sedang bermain sepak bola di lapangan sekarang)

• The teacher was angry with both Dino and Faldan for fighting in the classroom.

(Guru tersebut murka kepada kedua Dino dan Faldan alasannya tubruk di dalam kelas)

• All of the students are both happy and excited to join the study trip.

(Semua murid bahagia dan bersemangat untuk mengikuti perjalanan studi)


Contoh Soal


Fill in the blank with either … or .., neither … nor …, atau both … and … !


1. … the blue dress … the white one is suitable for me on my birthday party.

2. The principal gave presents for … Intan … Diana for winning a speech competition.

3. I guess Galih is … kind … having an intention for giving me a cake this morning.

4. … Teddy … Ronald came to my house, and they brought my favorite cake.

5. Everybody does not like him, … he is stingy … very rude.


Kunci Jawaban:


1. Neither, nor

2. Both, and

3. Either, or

4. Both, and

5. Either, or


Demikianlah uraian mengenai Either, Neither, dan Both beserta pola soalnya. Semoga klarifikasi tersebut bermanfaat dan sanggup menambah pemahaman teman – teman wacana bahasa Inggris. Terima kasih.



Sumber https://ruangseni.com