Wednesday, February 28, 2018

√ Pengertian Caldera Open Linux Dan Red Hat

Pengertian Caldera Open Linux dan Red hat







                Linux, yaitu sistem operasi bertipe unix, yang merupakan salah satu hasil perangkat lunak bebas (free OS) yang arahan sumbernya sanggup dimodofokaso, digunakan, serta didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.
                Dan didalam makalah ini, akan di jelaskan mengenai dua os linux (unix) yang sudah atau sedang berkembang yaitu Caldera Open Linux dan juga Redhat.

Dasar Teori

                Os Unix pertama kali dikembangkan dan diimplementasikan pada tahun 1960-an dan pertama kali dirilis pada 1970. Faktor ketersediaan dan kompabilitasnya yang tinggi memnyebabkan Unix sanggup digunakan, disalin serta dimodifikasi secara luas oleh perguruan tinggi dan pebisnis.
                Dalam segi desain linux didesain menurut os unix yang dikembangkan dari tahun 1970-an hingga 1980-an. Banyak fungsi-fungsi linux tingkat tinggi yang di tangani oleh beberapa perusahaan. Userland GNU merupakan cuilan penting yang menyediakan shell dan peralatan-peralatan yang menangani banyak fungsi-fungsi dasar os linux.
                Sekarang banyak terdapat distro linux yang dibentuk oleh individu, grup, perusahaan maupun forum lainnya dan masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Contoh distro (distribusi) linux diantaranya ialah :
-          Ubuntu
-          Sabily (ubuntu muslim edition)
-          Kubuntu
-          Xubuntu
-          SuSU
-          Fedora
-          Chromeos
-          Redhat
-          ClearOS
-          CentOS
-          Debian
-          Knoppix
-          Xandros
-          Caldera
-          Backtrack
-          Mandriva dan lainnya.


A.      Caldera Open Linux

1.       Pengertian dan Sejarah Caldera Open linux
Caldera open linux ialah distribusi linux mati yang dibentuk oleh bekas System Caldera , yang kini berjulukan SCO group. Pada 1997 saham Caldera telah di ambil dan Caldera beralih menjadi produk linux tingkat tinggi. Linux ini menjadi lebih kaya dikarenakan fitur dan perangkat lunaknya. Namun, menjadi komunitasnya menjadi berkurang dan lebih jarang di liris daripada distribusi linux lainnya. Selama 5 tahun caldera menyampaikan beberapa tambahan untuk linux. Mereka menambahkan perangkat lunak yang memungkinkan aplikasi windows sanggup berjalan pada linux. Karena banyak pelanggan mereka yang memakai dualboot setup , maka mereka menambahkan partition magic yang berkhasiat untuk mempartisi ulang harddisk mereka. Mereka juga membentuk kemitraan yang berpengaruh dengan SCO untuk menambah nilai jual mereka dan pada jadinya linux caldera menyampaikan 3 versi, yaitu :
-          Lite ialah versi yang bebas untuk did0wnl0ad dan digunakan siapa saja.
-          Basis ialah versi caldera yang di tambah dengan beberapa fitur dengan membayar $99.
-          Standar ialah versi caldera yang full (lengkap) dengan membayar seharga $299.






Tampilan Caldera

2.       Argumentasi mengenai Caldera Open linux
Caldera ialah tanggapan bagi yang menyampaikan bahwa Linux itu sulit di-instalasi atau dipakai. Telah terpilih sebagai pemenang Desktop 99 oleh LinuxWorld, alasannya ialah dianggap gampang terutama bagi yang masih berat meninggalkan Windows. Caldera sanggup di-instalasi dari Windows (auto run), menciptakan partisi (PartitionMagic) lalu sanggup dijalankan berdampingan (coexist) dengan Windows.



  1. Red Hat
1.      Pengertian dan sejarah Red Hat
Red Hat ialah salah satu perusahaan terbesar dan dikenal untuk pengabdian atas perangkat lunak sumber bebas. Red Hat didirikan pada 1993 dan bermarkas di releigh, Carolina utara, Amerika. Red Hat populer alasannya ialah produknya Red Hat Linux salah satu distro utama Linux.
Pada tahun 1993 Bob Young mendirikan ACC Corporation, bisnis katalog yang menjual perhiasan perangkat lunak Linux dan UNIX. Pada tahun 1994 Marc Ewing menciptakan distribusi linux sendiri, yang dinamai Red Hat Linux. Ewing merilisnya pada tahun 1995, dan keduanya bergabung menjadi Red Hat software, dengan Young menjabat sebagai CEO.
Red Hat Linux 1.0 dirilis pada 3 November 1994, awalnya disebut “Red Hat Commercial Linux” yang pertama kali memakai RPM package manager yang lalu diikuti oleh distro lain menyerupai mandriva dan SUSE Linux. Pada 2003, Red Hat telah menghentikan produksi Red Hat Linux namun mengeluarkan Red Hat Enterprise Linux (RHEL) untuk lingkungan perusahaan (tidak gratis), serta Fedora (yang dikembangkan oleh masyarakat dengan proteksi Fedora dan disponsori oleh Red Hat) sebagai versi gratis bagi lingkungan rumahan. Red Hat Linux 9, rilis terakhir, secara resmi diakhiri pada 30 April 2004, meskipun proteksi masih diberikan oleh proyek Fedora Legacy hingga awal 2007.






Tampilan Red Hat Linux





2.       Proyek – proyek yang dibentuk olen Red Hat
-          Fedora Project
Red Hat mensposori Fedora Project yaitu proyek sumber terbuka  yang didukung oleh komunitas/masyarakat yang bertujuan untuk mempromosikan kemajuan pengembangan pengembangan perangkat lunak dan konten sumber terbuka.

-          One Laptop per Child (OLPC)
One Laptop Per Child yaitu sebuah organisasi nirlaba yang didirikan oleh MIT Media Lab) untuk merancang dan menghasilkan sebuah laptop murah semoga setiap anak di dunia menerima kanal atas komunikasi terbuka, pengetahuan terbuka, dan pembelajaran terbuka. Laptop XO-1, komputer proyek ini, memakai versi khusus Fedora sebagai sistem operasi.

-          Mugshot
Red Hat mensponsori Mugshot, proyek terbuka untuk membangun “sebuah pengalaman hidup sosial” berbasis hiburan, menyerupai web browsing, sharing musik dan sebagainya, keduanya ada dalam fitur mugshot.
                Dan banyak lagi proyek-proyek lainnya sebagai Dogtail, Red Hat Magazine dan juga Red Hat Exchange.


3.       Pesaing Red Hat
Pesaing utama Red Hat ialah Sun Microsystems, canonical Ltd. (penghasil ubuntu), Mandriva, Microsoft, Novell, Oracle, IBM dan SUSE.








Sumber http://insauin.blogspot.com