Download Kompetensi Inti/Dasar (KI-KD) Mata Pelajaran (Mapel) Bahasa Indonesia SMK-MAK Terbaru Tahun 2019
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI dan KD) Mata Pelajaran SMK-MAK Terbaru Tahun 2019 didasarkan pada Peraturan Dirjen Dikdasmen Kemendikbud Nomor: 464/D.D5/KR/2018 perihal kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran muatan nasional (a), muatan kewilayahan (b), dasar bidang keahlian (c1), dasar kegiatan keahlian (c2) dan kompetensi keahlian (c3).
Berikut ialah isi dari kompetensi dasar dan kompetensi mata pelajaran (mapel) Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah kejuruan dan MAK terbaru:
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Semua Bidang Keahlian
Program Keahlian : Semua Program Keahlian
Kompetensi Keahlian : Semua Kompetensi Keahlian
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Jam pelajaran : 320 JP (@ 45 Menit)
Tujuan kurikulum meliputi empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan aliran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pertolongan nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta mengatakan sikap sebagai potongan dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak pribadi (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi penerima didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam membuatkan huruf penerima didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) | KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
---|---|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi perihal pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Bahasa Indonesia pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagiandari keluarga, sekolah, duniakerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional. | 4. Melaksanakan kiprah spesifik dengan memakai alat, informasi, dan mekanisme kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan problem sesuai dengan bidang kajian bahasa Indonesia.Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abnormal terkait denganpengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, mengakibatkan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung. |
Download KI-KD Mapel Bahasa Indonesia SMK-MAK Terbaru Tahun 2019
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
---|---|
3.1 Memahami laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dipresentasikan dengan verbal dan tulis | 4.1 Menyajikan isi teks (intisari) laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan menurut interpretasi baik secara verbal maupun tulis |
3.2 Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan | 4.2 Mengonstruksikan teks laporan observasi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik verbal maupun tulis |
3.3 Mendeskripsikan(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang didengar dan atau dibaca | 4.3 Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara verbal dan/tulis |
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan | 4.4 Mengonstruksikan teks eksposisi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan |
3.5 Menganalisis teks anekdot dari aspek makna tersirat | 4.5 Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot baik verbal maupun tulis |
3.6 Mengevaluasi struktur dan kebahasaan teks anekdot | 4.6 Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik verbal maupun tulis. |
3.7 Mendeskripsikan nilai-nilai dan isi yang terkandung dalamcerita rakyat (hikayat) baik verbal maupun tulis | 4.7 Menceritakan kembali isi kisah rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca |
3.8 Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan kisah rakyat dan cerpen | 4.8 Mengembangkan kisah rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai |
3.9 Menguraikan butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel | 4.9 Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca |
3.10 Menganalisis pengajuan, | 4.10 Menyampaikan pengajuan, |
penawaran dan persetujuan dalam teks perundingan berkaitan dengan bidang pekerjaan verbal maupun tertulis | penawaran, persetujuan dan epilog dalam teks perundingan berkaitan dengan bidang pekerjaan secara verbal atau tulis |
3.11 Mengevaluasi isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks perundingan berkaitan dengan bidang pekerjaan | 4.11 Mengonstruksikan teks perundingan berkaitan dengan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan |
3.12 Menganalisis permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan akibat dari debat berkaitan dengan bidang pekerjaan untuk menemukan esensi dari debat | 4.12 Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dansimpulan dari debat berkaitandengan bidang pekerjaan secara verbal untuk mengatakan esensi dari debat |
3.13 Menganalisis isi debat berkaitan dengan bidang pekerjaan (permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan) | 4.13 Mengembangkan permasalahan/ warta dari aneka macam sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat berkaitan dengan bidang pekerjaan |
3.14 Menganalisis butir-butir penting yang sanggup diteladani dari teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan | 4.14 Menyajikan hal-hal yang sanggup diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca secara tertulis |
3.15 Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teksbiografi berkaitan denganbidang pekerjaan | 4.15 Membuat teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan baik verbal maupun tulis |
3.16 Menganalisis suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca | 4.16 Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo) |
3.17 Menganalisis unsur pembangun puisi | 4.17 Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan) | |
3.18 Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca | 4.18 Menyajikan replikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi |
3.19 Menganalisis informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme berkaitan dengan bidang pekerjaan | 4.19 Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme berkaitan bidang pekerjaan dengan organisasi yang sempurna secara verbal dan tulis |
3.20 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks mekanisme berkaitan dengan bidang pekerjaan | 4.20 Mengembangkan teks mekanisme berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan |
3.21 Menganalisis informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan verbal dan tulis | 4.21 Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara verbal dan tulis |
3.22 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan | 4.22 Memproduksi teks eksplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara verbal atau tulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan |
3.23 Menganalisis informasi berupa permasalahan nyata yang disajikan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan | 4.23 Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan nyata sebagai materi untuk disajikan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan |
3.24 Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan | 4.24 Mengonstruksi ceramah berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan memakai struktur yang tepat |
3.25 Mendeskripsikan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca | 4.25 Menyajikan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) berkaitan dengan bidang pekerjaan |
3.26 Menemukan butir-butir penting dari dua buku | 4.26 Menyajikan persamaan dan perbedaan isi dua buku |
pengayaan berkaitan dengan bidang pekerjaan (nonfiksi) yang dibaca | pengayaan berkaitan dengan bidang pekerjaan (nonfiksi) yang dibaca |
3.27 Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca | 4.27 Menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca |
3.28 Mendeskripsikan informasi penting yang ada dalam proposal kegiatan atau penelitian berkaitan dengan bidang pekerjaan | 4.28 Melengkapi informasi dalam proposal berkaitan dengan bidang pekerjaan semoga lebih efektif |
3.29 Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal berkaitan dengan bidang pekerjaan | 4.29 Merancang sebuah proposal karya ilmiah berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan informasi, tujuan, dan esensi karya ilmiah yang diperlukan |
3.30 Menganalisis informasi, tujuan dan esensi sebuah karyailmiah berkaitan denganbidang pekerjaan yang dibaca | 4.30 Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam karya ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan |
3.31 Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan | 4.31 Mengonstruksi sebuah karya ilmiah berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan |
3.32 Membandingkan isi aneka macam resensi berkaitan dengan bidang pekerjaan untuk menemukan sistematika sebuah resensi | 4.32 Menyajikan isi sebuah resensi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi |
3.33 Menganalisis kebahasaan resensi dalam kumpulan cerpen atau novel setidaknya dua karya yang berbeda | 4.33 Mengkonstruksi sebuah resensi dari buku kumpulan kisah pendek atau novel yang sudah dibaca |
3.34 Menganalisis alur cerita, babak demi babak, dan konflik dalam drama yang dibaca atau ditonton | 4.34 Mempertunjukkan salah satu tokoh dalam drama yang dibaca atau ditonton secara lisan |
3.35 Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton | 4.35 Mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan |
3.36 Menganalisis pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku | 4.36 Menyusun ulasan terhadap pesan dari dua buku kumpulan puisi yang |
kumpulan puisi) yang dibaca | dikaitkan dengan situasi kekinian |
3.37 Mendeskripsikan isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca | 4.37 Menyajikan akibat sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara verbal maupun tulis |
3.38 Menganalisis unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan | 4.38 Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan |
3.39 Menganalisis informasi, yang meliputi orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam kisah sejarah verbal atau tulis | 4.39 Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi kisah sejarah dalam sebuah teks eksplanasi |
3.40 Menganalisis kebahasaan kisah atau novel sejarah | 4.40 Menulis kisah sejarah pribadi dengan memerhatikan kebahasaan |
3.41 Mendeskripsikan informasi (pendapat, alternatif solusi dan akibat terhadap suatu isu) dalam teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan | 4.41 Menyeleksi ragam informasi sebagai materi teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan baik secara verbal maupun tulis |
3.42 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan | 4.42 Merancang teks editorial berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara verbal maupun tulis |
3.43 Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan kisah pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca | 4.43 Menyusun laporan hasil diskusi buku perihal satu topik baik secara verbal maupun tulis |
3.44 Menganalisis isi teks iklan sesuai bidang pekerjaan | 4.44 Mengonstruksi makna dan tujuan isi teks iklan sesuai bidang pekerjaan |
3.45 Menganalisis struktur dan ciri kebahasaan teks iklan sesuai bidang pekerjaan | 4.45 Menyusun teks iklan sesuai bidang pekerjaan dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara verbal maupun tulis |
3.46 Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel berkaitan dengan bidang pekerjaan yang | 4.46 Menyusun opini dalam bentuk artikel berkaitan dengan bidang pekerjaan |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
dibaca | |
3.47 Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan | 4.47 Mengonstruksi sebuah artikel berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan |
3.48 Mendeskripsikan isi dan sistematika surat dinas berkaitan dengan bidang pekerjaan | 4.48 Menyajikan akibat sistematika dan unsur-unsur isi surat dinas berkaitan dengan bidang pekerjaan baik secara verbal maupun tulis |
3.49 Menganalisis unsur kebahasaan surat dinas yang sesuai bidang pekerjaan | 4.49 Menyusun surat dinas yang berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan |
Selengkapnya, Kompetensi Inti/Dasar (KI-KD) Mata Pelajaran (Mapel) Bahasa Indonesia SMK-MAK Terbaru Tahun 2019 sanggup di-d0wnl0ad pada tautan berikut:
Download Kompetensi Inti/Dasar (KI-KD) Mata Pelajaran (Mapel) Bahasa Indonesia SMK-MAK Terbaru Tahun 2019 Sumber http://www.informasiguru.com