Monday, March 19, 2018

√ Memahami Pengertian Dan Fungsi Management Instrumentation (Wmi)

komputerdia.com - Banyak sekali langkah yang sanggup kalian lakukan untuk mendapat  suatu data atau warta ihwal system komputer yang yangkalian pakai ketika ini, umpamanya ibarat kapasitas serta penggunaan hard disk, kapasitas serta pemakaian memory, sistem yang berjalan, dan lain-lain. Pada system operasi Windows sendiri, warta ihwal system komputer sanggup kalian terusan dengan cara-cara ibarat dibawah ini :  
  • Menu-menu yang ada pada grup hidangan Administrative Tools Component Services, 
  • Computer Management, 
  • Event Viewer, 
  • System Configuration , 
  • Melalui perintah msinfo32 pada command prompt (cmd) , atau mungkin dengan menggunakan Windows Management Instrumentation (WMI).
Window Management Instrumentation (WMI) merupakan tehnologi yang dikembangkan oleh Microsoft yang memungkinkan kalianuntuk melakukan beberapa pekerjaan management Windows dengan metode scripting (programatikal) dari mulai proses query untuk memperoleh data atau warta pada suatu system komputer , baik secara lokal maupun dengan jaringan yang berbda hingga dengan otomatisasi suatu proses pada system windows tersebut. 

Baca Juga :

Fungsi Management Instrumentation (WMI)


  1. Melaksanakan query ke system operasi untuk memperoleh warta mengenai system computer, ibarat : sistem yang tengah aktif, aplikasi yang terinstall, penggunaan memory, penggunaan hard disk, dan lain-lain ; 
  2. Menggerakkan sistem atau aplikasi melalui mode scripting, pola : membuka aplikasi dengan automatis ; 
  3. Membuat aktivitas (schedule) untuk menggerakkan sistem pada ketika tertentu ; 
  4. Mengelola computer lokal maupun remote (membutuhkan kewenangan terusan computer serta dibutuhkannya jaringan internet).

Arsitektur Management Instrumentation (WMI)

Berikut ini yaitu keterangan gambar yang mewakili dari bentuk atau arsitektur Management Instrumentation (WMI)

Banyak sekali langkah yang sanggup kalian lakukan untuk mendapat  √ Memahami Pengertian dan Fungsi Management Instrumentation (WMI)

1. WMI Providers dan Managed Object

WMI Providers yaitu sebuah object COM (Component Object Model) yang memonitor satu atau lebih managed object untuk WMI. Managed Object yaitu komponen logic atau komponen fisik (seperti sistem operasi, process, service, hard drive, network adapter dll) yang akan dimonitor oleh object COM.


2. WMI Infrastructure

WMI Infrastructure yaitu komponen pada sistem operasi Microsoft Windows. terdiri atas komponen : WMI service (termasuk WMI core) dan WMI Repository. WMI Repository merupakan kumpulan namespace WMI ibarat root\default, root\cimv2, root\subscription, dll. WMI service berfungsi sebagai mediator antara provider, aplikasi management, dan WMI Repository.

Baca Juga :


3. WMI Consumers

WMI Consumers yaitu aplikasi atau script yang berinteraksi dengan WMI Infrastructure. Aplikasi untuk memanage WMI sanggup berupa query, enumerate data, menjalankan methods pada provider, atau subscribe pada events.WMI sanggup diimplementasikan secara pribadi melalui Command Line atau melalui penulisan script secara programatikal. 

Mekanisme yang sanggup dipakai untuk menghubungkan WMI dan sistem warta ke dalam WMI script disediakan oleh WMI Providers berupa : WMI Scripting Library’s SWbemLocator object dan WMI moniker.

Moniker dipandang lebih powerful alasannya yaitu memungkinkan digunakannya satu baris instruksi untuk mendeskripsikan dan memperoleh data pada sebuah WMI object maupun kumpulan WMI object

Sumber http://www.komputerdia.com