Thursday, March 1, 2018

√ Pengertian Linux Mndrake / Mandriva Dan Linux Turbo

Pengertian Linux Mndrake / Mandriva dan Linux Turbo


Sejarah Linux Mandriva

Pertama kali dirilis berbasis Redhat Linux (versi 5.1) dan KDE (versi 1.0) pada 23 Juli 1998. Dari awal hingga versi 8.0, Mandrake menamai produk utamanya dengan Linux Mandrake. Sedang versi 8.1 hingga 9.2 dinamai Mandrake Linux
Pada bulan Februari 2004, Mandrakesoft kalah dalam suatu kasus di pengadilan terhadap Hearst Corporation, pemilik King Features Syndicate. Hearst menuduh MandrakeSoft melanggar hak cipta karakter King Features berjulukan ‘Mandrake the Magician’. Sebagai tindakan pencegahan, Mandrakesoft mengganti nama produknya dengan menghilangkan spasi antara merek dan nama produk serta mengubah aksara pertama dari nama produk menjadi aksara kecil, sehingga menjadi satu kata. Mulai dari versi 10.0, Mandrake Linux dikenal sebagai Mandrakelinux, demikian pula logonya.
Pada bulan April 2005 Mandrakesoft mengakui sisi Conectiva, sebuah perusahaan Brasil yang menghasilkan distribusi linux berbahasa Portugis (Brasil) dan Spanyol di Amerika Latin. Akibat akuisisi ini dan sengketa aturan dengan Hearst Corporation, Mandrakesoft mengumumkan nama perusahaan menjadi Mandriva, dan bahwa Mandriva Linux akan menjadi nama gres bagi produk-produknya.

Versi Linux Mandriva

Perlu diketahui, dalam satu tahun Mandriva rutin merilis versi final sebanyak 2 kali. Biasanya versi final dirilis mendekati simpulan tahun dan awal pertengahan tahun. Nama versi mengikuti nama tahun. Rilis pertama diakhiri dengan akhiran angka .0 dan rilis kedua diakhiri dengan angka .1.
Misal Mandriva 2008.0 dan rilis setelahnya 2008.1. Untuk versi yang terakhir biasa dikenal dengan sebutan mandriva spring, alasannya yaitu biasanya dirilis mendekati animo semi (spring). Secara garis besar ada 2 versi mandriva. yakni versi free dan versi komersial.


Berikut macam-macam versi mandriva yang free (gratis, bebas digandakan dan didistribusikan, GPL)

1.      Mandriva One

Medianya berupa satu keping CD. Merupakan versi mandriva live cd. Artinya sanggup eksklusif dijalankan/boot dari CDROM tanpa perlu diinstall terlebih dahulu. Meski demikian, versi ini sanggup juga diinstall, alasannya yaitu di dalam live cdnya tersedia aplikasi installer. Versi utamanya memakai desktop KDE. Selain itu tersedia juga versi GNOME, XFCE dan desktop minor lainnya.

2.      Mandriva Free

Medianya berupa 3 keping CD Installer atau 1 DVD installer. Versi ini merupakan versi installer, artinya untuk menjalankannya harus diinstall dulu ke dalam komputer. Karena jumlah medianya lebih banyak dan besar, versi ini mempunyai aplikasi yang lebih lengkap ketimbang mandriva one. Free disini artinya paket paket didalamnya berlisensi free sesuai dengan kaidah GNU/GPL. Codec codec dan driver yang disertakan terbatas hanya yang bersifat free.

Berikut macam-macam versi mandriva yang komersial (dijual, tidak diijinkan didistribusikan tanpa license resmi )

1.      andriva Powerpack

Medianya berupa satu keping DVD installer. Isinya sama dengan Mandriva Free namun ditambah dengan aplikasi – aplikasi komersial yang tidak free. Selain itu juga dilengkapi dengan codec-codec yang tidak berlisensi free / tidak bebas didistribusikan. Dalam paket penjualannya disertai dengan code serial pendaftaran online, dan pinjaman berupa support online dari mandriva expert selama 3 bulan penuh.

2.      Mandriva Corporate Server (CS)

Medianya berupa satu keping DVD installer. Merupakan versi mandriva yang ditujukan untuk server corporate / perusahaan. Seluruh aplikasi dan kernel didalamnya telah dituning dan dioptimalisasi untuk menangani proses-proses yang membutuhkan respon cepat dan performa tinggi. Dalam paket penjualannya disertai dengan code serial / license, serta masa support mulai dari yang terpendek selama 1 tahun.

3.      Mandriva Corporate Desktop

4.      Mandriva Directory Server

Untuk di Indonesia, Anda sanggup memperoleh mandriva powerpack dan mandriva cs pada partner resmi mandriva disini
Tabel Versi
Tahun
Nomor
Nama
1998
5.1
Venice
1998
5.2
Leeloo
1999
5.3
Festen
1999
6.0
Venus
1999
6.1
Helios
2000
7.0
Air
2000
7.1
Helium
2000
7.2
Odyssey (disebut Ulysses ketika beta)
2001
8.0
Traktopel
2001
8.1
Vitamin
2002
8.2
Bluebird
2002
9.0
Dolphin
2003
9.1
Bamboo
2003
9.2
FiveStar
2004
10.0
Community and Official
2004
10.1
Community
2004
10.1
Official
2005
10.2
Limited Edition 2005
2005
2006.0
Mandriva Linux 2006
2006
2007
Mandriva Linux 2007
2007
2007.1
Mandriva Linux 2007 Spring
2007
2008.0
Mandriva Linux 2008
2008
2008.1
Mandriva Linux 2008 Spring
2008
2009.0
Mandriva Linux 2009
2009
2009.1
Mandriva Linux 2009 Spring
2009
2010.0
Mandriva Linux 2010
2010
2010.1
Mandriva Linux 2010 Spring
2011
Mandriva 2011

c)    Cara Menginstal Linux Mandrake / Mandriva 2010 Menggunakan CD

Setelah BIOS di set boot dari CDROM masukan CD1 Setelah tampilan utama akan memasuki sajian Modus Instalasi yaitu grafis dan Text ,pilih saja grafis utk pemula. Masuk sajian bahasa , sanggup pilih Bahasa Indonesia kalau ini mungkin memudahkan. ->lalu next atau lanjutkan License agreement, pilih Accept ->lalu next atau lanjutkan. Konfigurasi Mouse, mouse anda usb atau ps/2 pilih,->lalu next atau lanjutkan Upgrade atau install, utk pilih saja install ,kecuali di PC anda sudah ada versi linux sebelumnya silahkan pilih upgrade, bila anda pilih upgrade nanti akan tampil pilihan upgrade dari versi linux yg sudah ada di PC ->lalu next atau lanjutkan Konfigurasi keyboard, gampangnya pilih US.English -> kemudian next atau lanjutkan security Level atau Keamanan , ada High, Higher, Paranoid, Standar, pilih saja Standar utk panduan ini sebagai pemula ->lalu next atau lanjutkan Partisi Hardisk, untuk pemula dan semoga amannya aja pilih saja Erase entire disk artinya akan memakai seluruh ruang hardisk, dan data-data yg pernah ada akan hilang akan atau sanggup juga pilih Use existing partitions. yaitu anda akan di minta menentukan mount point setiap partisi yg ada, pilihan ini tidak kan menghapus partisi lain yg mungkin sudah ada. ->lalu next atau lanjutkan Mem-format Partisi, untuk panduan ini lakukan format saja ,kecuali anda sudah paham sanggup juga tidak perlu di format bila sudah mempunyai partisi Linux sebelumnya, ->lalu next atau lanjutkan Memilih CD instalasi, beri centang saja semua CD yg anda punya CD1,CD2,CD3…dst
Menambah Source Program /driver, ada None, CDROM, Network http, ftp .anda sanggup pilih None, alasannya yaitu nanti sanggup di lengkapi juga setelahproses install ini selesai. Memilih Paket Program, ada 3 paket :workstation – Server – Graphical Environmet, pada panduan ini beri centang saja semua pada bab Workstation, kosongkan bab Server, dan pada Graphical Environment beri centang saja pd KDE Workstation, problem ini akan di bahas pada artikel yg lain.->lalu next atau lanjutkan.
Proses Instalasi di mulai tunggu dan pada tahap ini anda akan di minta memasukan CD2,CD3…dst sesuai versi Mandriva yg anda Instal , Mandriva 2005 (3 CD) , Mandriva 2006 (4 CD)Mandriva 2007 (4 CD) ,Mandriva 2008 (3 CD) . Setelah prose instalasi selesai anda akan memasuki sajian Password , kalau anda tidak mau memberi password anda sanggup meng-klik tombol pilihan No password , tapi utk panduan ini sebaiknya isikan saja password anda alasannya yaitu nanti berafiliasi dengan pengelolaan user yg akan saya sedikit jelaskan ->lalu next atau lanjutkan Menambah user, tambahkan user minimal 1 org utk sanggup meng-akses system anda , anda yg menentukan username,password ,icon utk user tsb. ->lalu next atau lanjutkan kemudian ->lalu next atau lanjutkan lagi. Install Boot Loader, pilih saja First sector of drive, ->lalu next atau lanjutkan
 Lalu akan masuk ke konfigurasi system yg telah terinstall, dan pada tahap ini mungkin anda akan melihat konfigurasi yg belum terinstall dg benar, anda boleh menyesuaikan atau boleh eksklusif ->lalu next atau lanjutkan Konfigurasi Jaringan, yaitu mengkonfigurasi system hardware utk jaringan dan internet, kalau pada tahap ini anda sdh paham silahkan di konfigurasi, kalau tidak sanggup eksklusif saja sembarang , nanti kita konfigurasi sehabis proses instalasi, alasannya yaitu spt saya katakan dari awal bahwa tujuan panduan instalasi ini yaitu utk pemula semoga proses instalasi Linux berhasil dulu, problem lain2 nya akan di bahas belakangan , ->lalu next atau lanjutkan Atur Time Zone , pilih Zona waktu di mana anda tinggal ,misalnya saya pilih Jakarta.->lalu next atau lanjutkan.  Lalu Pilih saja ,automatic time synchronization . Booting Service , bila anda melewati tahap ini anda sanggup pilih Syslog ,->lalu next atau lanjutkan. Internet update, boleh pilih Yes atau No, ->lalu next atau lanjutkan ,Selesai…keluarkan CD dari CDROM kemudian klik tombol Reboot, sehabis Reboot Mandriva anda siap di gunakan .

d)   Kelebihan dan Kekurangan Linux Mandrake / Mndriva
·         Keuntungan mengunakannya

1. Lebih aman

Linux memisahkan hak susukan file dan direktori bagi user biasa dan super user atau root. Seorang user biasa hanya di beri susukan di sebuah folder direktori tertentu untuk menyimpan data, yaitu di folder /home/nama . Oleh alasannya yaitu itu, keamanan file-file system dan file-file lain di jaga dari kemungkinan terhapus oleh user biasa. Di samping itu setting system juga membutuhkan password dari Super User.

2. Lebih tahan virus

Karena pemisahan susukan file tsb, kurang memungkinkan suatu virus menerobos file system. Di samping itu Linux tidak mempunyai Registry yang di kenal merupakan kawasan persembunyian virus. Di Linux juga tidak terdapat file exe yang sanggup di jangkiti virus dan sanggup menyebarkan virus.

3. Gratis dan sanggup di sebarluaskan

Linux mempunyai lisensi GNU, yaitu sebuah lisensi yang memperbolehkan seseorang untuk menyebarluaskan, memodifikasi dan memakai Linux secara gratis.

4. Kompatibel dengan Hardware lama

Linux sanggup di install di Hardware usang dan tentu nya tidak menerapkan GUI dalam hal ini. Hardware usang tsb sanggup di gunakan untuk server yang tidak membutuhkan GUI. Dalam hal ini, Linux mensyaratkan spesifikasi hardware yang rendah.

·         Kerugian menggunakannya

1.      Sedikit penggunanya
Hal ini mengakibatkan lebih sedikit juga orang-orang yang sanggup di jadikan ajang bertanya sesama pengguna Linux.


2.      Support dari perusahaan tidak ada
Terutama untuk Linux yang free, maka support mengandalkan manual dan komunitas. Tidak ada garansi terhadap error dan akhir dari error.



e)    Fitur Linux Mandrake / Mandriva
Adapun fitur lainnya ialah :

1.    Mandriva Control Center yang memudahkan konfigurasi dari beberapa pengaturan.
2.    Desktop memakai KDE atau GNOME sebagai desktop standar, tetapi juga menyediakan yang lain ibarat Xfce dan twm.
3.    Kesatuan tema menyediakan konsistensi antara aplikasi dan lingkungan desktop.
4.    Menggunakan paket manajer disebut urpmi
5.    Live USB dari Mandriva Linux sanggup dibentuk secara manual atau dengan UNetbootin.
6.    Mandriva menyediakan beberapa edisi Linux. Beberapa tersedia bebas, sedangkan yang lainnya dijual secara on-line atau melalui jaringan penjual resmi. Mandriva juga menyediakanMandriva Club, yang hingga dengan 4 Juni 2008 yaitu gratis karena layanan pengunduhan telah dibentuk sebagai produk terpisah
Ada pun fitur linux lainnya ialah :
·         Linux kernel 2.6.33 RC6;
·         X.Org 7.5;
·         Xorg Server 1.7.4;
·         KDE SC 4.4 RC3;
·         GNOME 2.29.6;
·         Mozilla Firefox 3.6;
·         OpenOffice.org 3.2 Beta 3;
·         Amarok 2.2.2;
·         Deluge 1.2.0;
·         Songbird 1.4.3;
·         Transmission 1.83;
·         Google Chrome 4 Beta;
·         Nouveau driver;
·         Mesa 7.7;
·         Intel video driver 2.10.0;
·         NTFS-3G 2010.01.16;
·         Glibc 2.11;
·         GDB debugger 7.0.1;
·         Ruby 1.9.1;
·         Munin 1.4;
·         Spamassassin 3.3.0;
·         QT 4.6.1;
·         KTorrent 4.0 Beta 1;
·         Digikam 1.1.0;
·         Kopi-plugins 1.1.0.

f)     Tampilan

 Mandrake menamai produk utamanya dengan  √ Pengertian Linux Mndrake / Mandriva dan Linux Turbo


B.   LINUX TURBO

a)    Sejarah Linux Turbo

Turbo Linux yaitu Linux yang terkenal dan terkenal di Asia. Bahkan di Jepang dan Cina pun Linux ini terkenal, Turbo Linux menduduki peringkat pertama distribusi linux pilihan. Turbo Linux dibentuk dari aneka macam under Linux/UNIX, baik komersial maupun freeware untuk kepentingan jaringan skala besa. Pihak vendor mengklaim pihak mereka sebagai Linux tercepat ketika ini dengan backup dari perusahaa-perusahaan terkemuka ketika ini, seperti: Compaq, Dell, Fujitsu, Intel, NEC, Tishiba, Novel, dan SCO. Seperti dengan SuSE, Tuurbo Linux mengkhususkan diri di bidang clustering computer, setara dengan super komputer di Jerman untuk kepentingan jaringan di China dan Jepang. Bahkan di China, Turbo Linux disesuaikan sebagai sistem komputer utama mereka, dan dimasyarakatkan dalam bahasa China kepada masyarakatnya guna menyaingi dominasi dari Microsoft.

b)   Dasar Dasar Linux

1.    Huruf besar dan aksara kecil

`Tidak sama dengan di Windows, dalam sistem operasi linux dibedakan antara aksara besar dan aksara kecil. Seperti antara Ls akan berbeda dengan ls. Ini berlaku untuk perintah pengoperasian, namafile, direktori, dan variabel. Linux juga mendukung penggunaan nama file yangpanjang, yang dipisahkan oleh spasi.

2.    Nama pemakai dan password

`           Sebelum pemakai sanggup masuk kesistem, terlebih dahulu harus mendaftarkan atau menciptakan username dan password-nya dalam sistem.Username merupakan sebuah kata panggilan untuk masuk kedalam sistem. (perbiasakanlah login selalu dengan username anda dan diusahakan username-nya yaitu sebuah nama atau kata yangmudah diingat). Sedangkanpassword merupakan kata kunci yang mengiringiusername. Usahakan password ini praktis anda ingat dan tidak praktis ditebak orang. Disarankan untuk memakai adonan aksara besar dan angka, contohnya 4ndh1e.


3.     Struktur perintah

nama-perintah[pilihan] [argument]

contoh:
ls                     (tidak ada pilihan dan argument)
ls -l                  (mengunakan pilihan yang di miliki oleh perintah itu sendiri
ls -l /etc/          (memiliki peritah dan argument)
ls  man                       (mencari, menentukan optin ls)

PERINTAH
PENGERTIAN
CONTOH
cp
perintah untuk mencopy/menggandakan file/directory
$ cp nama file
rm
perintah untuk menghapus  file
$ rm namafile

mv
perintah untuk memindahkan file dari kawasan usang ke kawasan yang baru

$ mv /gabe/namafile /gabe1/namafile
pwd
melihat directory dimana kita berada ketika ini
          
$ pwd
cd
untuk berpindah directory  dimana kita berada ketika ini ke kawasan
atau directory baru,
$ cd /gabe1
mkdir
untuk membuat  directory
          
$ mkdir gabe2
rmdir
perintah untuk menghapus  directory
          
$ rmdir /gabe2

cat
melihat lebih lanjut isi dari sesuatu file (seperty perintah type dalam DOS)
          
$ cat namafile
vi
Membuat file/mengedit isi file
$ vi  /gabe/namafile
less
Melihat isi file
$ less /gabe/namafile
cd
Pindah directory
$ cd  /etc
more
melihat isi file, teks dengan layar perlayar
$ ls –l |more
touch
untuk mengubah timestamp pada suatu file
$ touch namafile
        
c)    Produk – produk Linux Turbo

·         Workstation TurboLinux Workstation 6.0 merupakan pilihan Linux untuk dekstop. Star Office suite memperlihatkan kompatibilitas penuh Ms. Office dan Netscape untuk e-mail dan penjelajahan web.

·         Server TurboLinux Server 6.0, lengkap, secara teknis aman, backend server dengan kinerja tinggi untuk bisnis di perusahaan, termasuk perangkat lunak yang tahan banting e-commerce untuk transaksi B2B (Business-to-Business).

·         TurboCluster Server 4.0 Dengan TurboCluster Server 4.0 membangun server cluster dengan murah/terjangkau, berskala dan tersedia server cluster (25+ cluster node!), pemenang poling Best Web Solution oleh editor Linux Journal.

·         enFuzion
Berbasis pada konsep sederhana tetapi powerful yang dinamakan 'parametric execution', enFuzion merubah jaringan komputer anda menjadi super computer dengan kecepatan tinggi, 'fault tolerant' supercomputer.


d)   Kelebihan dan Kekurangan Linux Turbo

·         Multitasking,yaitu sanggup menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.
·         MultiUser,mendukung untuk adapt dipakai oleh beberapa user.
·         Memory virtual,menggunakan memory maya.
·         Shared library,setiap perintah sanggup saling menyebarkan bersama memakai chare library.
·         Portable,linux tidak bergantung pada perangkat keras tertentu.
·         Free software.



Sumber http://insauin.blogspot.com