Sunday, March 25, 2018

√ 9 Cara Biar Olahraga Memperabukan Banyak Kalori

Olahraga berkhasiat untuk menciptakan tubuh tetap bugar dan memungkinkan untuk menurunkan berat tubuh yang berlebih.

Saat olahraga, tubuh akan memperabukan kalori secara optimal. Untuk menurunkan berat tubuh maka perlu berolahraga secara intens.

 Olahraga berkhasiat untuk menciptakan tubuh tetap bugar dan memungkinkan untuk menurunkan berat  √ 9 Cara Agar Olahraga Membakar Banyak Kalori
Ilustrasi Olahraga | Photo credit: Shutterstock.com / By Stefanovic Mina

Berikut beberapa tips memperabukan kalori secara maksimal di dalam tubuh:

1. Hindari Makan Sampai Kekenyangan

Jangan salah sangka, makan hingga kenyang boleh-boleh saja, yang dilarang yaitu makan hingga kenyang berlebihan (kekenyangan).

Hati-hati terhadap porsi makan yang terlalu besar. Makan terlalu kenyang menciptakan Anda malas bergerak dan tidak bersemangat, selain juga berdampak jelek pada kesehatan.

Untuk mencegah kekenyangan, terapkan contoh makan dengan sedikit porsi tapi frekuensinya ditingkatkan.

Misalnya Anda makan 3 kali dalam sehari, maka mulai kini Anda makan 4-5 kali dalam sehari tapi dengan porsi lebih kecil.

Berikut efek jelek sering kekenyangan:
  • Menggagalkan aktivitas diet.
  • Menimbulkan rasa malas.
  • Penurunan kemampuan berpikir, menalar dan daya ingat.
  • Penurunan rasa percaya diri.
  • Resiko depresi dan kecemasan.
  • Resiko penyakit berbahaya menyerupai hipertensi, stroke, kolesterol tinggi, diabetes, dan penyakit jantung.


2. Olahraga

Olahraga yaitu potongan dari hidup, khususnya bagi Anda yang sedang berjuang memperabukan kalori berlebih di dalam tubuh.

Usahakan konsisten/rutin dalam berolahraga, tidak mengapa olahraga hanya dilakukan selama 20 menit tapi harus dilakukan setiap hari (minimalnya 5 kali dalam seminggu).

Itu lebih baik daripada olahraga dengan durasi usang (misalnya 1 jam) tapi hanya sekali seminggu.

Lakukan variasi olahraga, sehingga menciptakan olahraga terasa menyenangkan dan tidak membosankan. Variasi olahraga juga diharapkan biar semua potongan tubuh mendapat latihan.

Olahraga tidak perlu harus ke sentra kebugaran, yang penting mengetahui mana olahraga yang paling cocok. Olahraga harus dalam keadaan senang.

Olahraga jogging memperabukan 550-900 kalori dalam sejam, kalau Anda sudah terbiasa maka akan ketagihan untuk terus-menerus jogging.

Berenang memperabukan 500-800 kalori, olahraga ini akan membentuk sendi dan bentuk tubuh secara umum.

Lompat tali memperabukan 700-1100 kalori, olahraga ini menciptakan seluruh tubuh bergerak. Selain itu melatih koordinasi antara mata, tangan dan kaki.

Berlari akan memperabukan 900-1500 kalori dalam sejam. Saat berlari (apalagi sprint) kalori akan terbakar dalam jumlah besar.

Anda bisa melaksanakan sprint (dengan interval sesuai kemampuan) dan lari sedang. Jika Anda berlari sedang, jaga kecepatan di atas 13 km/jam.

Berikut olahraga lainnya:
  • Tenis, memperabukan 600-900 kalori dalam sejam
  • Sepakbola, 600-900 kalori
  • Naik-turun tangga, 650-900 kalori
  • Hoki, 650-900 kalori
  • Bela diri, 700-1100 kalori

Hal lainnya yang penting diketahui dalam olahraga yaitu pemulihan dan istirahat. Jangan hingga Anda berolahraga secara berlebihan, berolahraga lah sesuai kemampuan.

3. Bergerak Adalah Bagian Hidup

Dengan lebih banyak bergerak maka pembakaran kalori dalam tubuh lebih maksimal.

Buang jauh-jauh sifat malas bergerak. Sering mager (malas bergerak) menjadi penyebab terbesar seseorang mengalami obesitas/kegemukan.

Jika ingin kalori dalam tubuh dibakar dengan cepat, maka pastikan Anda menjadi orang yang suka bergerak.

Beberapa tips biar Anda lebih sering bergerak:
  • Saat di kantor, lebih baik gunakan tangga daripada lift.
  • Di sela-sela waktu, Anda bisa mengayunkan kaki, ataupun bangkit melaksanakan gerakan-gerakan sederhana.
  • Termasuk kalau Anda sedang tidak ada kerjaan, Anda bisa mondar-mandir atau melaksanakan peregangan daripada hanya sekedar duduk diam.
  • Saat di rumah, sesekali bisa menciptakan teh/kopi sendiri, jangan menyuruh istri terus.
  • Hal-hal lainnya yang pada dasarnya menciptakan Anda sering bergerak.

Ingat, Saat bergerak maka sedikit-banyak akan terjadi pembakaran kalori di dalam tubuh!

loading...

4. Latihan Beban

Jika memungkinkan, latihan angkat beban juga sanggup Anda lakukan, keuntungannya akan meningkatkan metabolisme tubuh dan tentunya memperabukan kalori.

Jumlah kalori yang dibakar juga signifikan. Latihan beban akan melatih sistem jaringan otot, selain itu proses pembakaran kalori tetap berlangsung walaupun dalam kondisi istirahat sesudah latihan.

5. Hindari Stres

Sebuah penelitian oleh ilmuwan dari University of California, San Francisco, menemukan bahwa sering stres berkaitan dengan peningkatan timbunan lemak di perut.

Saat kondisi stres, hormon kortisol merangsang nafsu makan yang tidak terkendali (berlebihan), selain itu juga memperlambat metabolisme tubuh. Hal-hal inilah yang memicu penumpukan lemak dalam tubuh.

Agar olahraga Anda sukses untuk menurunkan berat badan, maka hindari pikiran yang terlalu berat alasannya yaitu memicu stres.

Hal-hal lainnya yang perlu diketahui:

6. Minum air putih yang cukup. Ini sangat penting biar proses pembakaran kalori berjalan optimal, biar Anda terhindar dari dehidrasi, juga mencegah Anda dari makan berlebihan.

7. Hindari alkohol. Konsumsi alkohol akan menekan sistem saraf sentra tubuh yang pada kesudahannya memperlambat metabolisme tubuh.

8. Tidur yang cukup. Penelitian menunujukan bahwa tidur hanya empat jam sehari menyebabkan gangguan proses pengolahan karbohidrat dalam tubuh.

9. Minum segelas air dengan sepotong lemon di pagi hari membantu untuk memperabukan kalori tubuh, manfaat lainnya yaitu sebagai pembersih dalam tubuh (detoks) yang sangat baik.

Sumber http://www.freshbugar.com