Wednesday, October 25, 2017

√ Pola Rpp Pkn Kelas 5 Semester I Dan Ii

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah     :  SDIT Al-akhyar Pondok Madinah
Mata Pelajaran    :  Pendidikan Kewarganegaraan                      
Kelas                     :  V (Lima)
Semester               :  I (Satu)
Alokasi Waktu     :  4 x 35 menit (2 pertemuan).

Standar Kompetensi**              
1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kompetensi Dasar                
1.1.    Medeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

A.  Tujuan Pembelajaran
§  Siswa sanggup mengetahui batas utara, selatan, timur, dan barat NKRI. ( NK. Demokratis : Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain )
§  Siswa sanggup mengetahui luas wilayah NKRI dengan menyebutkan posisi lintang dan bujurnya.  ( NK. Rasa ingin tahu : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar )
§  Siswa sanggup memahami tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
§  Siswa memahami fungsi wilayah darat NKRI.
§  Siswa memahami fungsi wilayah maritim NKRI.
§  Siswa memahami fungsi wilayah udara NKRI.

v  Karakter siswa yang dibutuhkan : 
§  Demokratis
§  Rasa ingin tahu.

B.  Materi Ajar
§  Batas wilayah NKRI, luas wilayah NKRI, posisi lintang dan bujurnya, serta tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
§  Fungsi wilayah darat, laut, dan udara NKRI.



C.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan Kontekstual.
§  Pendekatan Cooperative Learning.
§  Diskusi dengan sahabat sebangku.
§  Tanya jawab.
§  Ceramah.
§  Penugasan.

D.  Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§  Kegiatan Awal
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan iktikad masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
     Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
     Guru dan siswa bertanya jawab wacana fungsi peta dunia.

§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menyiapkan sebuah peta dunia yang besar dan sanggup dilihat oleh semua siswa.
F Guru menjelaskan batas-batas utara, selatan, timur, dan barat NKRI, sementara itu siswa menyimaknya.

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru menunjuk batas-batas tersebut pada peta secara acak dan berulang-ulang, dan siswa menebaknya dengan cepat. Dengan Demokratis
F Guru menyiapkan kelas diskusi.
F Siswa berdiskusi wacana tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI dengan panduan guru. Dengan Rasa ingin tahu
F Siswa menceritakan hasil diskusi secara bergiliran

& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab wacana hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memperlihatkan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
     Siswa dan guru bertanya jawab wacana materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
     Siswa dan guru menciptakan kesimpulan wacana materi yang telah dipelajari.
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan iktikad masing-masing.

Pertemuan Kedua
§  Kegiatan Awal
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama presensi, apersepsi dan iktikad masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
     Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
     Guru dan siswa bertanya jawab wacana pengalaman bepergian ke pegunungan, laut, dan pengalaman naik pesawat terbang.

§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru dan siswa bertanya jawab secara general wacana fungsi wilayah darat, laut, dan udara NKRI.

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru membagi jumlah siswa di kelas dalam 3 kelompok atau kelipatannya. Dengan Demokratis
F Guru mengundi topik darat, laut, atau udara untuk semua kelompok. Dengan Rasa ingin tahu
F Siswa berdiskusi wacana topik yang mereka dapatkan.
F Siswa melaporkan hasil dikusi secara verbal di depan teman-teman.
F Teman-teman dari kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok teman.

& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik nyata dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan penerima didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan klarifikasi terperinci penerima didik melalui banyak sekali sumber,
F memfasilitasi penerima didik melaksanakan refleksi untuk memperoleh pengalaman mencar ilmu yang telah dilakukan,
F memfasilitasi penerima didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan penerima didik yang menghadapi kesulitan, dengan memakai bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menuntaskan masalah;
Ø  memberi pola biar penerima didik sanggup melaksanakan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada penerima didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan penerima didik dan/atau sendiri menciptakan rangkuman/simpulan  pelajaran;
F melakukan evaluasi dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, acara pengayaan, layanan konseling dan/atau memperlihatkan kiprah baik kiprah individual maupun kelompok sesuai dengan hasil mencar ilmu penerima didik;
F menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
E.  Sumber/Bahan Belajar
§  Peta dunia.
§  Gambar/foto tempat-tempat indah di Indonesia yang memperlihatkan pemandangan darat, laut, dan udara.
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD Kelas V, terbitan Narasumber umum.
               F.  Penilaian  
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Demokratis : Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain

§ Rasa ingin tahu : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar
§ Menjelaskan pengertian NKRI
§ Menyebutkan dasar aturan NKRI.
§ Menjelaskan satuan kawasan otonom dalam NKRI.
§ Menjelaskan wacana kekerabatan luar negeri yang dilakukan NKRI
§  Menjelaskan fungsi pemilihan umum dan pengaruhnya terhadap NKRI.

§ Menunjukkan sisi utara selatan, timur, dan barat NKRI, serta menyebutkan nama negara atau perairan yang menjadi batas NKRI.
§ Menyebutkan posisi lintang dan bujur NKRI.
§ Memahami tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
§ Menjelaskan fungsi wilayah daratan NKRI.
§ Menjelaskan fungsi wilayah maritim NKRI.
§ Menjelaskan fungsi wilayah udara NKRI. 
§ Diskusi kelompok










§ Diskusi kelompok



§ Penilaian lisan.
§ Penilaian sikap (pengamatan perilaku).
§ Penilaian unjuk kerja (hasil diskusi).



§ Penilaian lisan.
§ Penilaian sikap (pengamatan perilaku).
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita dan keterlibatan dalam diskusi).
§ NKRI ialah ....
§ Indonesia merupakan negara berbentuk ....
§ Satuan kawasan otonom dalam NKRI contohnya ....
§ Indonesia mempunyai bentuk negara kesatuan lantaran ....
§ NKRI perlu mengadakan Pemilihan Umum  untuk ....



§ Batas utara NKRI ialah ....
§ Batas selatan  NKRI ialah ....
§ Batas barat NKRI ialah ....
§ Batas timur NKRI ialah ....
§ Indonesia terletak di ... derajat ...
§ sampai ... derajat ..., dan ... derajat ...
§ sampai ... derajat ....
§ Fungsi wilayah daratan NKRI ialah ....
§ Fungsi wilayah maritim NKRI ialah ....
§ Fungsi wilayah udara NKRI ialah ....
§ Zona Ekonomi Eksklusif ialah ....

Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1



&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* adakala Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* adakala Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 100
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat evaluasi KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        Makassar, 23 Oktober 2015
Mengetahui                                                     
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel PKN.


  H.Dzulkifli Dinar, LC                                             Evalina,S.Pd
  NIY  : 120 045 001                                             


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Nama Sekolah     :  SDIT Al-akhyar Pondok Madinah
Mata Pelajaran    :  Pendidikan Kewarganegaraan                                  
Kelas                     :  V (Lima)
Semester               :   I (Satu)
Alokasi Waktu    :  6 x 35  menit (3 pertemuan).

Standar Kompetensi**              
1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kompetensi Dasar                      
1.2.    Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

A.  Tujuan Pembelajaran
§  Siswa sanggup memahami arti penting keutuhan NKRI. ( NK. Bertanggung jawab : Sikap dan sikap seseorang untuk melaksanakan kiprah dan kewajibannya, yang seharusnya ia lakukan,terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa )
§  Siswa sanggup menjelaskan fungsi Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa. ( NIK. Semangat Kebangsaan : Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya )
§  Siswa sanggup menjelaskan makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi politik, sosial budaya, ekonomi, dan pertahanan-keamanan.

v  Karakter siswa yang dibutuhkan : 
§  Bertanggung jawab
§  Semangat Kebangsaan.

B.   Materi Ajar
§  Arti penting keutuhan NKRI
§  Fungsi Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa
§  Makna kesatuan wilayah Indonesia

C.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan Kontekstual.
§  Pendekatan Cooperative Learning.
§  Diskusi kelas.
§  Tanya jawab.
§  Ceramah.
§  Penugasan.

D.  Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§  Kegiatan Awal
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama presensi, apersepsi dan iktikad masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
     Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
     Guru bertanya kepada siswa wacana kegiatan apa saja yang siswa lakukan sehabis pulang dari sekolah.

§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru berceramah kepada siswa wacana kehidupan siswa yang tenang dan tenang dalam melaksanakan acara sehari-hari (sekolah, bermain, berpergian, dan lain-lain); hubungannya dengan keragaman dan kekayaan budaya; kedaulatan Indonesia sebagai negara kesatuan; serta   legalitas negara yang lengkap dengan aturan dan peraturan.

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F mengatur kelas diskusi dan membagi jumlah siswa dalam beberapa kelompok. Dengan Bertanggung jawab
F Siswa mendiskusikan arti penting keutuhan NKRI dengan panduan guru.
F Siswa menceritakan hasil diskusi secara bergiliran di depan teman-teman.
F Siswa lain menanggapi hasil diskusi kelompok teman

& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab wacana hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memperlihatkan penguatan  dan penyimpulan




§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab wacana materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Siswa dan guru menciptakan kesimpulan wacana materi yang telah dipelajari.
F Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan iktikad masing-masing.

Pertemuan Kedua
§  Kegiatan Awal
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan iktikad masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
     Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
     Guru dan siswa bertanya jawab wacana rutinitas siswa mencar ilmu di rumah.

§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru meminta seorang siswa membaca Pancasila dengan lantang di depan teman-teman, kemudian siswa lain menirukannya.
F Siswa memperhatikan gambar lambang kelima sila pada burung garuda, dan guru menjelaskan makna lambang tersebut.

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru menunjuk lambang sila pada gambar burung garuda secara acak dan siswa menebak menyebutkan isi silanya secara bersama-sama.
F Guru bercerita wacana sebab-seBab dirumuskannya Pancasila.
F Guru mengatur kelas untuk berdiskusi dan membagi siswa dalam beberapa kelompok. Dengan Semangat Kebangsaan
F Siswa mendiskusikan fungsi  Pancasila bagi NKRI dengan panduan guru.
F Siswa melaporkan hasil diskusi secara berkelompok

& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab wacana hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memperlihatkan penguatan  dan penyimpulan


§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab wacana materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu, untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Siswa dan guru menciptakan kesimpulan wacana materi yang telah dipelajari.
F Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan iktikad masing-masing untuk menutup pertemuan.

Pertemuan Ketiga
§  Kegiatan Awal
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan iktikad masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
     Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
     Guru mengajak siswa bertanya jawab wacana kebiasaan membaca buku.

§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru memperkenalkan kosakata dalam banyak sekali segi kehidupan bernegara (misalnya kata “politik”, “sosial”, “budaya”, “ekonomi”, “pertahanan-keamanan”), kemudian menjelaskan makna kata-kata itu secara general.

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab wacana makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi politik, sosial,  budaya, ekonomi, pertahanan-keamanan secara general. Dengan Bertanggung jawab
F Guru menyiapkan kelas diskusi.
F Siswa berdiskusi wacana makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi politik, sosial, budaya, ekonomi, dan pertahanan-keamanan.
F Siswa melaporkan hasil diskusi.

& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik nyata dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan penerima didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan klarifikasi terperinci penerima didik melalui banyak sekali sumber,
F memfasilitasi penerima didik melaksanakan refleksi untuk memperoleh pengalaman mencar ilmu yang telah dilakukan,
F memfasilitasi penerima didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan penerima didik yang menghadapi kesulitan, dengan memakai bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menuntaskan masalah;
Ø  memberi pola biar penerima didik sanggup melaksanakan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada penerima didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan penerima didik dan/atau sendiri menciptakan rangkuman/simpulan  pelajaran;
F melakukan evaluasi dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, acara pengayaan, layanan konseling dan/atau memperlihatkan kiprah baik kiprah individual maupun kelompok sesuai dengan hasil mencar ilmu penerima didik;
F menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

E.   Sumber/Bahan Belajar
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD Kelas V, terbitan Narasumber umum.)
§  Berbagai buku sejarah usaha bangsa.
§  Burung garuda Pancasila, beserta tamengnya.
§  Lagu ”Garuda Pancasila”

F.   Penilaian 
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Bertanggung jawab : Sikap dan sikap seseorang untuk melaksanakan kiprah dan kewajibannya, yang seharusnya ia lakukan,terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa
§ Semangat Kebangsaan : Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya
§ Memahami arti penting keutuhan NKRI.






§ Mampu menjelaskan fungsi Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa.






§ Mampu menjelaskan makna kesatuan wilayah Indonesia dari keempat segi kehidupan bernegara (politik, sosial budaya, ekonomi, pertahanan-keamanan).
§ Tugas individu.






Tugas berkelompok









Tugas individu
§ Penilaian daya nalar.
§ Penilaian unjuk kerja (hasil diskusi).




§ Penilaian lisan.
§ Penilaian daya nalar.
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita dan keterlibatan dalam diskusi).

§ Penilaian lisan.
§ Logika dan kreativitas contoh yang diberikan siswa.
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian anak mengungkapkan isi pikiran)
§ Apa maksud semboyan Bhinneka Tunggal Ika?
§ Apa saja usaha yang dilakukan pemimpin bangsa kita dahulu dalam mewujudkan NKRI?
§  Mengapa Indonesia berbentuk negara kesatuan?
§ Apa alasan dibentuknya Pacasila?
§ Apa fungsi Pancasila bagi NKRI?







§ Apa makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi ekonomi?
§ Apa makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi sosial-budaya?

Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1




&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* adakala Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* adakala Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 100
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat evaluasi KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        Makassar, 23 Oktober 2015
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel PKN.



  H.Dzulkifli Dinar,LC                                          Evalina,S.Pd
  NIY  : 120 045 001                                             


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah     :   SDIT Al-akhyar Pondok Madinah
Mata Pelajaran    :  Pendidikan Kewarganegaraan                                 
Kelas                     :  V (Lima)
Semester               :   I (Satu)
Alokasi Waktu    :  2 x 35 menit (1 pertemuan).

Standar Kompetensi**              
1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kompetensi Dasar                      
1.3.    Menunjukkan contoh-contoh sikap dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Indikator Pencapaian Kompetensi
§  Memahami prinsip-prinsip sikap memelihara keutuhan NKRI.


A.  Tujuan Pembelajaran
§  Siswa sanggup memberi contoh dan menentukan sikap yang baik dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. ( NK. Cinta tanah air : Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang memperlihatkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya,ekonomi, dan politik bangsa. )

v  Karakter siswa yang dibutuhkan : 
§  Cinta tanah air.

B.  Materi Ajar
§  Contoh-contoh atau ilustrasi sikap yang baik dalam menjaga keutuhan NKRI.

C.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan Kontekstual.
§  Pendekatan Cooperative Learning.
§  Tanya jawab.
§  Penugasan.


D.  Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§  Kegiatan Awal
     Guru mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan iktikad masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
     Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
     Guru mengajak siswa bertanya jawab wacana kegiatan pagi hari semenjak bangkit pagi hingga siswa berangkat ke sekolah.

§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab secara general wacana masalah-masalah keutuhan NKRI.

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru meminta siswa menyiapkan fotokopi gambar yang ada pada buku teks dan cryon atau pensil warna masing-masing.
F Siswa mulai bekerja mewarnai gambar yang ia pilih.  Dengan Cinta tanah air
F Siswa menceritakan isi gambar dan alasan menentukan gambar secara verbal dan bergantian di depan teman-teman
F Guru menyiapkan kelas diskusi.
F Siswa melaporkan hasil diskusi.

& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik nyata dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan penerima didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan klarifikasi terperinci penerima didik melalui banyak sekali sumber,
F memfasilitasi penerima didik melaksanakan refleksi untuk memperoleh pengalaman mencar ilmu yang telah dilakukan,
F memfasilitasi penerima didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan penerima didik yang menghadapi kesulitan, dengan memakai bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menuntaskan masalah;
Ø  memberi pola biar penerima didik sanggup melaksanakan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada penerima didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan penerima didik dan/atau sendiri menciptakan rangkuman/simpulan  pelajaran;
F melakukan evaluasi dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, acara pengayaan, layanan konseling dan/atau memperlihatkan kiprah baik kiprah individual maupun kelompok sesuai dengan hasil mencar ilmu penerima didik;
F menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

E.  Sumber/Bahan Belajar
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD Kelas V, terbitan Narasumber umum.)
§  Teman
§  Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

               F.  Penilaian  
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Cinta tanah air: Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang memperlihatkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya,ekonomi, dan politik bangsa
§ Memahami prinsip-prinsip sikap memelihara keutuhan NKRI.




§ Tugas individu.

§ Penilaian unjuk kerja (keberanian anak menentukan gambar dan kreativitas pewarnaan gambar)
§ Penilaian verbal dikala siswa menceritakan gambar dan alasan pemilihan gambar.
§ Apabila terjadi kerusuhan, sikap yang seharusnya diambil pegawanegeri penegak aturan ialah .... (gambar A atau gambar B).
§ Sikap pemeluk agama yang berlainan sebaiknya ialah .... (gambar a atau b)
§ Apabila melaksanakan demonstrasi, sikap yang seharusnya dilakukan para penerima demonstrasi ialah .... (gambar a atau b)
§ Apabila terjadi kerusuhan, sikap yang seharusnya diambil pegawanegeri penegak aturan ialah .... (gambar a atau b)


Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* adakala Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* adakala Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1



 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 100
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat evaluasi KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        Makassar, 23 Oktober 2015
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel PKN.



  H.Dzulkifli Dinar, LC                                         Evalina,S.Pd
  NIY  : 120 045 001                                             


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Nama Sekolah     :   SDIT Al-akhyar Pondok Madinah
Mata Pelajaran    :  Pendidikan Kewarganegaraan                                 
Kelas                     :  V (Lima)
Semester               :  (Satu)
Alokasi Waktu    :  4 x 35  menit (2 pertemuan).

Standar Kompetensi**                       
2.   Memahami peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah. 

Kompetensi Dasar                   
2.1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah.

A. Tujuan Pembelajaran
§  Siswa sanggup mengetahui dan nenyebutkan banyak sekali macam perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, tingkat pusat dan daerah.( NK. Menghargai Prestasi: Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang mempunyai kegunaan bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain. )
§  Siswa sanggup mengetahui dan menyebutkan perbedaan fungsi tiap peraturan yang berlaku di tingkat pusat dan daerah. ( NK. Bersahabat / Komuniktif : Tindakan yang memperlihatkan rasa bahagia berbicara,bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain )
v  Karakter siswa yang dibutuhkan : 
§  Menghargai, Prestasi
§  Bersahabat / Komuniktif
B.  Materi Ajar
§  Pengertian perundang-undangan.
§  Fungsi peraturan perundang-undangan.
C.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran 
§  Pendekatan Kontekstual.
§  Pendekatan Cooperative Learning.
§  Diskusi dengan sahabat sebangku.
§  Tanya jawab.
§  Ceramah.
§  Penugasan.

D.  Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§  Kegiatan Awal
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama , presensi, apersepsi dan iktikad masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
     Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
     Guru bertanya kepada siswa wacana kegiatan mereka dikala bangkit pagi.
§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diajak untuk membaca pengantar Bab Peraturan Perundang-Undangan.
F Siswa merumuskan pengertian/definisi peraturan perundang-undangan pusat dan kawasan secara individual. 
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melaporkan hasil pemikirannya secara lisan. Dengan Menghargai Prestasi.
F Siswa, disertai dengan panduan guru, menciptakan generalisasi definisi yang telah dibuat oleh semua siswa. Dengan Bersahabat / Komuniktif
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab wacana hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memperlihatkan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab wacana materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Siswa dan guru menciptakan kesimpulan materi yang telah dipelajari dan manfaat mencar ilmu merumuskan definisi.
F Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan iktikad masing-masing.

Pertemuan Kedua
§  Kegiatan Awal
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan iktikad masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
     Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru meminta siswa mengulang mengingat definisi peraturan perundang-undangan pusat dan kawasan yang telah dirumuskan pada pertemuan sebelumnya.  Dengan Bersahabat / Komuniktif
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru menyiapkan kelas diskusi. 
F Siswa berdiskusi wacana fungsi penting peraturan perundang-undangan pusat dan kawasan bagi individu dan masyarakat.
F Siswa melaporkan hasil diskusi.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik nyata dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan penerima didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan klarifikasi terperinci penerima didik melalui banyak sekali sumber,
F memfasilitasi penerima didik melaksanakan refleksi untuk memperoleh pengalaman mencar ilmu yang telah dilakukan,
F memfasilitasi penerima didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan penerima didik yang menghadapi kesulitan, dengan memakai bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menuntaskan masalah;
Ø  memberi pola biar penerima didik sanggup melaksanakan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada penerima didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan penerima didik dan/atau sendiri menciptakan rangkuman/simpulan  pelajaran;
F melakukan evaluasi dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, acara pengayaan, layanan konseling dan/atau memperlihatkan kiprah baik kiprah individual maupun kelompok sesuai dengan hasil mencar ilmu penerima didik;
F menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

E.  Sumber/Bahan Belajar
§  Artikel yang menceritakan banyak sekali peraturan perundang-undangan daerah, contohnya artikel wacana hak asasi manusia, keuangan daerah, atau larangan merokok di tempat umum.
§  Rekaman siaran isu televisi atau radio yang bekerjasama dengan banyak sekali peraturan perundang-undangan daerah.
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD Kelas V, terbitan Narasumber umum.)
               F.  Penilaian  
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Menghargai Prestasi: Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang mempunyai kegunaan bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
§ Bersahabat / Komuniktif : Tindakan yang memperlihatkan rasa bahagia berbicara,bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain
§ Menjelaskan pengertian perundang-undanan pusat dan daerah. 
§ Memahami perbedaan fungsi tiap peraturan yang berlaku di tingkat pusat dan daerah.
§ Mengetahui banyak sekali hal yang perlu diatur dengan undang-undang. 
§ Memahami alasannya ialah dan asas pembuatan undang-undang
§ Tugas individu.
§ Penilaian tertulis (kemampuan analitis).
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita)
§ Penilaian tertulis (kemampuan analitis).
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian anak menjelaskan pemikirannya)
§ Mengapa perlu dibuat peraturan perundang-undang-an?
§ Mengapa hak asasi insan perlu diatur berdasakan undang-uundang?

Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* adakala Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* adakala Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 100
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat evaluasi KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        Makassar, 23 Oktober 2015
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel PKN


  H.Dzulkifli Dinar, LC                                         Evalina,S.Pd
  NIY  : 120 045 001                                             


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah     :   SDIT Al-akhyar Pondok Madinah
Mata Pelajaran    :  Pendidikan Kewarganegaraan                                 
Kelas                     :  V (Lima)
Semester               :  1 (satu)
Alokasi Waktu    :  4 x 35  menit (2 pertemuan).

Standar Kompetensi**                       
2.   Memahami peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah.

Kompetensi Dasar                      
2.2. Memberikan contoh peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah, ibarat pajak, antikorupsi, kemudian lintas, dan larangan merokok.

A.  Tujuan Pembelajaran
§  Siswa mengetahui dan sanggup menyebutkan tata urutan perundang-undangan di Indonesia, serta memahami dan sanggup menjelaskan kandungan dan fungsi peraturan-peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. ( NK. Cinta Damai : Sikap, perkataan, dan tindakan yang menjadikan orang lain merasa bahagia dan kondusif atas kehadiran dirinya )

v  Karakter siswa yang dibutuhkan : 
§  Cinta Damai,

B.  Materi Ajar
§  Tata urutan peraturan perundang-undangan di Indonesia.
§  Contoh peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

C.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan Kontekstual.
§  Pendekatan Cooperative Learning.
§  Diskusi kelas dan diskusi kelompok.
§  Tanya jawab.
§  Ceramah.
§  Penugasan.


D.  Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§  Kegiatan Awal
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan iktikad masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
     Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
     Guru bertanya kepada siswa wacana kegiatan rutin siswa sehari-hari yang biasanya dilakukan secara berurutan (misalnya bangkit pagi, kemudian mandi, sekolah, pulang sekolah, bermain, kemudian menyapu halaman).
§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru mengajak siswa menyebutkan tata urutan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia  dengan bunyi lantang, secara bantu-membantu dan berulang-ulang.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru menyiapkan kartu berisi goresan pena nama perturan perundang-undangan di Indonesia. dengan Cinta Damai
F Guru mengacak urutan kartu itu, kemudian siswa mengurutkannya sesuai urutan yang benar. 
F Kegiatan tersebut dilakukan siswa secara bergantian
F membiasakan penerima didik membaca dan menulis yang bermacam-macam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi penerima didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan gres baik secara verbal maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menuntaskan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi penerima didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi penerima didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi penerima didik menciptakan laporan eksplorasi yang dilakukan baik verbal maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi penerima didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab wacana hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memperlihatkan penguatan  dan penyimpulan


§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru bertanya kepada siswa wacana pengalaman mencar ilmu hari itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Guru dan siswa menciptakan kesimpulan materi yang telah dipelajari, serta kesimpulan manfaat mempelajari materi tersebut.
F Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan iktikad masing-masing untuk mengakhiri pelajaran hari itu.

Pertemuan Kedua
§  Kegiatan Awal
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan iktikad masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
     Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
     Guru bertanya kepada siswa wacana pengalaman siswa memperhatikan peraturan larangan merokok di tempat umum, larangan menginjak rumput di taman kota, atau larangan berjualan di tempat tertentu.
§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menyiapkan artikel yang mengandung informasi wacana banyak sekali peraturan perundang-undangan kawasan untuk materi diskusi (misalnya artikel wacana larangan merokok di tempat umum atau larangan berjualan di tempat tertentu.

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan penerima didik membaca dan menulis yang bermacam-macam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi penerima didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan gres baik secara verbal maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menuntaskan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi penerima didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi penerima didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi penerima didik menciptakan laporan eksplorasi yang dilakukan baik verbal maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi penerima didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Guru menyiapkan kelas diskusi dan membagi kelompok.
F Siswa mengundi artikel untuk kelompok mereka masing-masing.
F Siswa berdiskusi dengan pengawasan guru.
F Siswa melaporkan hasil dikusi.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab wacana hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memperlihatkan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru bertanya kepada siswa wacana pengalaman mencar ilmu hari itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Guru dan siswa menciptakan kesimpulan materi yang telah dipelajari, serta kesimpulan manfaat mempelajari materi tersebut.
F Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan iktikad masing-masing untuk mengakhiri pelajaran hari itu. 

E.  Sumber/Bahan Belajar
§  Kartu berisi goresan pena urutan tata perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
§  Berbagai artikel di koran atau surat kabar wacana banyak sekali peraturan perundang-undangan pusat dan daerah.
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD Kelas V, terbitan Narasumber umum.)

               F. Penilaian   
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Cinta Damai : Sikap, perkataan, dan tindakan yang menjadikan orang lain merasa bahagia dan kondusif atas kehadiran dirinya
§ Mengetahui tata urutan perundang-undangan di Indonesia.
§  Memahami kandungan dan fungsi peraturan-peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia menurut hierarkinya.
§ Mengetahui akhir mematuhi peraturan dan undang-undang bagi individu dan masyarakat.
§ Mengetahui akhir melanggar peraturan dan undang-undang bagi individu dan masyarakat.
§ Tugas       
§ kelompok.








§ Tugas individu.
§ Penilaian tertulis (kemampuan analitis).
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian anak menjelaskan pemikirannya)

§ Penilaian tertulis (kemampuan analitis).
§ Penilaian unjuk kerja .
§ UUD 1945 merupakan peraturan yang terdapat pada tataran .... dan  berfungsi sebagai .... (dan lain-lain)





§ Apa akhir melanggar peraturan kawasan yang berisi larangan  merokok di tempat umum?

Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* adakala Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* adakala Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1













&   Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 100
v  Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat evaluasi KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                                         Makassar, 23 Oktober 2015
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel PKN.



  H.Dzulkifli Dinar, LC                                            Evalina,S.Pd
  NIY  : 120 045 001                                             






































                                                                                       





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah     :   ..................................
Mata Pelajaran    :  Pendidikan Kewarganegaraan                                  
Kelas                     :  V (lima)
Semester               :   2 (Dua)
Alokasi Waktu    :  4 x 35 menit (2 pertemuan).

Standar Kompetensi**                       
3. Memahami kebebasan berorganisasi.

Kompetensi Dasar                   
3.1. Mendekripsikan pengertian organisasi

A.  Tujuan Pembelajaran
§  Siswa sanggup menjelaskan pengertian organisasi.  ( NK. Senang membaca : Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca banyak sekali bacaan yang memperlihatkan kebajikan bagi dirinya )
§  Siswa sanggup menyebutkan contoh-contoh tujuan organisasi. ( NK. Peduli sosial : Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi tunjangan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan )
§  Siswa sanggup menyebutkan contoh-contoh anggota organisasi.
§  Siswa sanggup menyebutkan contoh struktur organisasi.
§  Siswa sanggup merumuskan contoh tata tertib organisasi.

v  Karakter siswa yang dibutuhkan : 
§  Senang membaca,
§  Peduli sosial,

B.  Materi Ajar
§  Pengertian organisasi
§  Ciri-ciri organisasi.
     Tujuan organisasi.
     Anggota organisasi.
     Struktur organisasi.
     d. Tata tertib organisasi. 


C.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan Kontekstual.
§  Pendekatan Cooperative Learning.
§  Diskusi dengan sahabat sebangku.
§  Tanya jawab.
§  Ceramah.
§  Penugasan.

D.  Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§  Kegiatan Awal
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama , presensi, apersepsi dan iktikad masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
     Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
     Guru bertanya pada siswa wacana organisasi yang ada di sekolah.
§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mencoba menciptakan definisi kata “organisasi”. 
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan penerima didik membaca dan menulis yang bermacam-macam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi penerima didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan gres baik secara verbal maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menuntaskan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi penerima didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi penerima didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi penerima didik menciptakan laporan eksplorasi yang dilakukan baik verbal maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi penerima didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Guru menyiapkan kelas diskusi, kemudian mengundi namajenis-jenis organisasi yang ada di lingkungan sekolah dan masyarakat untuk dibahas oleh tiap kelompok.
F Siswa mendiskusikan dan mencatat tujuan organisasi tersebut secara tertulis.
F Siswa mendiskusikan dan mencatat siapa yang menjadi anggota dalam organisasi tersebut.Didasarkan Senang membaca
F Siswa melaporkan pekerjaannya di depan teman-teman secara lisan.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab wacana hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memperlihatkan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab wacana materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Siswa dan guru menciptakan kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
F Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan iktikad masing-masing untuk mengakhiri pelajaran.

Pertemuan Kedua
§  Kegiatan Awal
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama , presensi, apersepsi dan iktikad masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
     Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
     Guru bertanya pada siswa, peraturan apa saja yang ada di sekolah, serta siapa yang akan menghukum siswa kalau mereka melanggar peraturan itu.
§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menyiapkan diagram besar berisi hierarki kepemimpinan di sekolah.
F Guru bertanya kepada siswa wacana fungsi tiap jabatan dalam hierarki tersebut.
F Siswa menyiapkan pekerjaan yang telah dibuat dalam pertamuan sebelumnya.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan penerima didik membaca dan menulis yang bermacam-macam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi penerima didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan gres baik secara verbal maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menuntaskan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi penerima didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi penerima didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi penerima didik menciptakan laporan eksplorasi yang dilakukan baik verbal maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi penerima didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Siswa melanjutkan pekerjaan tersebut, yaitu menciptakan diagram hierarki kepemimpinan/struktur organisasi yang telah mereka kerjakan pada pertemuan sebelumnya.
F Siswa mendaftar sejumlah peraturan yang ia ketahui pada organisasi tersebut. Dengan Peduli sosial
F Siswa melaporkan pekerjaannya di depan teman-teman secara lisan.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab wacana hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memperlihatkan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab wacana materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Siswa dan guru menciptakan kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
F Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan iktikad masing-masing untuk mengakhiri pelajaran.

E.  Sumber/Bahan Belajar
§  Gambar diagram struktur organisasi apa saja yang ada di lingkungan sekolah.
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD Kelas V, terbitan Narasumber umum.)
§  Lingkungan sekolah.
§  Masyarakat sekitar dan lingkungan kehidupan siswa di luar sekolah.

               G.  Penilaian 
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Senang membaca : Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca banyak sekali bacaan yang memperlihatkan kebajikan bagi dirinya
§ Peduli sosial : Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi tunjangan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan
§ Mendeskripsikan pengertian organisasi.
§ Menyebutkan contoh-contoh tujuan organisasi.
§ Menyebutkan contoh-contoh anggota organisasi.

§ Merumuskan contoh struktur organisasi.
§ Merumuskan contoh tata tertib organisasi.
§ Tugas kelompok.
§ Observasi.








§ Penilaian tertulis.
§ Penilaian unjuk kerja (kepercayaan diri anak dalam berimajinasi).
§ Keterlibatan anak dalam diskusi.
§ Menurutmu, siapakah yang berhak menjadi anggota organisasi pecinta perangko?



§ Siapa pemegang jabatan tertinggi di sekolahmu?

Format Kriteria Penilaian      
&  1. Produk ( hasil diskusi )         
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* adakala Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* adakala Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

&   Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v  Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat evaluasi KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel PKN.



  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah     :   ..................................
Mata Pelajaran    :  Pendidikan Kewarganegaraan                                  
Kelas                     :  V (Lima)
Semester               :  2 (Dua)
Alokasi Waktu    :  2 x 35 menit (1 pertemuan).

Standar Kompetensi**                       
3. Memahami kebebasan berorganisasi

Kompetensi Dasar
3.2  Menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat.

A.  Tujuan Pembelajaran
§  Siswa sanggup menyebutkan banyak sekali macam organisasi di masyarakat, serta menjelaskan tujuan, anggota, struktur, dan tata tertib organisasi-organisasi tersebut.  ( NK. Peduli lingkungan : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi )

v  Karakter siswa yang dibutuhkan : 
§  Peduli lingkungan,

B.   Materi Ajar
§  Contoh-contoh organisasi di sekolah dan masyarakat, beserta tujuan, anggota, struktur, tata tertib, dan fungsi organisasi tersebut bagi individu dan masyarakat

C.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan Kontekstual.
§  Pendekatan Cooperative Learning.
§  Diskusi kelas.
§  Tanya jawab.
§  Ceramah.
§  Penugasan.



D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§  Kegiatan Awal
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama , presensi, apersepsi dan iktikad masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
     Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
     Guru bertanya jawab kepada siswa wacana banyak sekali organisasi yang ada di lingkungan tempat tinggal siswa atau organisasi apa saja yang diketahui oleh siswa (misalnya posyandu, karang taruna, forum les piano, atau klub sepak bola).  
§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diajak menyebutkan banyak sekali organisasi yang ada di lingkungan sekolah dan masyarakat.  Dengan Peduli lingkungan
F Guru memperlihatkan ceramah kepada siswa wacana fungsi organisasi-organisasi di sekolah dan masyarakat.
F Guru memperlihatkan ceramah kepada siswa wacana manfaat bergabung dengan sebuah organisasi di sekolah atau masyarakat. .
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan penerima didik membaca dan menulis yang bermacam-macam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi penerima didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan gres baik secara verbal maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menuntaskan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi penerima didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi penerima didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi penerima didik menciptakan laporan eksplorasi yang dilakukan baik verbal maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi penerima didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Guru memberi kiprah kepada siswa untuk menuliskan 2 organisasi yang pernah, sedang, atau akan diikuti oleh siswa di lingkungan sekolah dan masyarakat, atau organisasi apa pun yang diketahui siswa.
F Siswa mengerjakan tugas.
F Guru memberi kiprah kepada siswa untuk menuliskan tujuan, anggota, struktur, dan tata tertib yang berlaku di kedua organisasi itu.
F Siswa mengerjakan tugas.
F Guru menyelidiki pekerjaan siswa.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab wacana hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memperlihatkan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab wacana materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Siswa dan guru menciptakan kesimpulan materi yang telah dipelajari.
F Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan iktikad masing-masing.

E.   Sumber/Bahan Belajar
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD Kelas V, terbitan Narasumber umum.)
§  Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
§  Teman.
§  Para pengurus dan anggota organisasi yang ada di sekolah dan masyarakat.
§  Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, masyarakat, dst.

               F.   Penilaian 
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Peduli lingkungan : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi
§ Menjelaskan tujuan, anggota, struktur, dan tata tertib banyak sekali organisasi di sekolah dan masyarakat.
§ Tugas kelompok.
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian unjuk kerja.
§ Tujuan organisasi Pramuka ialah ...
§  Jelaskan perbedaan organisasi dan perkumpulan!
§  Sebutkan organisasi apa saja yang ada di sekolahmu!
§  Sebutkan organisasi masyarakat yang ada di sekitar rumahmu!

Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* adakala Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* adakala Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

&   Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v  Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat evaluasi KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel PKN.


  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah     :   ..................................
Mata Pelajaran    :  Pendidikan Kewarganegaraan                                  
Kelas                     :  V (Lima)
Semeste                 :   2 (dua)
Alokasi Waktu    :  2 x 35 menit (1 pertemuan).

Standar Kompetensi**                       
3. Memahami kebebasan berorganisasi

Kompetensi Dasar
3.3. Menampilkan kiprah serta dalam menentukan organisasi di sekolah.

A.  Tujuan Pembelajaran
§  Siswa bisa mengenal organisasi, memilih organisasi untuk diikuti, dan menjelaskan alasan menentukan organisasi tersebut. ( NK. Demokratis :  Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain. )

v  Karakter siswa yang dibutuhkan : 
§  Demokratis,

B.   Materi Ajar
Contoh-contoh atau ilustrasi perilaku yang baik dan jelek dalam menentukan dan memanfaatkan organisasi yang ada di masyarakat.

C.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan Kontekstual.
§  Pendekatan Cooperative Learning.
§  Diskusi kelas.
§  Tanya jawab.
§  Ceramah.
§  Penugasan.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§  Kegiatan Awal
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama , presensi, apersepsi dan iktikad masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
     Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menyiapkan pensil warna atau cryon, serta fotokopi gambar
F Siswa menentukan gambar dan mewarnainya. 
F Siswa menceritakan gambar dan alasan mememilih gambar.
F Guru menyelidiki pekerjaan siswa.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan penerima didik membaca dan menulis yang bermacam-macam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna; dengan Demokratis
F memfasilitasi penerima didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan gres baik secara verbal maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menuntaskan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi penerima didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi penerima didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi penerima didik menciptakan laporan eksplorasi yang dilakukan baik verbal maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi penerima didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab wacana hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memperlihatkan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab wacana materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Siswa dan guru menciptakan kesimpulan materi yang telah dipelajari.
F Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan iktikad masing-masing.

E.   Sumber/Bahan Belajar
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD Kelas V, terbitan Narasumber umum.)
§  Teman.
§  Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

F.   Penilaian 
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Demokratis :  Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain
§ Memahami prinsip-prinsip mengenal organisasi, serta sikap dalam menentukan dan memanfaatkan organisasi.
§ Tugas individu.

§ Penilaian unjuk kerja (keberanian anak menentukan gambar dan krea-tivitas pewar-naan gambar)
§ Untuk membantu menjaga kesehatan murid-murid di sekolah,  Made sebaiknya
§ Apabila Robert bercita-cita menjadi penegak hukum, di sekolah sebaiknya Robert bergabung dengan ....
§ Agar sanggup mempelajari banyak sekali keterampilan untuk hidup di alam terbuka, di sekolah sebaiknya Dina bergabung dengan ....


 Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1




&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* adakala Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* adakala Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

&  Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v  Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat evaluasi KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel PKN.



  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Nama Sekolah     :   ..................................
Mata Pelajaran    :  Pendidikan Kewarganegaraan                                  
Kelas                     :  V (Lima)
Semeste                 :  II (Dua)
Alokasi Waktu    :  2 x 35 menit (1 pertemuan).

Standar Kompetensi**                       
4.   Menghargai keputusan bersama.  

Kompetensi Dasar
4.1 Mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama.

A.    Tujuan Pembelajaran
§  Siswa sanggup menjelaskan definisi keputusan bersama. ( NK. Menghargai, Prestasi : Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang mempunyai kegunaan bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain )
§  Siswa sanggup menjelaskan bentuk-bentuk keputusan bersama. ( NK. Kerja Keras : Perilaku yang memperlihatkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi banyak sekali kendala mencar ilmu dan tugas, serta menuntaskan kiprah dengan sebaik-baiknya )
§  Siswa sanggup menjelaskan prinsip-prinsip musyawarah dan mufakat.

v  Karakter siswa yang dibutuhkan : 
§  Menghargai, Prestasi,
§  Kreatif

B.     Materi Ajar
§  Pengertian keputusan bersama.
§  Bentuk-bentuk keputusan bersama.
§  Kemauan bermusyawarah untuk mufakat.

C.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan Kontekstual.
§  Pendekatan Cooperative Learning.
§  Diskusi dengan sahabat sebangku.
§  Tanya jawab.
§  Ceramah.
§  Penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§  Kegiatan Awal
F Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan iktikad masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
F Guru bertanya kepada siswa wacana peraturan yang beraku di rumah dan telah ditetapkan oleh oangtua, contohnya jam pulang sekolah, kiprah menyiram bunga, dan tanggung jawab memberi makan binatang peliharaan.
§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru dan siswa bertanya jawab wacana pengertian keputusan bersama, bentuk-bentuk keputusan bersama, dan musyawarah untuk mufakat.  Dengan Menghargai, Prestasi
F Siswa menuliskan pemahamannya wacana definisi keputusan bersama pada secarik kertas, kemudian mengumpulkannya kepada guru.
F Seorang siswa membacakan semua definisi yang ditulis teman, kemudian semua siswa membahasnya bersama guru. Dengan Kerja Keras
F Siswa dan guru menciptakan generalisasi definisi keputusan bersama menurut definisi yang telah dibuat oleh tiap siswa.
F Siswa menyebutkan jenis-jenis keputusan bersama, dan guru menuliskannya di papan tulis.
F Siswa maju ke depan kelas satu per satu, kemudian menuliskan satu manfaat wacana musyawarah dan mufakat.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan penerima didik membaca dan menulis yang bermacam-macam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi penerima didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan gres baik secara verbal maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menuntaskan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi penerima didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi penerima didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi penerima didik menciptakan laporan eksplorasi yang dilakukan baik verbal maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi penerima didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab wacana hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memperlihatkan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab wacana materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Siswa dan guru menciptakan kesimpulan materi yang telah dipelajari.
F Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan iktikad masing-masing.

E.     Sumber/Bahan Belajar
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD Kelas V, terbitan Narasumber umum.)
§  Orang tua.
§  Teman.

F.   Penilaian 
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Menghargai, Prestasi : Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang mempunyai kegunaan bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain
§ Kerja Keras : Perilaku yang memperlihatkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi banyak sekali kendala mencar ilmu dan tugas, serta menuntaskan kiprah dengan sebaik-baiknya
§ Memahami definisi keputusan bersama.
§ Memahami  bentuk-bentuk keputusan bersama.
§ Memahami  prinsip-prinsip  musyawarah dan mufakat.
§ Tugas individu.



§ Penilaian lisan.
§ Penilaian sikap.
§ Penilaian unjuk kerja
§ Mengapa keputusan bersama dianggap penting?

Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* adakala Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* adakala Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

&   Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v  Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat evaluasi KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel PKN.


  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah     :   ..................................
Mata Pelajaran    :  Pendidikan Kewarganegaraan                                  
Kelas                     :  V (Lima)
Semester               : II (Dua)
Alokasi Waktu    :  2 x 35 menit.

Standar Kompetensi**                       
4.   Menghargai keputusan bersama.  

Kompetensi Dasar                               
4.2.    Memahami keputusan bersama.

A.    Tujuan Pembelajaran
§  Siswa sanggup menjalankan banyak sekali bentuk keputusan bersama, serta melaksanakan hasil musyawarah. ( NK. Menghargai, Prestasi : Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang mempunyai kegunaan bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain )
§  Siswa sanggup menentukan sikap yang sempurna terhadap keputusan bersama. ( NK. Bersahabat / Komunikatif : Tindakan yang memperlihatkan rasa bahagia berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain )

v  Karakter siswa yang dibutuhkan : 
§  Menghargai, Prestasi,
§  Bersahabat / Komunikatif,

B.     Materi Ajar
§   Reaksi terhadap keputusan bersama.

C.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan Kontekstual.
§  Pendekatan Cooperative Learning.
§  Diskusi dengan sahabat sebangku.
§  Tanya jawab.
§  Ceramah.
§  Penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan
§  Kegiatan Awal
F Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan iktikad masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
F Guru bertanya kepada siswa wacana pengalaman mendapatkan peraturan yang ditetapkan oleh orangtua, contohnya kiprah menjaga adik, pembatasan waktu bermain, atau pengurangan jumlah uang jajan.
§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru meminta siswa berkonsentrasi mendengarkan cerita/contoh kasus yang akan dibacakan oleh guru. Dengan Menghargai, Prestasi
F Guru mengarahkan siswa lain untuk menanggapi tanggapan sahabat mereka, mengoreksi benar/salah, memperlihatkan masukan/saran wacana cara bersikap, serta memperlihatkan persetujuan terhadap sikap yang dipilih teman, atau memuji keputusan sahabat dalam menanggapi kasus yang diceritakan guru. Dengan Bersahabat / Komunikatif
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan penerima didik membaca dan menulis yang bermacam-macam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi penerima didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan gres baik secara verbal maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menuntaskan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi penerima didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi penerima didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi penerima didik menciptakan laporan eksplorasi yang dilakukan baik verbal maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi penerima didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab wacana hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memperlihatkan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab wacana materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Siswa dan guru menciptakan kesimpulan materi yang telah dipelajari.
F Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan iktikad masing-masing.

E.     Sumber/Bahan Belajar
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD Kelas V, terbitan Narasumber umum.) 
§  Orangtua.
§  Teman.
§  Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

F.     Penilaian 
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Menghargai, Prestasi : Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang mempunyai kegunaan bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain
§ Bersahabat / Komunikatif : Tindakan yang memperlihatkan rasa bahagia berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain
§ Memahami definisi dan bentuk-bentuk keputusan bersama, serta musyawarah dan mufakat..
§ Menentukan sikap yang sempurna terhadap keputusan bersama.
§ Tugas individu
§ Penilaian sikap.
§ Penilaian unjuk kerja.
§ Keluargamu menyebarkan kiprah membersihkan rumah. Kemu tidak bahagia membersihkan kamar mandi. Tetapi ayah menunjukmu membersihkan kamar mandi.
§ Apa pendapat Ayahmu wacana sikap ayahmu?
§ Di kelasmu sedang ada pemilihan ketua kelas. Ada dua calon ketua kelas, yaitu kau dan Robert. Kamu ingin menjadi ketua kelas. Akan tetapi, wali kelasmu pribadi menentukan Robert sebagai ketua kelas.
   Apa yang kau rasakan dikala mendengar keputusan tersebut?
   Apa pendapatmu wacana sikap wali kelasmu?
                               
Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* adakala Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* adakala Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

&   Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v  Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat evaluasi KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel PKN.



  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :








Sumber http://risalridwan.blogspot.com