Friday, March 30, 2018

√ Mengenal Aplikasi Office (Word, Excel, Powerpoint)

Aplikasi (software) office merupakan perangkat lunak yang umumnya dipergunakan untuk membuat, mengelola dan mengedit dokumen-dokumen perkantoran menyerupai surat-menyurat, sertifikat, buku, data rinci barang, data keuangan, presentasi dan lain-lainnya.

Secara umum perangkat pengolahan office terbagi menjadi 3 macam :

Pengolahan Kata

Perangkat lunak (software) pengolah kata kini ini semakin menarik dengan tampilan dan fitur-fitur yang banyak. Dari banyak sekali software yang sudah tersedia baik berbayar ataupun gratis antara lain Microsoft Office Word, Kinsoft Writter, Notepad dan lainnya. Setiap software tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Di Indonesia khususnya, banyak pengguna software office lebih mengenal dan mempergunakan perangkat lunak dari Micorsoft yang kita kenal sebagai Microsoft Office Word. Beberapa kelebihan yang dimiliki MS. Word yakni tampilan sederhana namun menarik, User Friendly, fitur yang banyak, dapat kinerja dari yang sederhana hingga rumit.

Pengolahan Angka dan Data

Perangkat lunak pengolah angka dan data merupakan aplikasi komputer yang dipergunakan untuk mengolah dan mengelola data-data yang sederhana hingga rumit. Data-data tersebut dapat berbentuk angka dan daftar-daftar yang banyak. Sebagai pola pada pengelolaan daftar induk siswa,  daftar rincian dana dari beberapa tahun dan lain sebagainya.

Software yang mempunyai akomodasi untuk pengelolaan angka dan data ini disebut sebagai software Spreadsheets. Software ini antara lain Microsoft Office Excel, Kingsoft Spreadsheets. Pada spreadsheets, memungkinkan kita untuk memasukkan daftar yang banyak dan panjang, diagram, gambar atau logo. Selain itu pula data-data (misalnya angka) kita akan lebih gampang alasannya yakni dimanjakan software untuk menghitung dengan cepat dan tepat.

Pengolahan Presentasi

Pengolahan materi materi yang dipergunakan untuk penyampaian di kelas, seminar atau rapat lebih sempurna memakai software presentation (perangkat lunak untuk presentasi). Bahan materi yang disampaikan dengan singkat, padat dan jelas. Dengan memakai software ini, kita selain dapat mengolah kata-kata, kalimat, paragraf singkat penting juga dapat menambahkan foto, suara yang satu setnya dapat diberi efek animasi goresan pena dan pergantian slide. Beberapa software tersebut diantaranya yakni Microsoft Office Powerpoint, Kingsoft Presentation.
Sumber http://menofschool.blogspot.com