Definisi ihwal apa itu "kecerdasan" sebagaimana pandangan Spearman telah banyak menimbulkan kita percaya dan yakin hanya satu cara supaya anak menjadi cerdas. Definisi kecerdasan berdasarkan pandangan Spearman merupakan kemampuan kognitif general yang sanggup diukur dan dinyatakan dengan angka. Oleh alasannya yakni itu, cukup banyak orang bau tanah anak bertanya “seberapa cerdas anak saya?” dan mencari balasan dari hasil ujian yang dinyatakan dengan angka.
|
Original Source from : http://blog.temantakita.com/kecerdasan-majemuk/ |
Dalam kenyataannya, setiap anak sanggup menjadi
cerdas dengan
jalannya masing-masing. Kenyataan tersebut yang lalu diteorikan menjadi "
Kecerdasan Mmajemuk" oleh
Howard Gardner. Menurutnya,
kecerdasan yakni kemampuan untuk memecahkan duduk kasus dan membuat produk yang mempunyai nilai budaya. Dalam pengertian lain, kecerdasan yakni kemampuan komputasi seseorang, kemampuan seseorang dalam mengolah jenis warta tertentu.
Satu dari
6 prinsip kecerdasan majemuk menyatakan bahwa
ada banyak jalan biar anak menjadi cerdas. Jumlah jalan menjadi cerdas tak terbatas, sebanyak variasi komposisi
8 kecerdasan majemuk yang dimiliki oleh seorang anak. Makara jalan menjadi cerdas bukan hanya 1 jalan, bahkan bukan hanya 8 jalan, tapi tak terbatas jumlahnya, tersusun dari 8 kecerdasan beragam berikut ini.
Kecerdasan Aksara
Kecerdasan Aksara adalah kecerdasan mengelola
bahasa, baik mulut maupun tertulis. Anak dengan kecerdasan huruf berpikir dengan kata-kata, di dalamnya meliputi kepandaian dalam berbahasa untuk berbicara, menulis, membaca, menghubungkan, dan menafsirkan.
Kecerdasan Alam
Kecerdasan Alam yakni kemampuan memahami
alam untuk menjaga keseimbangan. Anak dengan kecerdasan alam mempunyai keterkaitan yang besar lengan berkuasa dengan alam semesta. Ia lebih peka terhadap aneka macam tanda-tanda alam, tumbuhan maupun hewan.
Kecerdasan Diri
Kecerdasan Diri adalah kemampuan dalam
memahami dan mengelola diri. Anak dengan kecerdasan diri peka terhadap emosi, ide, impian dan motivasi yang dirasakannya.
Kecerdasan Imaji
Kecerdasan Imaji adalah kemampuan memahami, mengelola dan membuat
imaji dari suatu obyek dan ruang. Anak dengan kecerdasan imaji akan lebih peka pada warna atau bentuk dari sebuah obyek.
Kecerdasan Logika
Kecerdasan Logika adalah kemampuan dalam memahami dan mengelola
hubungan logis antara dua kejadian atau simbol. Anak dengan kecerdasan logika berpikir dengan penalaran, yaitu mencari korelasi sebuah warta dengan warta lainnya, contohnya korelasi alasannya yakni dan akibat.
Kecerdasan Musik
Kecerdasan Musik adalah kemampuan dalam memahami dan mengelola
nada dan irama untuk mengekspresikan sebuah pandangan gres atau emosi. Anak dengan kecerdasan musik mempunyai kepekaan dalam mengetahui dan membedakan bunyi yang berirama dengan yang acak.
Kecerdasan Relasi
Kecerdasan Relasi adalah kemampuan memahami orang lain untuk
membangun kekerabatan sosial. Anak dengan kecerdasan kekerabatan mempunyai kepekaan terhadap keadaan, suasana hati, impian dan perilaku orang lain, serta jeli terhadap perubahan perilaku orang lain.
Kecerdasan Tubuh
Kercerdasan Tubuh adalah kemampuan dalam memahami dan
mengelola badan untuk berkarya atau mengekspresikan emosi. Kecerdasan badan berkaitan dengan kepekaan menyadari perubahan posisi, tekanan, dan keseimbangan tubuh. Sumber http://menofschool.blogspot.com