Thursday, November 2, 2017

√ Cara Menonaktifkan Gutenberg Dan Beralih Ke Editor Usang Wordpress

Lapaklama.com » Cara Menonaktifkan Gutenberg dan Beralih Ke Editor Lama WordPress


WordPress beberapa waktu yang kemudian melaksanakan update besar-besaran pada versi 5.0, salah satu faktor yang paling menyita perhatian yaitu berubahnya halaman editor wordpress yang usang ke tampilan yang gres atau biasa dikenal sebagai Gutenberg.


Sebenarnya sebelum wordpress menjadikan Gutenberg sebagai halaman editor wordpress secara defaul. wordpress sudah memperkenalkannya terlebih dahulu dalam bentuk plugin. Namun sayang perubahan yang dilakukan ini justru bukan menciptakan pengguna wordpress lebih gampang namun malah lebih sulit. dan banyak pengguna yang ingin beralih ke editor wordpress yang lama.


Tidak sedikit pula pengguna wordpress yang tidak tahu cara menonaktifkan gutenberg dan kembali ke editor lama. jikalau kau termasuk orang yang tidak tahu. silahkan simak klarifikasi kami dibawah ini.


Santai sob. bukan kau saja kok yang mencicipi kesulitan / binggung dengan halaman editor gres wordpress ini. saya pribadi yang sudah bertahun-tahun memakai wordpress aja juga kebingungan dengan tampilan dan tataletak halaman editor wordpress yang gres ini.


Kesulitan pada ketika pengeditan dimana memasukkan teks gres atau menghapus teks yang sudah ada sangat menyulitkan, dan juga untuk memformat goresan pena rata kanan rata kiri juga tidak bisa, hal ini benar-benar menciptakan saya lambat bekerja dengan editor WordPress.


Nah di artikel ini saya ingin membantu teman-teman pengguna wordpress yang ingin kembali memakai halaman editor wordpress versi lama. namun sebelumnya saya juga ingin sedikit membahas mengenai apa itu Gutenberg.


Gutenberg Adalah


 Cara Menonaktifkan Gutenberg dan Beralih Ke Editor Lama WordPress √ Cara Menonaktifkan Gutenberg dan Beralih Ke Editor Lama WordPressGutenberg yaitu editor WordPress gres yang hadir di WordPress versi 5.0 dimana editor ini bertujuan untuk memodernisasi pengalaman menulis WordPress yang lebih baik dan membawa begitu banyak fitur gres untuk menggantikan editor WordPress WYSIWYG.


Gutenberg ini bergotong-royong hadir untuk memudahkan pengguna wordpress gres ataupun lama. dengan memakai system drag and drop banyak sekali macam item kedalam halaman atau postingan artikel gres yang akan kita buat. Namun hasil evaluasi yang didapatkan justru kebalik dengan tujuan dibuatnya Gutenberg. jikalau tujuannya bergotong-royong untuk memudahkan pengguna wordpress justru Gutenberg menjadi momok yang menciptakan pengguna wordpress malas mengupdate artikel.


Lalu bagaimana cara menonaktifkan Gutenberg dan beralih ke editor usang wordpress ?


Cara Menonaktifkan Gutenberg dan Beralih Ke Editor Lama WordPress itu bergotong-royong sangatlah mudah. kau hanya perlu menginstall plugin dan mengaktifkanya dan menjadikannya sebagai halaman editor wordpress kamu.  maka semuan sudah ter atasi. Nah dari pada kau binggung mending kau eksklusif simak saja tutorial dibawah ini.


Cara Beralih Ke Editor Lama WordPress


 Cara Menonaktifkan Gutenberg dan Beralih Ke Editor Lama WordPress √ Cara Menonaktifkan Gutenberg dan Beralih Ke Editor Lama WordPressHal pertama yang harus kau lakukan yaitu menginstall plugin yang berjulukan Classic Editor kemudian aktifkan plugin tersebut.


Lalu masuk kehalaman Setting » Writing. dan kemudian pilih Classic Editor pada pilihan Default editor for all Users


Setelah kau melaksanakan langkah gampang diatas. kau akan menemukan sajian gres yang ditambahkan pada daftar postingan artikel kamu. sajian tersebut yaitu Classic editor dan Block Editor menyerupai pada gambar dibawah ini. Cara Menonaktifkan Gutenberg dan Beralih Ke Editor Lama WordPress √ Cara Menonaktifkan Gutenberg dan Beralih Ke Editor Lama WordPress


Jika kau ingin mengedit postingan kau memakai halaman editor usang maka silahkan pilih sajian Classic Editor namun jikalau kau ingin mengedit memakai halaman editor wordpress yang gres silahkan pilih Block Editor.


Baca Juga:




Sebenarnya berdasarkan saya pribadi layanan editor wordpress yang gres (Gutenberg) yaitu langkah maju yang dilakukan oleh wordpress. dan didalam Gutenberg terdapat banyak sekali fitur gres yang tbelum tentu ada dihalaman editor lama. oleh alasannya itulah kau harus pelan-pelan mempelajari haya halaman Gutenberg alasannya tidak menutup kemungkinan wordpress hanya akan memakai halaman editor Gutenberg saja dan menonaktifkan halaman classic editor.


Nah itulah panduan Cara Menonaktifkan Gutenberg dan Beralih Ke Editor Lama WordPress. jikalau kau tertarik dan suka dengan artikel ini silahkan berlangganan artikel terbaru lapaklama via email secara gratis.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com