Thursday, October 12, 2017

Oposisi Mars: Pengertian, Ciri- Ciri, Proses, Dan Dampak

 oposisi biasa diartikan sebagai posisi yang berlawanan Oposisi Mars: Pengertian, Ciri- ciri, Proses, dan DampakSeperti yang kita ketahui bersama, oposisi biasa diartikan sebagai posisi yang berlawanan. Namun dalam ilmu Astronomi, penyebutan oposisi suatu planet di tata surya ialah ketika planet yang bersangkutan terlihat sangat terang, lebih jelas daripada biasanya serta sanggup muncul sepanjang malam. Nah, yang dimaksud dengan oposisi Mars ialah ketika posisi planet Bumi berada di antara matahari dan planet Mars. Hal ini tentu saja akan menciptakan planet Mars jauh lebih jelas daripada biasanya, bahkan akan sanggup kita lihat sepanjang malam dari matahari terbenam sampai matahari terbit kembali.


 


Sebenarnya bukan planet Mars saja yang sanggup beroposisi dengan Bumi. Planet- planet superior (planet yang mengorbit matahari diluar orbit Bumi) juga sanggup beroposisi. Hanya saja, planet yang mungkin sanggup kita lihat memakai mata telanjang hanya tiga planet, yakni Mars, Jupiter dan Saturnus. Nah, posisi oposisi ini akan terjadi ketika Bumi berpapasan atau berada di bersahabat planet tersebut pada orbitnya. Maka pada ketika itulah planet tersebut akan terlihat sangat terang. Terangnya planet ini tidak lain lantaran terkena oleh pantulan sinar matahari yang berada di posisi yang berlawanan dengan planet yang bersangkutan tersebut.


Ciri- ciri Oposisi Mars


Peristiwa oposisi planet Mars mungkin akan kita ketahui ketika kita sudah melihat beberapa cirinya. Adapun ciri- ciri dari insiden oposisi Mars antara lain sebagai berikut:



  • Planet Mars terlihat lebih jelas daripada biasanya, bahkan terlihat sangat terang

  • Planet Mars akan terlihat sepanjang malam

  • Cemerlangnya kenampakan planet Mars akan mengalahkan bintang lain atau planet yang biasanya lebih terang


Nah itulah beberapa tanda dari datangnya oposisi Mars. Ciri atau tanda ynag disebutkan di atas sanggup kita lihat dari Bumi dan dengan mata telanjang apabila keadaan langit cerah. Apabila ingin lebih bersahabat melihat Mars, maka sanggup dilihat memakai teleskop. Hal ini tentu akan lebih menakjubkan.


Proses Terjadinya Oposisi Mars


Proses terjadinya oposisi Mars bekerjsama sangatlah sederhana. Terjadinya oposisi Mars tidak lain akan bersangkutan dengan kegiatan revolusi Bumi, yakni perputaran Bumi mengelilingi matahari. Untuk mengetahui lebih rinci atau lebih dalam mengenai proses terjadinya oposisi Mars, berikut ini merupakan poin- poinnya.



  1. Bumi melaksanakan revolusi Bumi pada orbitnya


Terjadinya insiden oposisi pastilah disebabkan lantaran adanya kegiatan revolusi planet. Revolusi planet ialah kegiatan planet yang mengelilingi matahari. Bumi akan mengelilingi matahari, sementara Mars juga. Orbit- orbit planet berbentuk Elips sehingga akan sangat beraturan. Karena orbitnya elips maka terkadang kita menemukan posisi yang sangat dekat, dan terkadang kita akan berada di posisi yang sangat jauh dengan suatu planet.



  1. Bumi berada pada posisi sejajar dengan planet Mars


Dalam kegiatan revolusi planet, maka akan dijumpai posisi sejajar dengan planet Mars. Posisi ini akan terjadi ketika Bumi melintas bersahabat dengan Planet Mars atau ketika papasan/ bertemu. Hal ini tentu akan terjadi lantaran kala revolusi Bumi lebih cepat atau pendek daripada planet- planet superior lainnya.



  1. Posisi Bumi berada antara Planet Mars dengan matahari pada satu garis lurus


Nah pada waktu berada atau berpapasan dengan planet Mars, maka pada ketika itu posis Bumi ada di tengah- tengah matahari dan Mars. Hal ini akan menciptakan ketiganya berada pada satu garis lurus.



  1. Mars akan terlihat lebih terang


Pada waktu berada di garis lurus itulah pantulan sinar matahari yang diterima oleh planet yang beroposisi lebih banyak. Hal ini akan berakibat pada terangnya palnet tersebut apabila dilihat dari Bumi.


Nah, itulah beberapa proses terjadinya oposisi Mars. Oposisis Mars akan menjadikan planet Mars lebih besar kelihatannya. Hal ini tidak terjadi setiap saat, melainkan hanya waktu- waktu tertentu saja.


Dampak Oposisi Mars pada Kehidupan Manusia


Sebenarnya tidak ada efek yang berarti dari adanya insiden ini. Dampak yang paling kelihatan ialah kenampakan planet Mars yang berkali- kali lebih jelas daripada biasanya. Hal ini menciptakan planet Merah ini semakin cemerlang dan sanggup kita nikmati bersama.


Waktu Terjadinya Oposisi Mars


Oposisi Mars tidak terjadi setiap saat. Bumi melewati di antara Matahri dan Mars setidaknya dalam waktu rata- rata 2 tahun 49 hari. Meskipun demikian jangka waktu antara satu oposisi dengan oposisi lainnya sanggup bervariasi, sanggup saja 2 tahun 1 bulan atau 2 tahun 2 bulan.


Selama ini banyak oposisi Mars yang telah terjadi dan menjadi fenomena alam yang menakjubkan. Beberapa insiden oposisi Mars yang telah terjadi antara lain sebagai berikut:



  • 22 Mei 2016

  • 6 Maret 2014

  • Tahun 2003


Fenomena Oposisi Mars di Tahun 2018


Oposisi Mars tahun ini akan terjadi pada tanggal 27 Juli 2018, di mana ketika itu jarak antara Mars dan Bumi mencapai 57,6 juta kilometer, dan akan mencapai puncaknya pada tanggal 31 Juli, yaitu dengan jarak 57,4 juta kilometer.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com