Sunday, March 18, 2018

√ Metode Pembelajaran

Dengan banyaknya pemikiran, penelitian, eksperimen dalam bidang pendidikan, banyak pula perkembangan untuk menimbulkan pencapaian pendidikan yang lebih baik. Beberapa metode dalam pembelajaran pun juga merupakan hasil yang dari inovasi gres pada pendidikan dan merupakan alat untuk pencapaian tujuan dari pendidikan itu sendiri.

Sumber Foto Dari : aciknadzirah.blogspot.com/search?q=kedudukan-pemilihan-dan-penentuan
Setiap metode dalam pendidikan dan pengajaran membawa kepada hasil yang berbeda dengan menurut kebutuhan akseptor didik, tujuan, latar belakang dan kemampuan mereka. Metode pengajaran mempunyai kelebihan masing-masing dan juga kekurangan yang terdapat di dalamnya. Sehingga yang perlu dilakukan yaitu penyesuaian dengan kondisi pada pembelajaran itu sendiri.

Berikut beberapa metode dalam pembelajaran :

1. Metode Ceramah

Sumber Foto Dari : http://panduanguru.com/jenis-metode-pembelajaran-metode-ceramah/

Metode yang umum sekali dipergunakan dalam pembelajaran yaitu metode ceramah. Metode ini dikembangkan dengan cara penyampaian dari guru, instruktur, pemateri atau nara sumber eksklusif kepada akseptor didik. Metode ceramah merupakan metode satu arah. Pembicara menyampaikan bahan didengarkan dan diterima oleh peserta.

2. Metode Diskusi

Sumber Foto Dari : aciknadzirah.blogspot.com/search?q=kedudukan-pemilihan-dan-penentuan
Metode diskusi yaitu metode pembelajaran dengan memakai kemampuan akseptor didik untuk saling membuatkan pengetahuan dan pengalaman yang diolah lalu dibahas dalam pokok-pokok pembahasan tertentu. Peserta didik memberikan pengetahuan dan pengalaman mereka yang lalu akseptor didik lain memberi pertanyaan atas permasalahan yang berkaitan dengan topik pembahasan. Satu sama lain dari akseptor didik bisa memberikan pemikiran dan pendapat mereka masing-masing dengan argumen-argumen.

3. Metode Debat

Sumber Foto Dari : aciknadzirah.blogspot.com/search?q=kedudukan-pemilihan-dan-penentuan
Metode pembelajaran dengan debat merupakan metode yang hampir menyerupai dengan diskusi. Setiap akseptor mengolah gosip yang mereka sanggup dan menjadikannya argumen-argumen. Namun pada metode debat mengantarkan akseptor dalam dua atau lebih versi pendapat (benar atau salah) dengan menurut argumen-argumen yang kuat dan logis.

4. Metode Presentasi

Sumber Foto Dari : aciknadzirah.blogspot.com/search?q=kedudukan-pemilihan-dan-penentuan

Presentasi yaitu suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak orang. Berbeda dengan pidato yang lebih sering dibawakan dalam acara resmi dan acara politik, presentasi lebih sering dibawakan dalam acara bisnis atau promosiPresentasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti menyajikan atau mengemukakan. Atau secara jelasnya presentasi bisa diartikan menyajikan atau mengemukakan gosip kepada orang lain dengan tujuan majemuk seperti, memberi tahu, menghipnotis ataupun mengajak (persuasif). Namun demikian pada ketika ini presentasi juga dilakukan dalam proses pembelajaran, baik yang dilakukan oleh guru maupun siswa.

6. Metode Observasi

Sumber Foto Dari : https://gurutercinta.wordpress.com/2012/05/24/metode-pembelajaran/
Metode observasi yaitu metode pembelajaran dengan pengumpulan data dengan mengadakan pengamatan langsung terhadap suatu obyek dalam suatu periode tertentu dan mengadakan pencatatan secara sistematis ihwal hal-hal tertentu yang diamati. Banyaknya periode observasi yang perlu dilakukan dan panjangnya waktu pada setiap periode observasi tergantung kepada jenis data yang dikumpulkan. Apabila observasi itu akan dilakukan pada sejumlah orang, dan hasil observasi itu akan dipakai untuk mengadakan perbandingan antar orang-orang tersebut, maka hendaknya observasi terhadap masing-masing orang dilakukan dalam situasi yang relatif sama.

7. Metode Tanya Jawab

Sumber Foto Dari : https://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/metode-pembelajaran-discovery-penemuan/
Metode Tanya Jawab yaitu cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab, terutama dari guru kepada siswa, tetapi sanggup pula dari siswa kepada guru. Metode tanya jawab yaitu metode yang tertua dan banyak dipakai dalam proses pendidikan, baik di lingkungan keluarga, masyarakat maupun sekolah.

Metode ini sanggup diklasifikasikan sebagai metode tradisional atau konvensional. Dalam metode tanya jawab, guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan siswa menjawabnya, atau sebaliknya siswa bertanya guru menjelaskan. Dalam proses tanya jawab, terjadilah interaksi dua arah. Guru yang demokratis tidak akan menjawabnya sendiri, tetapi akan melemparkan pertanyaan dari siswa kepada siswa atau kelompok lainnya tanpa merasa khawatir dinilai tidak sanggup menjawab pertanyaan itu. Dengan metode tanya jawab tidak hanya terjadi interaksi dua arah tetapi juga banyak arah.

Dalam sekali pembelajaran kita bisa memakai kombinasi atau memakai lebih dari satu metode pembelajaran. Hal ini bergantung banyaknya waktu (durasi) dalam pertemuan, kebutuhan pencapaian pembelajaran,
Sumber http://menofschool.blogspot.com